Mohon tunggu...
Ulfa Utari
Ulfa Utari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi UIN SUSKA RIAU

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengembangan Media Kapal Selam Sederhana Untuk Membantu Siswa Dalam Memahami Fluida Statis Dalam Kehidupan Sehari-hari

29 Juni 2022   21:56 Diperbarui: 29 Juni 2022   22:05 998
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pengembangan Media Kapal Selam Sederhana Untuk Membantu Siswa Dalam Memahami Fluida Statis dalam Kehidupan Sehari-hari
Devolopment Of Kapal Selam Sederhana Media To Help Students In Understanding The Static Fluid In Daily Life

Mufida Jannur Daulay1, Ulfa Utari 2 

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau 

Corresponding Author : mufidajannurdaulay@gmail.com

Abstrak
Pengembangan alat peraga berbasis eksperimen sederhana pada materi fluida statis untuk Konsep Dasar Fisika SD/MI. Program studi Pendidikan Guru MI. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Permasalahan dari penelitian ini adalah keterbatasan media pembelajaran mengakibatkan rendahnya pemahaman konsep dasar fisika yang disebabkan proses pembelajaran yang belum mengoptimalkan penggunaan media dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran IPA yang mudah,praktis dan efektif dan dapat diterapkan sebagai media pembelajaran IPA pada materi fluida statis. Terkait dengan latar belakang tersebut maka penelitian ini dibuat untuk: (1) untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan media pesawat selam sederhana di SD/MI. (2) untuk mengetahui keefektifan media kapal selam sederhana dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang fluida statis dalam kehidupansehari-hari . Penelitian ini bersifat kualitatif deskripsi. Subjek penelitian adalah anak SD/MI yang berada di lingkungan peneliti berjumlah 4 orang. Dari hasil dan analisa data penelitian dapat disimpulkan bahwa: a) pelakasanaan media kapal selam sederhana di SD/MI sudah cukup baik, b) penerapan media kapal selam sederhana di didapat dari bahan -bahan sederhana dan siswa aktif dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: Pengembangan;Media;Alat Peraga;Kapal selam sederhana,Fluida Statis 

Abstract

Development of teaching aids based on simple experiments on static fluid materials for elementary SD/MI physics basic concepst. Madrasah Ibtidaiyah teacher education study program. State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau.
The problem of this research is the limitation of learning media resulting in a low understanding of the basic concepts of physics due to the learning process that has not optimized the use of media in the teaching and learning process. This study aims to develop and produce science
 
learning media that are easy, practical and effective and can be applied as science learning media on static fluid materials. Related to this background,this study was made to : (1) determine the success rate of implementing simple submarine media in SD/MI. (2) to find out the effectiveness of simple submarine media in increasing students' understanding of simple ships in increasing students' understanding of static fluids in everyday life. This research is descriptive qualitative. The research subjects were SD/MI children who were in the research environment totaling 4 people. From the results and analysis of research data can be concluded that: a) the implementation of simple submarine media in SD/MI is good enough, b) the application of simple submarine media can be obtained from simple materials and students are active in the learning process.

Keywords: development;media;props;simple submarine;static fluid 

PENDAHULUAN

Proses belajar mengajar merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan pendidik dan peserta didik atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam kegiatan proses belajar mengajar peserta didik memerlukan sesuatu yang memungkinkan dia berkomunikasi secara baik dengan pendidik,teman maupun dengan lingkungannya. Kebutuhan akan bimbingan,bantuan dan perhatian yang menumbuhkan gairah belajar, dan meningkatkan pemahaman peserta didik.
Media merupakan sesuatu yang bersifat menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran,perasan,dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar mengajar pada dirinya. Penggunaan media secara kreatif akan memungkinkan peserta didik untuk belajar lebih baik dan dapat meningkatkan kreatif siswa dalam proses belajar mengajar. Oleh sebab itu fungsi utama dari media pengajaran adalah sebagai alat bantu mengajar,yakni menunjang penggunaan metode mengajar yang digunakan pendidik. Pengajaran lebih menarik perhatian siswa sehingga menumbuhkan semangat siswa dalam belajar,bahan pengajaran akan lebih jelas dipahami siswa dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pembelajaran yang diajarkan pada hari tersebut.

KAJIAN PUSTAKA

Media kapal selam sederhana merupakan media pembelajaran empat dimensi yang memudahkan siswa dalam memahami fluida statis dalam kehidupan sehari-hari. Fluida statis adalah fluida yang mampu bergerak dengan kecepatan yang sama dan tidak memiliki gaya geser. Adapun contoh fluida statis adalah air yang berada di dalam bak mandi yang tidak dikenai oleh gaya apapun.
Manfaat dari fluida statis dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak diantaranya yang sering digunakan dongkrak hidrolik,pompa hidrolik ban sepeda, hidrometer, kapal laut,kapal selam. Hal itulah yang membuat materi fluida statis mudah difahami siswa.


TUJUAN

1. Untuk mempermudah siswa dalam mempelajari fluida statis dalam kehidupan sehari- hari.
2. Melalui kapal selam sederhana yang dibuat,peserta dapat mengetahui bahwa benda yang tidak bergerak itu memiliki tekanan pada benda.
3. Melalui pembuatan kapal selam sederhana,siswa dapat mengetahui bahwa dikehidupan sehari-hari kita sudah menerapkan materi fluida statis.

RUMUSAN MASALAH

1. Apakah media yang dibuat mampu mengembangkan semangat siswa dalam mempelajari materi fluida statis?
2. Apakah media yang dibuat mampu mengembangkan pengetahuan siswa tentang materi fluida statis.

TEORI SINGKAT

Pada dasarnya peserta didik belajar melalui benda-benda/objek yang konkret(riil) sebagai perantara dan visualisasi. Untuk memahami konsep fisika yang bersifat abstrak peserta didik memerlukan benda-benda konkrit sebagai perantara atau media. Pengunaan alat peraga dalam pembelajaran sangat dianjurkan,karena dengan memanfaatkan akat peraga yang sesuai dengan materi,pembelajaran fisika akan lebih efektif dengan langsung memperagakan dan melakukan percobaan. Katu (2014) yang menyatakan bahwa peserta didik sering tidak senang terhadap pembelajaran fisika disebabkan cara pengajaran yang langsung membahas materi tanpa menarik perhatian peserta didik dan jarang melakukan percobaan. Dengan demikian,dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga membuat peserta didik lebih aktif selama pembelajaran dan membuat peserta didik senang dalam belajar.
Selain itu dengan menggunakan alat peraga/media pembelajaran, pelajaran fisika yang dikenal peserta didik sebagai mata pelajaran yang rumit dan sukar dipelajari,akan menjadi lebih mudah difahami, menyenangkan bagi peserta didik dan pendidik dapat lebih kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran. Berdasarkan permasalahan diatas, pengembangan media pembelajaran sangatlah penting untuk menambah motivsi dan partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Selain itu,dengan menggunakan alat peraga peserta didik akan lebih bersemangat dalam proses pembelajaran.

HIPOTESIS

Peserta didik sangat penasaran dan tertarik dengan media yang dibawa.
ALAT DAN BAHAN
1. Wadah air
2. Selang aerator
3. Baterai
4. Botol plastik
5. Gunting
6. Lakban


RANCANGAN URUTAN PEMBUATAN PROSEDUR PERCOBAAN

Langkah yang pertama potong selang menjadi 2 bagian,selang pendek 30 cm dan selang panjang 40 cm.
Kemudian 2 lubang pada tutup botol. Langkah selanjutnya gunting botol plastik menjadi 2 bagian.
Lalu masuk dan tempel selang pendek kesisi dalam botol menggunakan lakban. Lakukan hal yang sama pada selang lakban yang panjang.
Kemudian sambungkan kembali bagian botol dengan lakban sehingga menjadi utuh. Pasang tutup botol dengan memasukan kedalam 2 lubang pada kedua botol.
Kemudian ambil selang pendek lalu tempelkan pada sisi samping botol plastik menggunakan lakban.
Langkah terakhir pasang 2 buah baterai pada masing- masing sisi botol plastik.
Ketika kapal selam sederhana menyelam botol diisi dengan air, hal ini membuat massa jenis air yang dimasukkan kedalam botol lebih besar dibanding massa jenis udara didalam botol. Sehingga kapal selam sederhana menjadi berat dan tenggelam. Sedangkan disaat kapal selam sederhana ini naik ke permukaan air didalam botol plastik ditiup menggunakan selang kemudian air didalam botol keluar dan botol akan diisi dengan udara. Hal ini menyebabkan massa jenis air di dalam botol lebih keci dibanding udara didalam botol sehingga kapal selam sederhana menjadi ringan dan kembali naik kepermukaan.

ANALISIS DATA

Pertama saya sebagai melakukan sesi tanya jawab kepada 4 siswa Sd. Apakah mereka mengetahui apa itu kapal selam. Apa kegunaan kapal selam. Lalu saya menerangkan apa maksud dari fluida statis kehidupan sehari -hari.
Contoh fluida statis ini adalah fluida yang mampu bergerak dengan kecepatan yang sama dan tidak memiliki gaya geser. Adapun contohnya dari fluida statis adalah air yang berada di bak mandi yang tidak dikenai gaya apapun. Selain itu minyak peluma, susu dan air , udara ,gas, cairan.
Gaya adalah adalah interaksi apapun yang dapat menyebabkan sebuah benda bermassa (bergerak) mengalami perubahan gerak,baik dalam bentuk arah maupun kontruksi geometris.
Massa adalah suatu benda yang digunakan untuk menjelaskan berbagai objek yang terpantau. Atau bisa disamakan dengan bahasa lain dari berat.

KESIMPULAN

Percobaan ini sebagai alat peraga fluida statis pada hukum archimedes yang menyatakan " Benda yang tercelup baik sebagian maupun seluruhnya kedalam zat cair akan menerima gaya keatas sebesar-berat zat cair yang dipindahkan"
Tanpa disadari sedari kecil kita dalam kehidupan sehari -hari kita telah meihat atau memanfaatkan fenomena -fenomena yang ada dalam fluida. Penerapan persamaan kontinuitas dapat diamati ketika menyemprotkan air dari selang. Ketika lubang selang ditekan kecepatan keluaran air menjadi lebih besar dan,begitu pula sebaliknya.

SARAN

Berdasarkan hasil dari penelitian,maka penulis ingin menyampaikan beberapa saran diantaranya:
1. Untuk materi fluida statis guru disarankan untuk membuat media pembelajaran yang berhubungan dengan fluida statis yang mudah dan dimengerti siswa
2. Pembaca diharapkan dapat mengembangkan kembali media kapal selam sederhana yang lebih baik dan pratis lagi

DAFTAR PUSTAKA

https://core.ac.uk/download/pdf/267087622.pdf
https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_pendidikan_1_dir/2e54aeb12421ee1a17c35e14ba49cb 23.pdf
https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/download/3199/243 https://journal.unigres.ac.id/index.php/WahanaTeknik/article/view/1036/828 https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/download/7917/5573/

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun