Mohon tunggu...
Winta Trisnani
Winta Trisnani Mohon Tunggu... Guru - PNS (Guru)

Hobi : Menari dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Inovasi guru BK dalam menangani bullying di SMP

7 November 2024   08:45 Diperbarui: 7 November 2024   09:03 114
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bullying di lingkungan SMP menjadi masalah serius yang berdampak buruk pada perkembangan psikologis, sosial, dan akademik siswa. Dalam konteks ini, peran guru Bimbingan dan Konseling (BK) sangat krusial untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan mendukung melalui pendekatan inovatif yang lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis berbagai inovasi yang dilakukan oleh guru BK dalam upaya menangani bullying di SMP. Dengan pendekatan kualitatif melalui studi kasus pada beberapa SMP, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen yang berkaitan dengan program anti-bullying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru BK memanfaatkan berbagai strategi inovatif, seperti konseling individu, program pelatihan empati, kolaborasi dengan orang tua, dan pemanfaatan teknologi pelaporan kasus bullying. Inovasi-inovasi ini tidak hanya berdampak pada perubahan perilaku siswa tetapi juga meningkatkan kesadaran kolektif terhadap pentingnya lingkungan yang aman dan menghargai perbedaan. Temuan ini menunjukkan bahwa inovasi guru BK memiliki kontribusi signifikan dalam pencegahan dan penanganan bullying secara holistik. Penelitian ini merekomendasikan penerapan program-program serupa di sekolah lain serta pengembangan strategi yang lebih adaptif untuk mendukung keberlanjutan program anti-bullying di sekolah.

PENDAHULUAN

Masalah bullying di sekolah menengah pertama (SMP) telah menjadi perhatian serius dalam dunia pendidikan, baik di Indonesia maupun secara global. Bullying, yang meliputi tindakan intimidasi, pelecehan verbal, kekerasan fisik, dan isolasi sosial, memiliki dampak mendalam terhadap kesehatan mental, perkembangan sosial, dan prestasi akademik siswa. Anak-anak yang menjadi korban bullying sering mengalami penurunan rasa percaya diri, depresi, kecemasan, dan bahkan menunjukkan gejala stres pascatrauma. Selain itu, lingkungan sekolah yang terpapar bullying secara berkelanjutan berpotensi merusak budaya belajar, mengurangi iklim positif di kelas, dan menurunkan motivasi belajar siswa lainnya.

Bullying merupakan isu serius yang dapat berdampak negatif pada perkembangan emosional dan sosial siswa. Di tingkat SMP, di mana siswa sedang berada dalam fase pencarian identitas, bullying dapat menimbulkan dampak yang lebih besar. Oleh karena itu, peran guru Bimbingan dan Konseling (BK) menjadi sangat krusial dalam menangani masalah ini. Berikut adalah beberapa inovasi yang dapat diterapkan oleh guru BK di SMP untuk menangani bullying secara efektif.

Guru Bimbingan dan Konseling (BK) di SMP memainkan peran krusial dalam menangani bullying dan menciptakan lingkungan belajar yang aman dan suportif. Mengingat dampak bullying yang serius, pendekatan konvensional yang hanya menekankan sanksi terhadap pelaku sering kali tidak cukup efektif dalam mengatasi akar permasalahan. Untuk itu, diperlukan inovasi dalam penanganan bullying yang tidak hanya berfokus pada penindakan, tetapi juga pada pencegahan, peningkatan kesadaran, dan pemberdayaan seluruh ekosistem sekolah, termasuk siswa, guru, dan orang tua.

Inovasi guru BK dalam menangani bullying di SMP dapat mencakup pendekatan-pendekatan seperti program intervensi berbasis konseling individu dan kelompok, teknik mediasi dan resolusi konflik, serta pelatihan empati dan kesadaran sosial bagi siswa. Selain itu, pendekatan berbasis teknologi, seperti penggunaan aplikasi pelaporan bullying atau platform media sosial yang diawasi secara teratur oleh guru BK, dapat menjadi langkah maju dalam mengidentifikasi kasus bullying sejak dini dan memberikan dukungan yang cepat kepada korban.

Penerapan program anti-bullying yang inovatif membutuhkan kerjasama erat antara guru BK, guru mata pelajaran, dan pihak sekolah lainnya. Dalam upaya ini, guru BK memiliki peran penting sebagai fasilitator, mediator, dan pelindung siswa. Program seperti pelatihan keterampilan sosial, pembelajaran karakter, dan kegiatan ekstrakurikuler yang memperkuat persahabatan antar-siswa adalah bagian dari pendekatan holistik yang dapat diterapkan untuk mengurangi risiko bullying. Pendekatan-pendekatan ini tidak hanya menargetkan perubahan perilaku pelaku, tetapi juga berupaya membangun sistem dukungan yang kuat bagi korban dan menciptakan kesadaran kolektif di kalangan siswa mengenai pentingnya saling menghormati dan membentuk solidaritas positif.

Oleh karena itu, inovasi dalam praktik guru BK menjadi salah satu kunci utama untuk mengatasi bullying secara komprehensif. Pendekatan ini menuntut guru BK untuk terus meningkatkan kompetensi dan kreativitas mereka dalam merancang strategi penanganan bullying yang relevan dan responsif terhadap kebutuhan generasi muda. Penelitian ini akan mengeksplorasi berbagai inovasi yang dilakukan oleh guru BK di SMP dalam menangani bullying, menganalisis efektivitasnya, dan menggali peluang untuk mengembangkan praktik yang lebih adaptif di masa mendatang.

PEMBAHASAN

Metode penelitian menggunakan metode dengan Pendekatan Mixed Methods (Kombinasi Kualitatif dan Kuantitatif) dengan alasan, pendekatan mixed methods akan memberi pandangan yang lebih komprehensif, menggabungkan kedalaman wawasan dari data kualitatif dengan data kuantitatif untuk memperkuat temuan penelitian. Metode ini memungkinkan peneliti memahami persepsi, pengalaman, dan hasil nyata dari inovasi dalam menangani bullying. Maka Langkah yang bisa diambil dalam hal ini adalah, peneliti bisa memulai dengan survei kuantitatif untuk mendapatkan data umum dari populasi yang luas, lalu melakukan wawancara mendalam dengan beberapa guru BK terpilih untuk menggali detail tentang penerapan inovasi, tantangan yang dihadapi, dan hasil yang dicapai.

Kemudian metode yang ke dua adalah Metode Fenomenologi, alasannya adalah jika tujuan utama adalah untuk mendalami pengalaman pribadi dan persepsi guru BK mengenai bullying dan inovasi yang mereka terapkan, pendekatan fenomenologi sangat sesuai. Metode ini mengeksplorasi bagaimana guru BK memahami, menginternalisasi, dan memaknai peran mereka dalam menangani bullying. Dengan Langkah-Langkah: Pengumpulan data dapat dilakukan melalui wawancara mendalam dan refleksi pribadi dari guru BK yang terlibat. Peneliti akan menganalisis pengalaman mereka untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang dampak dan makna inovasi bagi para pelaku di lapangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun