Mohon tunggu...
wety yuningsih
wety yuningsih Mohon Tunggu... Guru - Guru Biologi SMAN 1 Cililin suka berbagi, Guru Youtuber, Guru Blogger ....

Guru Youtuber, Guru Blogger

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

LKPD Mekanisme Kerja Otot Kelas 11 Fase F (Observasi Pengelolaan Kinerja PMM dengan Indikator Aktivitas Interaktif)

22 September 2024   05:07 Diperbarui: 22 September 2024   05:27 290
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dokumentasi pribadi

Tujuan Pembelajaran

1.     Siswa dapat mengidentifikasikan Struktur dan mekanisme kerja otot

2.      Siswa dapat membedakan Gerak Otot Sinergis dan Antagonis

Sumber Pembelajaran

Struktur Otot Rangka


Mekanisme Kerja Otot


Gerak Otot Sinergis dan Antagonis


Metode Pembelajaran : Diskusi dengan Zigsaw

Langkah Pembelajaran

Pendahuluan

Guru memberikan salam dan berdoa bersama

Guru mengecek kehadiran peserta didik, mengkondisikan kelas dan pembiasaan

Apersepsi

Guru menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari yang dikaitkan dengan materi Mekanisme Kerja Otot

Observsi : Guru mengajukan pertanyaan yang menstimulasi proses diskusi dan berpikir kritis

Perilaku : Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan konsep yang dipelajari dengan konsep sebelumnya

Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

1.     Siswa dapat mengindentifikasi Struktur dan mekanisme kerja otot

2.      Siswa dapat membedakan Gerak Otot Sinergis dan Antagonis

Kegiatan Inti 

Guru memberikan referensi video kepada semua murid. 

3.     Pembagian tugas kelompok ahli

Kelompok 1 : Struktur Otot Rangka (Video pertama)

Kelompok 2 : Komponen Struktur Otot (Video kedua)

Kelompok 3 : Sumber Energi Kontraksi Otot (Video Kedua)

Kelompok 4 : Mekanisme Kontraksi Otot (Video kedua)

Kelompok 5 : Pita Gelap Terang pada Otot (Video kedua)

Kelompok 6 : Otot Sinergis (Video ketiga)

Kelompok 7 : Otot Antagonis (Video ketiga)

Observai : Guru menfasilitasi kegiatan pembelajaran yang memberi peran pada semua peserta didik 

Perilaku : Guru menyediakan peran dalam kelompok untuk memastikan semua  anggota mendapat peran

 4. Peserta didik dalam kelompok ahli berdiskusi dan menuliskan hasil diskusi pada kertas HVS masing-masing  

Observai : Guru menfasilitasi kegiatan pembelajaran yang memberi peran pada semua peserta didik 

Perilaku : Guru memotivasi semua peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. 

Observasi : Guru mefasilitasi terjadinya diskusi kelompok yang interaktif, kritis dan inklusif 

Perilaku : Guru berkeliling kelas untuk memberikan bimbingan pada kelompok dalam berdiskusi.

 5. Semua murid berbaris sesuai dengan kelompok nya dan akan dibuat kelompok baru yang merupakan gabungan dari ahli 1,2,3,4,5,6        dan 7  

6. Setiap murid mempresentasikan hasil diskusi nya di dalam kelompok baru.

Observasi : Guru menfasilitasi terjadinya diskusi kelompo yang interaktif, kritis dan inklusif 

Perilaku : Guru memotivasi peserta didik untuk menyampaikan pendapat secara terbuka  

7. Sehingga semua murid mengerti dengan semua materi dalam semua kelompok ahli.

8. Perwakilan murid untuk memperagakan gerak otot antagonis di depan kelas.

9. Guru memberikan asesmen formatif 

Penutup

Resume: Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang Mekanisme Kerja Otot

Refleksi: Memberikan kesempatan kepada peserta didik  untuk mengrefleksi pembelajaran pada hari ini,supaya terjadi evaluasi dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pertemuan selanjutnya

Guru memberikan contoh pembiasaan positif kesadaran terhadap pentingnya   memahami Mekanisme Kerja Otot

Guru memberikan evaluasi  kepada peserta didik

Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya

Asesmen Formatif

Guru memperagakan gerak otot antagonnis

1.     Abduksi

2.     Adduksi

3.     Fleksi

4.     Ekstensi

5.     Elevasi

6.     Depresi

7.     Otot bisep

8.     Otot trisep

9.     Pronasi

10.  Supinasi

  • Kriteria Ketuntassan Tujuan Pembelajaran Tipe Interval Nilai

     Tujuan Pembelajaran :

           Siswa dapat membedakan Gerak Otot Sinergis dan Antagonis

     Interval Nilai

    0 -- 40%

    Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian

    41 -- 65%

    Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan

    66% - 85%

    Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi

    86% - 100%

    Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.

Dan berikut adalah video Pengisian dokumen Observasi Praktik Kinerja Indikator Aktivitas Interaktif PMM 


Mudah-mudahan bermanfaat dan menginspirasi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun