Mohon tunggu...
Yuke Mariana
Yuke Mariana Mohon Tunggu... Guru - TK PGRI I KEPANJEN MALANG

Hobi membaca dan menulis, sehari hari mengajar di TK, kelompok B mulai tahun 2017 sampai sekarang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus dan Seni Melalui Kegiatan Membuat Maket Aquarium di Kelompok B

9 Desember 2022   20:51 Diperbarui: 9 Desember 2022   21:02 239
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

LokasiTK PGRI I Kepanjen

Lingkup PendidikanPendidikan Anak Usia Dini

Tujuan yang ingin dicapaiMeningkatkan kemampuan motorik halus dan seni anak melalui kegiatan membuat maket aquarium ikan di kelompok B

PenulisYuke Mariana

TanggalSiklus 1:  Sabtu, 15 Oktober 2022

Siklus 2 : Sabtu, 22 Oktober 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.Kondisi yang menjadi latar belakang dari praktek pembelajaran ini adalah:

*Sebagian besar siswa 53% kelompok B kemampuan kreativitas motorik halus dan seni  anak belum berkembang

Dari point diatas dapat diambil kesimpulan bahwa

*Model pembelajaran yang digunakan kurang bervariatif sehingga anak kurang minat untuk  melakukan kegiatan tersebut.

*Media yang digunakan kemungkinan kurang        menarik bagi anak.

*Kurangnya minat anak dalam mengekspresikan kegiatan tersebut karena tidak sesuai dengan karakteristik anak

Praktek Pembelajaran ini penting menurut saya karena:

*Menurut Suyadi (2010 : 69) perkembangan gerak motorik halus adalah meningkatnya pengkoordinasian gerak tubuh yang melibatkan otot dan syaraf yang jauh lebih kecil atau detail. Kelompok otot dan syaraf inilah yang nantinya mampu mengembangkan gerak motorik halus seperti meremas kertas, menyobek, menggambar, menempel, dan sebagainya.

*Perkembangan motorik halus yang terfasilitasi dengan baik akan menjadikan perkembangan optimal dan mampu mandiri dalam pemenuhan aktivitas kesehariannya. Selain itu kepercayaan diri dan juga perkembangan diri dalam bidang akademik juga akan menunjang.

*Menurut (Anggraini,2019) Seni menjadi wadah seseorang untuk mengungkapkan keinginan,perasaan,pikiran melalui berbagai bentuk aktivitas seni sehinggan menimbulkan kesenangan dan kepuasan

*Manfaat pengembangan aspek seni pada anak usia dini yaitu bisa mengembangkan kreativitas. Melalui seni, seorang anak memiliki banyak kesempatan untuk mengembangkan kreativitasnya. Apalagi jika seni yang diajarkan pada anak dilakukan bersama dengan permainan, tentu anak lebih senang dan tidak mudah bosan.

Dalam praktek pembelajaran ini, saya selaku guru berperan sebagai:

*Sumber Belajar yakni menyampaikan materi jenis jenis ikan hias

*Fasilitator yakni menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan anak sehingga memberi kemudahan kepada anak dalam memahami materi ikan

*Pengelola yakni mengelola jalannya pembelajaran

*Pembimbing yakni membimbing secara adil sesuai kebutuhan masing-masing anak

*Motivator yakni memberikan motivasi dan apresiasi atas pembelajaran yang telah dilakukan anak

*Evaluator yakni mengevaluasi keberhasilan pembelajaran yang telah dirancang serta menyusun rencana tindak lanjut sebagai sebuah perbaikan

Peran dan tanggung jawab penulis guru :

*Saya yang berperan sebagai guru mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran ini secara efektif, dengan menggunakan Metode, Media dan model pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar anak bisa  tercapai dengan yang diharapkan

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai  tujuan tersebut? Siapa saja  yang terlibat

Dari hasil Analisis kajian wawancara dan literatur penyebab dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu Meningkatkan kemampuan motorik halus dan seni anak melalui kegiatan membuat maket aquarium ikan di kelompok B

Tantangan yang dihadapi oleh orang tua adalah:

*Orang tua kurang peduli/dukungan/ tidak memotivasi belajar anak dalam melakukan kegiatan motorik halus dan seni dalam pembelajaran

Tantangan peserta didik :

*Motivasi  dan minat belajar anak masih rendah

*Media pembelajaran kurang menarik bagi anak anak

*Metode pembelajaran kurang inovatif

*Minimnya konsentrasi anak dalam belajar

Tantangan yang dihadapi guru adalah:

*memilih metode pembelajaran yang bervariatif sehingga anak merasa tertarik          dan antusias dalam mengikuti pembelajaran

*Pemilihan media pembelajaran yang tepat  dan menarik bagi anak

*Menumbuhkan motivasi belajar siswa baik disekolah maupun bersama orang tua dirumah melalui   proses pembelajaran yang menyenangkan.

*Minimnya pemanfaatan TPACK di kelas

Dapat disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi melibatkan guru dari sisi kompetensi yang harus dimiliki guru yaitu:

*kompetensi pedagogik

*kompetensi professional

Yang terlibat dalam praktek pembelajaran ini adalah :

*orang tua

*Guru dan

*Peserta didik

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi iniAKSI 1:

Langkah-langkah yang dilakukan:

*Membawa ikan di dadam Aquarium

*Memilih powerpoint sebagai media pembelajaran yang digunakan guru untuk menyampaikan materi jenis ikan laut, ikan tawar dan ikan hias

*Menyusun Modul Ajar sebagai acuan dalam pelaksanaan proses pembelajaran

*Melakukan gerak dan lagu tentang ikan

*Menyiapkan media loosepart sebagai media eksplorasi anak dalam mengerjakan projectAksi 2

Lngkah-langkah yang dilakukan:

*Membawa ikan di dadam Aquarium

*Memilih powerpoint sebagai media pembelajaran yang digunakan guru untuk menyampaikan materi jenis ikan laut, ikan tawar dan ikan hias

*Menyusun Modul Ajar sebagai acuan dalam pelaksanaan proses pembelajaran

*Melakukan gerak dan lagu tentang ikan

*Menyiapkan media loosepart sebagai media eksplorasi anak dalam mengerjakan project

Strategi yang digunakan:

*Strategi yang digunakan adalah Project Based Learning (PjBL) dengan kegiatan project; membuat maket aquarium dari bahan loosepart

*Penggunaan media/TPACK

*Pendekatan SAINTIFIK, H0ts, STEAMStrategi yang digunakan:

*Strategi yang digunakan adalah Project Based Learning (PjBL) dengan kegiatan project; membuat maket aquarium dari bahan loosepart

*Penggunaaan media/TPACK

*Pendekatan SAINTIFIK, Hots, STEAM

Proses Pembelajaran:

*Guru menggali pengetahuan anak dengan mengamati ikan yang dibawa guru

*Guru menggali pengetahuan anak dengan mengamati  PPT dari guru

*Guru melakukan gerak dan lagu ikan

*Anak membuat maket aquariumProses Pembelajaran:

*Guru menggali pengetahuan anak dengan mengamati ikan yang dibawa guru

*Guru menggali pengetahuan anak dengan mengamati  PPT dari guru

*Guru melakukan gerak dan lagu ikan

*Anak membuat maket aquarium

Yang terlibat:

Guru dan peserta didikYang terlibat:

Guru dan peserta didik

Materi yang diperlukan:

*Ikan di dalam aquarium

*Powerpoint tentang jenis jenis ikan

*Gerak dan lagu ikanMateri yang diperlukan:

*Ikan di dalam aquarium

*Powerpoint tentang jenis jenis ikan

*Gerak dan lagu ikan

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Aksi 1

Dampak dari Langkah yang dilakukan :

*Pengunaan media berupa ikan di dalam aquarium sangat membantu pemahaman anak dalam kegiatan pembelajaran.(pendekatan saintifik)

*Penggunaan Video pembelajaran sangat membantu pemahaman belajar anak melalui TPACK

*Pemilihan model pembelajaran PBL, PJBL,menumbuhkan berfikir kritis siswa  terlihat dari tanggapan dan jawaban yang  dilontarkan guru saat pembelajaranAksi 2

Dampak dari Langkah yang dilakukan :

*Pengunaan media berupa ikan di dalam aquarium sangat membantu pemahaman anak dalam kegiatan pembelajaran.(pendekatan saintifik)

*Penggunaan Video pembelajaran sangat membantu pemahaman belajar anak melalui TPACK

*Pemilihan model pembelajaran PBL, PJBL,menumbuhkan berfikir kritis siswa  terlihat dari tanggapan dan jawaban yang  dilontarkan guru saat pembelajan

Hasil yang diperoleh sangat efektif, namun masih perlu pengulangan       untuk meningkatkan kemampuan motorik halus dan seni Hasil yang diperoleh sangat efektif dan lebih mudah dipahami anak, perkembangan anak sangat cepat

Respon anak terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat senang, bisa dilihat saat kegiatan penutup tanya jawab tentang pengalaman belajar hari ini sangat menyenangkan karena media pembelajarannya menarik dan tidak membosankanRespon anak terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat senang, bisa dilihat saat kegiatan penutup tanya jawab tentang pengalaman belajar hari ini sangat menyenangkan karena media pembelajarannya menarik dan tidak membosankan

Fakt0r ketidak berhasilan dari strategi yang dilakukan:

Membutuhkan waktu yang lebih banyak dan kesempatan berulang kali dalam membuat maket aquariumFaktor keberhasilan dari strategi yang dilakukan:

Hasil pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan dan terdapat koordinasi motorik halus dan seni tercapai dengan hasil yang maksimal

pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut:

*menghasilkan maket aquarium dari kerdus kue dengan ikan hasil lipatan dari kertas origami. Hasil produk dilakukan tiap anak

*hasil belajar siswa mencapai BSB 50%pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut:

*menghasilkan maket aquarium dari kerdus aqua bekas dengan ikan hasil dari guntingan kertas. Hasil produk dilakukan perkelompok

*dari proses pembelajaran saintifik dan PJBL yang sudah dilaksanakan oleh guru Hasil prestasi siswa meningkat, yang dari awal BSB masih 50% meningkat BSB menjadi 80 %

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun