INFORMASI UMUM
IDENTITAS MODUL
Nama Penyusun         : Viola Clara Citra Pramesti
Institusi               : SMP Negeri 2 Tasikmadu
Tahun Pelajaran         : 2023
Jenjang Sekolah         : SMP
Mata Pelajaran          : Matematika
Elemen               : Elemen
Jumlah Peserta Didik     : 32
Materi Ajar            : Bilangan Bulat
Kelas/Fase/Semester     : VII/D/Ganjil (1)
Alokasi Waktu          : 2 JP x 40 menit (80 menit)
Capaian pembelajaran    :
Di akhir fase D, peserta didik dapat membaca, menulis, dan membandingkan bilangan bulat, bilangan rasional dan irasional, bilangan desimal, bilangan berpangkat bulat dan akar, bilangan dalam notasi ilmiah. Mereka dapat menerapkan operasi aritmetika pada bilangan real, dan memberikan estimasi/perkiraan dalam menyelesaikan masalah (termasuk berkaitan dengan literasi finansial).
KOMPETENSI AWAL
Peserta didik telah memiliki pengetahuan awal tentang bilangan cacah dan mampu melakukan operasi dasar pada cacah.
PROFIL PELAJAR PANCASILA
Bernalar kritis, kemampuan untuk mengidentifikasi masalah, mengembangkan strategi pemecahan, dan mengambil tindakan yang tepat dalam menghadapi masalah tersebut.
Mandiri, mampu mengidentifikasi masalah, mencari solusi, dan mengatasi kendala tanpa harus selalu mengandalkan bantuan dari orang lain.
Bergotong Royong, siswa belajar untuk bekerja sama dalam tim untuk menyelesaikan tugas-tugas akademik.
SARANA DAN PRASARANA Â Â
Laptop/Komputer Lab
Proyektor
Jaringan Internet
Game Pembelajaran
LKPD
TARGET SISWA
Peserta didik reguler
MODEL PEMBELAJARAN
Pembelajaran tatap muka berupa problem based learning menggunakan metode diskusi.
KOMPONEN INTI
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah berdiskusi, siswa dapat menginterpretasikan (C2) jenis bilangan bulat dan mengenali karakteristik masing-masing dengan benar.
Setelah berdiskusi, siswa dapat melakukan (C3) operasi bilangan bulat dengan benar
Setelah berdiskusi, siswa dapat menganalisis (C4) pola bilangan dalam deret bilangan bulat dengan mendeteksi hubungan antar elemen.
Setelah berdiskusi, siswa dapat mengevaluasi (C5) kebenaran atau ketidakbenaran pernyataan matematis yang melibatkan bilangan bulat dengan benar.
PEMAHAMAN BERMAKNA
Peserta didik akan memiliki pemahaman yang mendalam tentang berbagai jenis bilangan bulat, serta kemampuan untuk mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam berbagai konteks. Mereka dapat menghubungkan konsep matematis ini dengan aktivitas harian, seperti mengukur panjang, menghitung harga belanja, atau memecahkan masalah sehari-hari lainnya.
PERTANYAAN PEMANTIK
Bagaimana bilangan bulat dapat menggambarkan temperatur di luar saat suhu turun di bawah nol? Apa yang terjadi ketika suhu turun semakin rendah?
Pernahkah kalian melihat pola bilangan bulat di sekitar dalam kehidupan sehari-hari? Misalnya, bagaimana pola waktu yang melibatkan bilangan bulat digunakan dalam jadwal penerbangan atau jadwal bus?
PERSIAPAN PEMBELAJARAN
Membaca materi pembelajaran, menyiapkan perangkat, materi dan modul ajar.
Menyiapkan alat dan bahan
Menyiapkan jobsheet.
Â
Â
PEMEBELAJARAN
KEGIATAN AWAL – 10 menit
- Guru menyiapkan peralatan pembelajaran, termasuk laptop, proyektor, dan komputer di laboratorium yang telah dihidupkan dan siap digunakan
- Guru membuka sesi pembelajaran dengan menyampaikan salam kepada para siswa dan melakukan doa bersama sesuai dengan nilai-nilai keagamaan yang berlaku. (Religius)
- Guru memeriksa kesiapan siswa untuk belajar dengan memeriksa daftar kehadiran siswa, memastikan kedisiplinan, dan memonitor kehadiran siswa. (Disiplin)
- Guru mengajukan pertanyaan yang menghubungkan pengetahuan sebelumnya para siswa dengan materi yang akan disampaikan. (berpikir kritis)
- Guru menjelaskan secara jelas tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam sesi ini. (Komunikasi)
- Guru mendorong semangat belajar siswa dengan memberikan motivasi yang relevan. Guru menjelaskan manfaat dan penerapan materi pelajaran dalam kehidupan sehari-hari agar siswa merasa termotivasi untuk belajar. (Character Building)
- Guru memberikan pertanyaan pemantik yang merangsang pemikiran siswa dan membantu mereka terlibat dalam proses pembelajaran (Critical Thinking):
Bagaimana bilangan bulat dapat menggambarkan temperatur di luar saat suhu turun di bawah nol? Apa yang terjadi ketika suhu turun semakin rendah?
Pernahkah kalian melihat pola bilangan bulat di sekitar dalam kehidupan sehari-hari? Misalnya, bagaimana pola waktu yang melibatkan bilangan bulat digunakan dalam jadwal penerbangan atau jadwal bus?
KEGIATAN INTI – 40 menit
Persiapan Awal Kegiatan Inti -5 menit
Guru melakukan pembentukan kelompok yang terdiri dari 6 hingga 7 orang siswa.
Guru memberikan instruksi kepada siswa untuk membuka aplikasi game yang telah disediakan
Guru menyerahkan jobsheet kepada setiap kelompok siswa dan lembar evaluasi kepada setiap siswa. Jobsheet berisi petunjuk dan tugas yang akan dikerjakan oleh setiap kelompok. Lembar evaluasi berisi evaluasi materi untuk digunakan pada akhir pertemuan.
Guru memberikan arahan kepada siswa untuk membaca materi pada jobsheet dan memahami deskripsi yang terdapat di dalamnya. Ini penting untuk memastikan bahwa siswa memahami tugas yang harus mereka lakukan dalam aktivitas berikutnya.
Orientasi Peserta Didik pada masalah
Aktivitas 1: Pengenalan Bilangan Bulat dan Pencocokan Gambar
Guru memberikan penjelasan terkait prosedur pelaksanaan Aktivitas 1 dalam aplikasi game.
Siswa diberi kesempatan untuk mengeksekusi Activity 1/Level 1 pada aplikasi game dengan tujuan mencocokkan angka-angka pada layar dengan gambar yang sesuai. (berpikir kritis)
Setelah menyelesaikan Activity 1, guru menginstruksikan siswa untuk menjawab sejumlah pertanyaan pada jobsheet yang berkaitan dengan jenis-jenis bilangan bulat yang ditemui dalam Activity 1. (bergotong royong)
Aktivitas 2: Operasi Bilangan Bulat
Guru memberikan penjelasan tentang langkah-langkah yang harus diikuti dalam Aktivitas 2 dalam aplikasi game.
Siswa diberi kesempatan untuk mengeksekusi Activity 2/Level 2 pada aplikasi game dengan tugas mengisi kolom hasil operasi bilangan bulat sesuai dengan petunjuk yang diberikan. (berpikir kritis)
Setelah menyelesaikan Activity 2, guru mengarahkan siswa untuk menjawab pertanyaan pada jobsheet yang berkaitan dengan konsep operasi bilangan bulat yang dipelajari dalam Activity 2. (bergotong royong)
Aktivitas 3: Prediksi Bilangan dalam Deret Bilangan Bulat
Guru memberikan penjelasan tentang bagaimana menjalankan Aktivitas 3 dalam aplikasi game.
Siswa diberi waktu untuk mengeksekusi Activity 3/Level 3 pada aplikasi game dengan tugas menggeser slider sesuai dengan prediksi bilangan bulat dalam deret bilangan bulat yang disajikan. (berpikir kritis)
Setelah menyelesaikan Activity 3, guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan pada jobsheet yang berfokus pada prediksi bilangan dalam deret bilangan bulat. (bergotong royong)
Mengorganisasi Peserta Didik untuk Belajar
Guru memastikan bahwa setiap anggota kelompok peserta didik memiliki pemahaman yang jelas mengenai tugas individu masing-masing.
Peserta didik berpartisipasi dalam sesi diskusi kelompok, di mana mereka bekerjasama bersama anggota kelompoknya untuk merumuskan solusi dan strategi dalam menyelesaikan tantangan yang dihadapi dalam permainan. (mandiri dan bergotong-royong)
Membimbing Penyelesaian Individu Maupun Kelompok
Guru melakukan pemantauan aktif terhadap tingkat keterlibatan peserta didik selama proses penyelesaian game.
Setiap peserta didik mengemban tanggung jawab individu dengan menyelesaikan aktivitas yang diberikan, lalu memberikan bantuan kepada rekan-rekan kelompoknya dalam menyelesaikan tantangan yang muncul. (mandiri dan bergotong-royong)
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
Guru melakukan evaluasi terhadap setiap pertanyaan yang terdapat pada lembar jobsheet dengan mengajukan pertanyaan kepada masing-masing kelompok sebagai bentuk pengecekan pemahaman mereka. (berpikir kritis)
Guru memberikan umpan balik konstruktif serta apresiasi kepada masing-masing kelompok sebagai bentuk penghargaan atas upaya mereka. (Komunikasi)
PENUTUP -30 menit
Guru, bersama dengan para siswa, melakukan rangkuman materi yang telah dipelajari selama sesi pembelajaran.
Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai pelaksanaan pertemuan hari ini.
Guru mengajukan pertanyaan untuk meminta masukan dari para siswa mengenai pengalaman mereka dalam pertemuan hari ini. (komunikasi)
Guru melakukan evaluasi cepat melalui pengisian lembar evaluasi yang telah dibagikan kepada para siswa. Hal ini bertujuan untuk memperoleh umpan balik dari para siswa terkait proses pembelajaran.
Guru mengakhiri sesi pembelajaran dengan melakukan doa bersama. (religius)
*TPACK: Keseluruhan pembelajaran mencerminkan integrasi yang efektif antara teknologi (komputer, proyektor, aplikasi game), pendekatan pengajaran (diskusi kelompok, pemantauan), dan pemahaman konten (bilangan bulat).
- BAHAN BACAAN GURU DAN PESERTA DIDIK
Matematika untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas VII edisi 2021. Penerbit Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Matematika untuk SMP/MTs Kelas VII edisi 2022. Penerbit Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
- GLOSARIUM
Bilangan Bulat: Bilangan bulat adalah bilangan utuh yang meliputi semua bilangan positif, nol, dan negatif.
Bilangan Negatif: Bilangan bulat yang kurang dari nol.
Bilangan Positif: Bilangan bulat yang lebih besar dari nol.
Pola Bilangan: Susunan bilangan yang mengikuti suatu pola tertentu atau aturan matematika.
Deret Bilangan: Susunan bilangan dalam suatu urutan yang mengikuti pola tertentu.
Invers (Kebalikan): Bilangan yang, jika dikalikan dengan bilangan lain, menghasilkan hasil perkalian 1.
- DAFTAR PUSTAKA
Tim Gakko Tosho. 2021. Matematika untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas VII edisi 2021. Jakarta : Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.
Susanto, Dicky, dkk. 2022. Matematika untuk SMP/MTs Kelas VII edisi 2022. Jakarta : Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.
MATERI AJAR
Materi dalam bentuk Power Point dapat diakses melalui: https://www.canva.com/design/DAF0CXiFGsA/9Pfrdhw5kgRjlTbT0g4GOQ/edit?utm_content=DAF0CXiFGsA&utm_campaign=designshare&utm_medium=link2&utm_source=sharebutton
Bilangan bulat adalah bagian penting dalam matematika yang mencakup bilangan positif, bilangan negatif, dan nol. Dalam materi ajar ini, kita akan mempelajari jenis bilangan bulat, operasi yang dapat dilakukan, analisis pola dalam deret bilangan bulat, dan cara mengevaluasi pernyataan matematis yang melibatkan bilangan bulat.
Jenis Bilangan Bulat
Bilangan bulat terdiri dari beberapa jenis:
- Bilangan Positif: Ini adalah bilangan yang lebih besar dari nol, seperti 1, 2, 3, dan seterusnya. Mereka diberi tanda positif (+).
- Bilangan Negatif: Ini adalah bilangan yang lebih kecil dari nol, seperti -1, -2, -3, dan seterusnya. Mereka diberi tanda negatif (-).
- Nol: Nol adalah titik tengah dalam bilangan bulat dan tidak memiliki tanda positif atau negatif.
Operasi Bilangan Bulat
- Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat:
Operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat mengikuti aturan berikut:
Bilangan positif + bilangan positif = bilangan positif
Bilangan negatif + bilangan negatif = bilangan negatif
Bilangan positif + bilangan negatif = Hasil tergantung pada besaran bilangan dan tanda.
Contoh: 3 + (-2) = 1, (-4) + (-5) = -9, 6 + 2 = 8.
- Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat:
Operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat mengikuti aturan berikut:
Bilangan positif x bilangan positif = bilangan positif
Bilangan negatif x bilangan negatif = bilangan positif
Bilangan positif x bilangan negatif = bilangan negatif
Bilangan negatif / bilangan positif = bilangan negatif
Contoh: 4 x (-2) = -8, (-3) x (-5) = 15, 10 / (-2) = -5.
Analisis Pola Bilangan dalam Deret Bilangan Bulat
Dalam matematika, kita sering menemui deret bilangan bulat. Untuk menganalisis deret tersebut, kita perlu mencari pola atau hubungan antar elemen dalam deret. Contoh:
Deret bilangan: 2, 6, 10, 14, 18 Pola: Pertambahan 4 setiap langkah.
Evaluasi Pernyataan Matematis dengan Bilangan Bulat
Kita akan belajar cara mengevaluasi pernyataan matematis yang melibatkan bilangan bulat. Ini membantu kita menentukan kebenaran atau ketidakbenaran pernyataan tersebut. Contoh pernyataan: "Jika x adalah bilangan bulat positif, maka -x adalah bilangan bulat negatif." (Benar)
Kesimpulan: Bilangan bulat adalah komponen matematika penting yang digunakan dalam berbagai konteks. Dalam materi ajar ini, kita telah memahami jenis-jenis bilangan bulat, aturan operasi, analisis deret bilangan, dan evaluasi pernyataan matematis yang melibatkan bilangan bulat. Praktik dan pemahaman yang baik tentang bilangan bulat akan membantu Anda dalam berbagai aspek matematika dan pemecahan masalah.
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Â
Nama Penyusun
Viola Clara Citra Pramesti
Institusi
SMP Negeri 2 Tasikmadu
Tahun Pelajaran
2023
Jenjang Sekolah
SMP
Mata Pelajaran
Matematika
Elemen
Bilangan
Jumlah Peserta Didik
32
Materi Ajar
Bilangan bulat
Kelas/Fase/Semester
VII/D/Ganjil (1)
Alokasi Waktu
2 JP x 40 menit (80 menit)
Alokasi Waktu Kegiatan LKPD
35 menit
Â
- Capaian Pembelajaran      Â
Di akhir fase D, peserta didik dapat membaca, menulis, dan membandingkan bilangan bulat, bilangan rasional dan irasional, bilangan desimal, bilangan berpangkat bulat dan akar, bilangan dalam notasi ilmiah. Mereka dapat menerapkan operasi aritmetika pada bilangan real, dan memberikan estimasi/perkiraan dalam menyelesaikan masalah (termasuk berkaitan dengan literasi finansial).
- Tujuan Pembelajaran
Setelah berdiskusi, siswa dapat menginterpretasikan (C2) jenis bilangan bulat dan mengenali karakteristik masing-masing dengan benar.
Setelah berdiskusi, siswa dapat melakukan (C3) operasi bilangan bulat dengan benar
Setelah berdiskusi, siswa dapat menganalisis (C4) pola bilangan dalam deret bilangan bulat dengan mendeteksi hubungan antar elemen.
Setelah berdiskusi, siswa dapat mengevaluasi (C5) kebenaran atau ketidakbenaran pernyataan matematis yang melibatkan bilangan bulat dengan benar.
- Alat & Bahan
1 buah komputer
Alat tulis berupa bulpoin
- Langkah Kerja: 35 menit
Aktivitas 1: Pengenalan Bilangan Bulat dan Pencocokan Gambar – 10 menit
Pilih "Level 1" pada menu permainan untuk memulai aktivitas pertama.
Tugas Anda adalah mengklasifikasikan angka yang muncul pada bagian bawah layar ke salah satu dari tiga card yang ada. Card-card tersebut mungkin menggambarkan berbagai jenis suhu sehari-hari.
Tarik angka ke card yang sesuai dengan jenis suhu yang Anda pikirkan.
Jika Anda tidak yakin, cobalah untuk bertanya angka mana yang sesuai dengan jenis suhu yang Anda lihat?
Setelah menyelesaikan permainan. Cobalah untuk menjawab pertanyaan berikut ini bersama kelompok kalian:
Sebutkan contoh-contoh bilangan bulat yang muncul dalam Activity 1!
Apakah ada angka positif dalam Activity 1? Jika iya, sebutkan angka-angka tersebut dan gambar yang sesuai.
Apakah ada angka negatif dalam Activity 1? Jika iya, sebutkan angka-angka tersebut dan gambar yang sesuai.
Apakah ada angka selain negatif dan positif dalam Activity 1? Jika iya, sebutkan angka-angka tersebut dan gambar yang sesuai.
Aktivitas 2: Mengisi Kolom Hasil Operasi Bilangan Bulat -10 menit
Pilih "Level 2" untuk memulai aktivitas pada menu permainan untuk memulai aktivitas kedua.
Tugas Anda adalah mengisi kolom hasil operasi bilangan bulat sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Petunjuk ini mungkin berhubungan dengan pembayaran oleh kasir toko.
Untuk mengisi kolom tersebut, Anda perlu melakukan operasi matematika pada angka-angka yang muncul pada layar. Selalu perhatikan petunjuk dengan cermat.
Setelah Anda yakin dengan jawaban Anda, klik tombol "Print" untuk mengecek jawaban Anda. Jika jawaban benar, skor Anda akan bertambah.
Setelah menyelesaikan permainan. Cobalah untuk menjawab pertanyaan berikut ini:
Sebutkan contoh-contoh operasi bilangan bulat yang muncul dalam Activity 2!
Bagaimana operasi bilangan bulat dapat mempengaruhi perubahan bilangan positif?
Bagaimana operasi bilangan bulat dapat mempengaruhi perubahan bilangan negatif?
Adakah contoh penerapan operasi bilangan bulat pada kehidupan sehari-hari?
Aktivitas 3: Prediksi Deret Bilangan Bulat dalam Grafik -10 menit
Pilih "Level 3" untuk memulai aktivitas pada menu permainan untuk memulai aktivitas ketiga.
Tugas Anda adalah menggeser slider sesuai dengan prediksi bilangan bulat dalam deret bilangan bulat yang disajikan dalam grafik.
Untuk memahami pola yang ada dalam deret bilangan bulat, perhatikan grafik dengan cermat. Grafik ini mungkin berkaitan dengan prediksi pembelian barang.
Setelah Anda memprediksi bilangan bulat yang sesuai dengan grafik, gunakan slider untuk mengatur nilai prediksi.
Klik tombol "Prediksi" untuk mengecek jawaban Anda. Jika jawaban Anda benar, skor Anda akan bertambah.
Setelah menyelesaikan permainan. Cobalah untuk menjawab pertanyaan berikut ini:
Bagaimana Anda mengidentifikasi pola dalam deret bilangan bulat yang disajikan dalam grafik?
Apakah operasi bilangan bulat membantu dalam mengidentifikasi pola dalam deret bilangan bulat?
Adakah contoh penerapan deret bilangan bulat pada kehidupan sehari-hari?
Pra-Aktivitas - 5 menit: Presentasikan hasil jawaban Anda kepada Guru dan teman-teman.
RUBRIK PENILAIAN
Penilaian Kognitif
Â
Identifikasi materi yang akan diujikan
Pertanyaan
Kemungkinan Jawaban
Setelah berdiskusi, siswa dapat menginterpretasikan (C2) jenis bilangan bulat dan mengenali karakteristik masing-masing dengan benar.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan bilangan bulat! (Jawaban singkat)
Terlampir
Setelah berdiskusi, siswa dapat melakukan (C3) operasi bilangan bulat dengan benar
Hitung 5 - (-3)! (Jawaban singkat)
Terlampir
Selesaikan 8 × (-4)! (Jawaban singkat)
Terlampir
Setelah berdiskusi, siswa dapat menganalisis (C4) pola bilangan dalam deret bilangan bulat dengan mendeteksi hubungan antar elemen.
Jika deret bilangan adalah 2, 4, 6, 8, 10, apa pola bilangan yang terdapat dalam deret ini?
(Jawaban singkat)
Terlampir
Apa hubungan antara dua elemen berturut-turut dalam deret bilangan bulat: 3, 7, 11, 15, 19?
Terlampir
Setelah berdiskusi, siswa dapat mengevaluasi (C5) kebenaran atau ketidakbenaran pernyataan matematis yang melibatkan bilangan bulat dengan benar.
Pernyataan: "Pertambahan dua bilangan bulat selalu menghasilkan bilangan positif." Apakah pernyataan ini benar atau salah? Sertakan alasan anda
Terlampir
Kemungkinan Jawaban
- Bilangan bulat adalah jenis bilangan yang mencakup seluruh angka bulat positif, nol, dan angka bulat negatif.
- Hasil dari 5 - (-3) adalah 8.
- Hasil dari 8 × (-4) adalah -32.
- Pola bilangan dalam deret ini adalah penambahan 2 pada setiap langkah, dengan awal dari 2.
- Hubungan antara dua elemen berturut-turut dalam deret bilangan bulat 3, 7, 11, 15, 19 adalah penambahan 4.
- Pernyataan: "Pertambahan dua bilangan bulat selalu menghasilkan bilangan positif" salah. Pertambahan bilangan bulat bisa menghasilkan bilangan positif, negatif, atau nol, tergantung pada nilai bilangan yang ditambahkan.
- Pernyataan: "Perkalian dua bilangan negatif selalu menghasilkan bilangan positif" benar. Perkalian dua bilangan negatif akan selalu menghasilkan bilangan positif.
Petunjuk Penskoran
SKOR
TINDAK LANJUT
Terjawab benar skor 10
Terjawab mendekati benar 5
Terjawab salah 1
Tidak terjawab 0
Peserta didik dengan nilai ≤ 75
diadakan remedial
Peserta didik dengan nilai ≥ 75
diadakan pengayaan
Terjawab benar skor 10
Terjawab mendekati benar 5
Terjawab salah 1
Tidak terjawab 0
Peserta didik dengan nilai ≤ 75
diadakan remedial
Peserta didik dengan nilai ≥ 75
diadakan pengayaan
Terjawab benar skor 10
Terjawab mendekati benar 5
Terjawab salah 1
Tidak terjawab 0
Peserta didik dengan nilai ≤ 75
diadakan remedial
Peserta didik dengan nilai ≥ 75
diadakan pengayaan
Terjawab benar skor 20
Terjawab mendekati benar 10
Terjawab salah 1
Tidak terjawab 0
Peserta didik dengan nilai ≤ 75
diadakan remedial
Peserta didik dengan nilai ≥ 75
diadakan pengayaan
Terjawab benar skor 20
Terjawab mendekati benar 10
Terjawab salah 1
Tidak terjawab 0
Peserta didik dengan nilai ≤ 75
diadakan remedial
Peserta didik dengan nilai ≥ 75
diadakan pengayaan
Terjawab benar skor 20
Terjawab mendekati benar 10
Terjawab salah 1
Tidak terjawab 0
Peserta didik dengan nilai ≤ 75
diadakan remedial
Peserta didik dengan nilai ≥ 75
diadakan pengayaan
Terjawab benar skor 20
Terjawab mendekati benar 10
Terjawab salah 1
Tidak terjawab 0
Peserta didik dengan nilai ≤ 75
diadakan remedial
Peserta didik dengan nilai ≥ 75
diadakan pengayaan
Penilaian/skoring
Nilai Akhir=Jumlah (100)
Penilaian Sikap
Instrumen Penilaian Sikap
NO
Nama
Bernalar kritis
MandiriÂ
Bergotong-royong
Jumlah skor
NA
1.
2.
3.
4.
…
Kolom aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut:
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang
Rubrik Penilaian Sikap
No
Aspek
Indikator Aspek
Skor Penilaian
1.
Bernalar Kritis
- siswa mampu mengidentifikasi dan memahami masalah atau situasi dengan cermat
- siswa mampu mengevaluasi berbagai solusi yang mungkin untuk masalah yang ada
- siswa mampu menganalisis, menilai, dan mengkritisi informasi
4 = Jika 4 point dilakukan
3 = Jika 3 point dilakukan
2 = Jika 2 point dilakukan
1 = Jika 1 point dilakukan
2.
Kemandirian
- siswa mampu merencanakan, mengorganisir, dan mengelola waktu secara efektif
- siswa mampu mengambil inisiatif dalam pembelajaran mereka, seperti mencari informasi tambahan
- siswa mampu belajar tanpa tergantung pada bimbingan eksternal
4 = Jika 4 point dilakukan
3 = Jika 3 point dilakukan
2 = Jika 2 point dilakukan
1 = Jika 1 point dilakukan
3
Bergotong-royong
siswa mampu untuk secara efektif menyampaikan ide, mendengarkan, dan berinteraksi dengan anggota tim atau kelompok.
siswa mampu menyelesaikan konflik yang mungkin muncul dalam konteks kerja sama dengan anggota lain.
Siswa mampu memahami dan menghormati keragaman dalam kelompok
4 = Jika 4 point dilakukan
3 = Jika 3 point dilakukan
2 = Jika 2 point dilakukan
1 = Jika 1 point dilakukan
NA= Nilai Akhir
NA= Total Nilai Perolehan/ skor maksimal x 100
INSTRUMEN PENILAIAN KETRAMPILAN
No
Aspek yang dinilai
Sub Indikator
Kriteria Penilaian
1.
Pemecahan masalah
siswa mampu mengidentifikasi masalah atau tantangan yang dihadapi dalam konteks aktivitas
siswa untuk mengevaluasi berbagai solusi yang mungkin dan memilih yang paling efektif
siswa mampu untuk menerapkan solusi dengan benar
4 = Jika 4 point dilakukan
3 = Jika 3 point dilakukan
2 = Jika 2 point dilakukan
1 = Jika 1 point dilakukan
2.
Kerjasama Kelompok
siswa mampu berkomunikasi dengan anggota kelompok secara jelas
siswa mampu berpartisipasi dengan aktif dalam diskusi
4 = Jika 4 point dilakukan
3 = Jika 3 point dilakukan
3.2 = Jika 2 point dilakukan
1 = Jika 1 point dilakukan
Kemampuan Penyusunan Argumen
siswa mampu untuk mengkritisi argumen mereka dan mengidentifikasi kelemahan atau potensi
siswa mampu untuk mengidentifikasi bukti atau data yang mendukung
4 = Jika 4 point dilakukan
3 = Jika 3 point dilakukan
2 = Jika 2 point dilakukan
1 = Jika 1 point dilakukan
4.
Kemampuan Berbicara
siswa untuk mengatur volume suara sehingga dapat didengar dengan baik.
siswa untuk mengucapkan kata-kata dengan jelas dan berbicara dengan lancar.
4 = Jika 4 point dilakukan
3 = Jika 3 point dilakukan
2 = Jika 2 point dilakukan
1 = Jika 1 point dilakukan
NA= Nilai Akhir
NA= Total Nilai Perolehan/ skor maksimal x 100
Â
INSTRUMEN SURVEI
LEMBAR PERTANYAAN KEPADA SISWA
Â
Sekolah       : SMP Negeri 2 Tasikmadu
Kelas        : VII
Mapel        : Matematika
Waktu        :
Petunjuk      :
Berikut daftar pertanyaan terkait dengan pengalaman belajar dari Bapak/Ibu guru di kelas. Tidak ada elemen ujian dalam pertanyaan ini, dan respons Anda tidak akan memengaruhi situasi Anda. Mohon untuk memberikan jawaban secara jujur, karena hal ini akan sangat membantu Bapak/Ibu guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Silakan pilih jawaban yang mencerminkan pendapat Anda, seperti sangat setuju, setuju, tidak setuju, atau sangat tidak setuju, dengan memberi tanda centang (✓) sesuai ekspresi yang disediakan di lembar ini.
No.
Pertanyaan
STS
TS
S
SS
1.
Pengajaran hari ini membantu saya memahami materi yang diajarkan
2.
Saya merasa nyaman bertanya pertanyaan atau menyatakan pendapat di kelas.
3.
Tingkat kesulitan tugas yang diberikan sesuai dengan kemampuan saya.
4.
Saya merasa guru memberikan umpan balik yang konstruktif terhadap pekerjaan saya.
5.
Saya merasa terlibat dalam proses pembelajaran di kelas ini.
6.
Guru memberikan instruksi dengan jelas dan mudah dipahami.
7.
Saya merasa memiliki dukungan yang cukup dari guru dalam proses belajar.
8.
Saya merasa motivasi untuk belajar dalam kelas ini.
9.
Sarana dan prasarana pembelajaran di kelas ini memadai.
10.
Saya merasa lebih percaya diri dalam memahami materi setelah mengikuti pembelajaran ini.
Â
LEMBAR REFLEKSI KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama  :
Kelas  : VII
Waktu  :
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
- Bagaimana kendala yang mungkin dihadapi baik dalam persiapan maupun selama proses pembelajaran, terutama terkait dengan ketersediaan sarana dan prasarana?
Jawaban:
- Apa hal menarik atau peristiwa positif yang dapat diidentifikasi selama berlangsungnya proses pembelajaran?
Jawaban:
- Sejauh mana siswa menunjukkan antusiasme dan keterlibatan selama proses pembelajaran?
Jawaban:
Â
- Apa yang mungkin masih belum dicapai oleh siswa dalam pembelajaran kali ini?
Jawaban:
- Menurut Anda, aspek apa yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan dalam pelaksanaan pembelajaran ini?
Jawaban:
Â
LEMBAR OBSERVASI KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN
Â
Sekolah             : SMP Negeri 2 Tasikmadu
Nama Observer       :
Waktu              :
Petunjuk Pengisian    :
Silakan tandai (✓) pada kolom yang sesuai dengan pengamatan Anda terhadap proses pembelajaran yang telah dijalankan, dengan mengikuti pedoman berikut:
Ya     : Jika kegiatan dilakukan dengan sesuai petunjuk
Tidak  : Jika kegiatan tidak dilakukan atau tidak sesuai petunjuk
No
Aspek yang diamati
Penilaian keterlaksanaan pembelajaran
Catatan
Ya
Tidak
Kegiatan awal
1.
Guru menyiapkan peralatan pembelajaran,
2.
Guru menyampaikan salam kepada para siswa
3.
Guru memeriksa daftar kehadiran siswa,
4.
Guru bertanya materi yang telah dipelajari sebelumnya
5.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
6.
Guru memberi motivasi siswa
7.
Guru memberikan pertanyaan pemantik
Kegiatan Inti
8.
Guru melakukan pembentukan kelompok dan memberi intruksi sesuai dengan jelas
9.
Guru memberi intruksi sambil menjelaskan materi menggunakan media pembelajaran
10.
Guru memberi penjelasan setiap aktivitas pada jobsheet dan memberikan pertanyaan dnegan jelas
11.
Siswa diberi kesempatan bertanya
12.
Guru memantau keterlibatan setiap siswa
13.
Guru melakukan evaluasi terhadap setiap jawaban kelompok
14.
Guru memberikan umpan balik pada presntasi jawaban setiap kelompok
Penutup
15.
Guru melakukan evaluasi rangkuman materi
17.
Guru dan siswa melakukan refleksi
18.
Guru melakukan evaluasi asesmen pembelajaran
19.
Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H