Mohon tunggu...
Yeni Tetriyana
Yeni Tetriyana Mohon Tunggu... Guru - Guru SMA Pelita Raya

Hobby menulis memasak dan kuliner

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice PPG Daljab 2022 Bahasa Inggris

27 September 2022   22:21 Diperbarui: 27 September 2022   22:27 1420
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan guru dan Siswa Dalam pengajaran dan Pembelajaran 

Tujuan yang ingin dicapai

  •  Meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam menguasai pemahaman Teks Hortatory Exposition terkait fungsi sosial, struktur umum. 
  • Guru belum maksimal dalam pemanfaatan model pembelajaran kreatif dan inovatif, serta penggunaan metode, teknih dan strategi dalam pembelajaran berdasarkan karakteristik siswa dalam pembelajaran teks Hortatory Exposition. 

A. Situasi 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

 AKSI 1

  •  Kondisi yang menjadi latar belakang masalah :
  •  Peserta didik tidak berminat dalam mengikuti pembelajaran.
  •  Peserta didik tidak memiliki motivasi dalam belajar bahasa Inggris.
  •  Pembelajaran tidak membuat siswa dapat meningkatkan kemampuan.
  •  Peserta didik merasa rendah diri karena guru kurang pendekatan dan kurang perhatian. 
  • Kondisi tersebut juga disebabkan karena model pembelajaran yang guru gunakan saat pembelajaran tentu sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa.

Selama ini, model pembelajaran yang dilakukan oleh guru monoton dan hanya berpusat pada guru (Teacher centered). Guru memberikan materi lalu siswa mendengarkan, mengerjakan tugas dan latihan lalu memberikan test atau ulangan. Model pembelajaran yang tidak bervariasi ini disebabkan karena guru belum menguasai model pembelajaran yang mampu membantu siswa. 

AKSI 2

 Kondisi yang menjadi latar belakang masalah :

  •  Guru kurang memahami langkah langkah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kreatif dan innovatif. 
  • Guru belum mampu mendesign RPP yang sesuai dengan model pembelajaran yang digunakan dan menyesuaikan dengan karakter peserta didik dan materi yang diajarkan.

 Hal ini tentu menjadi akar penyebab kesulitan siswa dalam pemahaman teks bahasa Inggris. Selain itu, ketika membuat RPP, guru belum melakukan perencanaan matang dan memperhatikan karakter serta kebutuhan siswa. 

Yang menjadi peran dan tanggung jawab saya sebagai guru dalam praktik ini untuk mendesign pembelajaran yang kreatif, innovatif, menantang dan menyenangkan dengan menggunakan model, metode dan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi. 

B. Tantangan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun