Mohon tunggu...
VIVI ISA ARDIANTI
VIVI ISA ARDIANTI Mohon Tunggu... Guru - GURU

MANDIRI, TEGAS DAN HARUS MAU BELAJAR

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice LK 3.1

7 Desember 2022   20:30 Diperbarui: 7 Desember 2022   20:37 193
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

PPG DALJAB KATEGORI 2 TAHUN 2022

 

 

LK 3.1 Menyusun Best Practices

  • Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Angka 1-5 dengam Media Puzzle Angka

Kelompok A Di Sekolah TK PKK JETIS

 

Lokasi

TK PKK JETIS

Lingkup Pendidikan

TK Kelompok A (4-5 Tahun)

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan kemampuan mengenal simbol angka 1-5

Penulis

VIVI ISA ARDIANTI, S.Psi.

Tanggal

21 November 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah :

  • Dalam kegiatan mengenal angka 1-5 secara simbolik maupun fonik anak-anak masih memerlukan bimbingan, bahkan 8 dari 15 anak masih mengalami kesulitan dalam hal ini.
  • Guru selalu memberikan lembar kerja dari IGTKI.
  • Guru kurang menggunakan media yang menarik dalam setiap pembelajaran
  • Dari poin-poin diatas dapat diambil kesimpulan bahwa :
  • pertama selama ini anak terlihat kesulitan dalam mengenal angka. Banyak anak yang ketika di minta menulis angka akan kesusahan dan masih bingung dengan simbol angkanya.
  •  
  • Kedua, guru kurang memahami tahapan perkembangan anak. Selama ini guru langsung memberikan pengenalan angka hanya melalui papan tulis dan LKPD.
  •  
  • Ketiga, guru tidak memberikan media ataupun metode yang lebih menarik sehingga anak antusias dalam belajar mengenal angka yang di sampaikan oleh guru.

Praktik pembelajaran ini menurut saya penting untuk dibagikan karena ada banyak rekan guru yang mengalami permasalahan yang sama, sehingga praktik ini diharapkan selain bisa memotivasi diri saya sendiri juga bisa menjadi referensi atau inspirasi bagi rekan guru yang lain.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Dari analisis hasil kajian wawancara dan literatur, penyebab dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu meningkatkan aspek kognitif dalam hal mengenal angka 1-5 antara lain :

  • Anak belum mampu mengenal angka 1-5
  • Kurangnya pengenalan angka di lingkungan rumah
  • Guru seharusnya tidak langsung mengajak anak untuk menulis angka di papan atau menebali LKPD

Dari penyebab diatas, tantangan yang dihadapi guru adalah :

  • Guru harus memberikan metode belajar yang lebih menarik lagi
  • Guru harus berinovasi dengan media atau memodifikasi media yang sudah ada agar anak lebih antusias belajar
  • Menyediakan media sederhana namun menyenangkan untuk bermain

Dalam praktik pembelajaran ini melibatkan :

  • Guru
  • Peserta didik

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain :

  • Guru harus memotivasi anak untuk mau mengenal angka

Guru dapat menggunakan lagu untuk pengenalan angka pada anak  

  • Guru harus menginovasi atau memodifikasi media pembelajaran
  • Dengan membuat sendiri media-media dari bahan sederhana
  • Menyediakan media mengenal angka seperti puzzle angka atau kotak angka

Pemilihan media juga sangat berpengaruh untuk perkembangan kognitif anak. Sebelum anak menulis, hendaknya mereka akan mengenal terlebih dahulu. Untuk menarik minat anak, guru harus pandai membuat atau menciptakan media-media yang beragam

  • Langkah-langkah dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah sebagai berikut  :
  • Guru mengenalkan angka dengan suara dan intonasi yang jelas.
  • Guru membawa media kartu huruf untuk pengenalan pertama
  • Guru menggunakan lagu-lagu untuk menarik antusias anak-anak
  • Guru menjelaskan puzzle angka dan cara bermainnya secara urut

Alat dan bahan :

Puzzle angka, kertas buffalow dan double tip

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dapat terlihat diantaranya :

  • Mengenalkan angka dengan tahapan yang tepat akan membuat anak merasa bahwa dirinya sedang bermain.
  • Dengan media yang tepat anak akan lebih antusias dan tertarik untuk mengenal angka.
  • Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyelesaikan puzzlenya secara mandiri dan anak dapat menyelesaikannya dengan benar.

Dampak dari aksi PPL Siklus 2 ini adalah dari 6 anak yang belum mampu mengenal angka dengan tepat, Ada 4 anak yang mengalami peningkatan yaitu mendapatkan nilai BSB (Berkembang Sangat Baik) dan 2 anak mendapatkan BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa penggunakan media puzzle angka sangat efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Respon kepala sekolah dan teman sejawat terkait dengan strategi yang dilakukan yakni sangat mendukung dan memberikan arahan untuk tetap berkontribusi membuat media yang menarik. Guru mampu memberikan pembelajaran yang inovatif dan membuat anak antusias dalam belajar karena mereka merasa bermain namun ada pembelajaran yang tidak mereka sadari di dalamnya.

respon dosen dan guru pamong sangat baik dan memberi masukan untuk pembelajaran kedepannya agar lebih baik lagi.

 

Faktor keberhasilan dari aksi ini adalah perencanaan yang baik seperti persiapan media atau persiapan catatan kecil untuk memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran.

Pembelajaran yang dapat diambil dari keseluruhan proses ini adalah pentingnya sebuah persiapan dari segi RPP dan media serta pentingnya menggali potensi guru untuk terus berkembang bahkan menciptakan inovasi-inovasi baru.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun