Mohon tunggu...
tri yuliani
tri yuliani Mohon Tunggu... Guru - guru

hobi masak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Best Practice Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran PBL

27 November 2023   14:15 Diperbarui: 27 November 2023   14:21 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Berdasarkan pengamatan saya sebagai guru kelas II Fase A di SD Negeri 42 Kecamatan Pontianak Kota  , diketahui bahwa minat belajar peserta didik masih rendah dalam pembelajaran Matematika materi Bagun Ruang. Pembelajaran yang diberikan oleh guru tidak bervariasi dan cenderung monoton. Alat atau media yang kurang memadai.

Kondisi tersebut dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat belajar peserta didik, faktor lingkungan sosial dan keluarga yang belum mendukung, dan ditambah guru belum optimal dalam menggunakan model pembelajaran inovatif dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan ?

Best practice ini penting untuk dibagikan karena berisi tentang deskripsikan pengalaman terbaik seorang guru terkait keberhasilannya dalam menyelesaikan masalah selama proses pembelajaran. Selain itu best practice memuat pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga bisa memudahkan guru dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik.

Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini?

Dalam kegatan PPG ini, peran saya dalam melaksanakan aksi PPL 2 yang ternyata menjadi alternatif solusi bagi masalah-masalah yang saya hadapi adapun tanggung jawab saya sebagai guru harus mampu menciptakan pembelajaran yang berkualitas dan bermakna bagi peserta didik dengan menerapkan model dan media pembelajan yang bervariasi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut

Aspek peserta didik

 

Minat belajar peserta didik kurang

Peserta didik Kurang aktif dalam diskusi

Peserta didikkurang percaya diri dalam memberikan tanggapan

Aspek orang tua

Rendahnya pengetahuan orang tua terhadap arti penting pengawasan perkembangan belajar anak di sekolah.

Sebagian orang tua siswa sibukdengan pekerjaanya.

Aspek Guru

Guru belum Menentukan model pembelajaran yang tepat dan sesuai  dengan materi pembelajaran juga sesuai karakteristik siswa. 

Guru belum Menggunakan media konkrit dan berbasis TPACK selama proses pembelajaran.

Guru belum terampil Membuat bahan ajar dan LKPD

Guru harus bisa meningkatkan minat dan motivasi peserta didik melalui proses pembelajaran yang menyenangkan.

Langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain :

Pemilihan model pembelajaran yang inovatif dan yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Model pembelajaran yang dipilih adalah Problem Basid Learning. Pemilihan model pembelajaran ini melalui kajian literatur dan dengan melihat karakteristik peserta didik dan karakteristik materi.

  • Pemilihan media powerpoint dan media kongkrit, pemilihan media yang tepat dapat menarik minat belajar peserta didik. Sehingga media powerpoint dibuat semenarik mungkin dari segi tampilan.
  • Strategi yang dilakukan guru untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran yaitu merancang pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan mengembangkan Modul ajar dan LKPD. Proses pembuatan Modul ajar  yang berpusat pada peserta didik dengan menentukan kegiatan-kegiatan pembelajaran apa saja yang mengaktifkan dan berperan serta dalam pembelajaran, seperti kegiatan diskusi kelompok, menyelesaikan soal LKPD dan mempresentasikan hasilnya.

Strategi apa yang digunakan :

  • Guru menggunakan model pembelajaran inovatif dalam kegiatan pembelajaran di kelas, yaitu model Problem Based Learning (PBL)
  • Guru menggunakan Metode Diskusi dan tanya jawab beserta metode ceramah.
  • Guru juga memanfaatkan media teknologi/ inovasi lainnya dalam pembelajaran.
  • Membuat bahan ajar.
  • Memanfaatkan LKPD

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

 Pembelajaran yang dapat diperoleh dari proses praktik aksi yang telah dilakukan oleh guru adalah

guru harus merancang dan melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan, bermakna, dan berpusat pada peserta didik dengan cara menentukan metode, model, dan media pembelajaran yang sesuai, sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun