Mohon tunggu...
Yasmin HanunKinanti
Yasmin HanunKinanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Saya merupakan mahasiswi Universitas Sebelas Maret tahun 2019 yang sedang menempuh studi di jurusan Fisika.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

KKN UNS Dorong Desa Sambiharjo Melek akan Digital Marketing, Branding, dan Packaging terhadap Inovasi Pengolahan Gula Nira Menjadi Gula Semut

24 Agustus 2022   21:17 Diperbarui: 24 Agustus 2022   21:48 759
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Praktik Langsung Proses Packaging Produk Kemasan Gula Semut/dokpri

Masyarakat di Desa Sambiharjo memiliki potensi terkait usaha produksi daerah yang selalu dikembangkan berupa produk gula yaitu gula nira. Gula nira merupakan cairan manis yang keluar dari tandan nira. Produk yang dihasilkan dari gula nira ini diketahui mulai dikembangkan pada tahun 2004. Namun, saat ini proses produksi kurang mengalami perkembangan karena mengalami kendala terutama dalam kegiatan pemasaran produk. 

Contoh Gula Nira yang dihasilkan oleh Pengrajin di Desa Sambiharjo/dokpri
Contoh Gula Nira yang dihasilkan oleh Pengrajin di Desa Sambiharjo/dokpri

Bermula dari masyarakat Sambiharjo yang hanya menggunakan marketing secara tradisional yaitu dengan menjual kepingan gula jawa ke pasar dan tetangga sekitar. Hal itu menyebabkan kurangnya pemasukan yang didapatkan oleh masyarakat setempat. Hampir semua pengrajin gula di Sambiharjo memproduksi Gula Nira tersebut dengan konsep pemasaran yang sama sehingga tidak terdapat value preposition disetiap produk yang dihasilkan. Oleh karena itu, melihat dari potensi dan kekurangan yang dimiliki Desa Sambiharjo, kami tim 216 KKN Tematik Integratif UNS memiliki inisiatif untuk memberikan sosialiasi beserta praktik langsung pengolahan mengenai pengembangan potensi produk gula nira tersebut. 

Pengolahan gula nira menjadi gula semut di Desa Sambiharjo, Kecamatan Parnggupito, Kabupaten Wonogiri ini diperkenalkan sebagai suatu program kerja pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Periode Juli-Agustus 2022 Kelompok 216 yang beranggotakan Arwin Iqbal Fauzan (Hukum), Alifa Tsamratuz Zahirah (Sastra Arab), Putri Jauharotul Wahidiyah (Hukum), Devinta Yudhanti (Psikologi), Nurin Adyanisa Fajrin (Agroteknologi), Aditya Perdana Putra (Teknik Industri), Yasmin Hanun Kinanti (Fisika) dan Ignasia N. G. Neyun (Statistika). 

Program pemberdayaan masyarakat Desa Sambiharjo melalui pengembangan potensi produk gula nira yang berlangsung selama dua hari bertujuan untuk mengembangkan UMKM masyarakat sekitar terlebih di sektor digital marketing, branding, dan packaging terhadap suatu produk jual. 

Hari pertama dilakukan sosialisasi tentang pengolahan dengan mengundang pembicara external yang ahli dibidangnya, yaitu Pak Khoirul Huda yang merupakan ketua dari Koperasi Ikhtiar Swadaya Mandiri (ISM) Manggarsari. Beliau merupakan aktivis dibidang pengolahan Gula Nira karena rajin mensosialisasikannya kepada masyarakat sekitar sehingga beliau sangat tepat untuk dijadikan pembicara pada program ini.

Penyuluhan Pengolahan Gula Nira oleh Pak Khoirul Huda dan Mahasiswa KKN UNS Desa Sambiharjo 2022/dokpri
Penyuluhan Pengolahan Gula Nira oleh Pak Khoirul Huda dan Mahasiswa KKN UNS Desa Sambiharjo 2022/dokpri

Penyuluhan pada hari pertama diadakan tanpa menggunakan bantuan slide presentasi melainkan berdiskusi secara langsung antara Pak Khoirul dengan pengrajin Gula Nira di Desa Sambiharjo. Materi pertama yang disampaikan pembicara adalah mengenai kesadaran akan pentingnya sisi higenis tanpa bahan kimia sebagai bahan dasar yang digunakan dalam pengolahan Gula Nira. Di Desa Sambiharjo hampir semua masyarakat masih menggunakan sabun sebagai bahan dasar pengolahan Gula Nira. Sabun digunakan untuk membersihkan dan menjernihkan getah dari hasil cairan nira. 

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa sabun merupakan bahan kimia yang berbahaya apabila dikonsumsi oleh manusia. Kesadaran pengrajin gula di Sambiharjo masih sangat minim akan penggunaan sabun tersebut dikarenakan oleh banyak faktor, diantaranya harga sabun yang lebih murah dibandingkan dengan bahan pengganti lainnya dan juga ketersediaan bahan yang digunakan. Pak Khoirul Huda dalam pemaparan diskusinya menjelaskan bahan pengganti yang dapat digunakan untuk mengganti sabun, yaitu galih nangka maupun manggis. 

Proses Diskusi antara Pak Khoirul Huda (Pembicara) dengan Pengrajin Gula Nira Desa Sambiharjo/dokpri
Proses Diskusi antara Pak Khoirul Huda (Pembicara) dengan Pengrajin Gula Nira Desa Sambiharjo/dokpri

Selain menjelaskan mengenai kesadaran akan pentingnya pemilihan bahan dasar, Pak Khoirul Huda juga menjelaskan mengenai cara pembuatan gula jawa menjadi gula semut. Proses atau langkah pembuatan gula nira menjadi gula semut yaitu sebagai berikut:

1. Siapkan wajan.

2. Panaskan Tungku.

3. Menyaring nira dengan menggunakan saringan Mess 100 ke wajan yang sudah panas.

4. Mengaduk nira dengan spatula bambu atau kayu sampai mengental.

5. Angkat wajan dari tungku.

6. Kemudian aduk lagi nira yang sudah menjadi gula sampai kentalnya merata dan mengering.

7. Lalu, haluskan gula yang sudah kering dengan diguser/Ulekan menggunakan batok kelapa.

8. Ayak gula menggunakan ayakan mess 16-17.

9. Packing gula semut menggunakan Standing Pouch Ecopack

Proses pengeringan juga dapat dilakukan menggunakan oven atau menjemur di bawah matahari agar lebih cepat dalam pembuatannya. Prosedur atau langkah pembuatan di atas terdapat dalam suatu handbook yang dibagikan kepada undangan pengrajin gula yang hadir. Handbook digunakan agar mempermudah bapak dan ibu undangan mengikuti material yang diberikan selama dua hari acara.

Handbook sebagai Panduan dalam Kegiatan bagi Para Pengrajin Gula Nira yang hadir/dokpri
Handbook sebagai Panduan dalam Kegiatan bagi Para Pengrajin Gula Nira yang hadir/dokpri

Penyuluhan hari kedua difokuskan untuk membahas mengenai bidang digital marketing, branding,dan packaging. Untuk pembicara pada sesi hari kedua ini yaitu Adittya Putra dan Devinta Yudhanti yang merupakan ketua dan sekretaris tim 216 KKN Tematik Integratif UNS. 

Materi digital marketing membahas mengenai pengertian dasar, menentukan target pasar terhadap suatu produk usaha, kelebihan dan jenis digital marketing, beserta cara memulai digital marketing. Dibalik marketing yang baik juga terdapat suatu proses branding. Materi branding membicarakan tentang penjelasan dasar, manfaat, kriteria, ciri, dan penentuan logo. Branding berhubungan erat dengan packaging suatu produk. Oleh karena itu, materi packaging lebih menitik beratkan terhadap penempatan logo pada wadah yang digunakan agar memudahkan konsumen yang membelinya dan juga membahas mengenai penggunaan sealer yang bertujuan untuk menyegel kemasan agar dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. 

Pemaparan Materi Digital Marketing, Branding, dan Packaging oleh Mahasiswa KKN UNS Desa Sambiharjo/dokpri
Pemaparan Materi Digital Marketing, Branding, dan Packaging oleh Mahasiswa KKN UNS Desa Sambiharjo/dokpri

Contoh Branding dalam Logo/dokpri
Contoh Branding dalam Logo/dokpri

Contoh Branding & Packaging Produk Kemasan Gula/dokpri
Contoh Branding & Packaging Produk Kemasan Gula/dokpri

Setelah pemaparan materi mengenai digital marketing, branding, dan packaging, dilanjutkan praktik langsung pembuatan gula nira menjadi gula semut. Praktik melibatkan langsung ibu maupun bapak pengrajin yang hadir. Bukan hanya praktik langsung mengenai pembuatannya tetapi juga dalam hal penempatan logo dan proses menyegel suatu kemasan. 

Praktik Langsung Pembuatan Gula Nira Menjadi Gula Semut/dokpri
Praktik Langsung Pembuatan Gula Nira Menjadi Gula Semut/dokpri

Praktik Langsung Proses Packaging Produk Kemasan Gula Semut/dokpri
Praktik Langsung Proses Packaging Produk Kemasan Gula Semut/dokpri

Setelah rangkaian acara, seluruh pengrajin yang hadir mendapatkan per satu produk sampel yang telah dibuat terlebih dahulu oleh mahasiswa KKN UNS Desa Sambiharjo. Dengan adanya program ini diharapkan pengrajin gula nira Desa Sambiharjo dapat lebih sadar terhadap penggunaan bahan baku yang ramah konsumsi. Selain kesadaran tersebut, pengrajin gula nira diharapkan juga dapat mengimplementasikan mengenai materi digital marketing, branding, dan packaging ke produk yang mereka hasilkan selama ini.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun