NAMA Â Â Â Â Â Â : WA ODE RESTI NUR CAHYANI
NIM Â Â Â Â Â Â Â Â : N011211036
ANGKATAN Â : 2021
GB Â Â Â Â Â Â Â Â Â : 12 (DUA BELAS)
PENGARUH KONFLIK TERHADAP ORGANISASI
Dalam organisasi akan selalu ada konflik yang timbul  dan tidak selalu bisa dihindari. Konflik atau sering disebut sebagai pertentangan adalah proses yang tidak berjalan secara efektif ketika sedang melakukan pengelolaan sumber daya dan lingkungan sehingga dapat mendorong seseorang dalam menjelaskan kesalahpahaman dan mempertajam daya pikir dalam bergagasan. Konflik terjadi akibat adanya kepentingan yang berbeda  dan saling berbenturan dalam hubungan antarindividu, antarkomunitas, yang biasanya terjadi dalam organisasi ataupun kehidupan bermasyarakat.
Bagi orang awam yang berpandangan tradisional, konflik sering dianggap sebagai peristiwa yang selalu bernilai negatif akibat dari kurangnya komunikasi, kurangnya keterbukaan, kurangnya kepercayaan anggota dan harus dihinda karena selalu disamakan dengan suatu hal yang bersifat merugikan dan harus dihindari. Beberapa orang ada juga yang menganggap konflik dalam organisasi maupun kelompok adalah hal yang wajar, tidak bisa dihindari, dan konflik tidak selamanya hanya membawa kerugian tetapi juga membawa manfaat sehingga dapat dijadikan pelajaran untuk mencegah atau menghadapi masalah kedepannya. Konflik dapat membawa perubahan tergantung kepada bagaimana cara kita memandang dan menilainya. Konflik dapat memberikan manfaat Ketika dipandang sebagai hal yang positif dan akan menjadi kekurangan jika dipandang sebagai hal yang negatif. Dengan demikian, konflik tidak dapat dinilai sebagai hal yang baik atau buruk secara tepat.
Komponen utama dari sebuah organisasi adalah anggota yang berasal dari individu dengan karakteristik yang tidak akan terlepas dari massalah-masalah atau konflik. Setiap individu tidak lah sama dan selalu memiliki perbedaan baik dalam hal kecerdasan, bakat, kemampuan, sikap, kebutuhan dan minat. Adanya perbedaan-perbedaan pada setiap individu adalah hal yang baik bila dihadapi dengan baik. Mengetahui apa saja penyebab dari timbulnya konflik dalam organisasi akan memudahkan dalam menghadapinya. Penyebab yang biasanya menjadi latar belakang timbulnya konflik, misalnya yaitu gagal dalam berkomunikasi sehingga menimbulkan salah pengertian; tujuan orang yang berbeda-beda karena tiap orang mempunyai alasan tersendiri dalam melakukan atau mengikuti suatu organisasi; kekurangan sumber daya dalam organisasi; terdapat anggota yang memiliki sifat kurang menaati ketentuan-ketentuan yang berlaku; masalah dan wewenang tiap individu berbeda-beda. Dengan kata lain, terjadinya konflik dalam suatu organisasi bukanlah merupakan hal alamiah yang timbul dengan sendirinya.
Masalah-masalah dalam organisasi secara singkat disebabkan oleh kurangnya komunikasi antar anggota atau kelompok serta kurangnya sistem yang mengontrol organisasi. Kurangnya komunikasi antar anggota ataupun kelompok disebabkan oleh adanya rasa saling bergantungan dalam organisasi, kurangnya struktur yang jelas dalam organisasi sehingga timbul keraguan ketika akan melakukan atau menyelesaikan suatu pekerjaan, adanya perbedaan dalam orientasi tugas atau tugas yang diberikan tidak kurang terarah, terjadi persaingan untuk memperoleh penghargaan sehingga aturan yang ada terkadang tidak berjalan lancar.
Dalam organisasi seringnya masalah yang timbul adalah masalah antaranggota. Masalah antaranggota meskipun tidak bisa dihindari tetapi masih bisa dimanfaatkan apabila dikelola dengan baik dan sistematis. Sebaliknya, jika masalah tidak dikelola dengan baik, maka hubungan antaranggota dalam organisasi akan semakin memburuk serta memicu meningkatnya sifat ingin merusak.
Masalah atau konflik dalam organisasi harus diatasi agar dapat mencapai kondisi kinerja yang maksimal dengan memelihara masalah tetap fungsional atau tetap dapat memberikan manfaat. Selain itu, penyelesaian masalah komunikasi dalam organisasi juga bertujuan untuk meminimalkan adanya konflik yang merugikan dengan  menjaga jalinan hubungan antara pihak-pihak yang bersangkutan.
Sebaliknya, apabila permasalahan komunikasi dalam organisasi tidak segera diatasi dan dikelola dengan baik, maka hal ini dapat menghambat tercapainya tujuan organisasi.
Masalah yang sering timbul dalam organisasi adalah masalah hubungan antar anggota ataupun kelompok sehingga dalam penyelesaiannya dibutuhkan sosok pemimpin yang memiliki kemampuan dalam mengatasi masalah-masalah dalam organisasi dan memiliki kemampuan dalam mengambil manfaat dari masalah-masalah yang ada sehingga efektivitas dan produktivitas kinerja organisasi lebih meningkat.
Sebelumnya telah disebutkan bahwa adanya konflik dalam organisasi membawa dampak baik positif maupun negative. Dampak positif yang ditimbulkan oleh konflik adalah dengan adanya konflik dalam organisasi menyebabkan orang-orang untuk mengubah cara-cara dalam berperilaku dan dalam melaksanakan tugas-tugan  yang ada. Konflik memicu terjadinya perubahan positif dalam organisasi melalui bagaimana cara menyelesaikan masalah.  Konflik memicu macam-macam pendapat berupa masukan-masukan yang digunakan untuk berbagai macam kepentingan dalam organisasi. Konflik yang disebabkan oleh persaingan menimbulkan suasana kompetitif dalam organisasi sehingga mendorong anggota termotivasi untuk memenangkan kompetisis atau persaingan dengan memberikan  upaya terbaiknya. Suasana kompetitif inisangat dibutuhkan dalam organisasi.
Selanjutnya adalah efek negatif yang ditimbulkan oleh konflik dalam organisasi antara lain berupa terhambatnya komunikasi karena konflik menimbulkan rasa tidak enakan kepada  anggota lain, menyebabkan adanya disintegrasi, menimbulkan suasana tegang antar anggota baik secara individu maupun kelompok, gangguan komunikasi dapat menghambat Kerjasama antar individu, mengacaukan perhatian yang harusnya ditujukan kepada tujuan organisaso dan tidak berlarut-larut dalam penyelesaian konflik. Selain itu, konflik juga menyebabkan efek psikologikal anggota organisasi. Efek psikologikal yang ditimbulkan mempengaruhi hubungan antar-anggota untuk memberikan kepercayaan kepada orang lain dan mengganggu Kerjasama dalam organisasi. Terganggunya psikologi anggota juga menyebabkan kualitas produk atau hasil kerja anggota organisasi menjadi kurang berkualitas.
Kegiatan dalam mengatasi masalah-masalah  dalam organisasi antara lain mencakup mencegah terjadinya konflik dalam organisasi pada anggota maupun pada lomponen lainnya, mengurangi dan menekan konflik, serta menyelesaikan konflik dengan baik. Mencegah terjadinya konflik dalam organisasi dilakukan dengan cara menanamkan pemikiran kepada anggota organisasi  bahwa tujuan organisasi lebih penting disbanding tujuan kelompok atau unit, membuat struktur tugas seperti proyek yang bersifat stabil dan dapat diramalkan, tidak melakukan Tindakan perlombaan yang dapat memicu situasi menang kalah yang dapat menyinggung dan menghancurkan pihak lain, dan komunikasi antar anggota dari setiap unit perlu ditingkatkan dan dikembangkan sehingga koordinasi dalam organisasi lebih baik lagi.
Tindakan menekan dan mengurangi terjadinya konflik dalam organisasi dilakukan Ketika konflik yang terjadi sudah berada dalam tingkat yang tinggi dan bersifat merusak diikuti dengan tingkat kerja pada tiap anggota, bagian atau unit berkurang produktivitasnya sehingga pencapaian tujuan pun terhambat.
 Cara untuk mengurangi dan menekan terjadinya konflik dalam organisasi adalah dengan meningkatkan interaksi antar anggota, memisahkan anggota yang berlawanan, membuat dan menerapkan peraturan kerja yang kuat dan berdasar, melakukan negosiasi antar anggota yang berlawanan, berkonsultasi pada pihak ketiga yang lebih berpengalaman dalam menyelesaikan masalah-masalah keorganisasian terutama dalam hal komunikasi antar anggota, pergantian jabatan, melakukan job training atau pelatihan pekerjaan, serta membawa tujuan pada tingkat yang lebih tinggi. Membawa tujuan pada tingkat yang lebih tinggi dapat mengalihkan perhatian para anggota yang terlibat dalam masalah dari tujuan pribadi menjadi tujuan bersama.
Selain itu, permasalahan komunikasi yang berbeda maka penyelesaiannya pun berbeda. Pengelolaan konflik dilakukan tergantung pada jenis masalah apa yang sedang terjadi. Untuk meningkatkan komunikasi antar anggota organisasi, dapat  dilakukan diskusi terkait permasalahan dan isu-isu yang berkaitan dengan masalah yang sedang dihadapi. Diskusi dilakukan dengan mengumpulkan  anggota untuk mengetahui kebutuhan-kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk mengatasi masalah yang terjadi. Dalam hal ini, masalah atau konflik yang terjadi merupakan tanggung jawab bersama dan semua pihak harus Bersama-sama mencari solusi permasalahannya. Diskusi dilakukan untuk para anggota yang saling percaya satu sama lain dan memiliki komiteman yang tinggi dalam menyelesaikan masalah serta apabila masalah memiliki nilai yang tinggi jika dapat terselesaikan.
Menanamkan kepentingan bersama dan tujuan bersama merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh seorang pemimpin dalam memperkecil adanya perbedaan diantara anggota organisasi yang bertentangan  sehingga  tujuan organisasi tidak terhambat dan tidak ada keberpihakan pada satu kelompok. Menyelesaikan masalah dengan menanamkan  bahwa tidak ada yang menang atau yang kalah dalam sebuah penyelesaian masalah.
Menyelesaikan masalah komunikasi dalam organisasi juga dapat dilakukan oleh pemimpin dengan cara menggunakan wewenangnya atau secara eksekutif memaksa anggota organisasi dibawahnya untuk menghentikan pertentangan. Menyelesaikan masalah dengan cara eksekutif bersifat kurang efektif karena tidak menyelesaikan masalah hingga dasarnya karena bisa saja masalah yang tidak terselesaikan ini timbul lagi.
Langkah penyelesaian lainnya dapat juga dilakukan dengan cara meminta anggota yang bertikai untuk mendaftar dan mengikuti  sebuah seminar yang menyediakan fasilitator yang ditujukan untuk nantinya mengatur interaksi antara pihak-pihak yang bertikai atau bertentangan. Fasilitator yang dipilih merupakan fasilitator yang mempunyai keterampilan sehingga intervensi yang dilakukan dapat diharapkan dapat mengubah dan memperbaiki hubungan dan sikap anggota-anggota yang bertikai. Menggunakan pihak ketiga, yaitu seorang konsultan digunakan untuk membantu para anggota yang bertikai agar tidak bertikai lagi.
Dengan demikian, konflik dalam organisasi tidak selamanya merupakan hal yang bersifat merusak dan hanya memberikan efek negative saja. Konflik memiliki banyak manfaat dalam berkembangnya suatu organisasi. Manfaat dari konflik dapat bermanfaat apabila dikelola dengan baik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H