AWAL
Saya mengajar di sekolah menengah pratama daerah kotaTengerang Selatan yaitu SMPN 21 Kota
Tangerang Selatan. Sekolah saya berada di perbatasan antara Depok, Jakarta Selatan dan Kabupaten
Tangerang. Disekolah saya rata-rata mereka anak-anak yang orang tua bekerja atau broken home.
Setiap hari dipagi hari banyak siswa yang selalu mengeluh sakit,karena mereka jarang sarapan dan
tidak membawa bekal dari rumah. siswa-siswi kami rata-rata mereka hanya jajan jarang sekali makan
seperti nasi disekolah. dalam pemebelajaran mereka juga sulit untuk mengikuti karena keadaan perut
yang kosong maka tidak maksimal dalam belajar. apalagi dalam pembelajar bahasa Inggris, mereka
tidak ada motivasinya dalam belajar. Dari keseharian ini saya memliki tujuan didalam pembelajaran
saya yaitu procedure text, di sini saya ingin anak -- anak biasa berperan aktif pembuatan bekal mereka
yang akan dibawa dengan pembelajaran procedure text ini. Saya inginsekali siswa siswi disekolah ini
bias memiliki potensi dalam bahasa Inggris yang bida diterapkan ke mana saja. Keterampilan
berbahasa Inggris ini sangat sekali penting untuk akan datangnya. Menggali motivasi siswa siswi ini
harus mengikuti trand mereka.
TANTANGAN
Siswa siswi saya ini jarang sekali orang tua mereka menyiapkan mereka makanan 4 sehat 5 sempurna
atau membawa bekal dari rumah. Disekolah selalu ada program setiap siswa membawa bekal 4 sehat
5 sempurna dari rumah akan tetapi sekolah memberitahukan 1 minggu sebelum kegiatan. Hanya ada
beberapa siswa yang membawanya. untuk pembelajaran bahasa Inggris menugaskan siswa
melakukan procedure text dengan mereka membuat makanan 4 sehat 5 sempurna. Banyak hal yang
harus saya lakukan agar siswa siswi semangat dalam pembelajaran ini. saya melihat mereka yang
mungkin tidak bisa memasak atau orang tua yang tidak ada waktu untuk menyiapkan bekal. saya
melihat potensi mereka adalah selalu membuat sesuatu dijadikan konten atau mereka sangat kreatif
dalam menggunakan media social. Saya mengajak siswa siswi disekolah saya terutama kelas 9 untuk
mereka memiliki ide dan kreatif mereka membuat procedure text dengan tema 4 sehat 5 sempurna.
Setiap kegiatan mereka boleh memvideokan atau hasilnya berupa video mereka melakukan langkahlangkah pembatak makanan 4 sehat 5 sempurna, bias jga mereka membuat menu makanan yang
dijadikan sebuah buku.
AKSI
Sebelum melakukan langkah kedalam pembelajaran, saya melihat potensi mereka dalam menggunaka
HP disini saya menggali potensi mereka untuk melakukan pembelajaran procedure text.
membutuhkan waktu dan membagi kelompok mereka untuk saling berkalaborasi. disini saya
memberikan mereka kegiatan awal yaitu dalam mereka mebuat perencanaan terlebih dahulu apa
yang mereka akan lakukan. semua kegiatan mereka lakukan dan videokan untuk dijadikan konten
mereka.
Setap siswa sebelum melakukan pemebelajaran saya mengajak mereka untuk membawa bekal dari
rumah. Disini saya mengajak mereka untuk mengetahui tata cara dalam makan. Banyak pertanyaan
yang saya berikan seperti
1. Apa saja hal yang perlu kita lakukan setelah makan?
2. Apa saja hal yang perlu kita lakukan saat makan?
3. Apa saja hal yang perlu kita lakukan setelah makan?
Disini mereka akan banyak yang berpendapat menurut pendapat mereka masing-masing.
Tindak lanjut dalam kegiatan temkan ini mereka melakukan sesuai pertanyaan yang saya
berikan. Disini mereka mulai memvideokan dan melakukan percakapan dengan menggunakan
bahasa Inggris.
Pertemuan selanjutnya adalah Bayangkan,saya mengajak mereka membuat mini warung
makan dikelas. Disana mereka diberikan berbagai menu 4 sehat 5 sempurna. Disini siswa dan
siswi dilatih untuk mengambil makanan dan melakukan transaksi dengan casir di warung mini.
Setiap makanan yang mereka ambil disini mereka bias menganalisis gizi yang seimbang dan
menu makana apa saja yang biasa mereka buat dalam bentuk resep makanan. Disini
dinamakan Melakukan makan penuh kesadaran selama makan di warung makan. Saya sebagai
guru merespon siswa dan siswai dalam beberapa pertanyaan seperti
1. Ada apa saja yang dijal diwarung makan?
2. Apakah kita bias mengontrol makanan sesai gizi seimbang yang telah kita tau
sebelumnya?
3. Ceritakan pengalaman mereka setelah makan di warung makan?
Semua mereka ceritakan kembali dalam sebah video atau foto yang mereka lakukan
menggunaka persentasi dalam bahasa Inggris.
Pertemuan selanjutnya adalah Lakukan. Apa yang mereka lakkan disini adalah membuat men
makana. Disini saya merview pengalaman mereka sebelumnya yang mereka lakukan dalam
makanan sehat. Disini guru memberikan siswa dan siswi pertanyaan seperti
1. Tahukah kalian cara membuat menu makanan yang telah kalian sebutkan?
Disini saya sebagai guru mendengarkan jawaban mereka sesuai tahapan-tahapan yang
mereka ceritakan menggunakan bahasa Inggris dan mereka langsung melakukannya. Disini
termasuk procedur text yang sesuai dengan RPP. Dalam tahap refleksi siswa di Tanya kembali
1. Dari resep makanan sehat yang telah dibuat, apakah sudah memenhi gizi seimbang?
Dengan antusisnya mereka semua mereka buat dalam buku resep makan dan foto-foto
kegiatan mereka.
PERUBAHAN
Siswa dan siswai disekolah saya sangan antusis dalam pembelajaran procedure text yang membuat
bekal, membuat buku resep makanan semua mereka lakukan dengan ide kreatif mereka dalam
pembelajaran ini mereka semua berusaha berbicara menggunakan bahasa Inggris dan menulis buku
resep beserta presentasi dengah hasil karya mereka. Hal yang paling berkesan adalah perubahan
dalam pembelajarn bahasa Inggris dari mereka ini luar biasa dan dalam hal membawa bekal juga anakanak yang selalu sembawa bekal 4 sehat 5 sempurna setelah pembelajaran ini. Siswa dan siswi dengan
semangan untuk mempersentasikan apa yang sudah mereka dapat.
Yang perlu saya kembangkan lagi adalah metode pembelajaran yang lebih kreatif dan inovasi untuk
siswa siswi yang nantinya mereka akan mengembangkan inovasi-inovasi hebat dari para siswa.
KEGIATAN YANG KAMI LAKUKAN
https://drive.google.com/file/d/1eqVprwvJF-dZCMASrR5hL4fe4yao8m8V/view?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/1BJuSECsn23DuFI3ChPSWu2O3REKzP0OI/view?usp=sharing
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H