Mohon tunggu...
VEBI NOFRIWAN
VEBI NOFRIWAN Mohon Tunggu... Guru - Guru

Biasa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice

22 Januari 2023   20:33 Diperbarui: 22 Januari 2023   20:35 220
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi : SMK Negeri 2 Kerinci

Lingkup Pendidikan : SMK

Tujuan Yang ingin dicapai : Meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis Personal Letter

Penulis : Vebi Nofriwan, S.Pd

Tanggal : 15 Desember 2022 (PPL Aksi 1)

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar belakang masalah dari praktek pembelajaran ini adalah :

  1. Kurangnya  penggunaan media pembelajaran yang efektif
  2. Model pembelajaran yg digunakan masih teacher centered
  3. Materi yang diberikan kepada peserta didik sebagian besar diambil dari buku teks tanpa
    menggunakan media sehingga peserta didik merasa pelajaran bahasa inggris membosankan.

Praktik pembelajaran ini menurut saya penting bagi saya untuk dibagikan karena saya kira banyak guru yang mengalami permasalahan yang sama dengan yang saya alami, sehingga praktek ini diharapkan selain bisa memberi semangat diri saya sendiri, dan juga diharapkan bisa menjadi referensi atau inspirasi rekan guru yang lain.

Saya yang mempunyai peran sebagai guru bertanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran secara efektif dengan menggunakan model pembelajaran dan media pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar siswa bisa tercapai sesuai yang diharapkan.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat

Dari analisis hasil kajian literatur dan wawancara, penyebab masalah dari kesulitan siswa memahami materi pembelajaran personal letter antara lain :

  1. Peserta didik menganggap bahasa inggris adalah pelajaran yang sulit.
  2. Guru tidak memiliki cara pengajaran yang menarik yang bisa mesemangat peserta didik.
  3. Guru masih mengajar secara konvensional tidak melibatkan siswa.

Dari penyebab diatas tantangan yang dihadapi oleh guru adalah

  1. Pemilihan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi pembelajaran dan kondisi siswa dan sekolah.
  2. Guru harus bisa menumbuhkan semangat belajar siswa melalui proses pembelajaran yang menyenangkan.

Penggunaan media pembelajaran yang menarik untuk siswa.

Dilihat dari ketiga tantangan diatas bisa disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi melibatkan guru dari sisi kompetensi. Kompetensi yang harus dimiliki guru yaitu kompetensi pedagogik dan profesional. Sedangkan tantangan dari sisi siswa adalah semangat belajar.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

  • Pemilihan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi pembelajaran, kondisi siswa dan sekolah.
  • Strategi yang dilakukan oleh guru dalam memilih model pembelajaran adalah sesuai dengan karakteristik dan kondisi siswa.

Disini guru memilih model pembelajaran Project Based Learning (PjBL)

  • Proses pemilihan model pembelajaran ini adalah pertama guru mempelajari model-model pembelajaran, lalu memahami karakteristik siswa dengan melihat kemampuan dasar dan kebiasaan siswa. Kedua, guru memahami karakteristik materi pembelajaran yang dilihat dari Buku pembelajaran.
  • Sumber daya yang dibutuhkan dalam pemilihan metode ini antara lain pemahaman guru terhadap model pembelajaran Project Based Learning dan juga pemahaman guru terhadap materi pembelajaran.

Guru harus bisa menumbuhkan semangat belajar siswa melalui proses pembelajaran yang menyenangkan.

  • Strategi yang dilakukan guru dalam menumbuhkan semangat belajar siswa adalah dengan merancang pembelajaran yang berpusat pada siswa.

Disini guru mengembangkan RPP dengan kegiatan yang berpusat pada siswa.

  • Proses pengembangan RPP yang berpusat pada siswa, guru menentukan kegiatan-kegiatan apa saja yang akan dilakukan oleh siswa dan membuat siswa lebih aktif.
  • Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan metode ini antara lain pemahaman guru akan pembuatan RPP dan juga kreativitas merancang kegiatan-kegiatan yang membuat siswa aktif dalam pembelajaran.

Penggunaan alat dan media pembelajaran yang menarik untuk siswa.

  • Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan alat pembelajaran yaitu dengan alat bantu ajar proyektor dan laptop. Pemilihan media pembelajaran melalui video dari youtube  dan aplikasi padlet.
  • Proses penggunaan alat dan media pembelajaran dimulai dengan menyiapkan media pembelajaran dan alat pembelajaran yang akan digunakan.
  • Sumber daya yang diperlukan antara lain laptop, proyektor, video , buku ajar.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan dirasa efektif dilihat dari:

  1. Penggunaan media pembelajran melalui video dan memanfaatkan link padled ini sangat membantu pemahaman siswa mengenai personal letter dibuktikan dengan siswa mampu membuat personal letter dengan baik.
  2. Pemilihan model pembelajaran dan juga kegiatan yang berpusat pada siswa meningkatkan keaktifan siswa saat proses pembelajaran sehingga siswa tersemangat untuk belajar.

Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat antusias. Bisa dilihat dalam kegiatan refleksi akhir pembelajaran, siswa memberikan refleksi kalau dalam pembelajaran sangat menyenangkan dan media pembelajaran menarik dan mudah dipahami.

Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan oleh penguasaan guru terhadap media pembelajaran, model pembelajaran dan langkah-langkah dalam rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat.

Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah guru lakukan adalah guru bisa lebih inovatif dalam memilih model dan media pembelajaran.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun