Mohon tunggu...
Syarif Dhanurendra
Syarif Dhanurendra Mohon Tunggu... Jurnalis - www.caksyarif.my.id

Pura-pura jadi Penulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Cegah Radikalisme dengan Tingkatkan Budaya Literasi

9 Juli 2022   12:19 Diperbarui: 9 Juli 2022   12:21 187
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: mediaipnu.or.id

Mencegah Radikalisme dengan Tingkatkan Budaya Literasi. Penyebaran mengerti radikalisme di Indonesia selaku negeri yang penuh keragaman (mega diversity country) makin terus menjadi mengkhawatirkan, proses penyebaran yang masif dengan mengatasnamakan banyak perihal yang terkadang membuat kita' kelabakan' dalam menanganinya, serta yang menggelitikkan lagi merupakan radikalisasi kerapkali didesain seakan- akan berkaitan erat dengan agama baik secara nilai (value) ataupun simbol.

Hendak namun yang lebih parah lagi merupakan mereka senantiasa menyeret ajaran agama selaku pembenaran, sementara itu perihal tersebut pasti sangat berlainan dengan nilai serta ajaran agama apapun.

Sedangkan sebagian kenyataan menampilkan radikalisme yang sepanjang ini banyak mengatasnamakan agama sesungguhnya lebih mengakar pada alibi ataupun kepentingan politik, misalnya terjadinya Islamic State of Irak and Syiria (ISIS) yang banyak melaksanakan kekerasan serta teror sekedar orientasinya merupakan buat menghilangkan lawan politik ataupun kelompok yang berlainan mengerti dengan mereka.

Sesungguhnya secara garis besar, terdapat 3 aspek yang setelah itu jadi pendorong dalam penyebaran mengerti radikalisme ini, semacam yang disebutkan dalam suatu harian riset agama serta pemikiran islam yang berjudul Radikalisme di Indonesia: Antara Historitas dan Antropisitas.

Awal, pertumbuhan dari tingkatan global semacam potret suasana yang kacau di Negara negara timur tengah. Kedua, tersebarnya mengerti wahabi yang berasal dari Arab Saudi. Serta yang ketiga, aspek kemiskinan.

Mengerti radikalisme menyebar lewat celah celah kecil dengan menggunakan kelengahan- kelengahan seorang yang setelah itu merangsek masuk kepada sasaran sasaran penyebarannya yang pula tidak pandang umur, tipe kelamin sampai kelas sosial, utamanya mengacu 3 entitas yang bersumber pada informasi penemuan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pada tahun 2020 sangat rentan terpapar radikalisme ialah anak muda, warga urban serta wanita.

Bicara ketiga entitas tersebut tidak dapat dielakkan dari pertumbuhan era utamanya media sosial yang luar biasa yang setelah itu jadi jalan penyebaran bibit radikalisme baru serta mempunyai kemampuan besar yang hendak meledak dikemudian hari serta kekhawatiran ini cuma soal bom waktu saja.

Aspek kekuatan penyebaran media sosial yang bertabiat borderless ini jadi tantangan besar untuk komponen deradikalisasi sepenuhnya supaya efektifitas preventif setelah itu jadi solutif pada sasaran programnya.

Sedangkan itu hasil monitoring BNPT bersama Kepolisian, Badan Siber dan Sandi Negeri (BSSN), Badan Intelejen Nasional (BIN) ataupun Departemen Komunikasi serta Informatika lumayan mencengangkan, karena dari sana ditemui 600 akun berpotensi radikal yang setelah itu melahirkan 650 konten propaganda, 409 antara lain tercantum konten yang bertabiat universal serta ialah konten data serbuan.

Berikutnya terdapat 147 konten anti Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), 85 konten anti Pancasila, serta 7 konten bernada intoleran serta terdapat 2 konten beraroma mengerti takfiri dan 40 konten tentang pendanaan terorisme.

Suatu hipotesa baru soal problem orang yang berkaitan dengan konsumerisme data global ialah memiliki metode spesial dalam penyerapan kabar data yang cuma hanya memandang headline kabar (news headline literation) tanpa memandang lebih jauh isi kabar yang didapat dari sumber sumber terverifikasi misalnya, alih alih melaksanakan komparasi data tersebut, malah setelah itu mengamini kabar tersebut jadi kebenaran subjektif, ini ialah problem yang tidak bisa dikira kecil urusannya.

Terus menjadi lama pola konsumerisme yang tidak komprehensif hingga energi nalar orang tersebut hendak gampang sekali dicoba doktrinasi sesuatu kelompok aliran menyimpang. Paling tidak terdapat 3 langkah strategis yang bisa diamalkan buat menghindari perkembangbiakan bibit radikalisme.

Ketiga langkah itu ialah penelusuran secara berkala serta terstruktur dengan mengenali kelompok- kelompok yang berisiko berafiliasi mengerti radikalisme, meningkatkan program deradikalisasi lewat budaya pintar berliterasi digital, serta mengoptimalkan kerjasama dengan banyak pihak buat mengedukasi yang menunjang sikap radikal.

Sayangnya, nyaris dari seluruh informasi senantiasa menampilkan tingkatan literasi, utamanya literasi baca, tulis serta digital anak Indonesia terletak diklasemen dasar. Semacam informasi UESCO misalnya, yang menampilkan kalau indeks kegemaran membaca anak Indonesia cuma 0, 001 persen yang maksudnya dari seribu anak Indonesia cuma satu yang gemar membaca, tidak hanya itu suatu studi Connectycut University yang berjudul the most literate nastion in the world yang memposisikan Indonesia di posisi 6 puluh satu dari 6 puluh 2 negeri.

Belum lagi Programme for International Student Assassement (PISA) yang memposisikan Indonesia di posisi 7 puluh 2 dari seratus 3 puluh 2 negeri. Sedangkan Indeks Literasi Digital Indonesia terletak pada angka 3, 49 persen.

Darisanalah setelah itu bisa dideskripsikan kalau betapa kecakapan literasi di Indonesia lumayan mencemaskan, memunculkan ciri tanya.

Mencegah Radikalisme dengan Budaya Literasi

Foto: freepik.com
Foto: freepik.com

Barangkali sejenak kita bisa merefleksikan suatu histori Bangsa Arab serta Zionis, dalam suatu postingan disebutkan kalau sesungguhnya rencana zionis buat menduduki Palestina itu telah dikenal semenjak lama apalagi rencana tersebut diungkapkan 5 puluh tahun saat sebelum pendudukan.

Lalu kenapa setelah itu mereka tidak khawatir orang Arab hendak membaca rencana mereka serta ujung-ujungnya hendak menggagalkan rencana mereka?

Nyatanya terdapat seseorang Yahudi yang dilansir oleh Dokter Raghib As Sirjani dalam bukunya, Spriritual Reading; hidup lebih bermakna dengan membaca berkata kalau:

"Kita orang Yahudi tidak khawatir dengan umat Islam, sebab umat Islam merupakan umat yang malas membaca."

Senada dengan perihal tersebut, seseorang mantan menteri pertahanan Israel, Moshe Dayan mengatakan alibi mereka tidak khawatir dengan umat Islam: 

"Yakinlah, mereka itu malas membaca, serta bila mereka membaca tidak paham, serta bila mereka paham, mereka tidak berperan."

Sementara itu, sejarah sudah mencatat gimana kejayaan Islam pada waktu kemudian dibentuk dengan budaya membaca yang kokoh sampai melahirkan ilmuan besar semacam Ibnu Syna, Ibnu Rusdy dll. Cerita diatas barangkali jadi sinyal hendak berartinya membaca. Lalu dalam konteks penindakan radikalisme barangkali membaca ialah senjata yang mematikan The Deadly Weapon.

Orang yang malas membaca pasti menjadikan pola pikir serta pemikiran mereka dan pengetahuan mereka jadi dangkal dan gampang terprovokasi. Hingga orang yang terdidik serta luas bacaannya hendak mustahil bersudut pandang kecil, serta radikal, serta pula orang yang literat hendak mempunyai kebijaksanaan dalam menyikapi, memperhitungkan serta mengambil keputusan.

Hingga yang butuh setelah itu multi pihak (pentahelix) bergotong royong menggelorakan literasi dengan membuat warga bisa menggemari pustaka, membuat serta memusatkan warga supaya bisa memilah serta memilah teks yang pas, dan memahamkan kalau membaca merupakan sebuat kebutuhan bukan tuntutan semata.

Karena membaca memiliki impact yang bagus dalam membangun konstruk berpikir, semacam adagium yang kerap didengungkan kalau hati hati dengan pikiranmu, sebab hendak jadi ucapanmu, hati hati dengan ucapanmu sebab hendak jadi tindakanmu, hati hati dengan kebiasaanmu sebab hendak sebab jadi karaktermu

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun