Tujuan Pembelajaran
1. Â Â Siswa dapat mengidentifikasikan Struktur dan mekanisme kerja otot
2. Â Â Â Siswa dapat membedakan Gerak Otot Sinergis dan Antagonis
Sumber Pembelajaran
Struktur Otot Rangka
Mekanisme Kerja Otot
Gerak Otot Sinergis dan Antagonis
Metode Pembelajaran : Diskusi dengan Zigsaw
Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Guru memberikan salam dan berdoa bersama
Guru mengecek kehadiran peserta didik, mengkondisikan kelas dan pembiasaan
Apersepsi
Guru menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari yang dikaitkan dengan materi Mekanisme Kerja Otot
Observsi : Guru mengajukan pertanyaan yang menstimulasi proses diskusi dan berpikir kritis
Perilaku : Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan konsep yang dipelajari dengan konsep sebelumnya
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
1. Â Â Siswa dapat mengindentifikasi Struktur dan mekanisme kerja otot
2. Â Â Â Siswa dapat membedakan Gerak Otot Sinergis dan Antagonis
Kegiatan IntiÂ
Guru memberikan referensi video kepada semua murid.Â
3. Â Â Pembagian tugas kelompok ahli
Kelompok 1 : Struktur Otot Rangka (Video pertama)
Kelompok 2 : Komponen Struktur Otot (Video kedua)
Kelompok 3 : Sumber Energi Kontraksi Otot (Video Kedua)
Kelompok 4 : Mekanisme Kontraksi Otot (Video kedua)
Kelompok 5 : Pita Gelap Terang pada Otot (Video kedua)
Kelompok 6 : Otot Sinergis (Video ketiga)
Kelompok 7 : Otot Antagonis (Video ketiga)
Observai : Guru menfasilitasi kegiatan pembelajaran yang memberi peran pada semua peserta didikÂ
Perilaku : Guru menyediakan peran dalam kelompok untuk memastikan semua  anggota mendapat peran
 4. Peserta didik dalam kelompok ahli berdiskusi dan menuliskan hasil diskusi pada kertas HVS masing-masing Â
Observai : Guru menfasilitasi kegiatan pembelajaran yang memberi peran pada semua peserta didikÂ
Perilaku : Guru memotivasi semua peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran.Â
Observasi : Guru mefasilitasi terjadinya diskusi kelompok yang interaktif, kritis dan inklusifÂ
Perilaku : Guru berkeliling kelas untuk memberikan bimbingan pada kelompok dalam berdiskusi.
 5. Semua murid berbaris sesuai dengan kelompok nya dan akan dibuat kelompok baru yang merupakan gabungan dari ahli 1,2,3,4,5,6     dan 7 Â
6. Setiap murid mempresentasikan hasil diskusi nya di dalam kelompok baru.
Observasi : Guru menfasilitasi terjadinya diskusi kelompo yang interaktif, kritis dan inklusifÂ
Perilaku : Guru memotivasi peserta didik untuk menyampaikan pendapat secara terbuka Â
7. Sehingga semua murid mengerti dengan semua materi dalam semua kelompok ahli.
8. Perwakilan murid untuk memperagakan gerak otot antagonis di depan kelas.
9. Guru memberikan asesmen formatifÂ
Penutup
Resume: Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang Mekanisme Kerja Otot
Refleksi: Memberikan kesempatan kepada peserta didik  untuk mengrefleksi pembelajaran pada hari ini,supaya terjadi evaluasi dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pertemuan selanjutnya
Guru memberikan contoh pembiasaan positif kesadaran terhadap pentingnya  memahami Mekanisme Kerja Otot
Guru memberikan evaluasi  kepada peserta didik
Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya
Asesmen Formatif
Guru memperagakan gerak otot antagonnis
1. Â Â Abduksi
2. Â Â Adduksi
3. Â Â Fleksi
4. Â Â Ekstensi
5. Â Â Elevasi
6. Â Â Depresi
7. Â Â Otot bisep
8. Â Â Otot trisep
9. Â Â Pronasi
10. Â Supinasi
Kriteria Ketuntassan Tujuan Pembelajaran Tipe Interval Nilai
 Tujuan Pembelajaran :
    Siswa dapat membedakan Gerak Otot Sinergis dan Antagonis
 Interval Nilai
0 -- 40%
Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian
41 -- 65%
Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan
66% - 85%
Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi
86% - 100%
Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.
Dan berikut adalah video Pengisian dokumen Observasi Praktik Kinerja Indikator Aktivitas Interaktif PMMÂ
Mudah-mudahan bermanfaat dan menginspirasi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H