Mohon tunggu...
Wiyono Ku
Wiyono Ku Mohon Tunggu... Guru - Guru SMPN 1 Bumijawa

Hobi Berolahraga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Peningkatan Keterampilan Siswa dalam Memahami Isi Berita Menggunakan Model Time Quiz melalui Media Berita Berbasis Online

3 Oktober 2022   16:30 Diperbarui: 9 Oktober 2022   18:24 364
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

BEST PRACTICE MENGGUNAKAN METODE STAR

(SITUASI, TANTANGAN, AKSI, REFLEKSI HASIL DAN DAMPAK)

PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MEMAHAMI ISI BERITA MENGGUNAKAN MODEL TIME QUIZ MELALUI MEDIA BERITA BERBASIS ONLINE DI SMP BEGERI 1 BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL

WIYONO, S.Pd.

Pendidikan Bahasa Indonesia

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah

Rendahnya keterampilan siswa dalam memahami isi berita dilatarbelakangi oleh beberapa hal berikut.

  • Kurang maksimalnya siswa dalam membaca teks berita secara keseluruhan.
  • Pengalaman membaca/literasi membaca siswa masih rendah.
  • Guru masih kurang kreatif dalam menggunakan media dan model pembelajaran inovatif.

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan

Praktik ini penting untuk dibagikan karena model dan media yang digunakan guru telah terbukti efektif meningkatkan keterampilan siswa dalam menyimak berita. Dalam praktik ini, Guru menggunakan model Time Quiz melalui media berita berbasis online karena pertimbangan berikut.

  • Model Time Quiz dapat mengarahkan dan menuntun siswa untuk (1) berpikir kritis mengeksplor pengetahuanya; (2)   saling berinteraksi dan berkolaborasi menguasai materi secara berkelompok; (3) memecahkan masalah secara bersama-sama; (4) lebih aktif dalam pembelajaran; dan (5) memiliki rasa tanggung jawab dalam mengemban tugas kelompok. Selain itu, model Time Quis dapat (1) membuat pembelajaran berita menjadi lebih kondusif dan berkualitas; (2) menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan; (3) membuat siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran membaca berita; (4) mengubah pembelajaran membaca berita yang semula dirasa sulit menjadi  mudah; (5) meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami berita; dan (6) meningkatkan hasil belajar siswa melampaui KKM.
  • Media berita berbasis online  lebih menarik dan memotivasi siswa untuk membaca berita. Siswa akan lebih fokus dalam membaca berita yang ia sukai. Dengan demikian, pembelajaran yang dilakukan guru akan berjalan sesuai harapan (1) target pembelajaran dapat tercapai dengan mudah; (2) proses pembelajaran berjalan efektif; (3) tujuan pembelajaran terealisasi dengan baik; dan (4) keterampilan membaca siswa mengalami peningkatan yang signifikan.

 

Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Berkaitan dengan praktik ini, saya sebagai guru memiliki peran dan tanggung jawab sebagai berikut.

  • Berperan dan berkewajiban untuk untuk melakukan proses pembelajaran yang efektif, menarik, dan menyenangkan menggunakan model Time Quiz melalui media berbasis online agar (1) pembelajaran membaca lebih berkesan bagi siswa; (2) keterampilan memahami isi berita siswa mengalami peningkatan yang signifikan; (3) tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik; dan (4) nilai siswa tuntas melampaui KKM.
  • Berperan dan berkewajiban untuk menyampaikan dan menyamakan peresepsi kepada guru serumpun bahwa model Time Quiz melalui media berbasis online dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi guru di kelas berkaitan dengan rendahnya keterampilan siswa dalam menyimak berita.

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?

Tantangan:

  • Guru belum terbiasa menggunakan model Time Quiz dan media berbasis online dalam pembelajaran membaca berita. Selama ini, guru masih menggunakan metode ceramah melalui berita yang ada dalam buku teks. Siswa diminta mebaca berita dan mencari unsur-unsur yang ada dalam bacan tersebut. Jadi, guru merasa belum terbiasa dan masih canggung dalam menggunakan model dan media pembelajaran inovatif.
  • Masih ada siswa yang belum bisa memahami berita dengan media berbasis online karena siswa masih canggung dalam mencari dan masuk ke dalam situs berita online. Untuk mengatasi permasalahan ini, guru menuntun siswa dalam mencari dan masuk ke dalam situs berita online serta meminta siswa lebih fokus dan membagi tugas dalam menuliskan unsur-unsur berita dengan teman sekelompok.

Pihak yang berperan dan telibat secara langsung dalam pembelajaran ini

  • Guru
  • Siswa

Strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat /Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Strategi apa yang digunakan

Aksi:

Strategi yang dilakukan guru untuk menghadapi tantangan yang ditemukan dalam pembelajaran ini adalah sebagai berikut.

  • Guru melakukan pembelajaran membaca berita menggunakan model Time Quiz melalui media berita berbasis online visual di kelas. Guru membiasakan diri menggunakan model Time Quiz dan media berbasis online dalam pembelajaran membaca berita agar terbiasa dan tidak canggung lagi dalam menerapkan model dan media pembelajaran inovatif.
  • Guru membiasakan pembelajaran membaca/memahami isi berita dengan media berita berbasis online kepada siswa agar siswa terbiasa menggunakan situs online dalam membaca berita sehingga mereka tidak canggung lagi dalam mencari dan masuk ke dalam situs berita online.

Proses pembelajaran yang dilakukan guru. 

Guru melakukan pembelajaran membaca berita menggunakan model Time Quiz melalui media berita berbasis online dengan urutan sebagai berikut.

  • Pendahuluan : Pada kegiatan pendahuluan, ketua kelas menyiapkan kelas dan memimpin berdoa kemudian guru membuka pelajaran dan mengaiktkan materi dengan wawasan yang dimiliki siswa tentang materi berita. Setelah itu, guru memberi motivasi kepada siswa untuk lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran memahami isi berita yang dibaca.
  • Kegiatan inti : Pada kegiatan ini guru dan siswa melakukan beberapa kegiatan (1)  siswa dan guru bertanya jawab tentang materi berita; (2) guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok yang terdiri atas 4-5 anak; (3) guru menjelaskan tugas atau lembar LKPD yang akan dikerjakan; (4) siswa masuk ke dalam situs berita online dan membaca berita yang dipilih secara intensif; (5) siswa sacara berkelompok berkolaborasi mencari unsur-unsur berita yang dibaca. (6) siswa menyampaikan kembali unsur-unsur berita yang telah diskusikan dalam kelompok secara bergantian; (7) tiap-tiap kelompok menjawab kuis dari kelompok lain di depan kelas; dan (8) kelompok lain mengomentari jawaban kelompok yang maju.
  • Kegiatan penutup : Pada kegiatan penutup siswa meyampaikan refleksi tentang pembelajaran yang telah dilakukan. Setelah itu, guru memberi tugas rumah kepada siswa dan menutup pmbelajaran pada hari itu.
  • Secara umum pembelajaran berlangsung dengan lancar, menarik, dan menyenangkan bagi siswa. Selain itu, pembelajaran memahami isi berita menggunakan model Time Quiz melalui media berita berbasis online dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Semua siswa dapat memperoleh nilai di atas KKM.

Pihak yang terlibat
Pihak yang terlibat dalam pembelajaran ini adalah guru dan siswa. Guru memiliki peranan penting dalam pembelajaran ini. Guru sebagai fasilitator memiliki peran untuk dapat mengemas dan menyajikan pembelajaran semenarik mungkin agar pembelajaran berkesan dan  menyenangkan bagi siswa. Siswa sebagai subjek pembelajaran mengalami dan merasakan langsung proses pembelajaran yang dilakukan guru.

Sumberdaya dan materi yang digunakan guru dalam pembelajaran ini adalah sebagai berikut

Sumber daya penunjang : Sumber daya yang digunakan dalam pembelajaran ini meliputi (1) laptop, (2) LCD proyektor, (3) Gawai/HP, serta (5) papan tulis dan spidol.

Materi pembelajaran : Pada pembelajaran ini guru menggunakan beberapa materi pembelajaran. Pertama, materi konseptual tentang pengertian, ciri-ciri, dan unsur-unsur berita. Kedua, materi faktual berupa contoh-contoh berita seputar Indonesia. Ketiga, materi prosedural berisi tentang langkah-langkah masuk ke dalam situs online dan  menemukan unsur-unsur berita. Keempat, materi meta kognitif yaitu berita yang terjadi di lingkungan sekitar yang  secara tidak langsung memiliki manfaat dan pengaruh terhadap peserta didik .

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut.

Dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan

Pembelajaran yang dilakukan guru memiliki dampak positif bagi siswa. Model Time Quiz dan media berita berbasis online yang di gunakan guru sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam memahami isi berita. Melalui model Time Quiz dan media berita berbasis online, pembelajaran membaca berita lebih berkesan bagi siswa. Pembelajaran terasa lebih menarik, membuat siswa aktif, dan lebih antusias membaca berita. Selain itu, mengubah pembelajaran membaca berita yang semula dirasa sulit menjadi  mudah, meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami berita dan meningkatkan hasil belajar siswa melampaui KKM. Hal ini, dapat dilihat dari hasil lembar kerja siswa yang telah  simpulkan sebagai berikut.

  • Dari 32 siswa secara keseluruhan, semua siswa dapat memahami materi dengan baik dan memperoleh nilai di atas KKM.
  • Terdapat 6 siswa yang  memiliki tingkat penguasaan materi mencapai 80% dengan memperoleh nilai 80.
  • Terdapat 10 siswa yang memiliki tingkat penguasaan materi mencapai 85% dengan memperoleh nilai 85.

Terdapat 16 siswa yang memiliki tingkat penguasaan materi mencapai 90% dengan memperoleh nilai 90.

Dengan demikian, model Time Quiz melalui media berita berbasis online yang digunakan guru dalam pembelajaran ini memiliki dampak yang positif bagi hasil belajar siswa yaitu dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam memahami isi berita.


Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan

Respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan adalah baik karena dengan model Time Quiz dan media berita berbasis Online Pembelajaran terasa lebih menarik, membuat siswa aktif, dan lebih antusias membaca berita. Selain itu, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Siswa dapat memperoleh nilai diatas KKM.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun