Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi                      : TK PGRI Nurul Anwar
Lingkup Pendidikan        : Kelompok A (4-5 Tahun)
Tujuan Yang Akan Dicapai : Meningkatkan Kreativitas Anak
Tanggal Peleksanaan       : 14 September 2022
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah?Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah :
- Media yang digunakan kurang menarik bagi anak
- Alat dan bahan yang digunakan pensil dan buku gambar saja
- Kegiatan yang diberikan kurang menarik
- Menggunakan pembelajaran Teacher Center sehingga anak menggambar sesuai instruksi/contoh dari guru
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan ?Â
Saya menganggap praktik pembelajaran ini sangat penting karena apabila anak diajarkan menggambar sejak dini, maka ia akan mudah untuk belajar membaca. Dengan menggambar, anak akan menggunakan daya imajinasinya untuk menciptakan suatu bentuk yang ia inginkan. Mereka akan terus berpikir kreatif menciptakan berbagai macam gambar sesuai imajinasinya.Â
Pamadhi(2009:2.10), manfaat menggambar adalah sebagai alat ceria, sebagai media mencurahkan perasaan, sebagai alat bermain, melatih ingatan, melatih berpikir komprehensif, sebagai media keseimbangan mengembangkan kecakapan emosional, melatih kreatifitas anak.Dengan menggambar anak akan memiliki kretifitas yang tinggi.
Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini?
Peran saya dalam praktik pembelajaran ini adalah sebagai guru yang akan memberikan motivasi dan stimulasi pembelajaran yang inovatif dengan menggunakan metode pembelajaran yang berbasis proyek dan pendekatan STEAM, HOTS, dan TPACK untuk memberikan pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan bagi anak agar anak merasa senang, tertarik dan antusias dalam melaksanakan kegiatan :
- Kreasi menggambar bebas pada media genting dengan menggunakan arang dan krayon
- Kreasi menggambar dari bentuk dasar huruf Y menjadi bunga
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?
Tantangan yang muncul untuk mencapai tujuan pembelajaran ini
- Menyiapkan bahan ajar yang sesuai dengan tema pembelajaran
- Guru dituntut menggunakan pembelajaran dengan pendekatan STEAM, HOTS, dan TPACK
- Guru harus mampu memilih metode dan media yang sesuai dengan tahap perkembangan anak
Yang terlibat dalam praktik pembelajaran ini adalah :
Kepala sekolah,teman sejawat,siswa dan keluarga
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini?
Saya menyusun langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut :
- Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian
- Menyiapkan bahan ajar, alat dan bahan serta media/sumber belajar anak
- Membuat sendiri video sesuai dengan RPPH yang dibuat
- Menyiapkan kegiatan anak sesuai dengan RPPH
- Meminta izin kepala sekolah, teman sejawat, orang tua dan siswa untuk melaksanakan PPL
- Mempersiapkan syuting selama kegiatan pembelajaran berlangsung mulai dari awal sampai akhir
- Mengatur /melakukan penataan kelas agar pembelajaran berjalan sesuai harapan
- Menyiapkan bahan ajar, media/sumber belajar serta alat dan bahan yang dibutuhkan dalam praktik pembelajaran
- Menyiapkan perangkat yang dibutuhkan dalam penyutingan
- Memberitahukan semua langkah-langkah kegiatan pembelajaran kepada kameraman
Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan AwalÂ
- melakukan kegiatan mencuci tangan
- melakukan kegiatan berbaris di depan kelas
- bersalaman dengan guru sebelum masuk kelas
- melakukan kegiatan  mengucapkan salam
- melakukan kegiatan membaca do'a sebelum belajar
- bernyanyi  "selamat pagi"sebelum belajar
- menanyakan kabar hari ini pada anak
- melakukan presensi dengan bernyanyi "kalau kau suka hati"
- bercakap-cakap tentang tanaman hias,pada kegiatan ini anak sangat senang karena kegiatan ini dilakukan dengan memberikan media nyata yaitu bunga mawar asli
Kegiatan IntiÂ
- melihat video tentang pembuatan bunga,pada kegiatan ini anak sangat antusias karena kegiatan melihat video ini merupakan kegiatan yang memang anak-anak sangat senang untuk melihat video-video
- melakukan kegiatan membuat bunga dari plastik (FM),kegiatan ini anak sangat antusias membuat bunga dari plastik setelah melihat video yang dilihat anak
- melakukan kegiatan menyusun huruf menjadi mawar (Bhs),kegiatan ini semua anak mencoba melaksanakan kegiatan dan siswa sangat tertarik untuk mencari huruf mana dulu yang akan disusun
- melakukan kegiatan menyusun gambar mawar dari besar-kecil (Kog),pada kegiatan ini anak melaksanakan  kegiatan dengan sangat antusias karena senang melihat gambar yang menarik dan disusun dari yang besar-kecil
- melakukan kegiatan menggambar bunga mawar dari bentuk dasar huruf Y (Sn), pada kegiatan ini anak sangat senang melaksanakan kegiatan menggambar  sesuai dengan ide anak
Kegiatan AkhirÂ
- review kegiatan awal-akhir,anak mampu menyebutkan semua kegiatan dengan antusias
- anak sangat puas dengan hasil kegiatan yang dilakukan dan menginginkaan kegiatan yang sama lagi.
- Dari seluruh kegiatan praktik pembelajaran siswa sangat antusias, aktif, senang dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?
Dampak praktik pembelajran ini bagi anak adalah saya melaksanakan PPL 1 dan PPL 2 menggunakan RPPH dengan tema yang terdekat dan menarik bagi siswa dan hasilnya sangat memuaskan karena pendidik, kepala sekolah, teman sejawat, orang tua serta siswa melakukan kerjasama yang sangat baik dalam praktik pelaksanaan pembelajaran ini
Faktor Keberhasilan
Dalam mengimplementasikan pembelajaran inovatif bagi anak dikatakan berhasil.
Hal ini karena identifikasi masalah yang ditemukan di kelas berhasil melalui kegiatan pembelajaran inovatif yaitu :
- Anak kesulitan dalam melaksanakan kegiatan menggambar (SENI ), ananda aska yang semula tidak mau menggambar karena alasan tidak tau,kini keterampilan aska muncul dengan mengambar dari bentuk dasar huruf Y menjadi bunga karena merasa senang dan merupakan kegiatan menyenangkan  yang dilakukan anak sehingga ananda aska sangat antusias dan senang untuk melaksanakan kegiatan tersebut
- Anak kesulitan dalam melaksanakan kegiatan, ananda alvin yang semula tidak pernah mau mengerjakan kegiatan, kini dengan kegiatan meyusun huruf, menyusun gambar dari besar-kecil, menggambar dan membuat bunga ananda alvin sudah  melaksanakan kegiatan dengan antusias.
Faktor yang Menghambat
- Guru sangat gugup pada saat disyuting
- Mengalami kendala pada saat penyutingan yaitu memori full
- Guru kesulitan mengedit video dengan durasi 15 menit khususnya dalam memilih dan memangkas kegiatan yang sesuai dengan rpph
- Guru kesulitan mengunggah video pembelajaran pada website
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H