Menyusun Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan guru dan Siswa Dalam pengajaran dan PembelajaranÂ
Tujuan yang ingin dicapai
- Â Meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam menguasai pemahaman Teks Hortatory Exposition terkait fungsi sosial, struktur umum.Â
- Guru belum maksimal dalam pemanfaatan model pembelajaran kreatif dan inovatif, serta penggunaan metode, teknih dan strategi dalam pembelajaran berdasarkan karakteristik siswa dalam pembelajaran teks Hortatory Exposition.Â
A. SituasiÂ
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
 AKSI 1
- Â Kondisi yang menjadi latar belakang masalah :
- Â Peserta didik tidak berminat dalam mengikuti pembelajaran.
- Â Peserta didik tidak memiliki motivasi dalam belajar bahasa Inggris.
- Â Pembelajaran tidak membuat siswa dapat meningkatkan kemampuan.
- Â Peserta didik merasa rendah diri karena guru kurang pendekatan dan kurang perhatian.Â
- Kondisi tersebut juga disebabkan karena model pembelajaran yang guru gunakan saat pembelajaran tentu sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa.
Selama ini, model pembelajaran yang dilakukan oleh guru monoton dan hanya berpusat pada guru (Teacher centered). Guru memberikan materi lalu siswa mendengarkan, mengerjakan tugas dan latihan lalu memberikan test atau ulangan. Model pembelajaran yang tidak bervariasi ini disebabkan karena guru belum menguasai model pembelajaran yang mampu membantu siswa.Â
AKSI 2
 Kondisi yang menjadi latar belakang masalah :
- Â Guru kurang memahami langkah langkah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kreatif dan innovatif.Â
- Guru belum mampu mendesign RPP yang sesuai dengan model pembelajaran yang digunakan dan menyesuaikan dengan karakter peserta didik dan materi yang diajarkan.
 Hal ini tentu menjadi akar penyebab kesulitan siswa dalam pemahaman teks bahasa Inggris. Selain itu, ketika membuat RPP, guru belum melakukan perencanaan matang dan memperhatikan karakter serta kebutuhan siswa.Â
Yang menjadi peran dan tanggung jawab saya sebagai guru dalam praktik ini untuk mendesign pembelajaran yang kreatif, innovatif, menantang dan menyenangkan dengan menggunakan model, metode dan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi.Â
B. Tantangan