Mohon tunggu...
Wahyu Tri Agustin
Wahyu Tri Agustin Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya ada seorang guru bahasa Inggris di sekolah menengah yg memiliki hobi treveling. Saya senang mengajar untuk mencerdaskan anak bangsa yg bergenerasi emas.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penulisan Hasil Pembelajaran Procedur Text Menggunakan Metode ATAP

29 November 2023   02:08 Diperbarui: 29 November 2023   02:15 92
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

AWAL

Saya mengajar di sekolah menengah pratama daerah kotaTengerang Selatan yaitu SMPN 21 Kota

Tangerang Selatan. Sekolah saya berada di perbatasan antara Depok, Jakarta Selatan dan Kabupaten

Tangerang. Disekolah saya rata-rata mereka anak-anak yang orang tua bekerja atau broken home.

Setiap hari dipagi hari banyak siswa yang selalu mengeluh sakit,karena mereka jarang sarapan dan

tidak membawa bekal dari rumah. siswa-siswi kami rata-rata mereka hanya jajan jarang sekali makan

seperti nasi disekolah. dalam pemebelajaran mereka juga sulit untuk mengikuti karena keadaan perut

yang kosong maka tidak maksimal dalam belajar. apalagi dalam pembelajar bahasa Inggris, mereka

tidak ada motivasinya dalam belajar. Dari keseharian ini saya memliki tujuan didalam pembelajaran

saya yaitu procedure text, di sini saya ingin anak -- anak biasa berperan aktif pembuatan bekal mereka

yang akan dibawa dengan pembelajaran procedure text ini. Saya inginsekali siswa siswi disekolah ini

bias memiliki potensi dalam bahasa Inggris yang bida diterapkan ke mana saja. Keterampilan

berbahasa Inggris ini sangat sekali penting untuk akan datangnya. Menggali motivasi siswa siswi ini

harus mengikuti trand mereka.

TANTANGAN

Siswa siswi saya ini jarang sekali orang tua mereka menyiapkan mereka makanan 4 sehat 5 sempurna

atau membawa bekal dari rumah. Disekolah selalu ada program setiap siswa membawa bekal 4 sehat

5 sempurna dari rumah akan tetapi sekolah memberitahukan 1 minggu sebelum kegiatan. Hanya ada

beberapa siswa yang membawanya. untuk pembelajaran bahasa Inggris menugaskan siswa

melakukan procedure text dengan mereka membuat makanan 4 sehat 5 sempurna. Banyak hal yang

harus saya lakukan agar siswa siswi semangat dalam pembelajaran ini. saya melihat mereka yang

mungkin tidak bisa memasak atau orang tua yang tidak ada waktu untuk menyiapkan bekal. saya

melihat potensi mereka adalah selalu membuat sesuatu dijadikan konten atau mereka sangat kreatif

dalam menggunakan media social. Saya mengajak siswa siswi disekolah saya terutama kelas 9 untuk

mereka memiliki ide dan kreatif mereka membuat procedure text dengan tema 4 sehat 5 sempurna.

Setiap kegiatan mereka boleh memvideokan atau hasilnya berupa video mereka melakukan langkahlangkah pembatak makanan 4 sehat 5 sempurna, bias jga mereka membuat menu makanan yang

dijadikan sebuah buku.

AKSI

Sebelum melakukan langkah kedalam pembelajaran, saya melihat potensi mereka dalam menggunaka

HP disini saya menggali potensi mereka untuk melakukan pembelajaran procedure text.

membutuhkan waktu dan membagi kelompok mereka untuk saling berkalaborasi. disini saya

memberikan mereka kegiatan awal yaitu dalam mereka mebuat perencanaan terlebih dahulu apa

yang mereka akan lakukan. semua kegiatan mereka lakukan dan videokan untuk dijadikan konten

mereka.

Setap siswa sebelum melakukan pemebelajaran saya mengajak mereka untuk membawa bekal dari

rumah. Disini saya mengajak mereka untuk mengetahui tata cara dalam makan. Banyak pertanyaan

yang saya berikan seperti

1. Apa saja hal yang perlu kita lakukan setelah makan?

2. Apa saja hal yang perlu kita lakukan saat makan?

3. Apa saja hal yang perlu kita lakukan setelah makan?

Disini mereka akan banyak yang berpendapat menurut pendapat mereka masing-masing.

Tindak lanjut dalam kegiatan temkan ini mereka melakukan sesuai pertanyaan yang saya

berikan. Disini mereka mulai memvideokan dan melakukan percakapan dengan menggunakan

bahasa Inggris.

Pertemuan selanjutnya adalah Bayangkan,saya mengajak mereka membuat mini warung

makan dikelas. Disana mereka diberikan berbagai menu 4 sehat 5 sempurna. Disini siswa dan

siswi dilatih untuk mengambil makanan dan melakukan transaksi dengan casir di warung mini.

Setiap makanan yang mereka ambil disini mereka bias menganalisis gizi yang seimbang dan

menu makana apa saja yang biasa mereka buat dalam bentuk resep makanan. Disini

dinamakan Melakukan makan penuh kesadaran selama makan di warung makan. Saya sebagai

guru merespon siswa dan siswai dalam beberapa pertanyaan seperti

1. Ada apa saja yang dijal diwarung makan?

2. Apakah kita bias mengontrol makanan sesai gizi seimbang yang telah kita tau

sebelumnya?

3. Ceritakan pengalaman mereka setelah makan di warung makan?

Semua mereka ceritakan kembali dalam sebah video atau foto yang mereka lakukan

menggunaka persentasi dalam bahasa Inggris.

Pertemuan selanjutnya adalah Lakukan. Apa yang mereka lakkan disini adalah membuat men

makana. Disini saya merview pengalaman mereka sebelumnya yang mereka lakukan dalam

makanan sehat. Disini guru memberikan siswa dan siswi pertanyaan seperti

1. Tahukah kalian cara membuat menu makanan yang telah kalian sebutkan?

Disini saya sebagai guru mendengarkan jawaban mereka sesuai tahapan-tahapan yang

mereka ceritakan menggunakan bahasa Inggris dan mereka langsung melakukannya. Disini

termasuk procedur text yang sesuai dengan RPP. Dalam tahap refleksi siswa di Tanya kembali

1. Dari resep makanan sehat yang telah dibuat, apakah sudah memenhi gizi seimbang?

Dengan antusisnya mereka semua mereka buat dalam buku resep makan dan foto-foto

kegiatan mereka.

PERUBAHAN

Siswa dan siswai disekolah saya sangan antusis dalam pembelajaran procedure text yang membuat

bekal, membuat buku resep makanan semua mereka lakukan dengan ide kreatif mereka dalam

pembelajaran ini mereka semua berusaha berbicara menggunakan bahasa Inggris dan menulis buku

resep beserta presentasi dengah hasil karya mereka. Hal yang paling berkesan adalah perubahan

dalam pembelajarn bahasa Inggris dari mereka ini luar biasa dan dalam hal membawa bekal juga anakanak yang selalu sembawa bekal 4 sehat 5 sempurna setelah pembelajaran ini. Siswa dan siswi dengan

semangan untuk mempersentasikan apa yang sudah mereka dapat.

Yang perlu saya kembangkan lagi adalah metode pembelajaran yang lebih kreatif dan inovasi untuk

siswa siswi yang nantinya mereka akan mengembangkan inovasi-inovasi hebat dari para siswa.

KEGIATAN YANG KAMI LAKUKAN
https://drive.google.com/file/d/1eqVprwvJF-dZCMASrR5hL4fe4yao8m8V/view?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/1BJuSECsn23DuFI3ChPSWu2O3REKzP0OI/view?usp=sharing

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun