LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Â
Lokasi
TK Dharma Wanita Tunggur
Lingkup Pendidikan
Taman Kanak-Kanak Kelompok B (5-6 thn)
Tujuan yang ingin dicapai
Meningkatkan Kemampuan Bahasa Mengenal Keaksaraan Awal Huruf
Penulis
Widhiya Arianti
Tanggal
27 Oktober 2022
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Pada kelompok B sebanyak 4 dari 10 anak mengalami kesulitan dalam mengenal keksaraan awal/huruf. Hal tersebut terlihat setelah saya melakukan identifikasi terhadap permasalahan yang ada. Kemudian saya mendapatkan beberapa faktor yang mempengaruhi permasalahan tersebut, diantara lain yaitu:
- Kurangnya inovasi pembelajaran guru pada saat kegiatan pengenalan huruf pada anak.
- Penggunaan media yang kurang menarik dalam pengenalan keaksaraan awal/ huruf.
Praktik ini penting untuk dibagikan karena untuk menunjukkan praktik kegiatan yang sudah pernah saya lakukan, serta berbagi pengalaman dengan orang lain termasuk guru dilingkungan sekolah, memotivasi diri sendiri dan guru lain untuk dapat memberikan pembelajaran yang menarik dan bermakna bagi anak-anak.
Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik pembelajaran ini adalah meningkatkan kemampuan bahasa anak dalam mengenal keaksaraan awal/ huruf dengan menganalisis penyebab masalah tersebut, kemudian mencarikan solusi dari masalah yang ada berdasarkan kajian literatur, wawancara teman sejawat dan para pakar. Kemudian menentukan solusi yang tepat, baik dari model pembelajaran inovatif, metode pembelajaran, dan media yang menarik bagi anak. Langkah selanjutnya dengan membuat rancangan RPP, bahan ajar, media dan LKPD, serta melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan.
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Adapun tantangan untuk mencapai tujuan tersebut, diantaranya:
- Praktik ini saya lakukan dengan anak-anak dikelas yang lain, sehingga saya harus bisa menyesuaikan diri dan mengkondisikan anak dengan baik.
- Kurangnya media yang mampu mengembangkan keaksaraan awal/ huruf bagi anak.
- Menciptakan inovasi baru untuk mengenalkan keaksaraan awal/ huruf pada anak.
Yang terlibat dalam kegiatan praktek ini adalah guru dan anak.
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat/ Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Dari kondisi yang menjadi latar belakang masalah dan tantangan yang ada untuk mencapai tujuan tersebut. Maka saya merancang langkah-langkah untuk menghadapi permasalahan tersebut:
- Menyusun perangkat pembelajaran berupa media pembelajaran, bahan ajar dan LKPD, RPP, serta instrumen penilaian  dengan tema tsnsmsn buah yaitu apel.
- Membuat dan mempersiapkan media pembelajaran permainan kotak ajaib alfabeth yang terdiri dari kotak ajaib, stik huruf dan stik buah. Media kotak ajaib alfabeth terbuat dari kardus, kain flanel, spon ati, stik es krim dan kertas bufallo.
- Menyiapkan kegiatan yang menarik dan berkesinambungan dalam pelaksanaan praktik.
- Melakukan setting lingkungan terhadap kegiatan pembelajaran agar dapat menciptakan suasana yang kondusif dan nyaman.
Proses Pelaksanaan:
- Pada saat kegiatan mengenalkan keaksaraan awal/huruf pada anak, guru menggunakan kotak ajaib alfabeth yang terbuat dari kardus, kain flanel, spon ati, stik es krim dan kertas bufallo. Kegiatan awal anak-anak diminta untuk mengamati berbagai media yang akan dilakukan untuk bermain.
- Kegiatan selanjutnya anak-anak mengambil angka untuk mendapat antrian sesuai angka yang didapat.
- Kemudian anak bermain kotak ajaib alfabet dengan cara mengambil stik buah yang ada di dalam kotak ajaib alfabeth, lalu menyebutkan huruf yang ada pada stik buah.
- Anak selanjutnya mengambil satu persatu stik huruf dan menancapkan pada kotak ajaib alfabeth sesuai urutan pada stik buah.
- Setelah stik huruf sudah selesai disusun, anak mencocokkan kembali dengan menyebutkan huruf yang ada pada stik buah dengan huruf yang sudah disusun pada kotak ajaib alfabeth.
Yang terlibat dalam kegiatan praktek ini adalah guru dan anak.
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Dampak dari aksi:
- Meningkatkan kemampuan mengenal keaksaraan awal huruf.
- Menggunakan metode permainan yang belum pernah digunakan sebelumnya sehingga dapat menumbuhkan minat anak untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
- Hal lain dibuktikan dari 4 anak yang mengalami kesulitan tinggal 1 anak yang mengalami kesulitan mengenal huruf, namun ketika diberikan kalimat pemantik tentang bentuk huruf ia dapat mengerti maksud dari Ibu guru dan akhirnya ia dapat menyebutkan kembali susunan hurufnya.
Respon orang lain terkait strategi yang dilakukan:
Kepala sekolah dan teman sejawat memberikan respon yang positif  untuk kegiatan permainan dan pembelajaran yang dilakukan, sangat mendukung pembelajaran yang akan dilaksanakan karena metode permaianan dan media yang digunakan dapat menarik perhatian anak dan bermakna sehingga dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak.
Faktor keberhasilan:
Yang menjadi faktor keberhasilan pembelajaran ini adalah dibutuhkan kreatifitas yang tinggi dalam pemilihan kegiatan, media dan metode/stategi pembelajaran yang tepat, agar kegiatan pembelajaran bisa lebih menarik yang dapat berdampak pada minat anak untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H