Sekolah isebagai ilembaga ipendidikan imerupakan ilembaga iyang iberperan ipenting idalam imenghasilkan iSumber iDaya iManusia i(SDM) iyang imemiliki ikualifikasi idan idan ikompetensi itinggi.Â
iSekolah idituntut iuntuk imampu imemberikan ikontribusi iyang ipositif iterhadap ipembangunan idan ipeningkatan iSDM.Â
iSekolah imerupakan isalah isatu ilembaga ipendidikan iyang idibuat ipemerintah idan ipihak iswasta isebagai itempat iterbaik iuntuk ibelajar isehingga idiharapkan idapat imenciptakan imanusia iseutuhnya idengan imengembangkan ikemampuan iintelektual, ipotensi, ispiritual, ikepribadian i idan i isosial i iserta i i imembentuk imanusia iyang idemokratis idan ibertanggung ijawab. iOleh ikarena iitu isekolah iharus idikelola isecara iefisien idan iefektif iuntuk imencapai itujuan itersebut.
Aktivitas iorang iorang idi isekolah idalam imengelompokkan, imenyusun, idan imengatur iberbagai imacam ipekerjaan iperlu idirencanakan idan idiselenggarakan idengan ibaik iuntuk imencapai itujuan ipendidikan.Â
iUntuk imencapai itujuan ipendidikan itersebut ikomponen iyang imempunyai iperanan ipenting idi isekolah idituntut iuntuk imenghasilkan ikinerja iyang ibaik.Â
iDalam irangka imenunjang ikelancaran iproses ibelajar imengajar idi isekolah idiperlukan isuatu ibagian iyang idisebut itata iusaha/tenaga iadministrasi isekolah.
iTata iUsaha isekolah i(TU) iadalah isuatu ibagian iyang imendukung ikegiatan ibelajar imengajar iagar iberjalan ilancar isesuai idengan irencana idan itujuan isekolah i(Musanef i:1996).Â
iSalah isatu ibentuk irumusan ipengertian iadminitasi isecara iluas iyang isederhana iantara ilain imenyebutkan ibahwa iadministrasi iadalah ikeseluruhan iproses irangkaian ipelaksanaan ikegiatan iyang idilakukan ioleh idua iorang iatau ilebih iyang iterlibat idalam isuatu ibentuk iusaha ibersama idemi itercapainya itujuan iyang itelah iditetapkan isebelumnya.Â
iTugas itenaga iadministrasi imeliputi, imembantu iproses ibelajar imengajar, iurusan ikesiswaan, ikepegawaian, iperalatan isekolah, iurusan iinfrastruktur isekolah, ikeuangan, ibekerja idi il iaboratorium, iperpustakaan idan ihubungan imasyarakat i(Sumber: ihasil irapat iKepala iTata iUsaha idi iBogor: i1996).
Keberadaan itenaga itata iusaha isekolah idalam iposes ipembelajaran isangat idiperlukan. iSebagai isalah isatu ikomponen idalam iproses ipembelajaran, itugas idan ifungsi itata iusaha itidak idapat idilakukan ioleh i ipendidik. iHal iini idisebabkan ikarena ipekerjaannya ibersifat iadministratif iyang itunduk ipada iaturan iyang isifatnya ikhusus.Â
iTata iusaha imerupakan ipekerjaan ilayanan iuntuk imembantu ikelancaran iproses ipembelajaran, imemerlukan iketrampilan ikhusus, ikeahlian itertentu, ikompetensi iyang iberbeda idengan ikompetensi iyang idisyaratkan idengan ipeserta ididik. iSesuai idengan iaturan ikepegawaian, itugas itata iusaha isekolah idijenjang ipendidikan itidak iboleh idirangkap ioleh itenaga ifungsional iyang ilain.Â
iSebagai isubstansi iatau ikomponen ipembelajaran, ikeberadaannya iakan isaling iberkaitan idengan ikomponen iyang ilain iagar itujuan ipendidikan idapat idicapai isesuai iharapan. iKeberadaan isubstansi idan ikomponen ipembelajaran itersebut iharus imemenuhi isyarat ibaik idari isegi ikuantitas imaupun ikualitasnya isesuai idengan iStandar iNasional iPendidikan isehingga ihasil iyang idiharapkan idalam itujuan ipembelajaran ipada isetiap isatuan ipendidikan idapat idicapai isesuai idengan irencana istrategis iyang itelah iditerapkan.Â
iTerkait idengan itugasnya iuntuk imembantu ikelancaran iproses ibelajar imengajar idemi itercapainya itujuan iyang idiharapkan, imaka isepantasnya itenaga iadministrasi iharus imendapat iperhatian ikhusus ibaik idari ipihak isekolah imaupun ipemerintah idalam ipeningkatan ikualitas ikinerjanya.Â
iNamun ipada ikenyataannya iupaya- iupaya iuntuk ipeningkatan ikualitas ikinerja imasih isangat ikurang idiperhatikan. iPadahal ipeningkatan ikualitas i ikinerja i itenaga iadministrasi iini imemberikan ikontribusi iyang icukup isignifikan iterhadap ipeningkatan ikualitas ilayanan isekolah idan ipada iakhirnya iakan iberpengaruh ijuga ipada ipeningkatan ikualitas isekolah.
Temuan ikurang ibaiknya isistem ilayanan ipublik, itermasuk idalam iinstitusi ipendidikan isedikitnya idisebabkan idua ihal. iPertama, ipublik isaat iini itelah imengalami iperubahan isejalan idengan igerakan ireformasi isecara inasional, isehingga ipublik iyang isemula itidak iberdaya i(powerless) imenjadi iberdaya, ibahkan isangat iberdaya i(powerfull). iKedua, ikenyataan idi ilapangan imenunjukkan iSDM iinstitusi ipendidikan ibelum imemberikan ilayanan iyang imemuaskan.Â
iPada ilatar iinstitusi ipersekolahan, ikedua ialasan itersebut ijika idiruntut iakan iberujung ipada ipersoalan itenaga ikependidikan idi isekolah. iSalah isatu idari itenaga ikependidikan idi isekolah iyang ibanyak iterkait ilangsung idengan ilayanan iadalah itenaga iadministrasi isekolah.
Pengertian iTata iUsaha
Tata iUsaha iterdiri idari idua ikata, iyaitu i"Tata" idan i"Usaha" iyang imasing-masing ikurang ilebih imempunyai ipengertian isebagai iberikut iTata iadalah isuatu iperaturan iyang iharus iditaati., idan iUsaha iialah isuatu iusaha idengan imengerahkan itenaga, ipikiran iuntuk imencapai isuatu imaksud. iJadi imenurut iarti ikata, iTata iUsaha iadalah isuatu iaturan iatau iperaturan iyang iterdapat idalam isuatu iproses ipenyelenggaraan ikerja.Â
iDalam iKamus iBesar iBahasa iIndonesia idijelaskan ibahwa iyang idimaksud idengan iistilah iTata iUsaha iialah ipenyelenggaraan itulis imenulis i(keuangan idan isebagainya) idi iperusahaan, inegara idan isebagainya, isedangkan ipenata iusaha iialah iorang-orang iyang imenyelenggarakan itahap idan iefisien, idengan imenggunakan isarana iyang idibutuhkan iuntuk imencapai itujuan iyang idiinginkan iDalam iimplementasinya, iadministasi iberkembang idan imempunyai itugas-tugas iyang ibiasa idisebut isebagai ifungsi iadministrasi isebagaimana iyang idikemukakan ioleh ipara iahli iseperti iHenry iFaysol, iHarold iKoontz, iGeorge iR. iTerry idan ilain-lain, idiantaranya iadalah ifungsi iperencanaan, ipengorganisasian isampai idengan ifungsi ipengawasan.Â
iSalah isatu ibentuk irumusan ipengertian iadminitasi isecara iluas iyang isederhana iantara ilain imenyebutkan ibahwa iadministrasi iadalah ikeseluruhan iproses irangkaian ipelaksanaan ikegiatan iyang idilakukan ioleh idua iorang iatau ilebih iyang iterlibat idalam isuatu ibentuk iusaha ibersama idemi itercapainya itujuan iyang itelah iditetapkan isebelumnya.
Administrasi iPerkantoran iModern imemberikan ipengertian itata iusaha iialah isegenap irangkaian iaktivitas imenghimpun, imencatat, imengelola, imengadakan, imengirim idan imenyimpan iketerangan-keterangan iyang idiperlukan idalam isetiap iusaha ikerja. iSelanjutnya, idalam imakalah iini itata iusaha idiberi ipengertian isebagai iaktivitas iadministrasi idalam iarti isempit iyaitu, ikegiatan iuntuk imengadakan ipencatatan idan ipenyusunan iketerangan- iketerangan isehingga iketerangan-keterangan iitu idapat idigunakan isecara ilangsung isebagai ibahan iinformasi ibagi ipimpinan iorganisasi iyang ibersangkutan iatau idapat idipergunakan ioleh isiapa isaja iyang imembutuhkan.
Kinerja iTenaga iAdministrasi
Istilah ikinerja iberasal idari ikata iJob iPerformance, iyaitu iprestasi isesungguhnya iyang idicapai ioleh iseseorang. iMenurut iT.R. iMitchell idalam iSedarmayanti i(2001 i: i51) idikatakan ibahwa i"Performance i= iability iX imotivation". iBerdasarkan irumusan itersebut idapat idikatakan ibahwa ikinerja imerupakan ihasil iperkalian iantara ikemampuan i(hasil iperpaduan iantara ipendidikan, ipelatihan, idan ipengalaman) idengan imotivasi i(daya ipendorong iyang imembuat iorang imelakukan isesuatu).
Kinerja itenaga iadministrasi iyang idimaksud idalam ipenelitian iini iadalah ihasil ikerja iyang idicapai ioleh itenaga iadministrasi idalam imelaksanakan itugas ipokok idan ifungsinya isebagai itenaga itata iusaha isekolah iyang idijalankan i isecara imaksimal.
Fungsi iTenaga iAdministrasi iSekolah iDepdiknas i(2001) imenyatakan ibahwa
fungsi iTenaga iAdministrasi iSekolah iadalah:
Membantu ikepala isekolah/madrasah idalam ikegiatan iadministrasi i(urusan isurat imenyurat, iketatausahaan) isekolah/madrasah iyang iberkaiatan idengan ipembelajaran,
Pelaksana iurusan ikepegawaian ibertugas imembantu idalam ikegiatan iatau ikelancaran ikepegawaian ibaik ipendidik imaupun itenaga ik ie ip ie in id ii id ii ik ia in iy ia in ig ib ie ir it iu ig ia is id ii isekolah/madrasah,
Pelaksana iurusan ikeuangan ibertugas imembantu idalam imengelola ikeuangan isekolah/ imadrasah,
Pelaksana iurusan iperlengkapan/logistik ibertugas imembantu idalam imengelola iperlengkapan/logistik isekolah/madrasah,
Pelaksana isekretariat idan ikesiswaan ibertugas imembantu iKepala iTata iUsaha/Kepala iSubbagian iTata iUsaha idalam imengelola ikesekretariatan idan ikesiswaan.
Kuncoro i(2002) imenyatakan ibahwa iTenaga iAdministrasi iSekolah imerupakan ilayanan iyang iberfungsi imeringankan i(facilitating ifunction) iterhadap ipencapaian itujuan iaktivitas isubstantif. iSetiap iorganisasi, iapapun ibentuk, ijenis, icorak, idan itujuannya, itenaga iadministrasi isekolah iterdiri iatas idua ipekerjaan iyaitu iaktivitas isubstantif idan ipekerjaan ikantor. iOrganisasi isekolah imempunyai iaktivitas isubstantif iberupa ipembelajaran idan ipekerjaan ikantor iberupa iadministrasi isekolah.
Pembahasan
Kinerja iatau iperformance itenaga iadministrasi iadalah ihasil ikerja iyang idapat
dicapai ioleh itenaga iadministrasi idalam ibentuk ipemberian ilayanan ipada iorang itua isiswa idan imasyarakat isesuai idengan itanggungjawab idan iwewenang imasing-masing idalam iupaya imencapai ivisi, imisi idan itujuan idari isekolah, iserta itercapainya itujuan ilayanan iadministrasi isekolah ihanya idimungkinkan ikarena iadanya iupaya itenaga iadministrasi.
Dalam irangka imemenuhi iharapan ipelanggan iuntuk imendapatkan ilayanan iadministrasi iyang ilebih ibaik, imaka idiperlukan ijuga ipeningkatan ikinerja itenaga iadministrasi. iSedangkan iuntuk imeningkatan ikinerja itenaga iadministrasi, idapat idilihat ipada iproses ilayanan iyang idiberikan ioleh iseluruh ikomponen iyang iada idi isekolah imelalui ipemenuhan ilayanan iprima ikepada ipeserta ididik idan istakeholders.
Layanan iPrima
Layanan iprima imerupakan iterjemahan idari iistilah i"Excellent iServices"
yang isecara iharfiah iberarti ilayanan iyang isangat ibaik idan iatau ilayanan iyang iterbaik. iDisebut isangat ibaik iatau iterbaik, ikarena
sesuai idengan istandar ilayanan iyang iberlaku iatau idimiliki ioleh iinstansi iyang imemberikan ilayanan. iApabila iinstansi ilayanan isudah imemiliki istandar ilayanan, imaka ilayanan idisebut isangat ibaik iatau iterbaik iatau iakan imenjadi iprima, imanakala idapat iatau imampu im ie im iu ia is ik ia in ip ii ih ia ik iy ia in ig id ii il ia iy ia in ii i(pelanggan). iJadi ilayanan iprima iadalah ilayanan iyang imemenuhi ikeingingan idan iharapan ipelanggan.
Pelanggan itenaga iadministrasi isekolah iadalah ipeserta ididik, iorang itua isiswa, idan imasyarakat. iMereka imempunyai itingkat ikepuasan iyang iberbeda-beda, itergantung ipada ikebutuhan imasing-masing. iTingkat ikepuasan iadalah iperbedaan iantara ikinerja iyang idirasakan idengan iharapan. iDengan idemikian iapabila idikaitkan idengan ipelanggan, imaka ipelanggan idapat imerasakan ihal-hal isebagai iberikut:
Kalau ikinerjanya idi ibawah i iharapan, ipelanggan iakan imerasa ikecewa.
Kalau ikinerjanya isesuai iharapan, ipelanggan iakan imerasa ipuas.
Kalau ikinerjanya imelebihi iharapan ipelanggan iakan isangat ipuas.
Kepuasan ipelanggan imerupakan itujuan iutama ilayanan iprima. iOleh ikarena iitu isetiap itenaga ilayanan iberkewajiban iuntuk iberupaya imemuaskan ipelanggannya. iKepuasan ipelanggan idapat idicapai iapabila itenaga ilayanan imengetahui isiapa ipelanggannya, ibaik ipelanggan iinternal imaupun ipelanggan ieksternal. iTujuan ilayanan iprima iadalah imemberikan ilayanan iyang idapat imemenuhi idan imemuaskan ipalanggan iatau imasyarakat iserta imemberikan ifokus ilayanan ikepada ipelanggan. iLayanan iprima ijuga
merupakan ilayanan iyang iberkualitas. iKualitas iadalah ikeistimewaan idan ikarakteristik isuatu iproduk iatau ilayanan iyang imenunjang ikemampuan imemuaskan iapa iyang idijanjikan iatau isesuai ikebutuhan i(Crosby, i1997). iKualitas idari isudut ipandang ipelanggan iadalah iapakah ijasa ilayanan iyang idiberikan imemenuhi iselera idan ikebutuhan ipelanggan.
Pandangan ipelanggan iterhadap ikualitas ilayanan iyaitu: iJasa iproduk
sesuai idengan iyang idijanjikan, idapat idiandalkan; iKompetensi iSumber iDaya iManusia i(SDM) iprofessional; iDapat idipercaya; iMeyakinkan iwujud ifisik isarana idan iprasarana; iKepedulian idan i iperhatian iterhadap ipelanggan; iKesediaan idan iketanggapan; idan iKetepatan iwaktu idalam imemberikan ilayanan.
Kegagalan idalam imemberikan ilayanan iyang iberkualitas idapat idiidentifikasikan iantara ilain:
Kesenjangan iantara iharapan ikonsumen idan ipersepsi imanajemen
Kesenjangan ipersepsi imanajemen iterhadap iharapan ipelanggan iyang itidak imemenuhi ispesifikasi ikualitas ijasa
Kesenjangan iantara ispesifikasi ikualitas ijasa idan ipenyampaian ijasa
Kesenjangan iantara ipenyampaian ijasa idengan ikomunikasi ieksternal
Kesenjangan iantara ijasa iyang idirasakan idan ijasa iyang idiharapkan.
(Kepmenpan iNo. i63 iTahun i2003 itentang iPedoman iUmum iPenyelenggaraan iLayanan iPublik).
Menurut iKemdiknas i(2010: i5) ilayanan iprima ipada iintinya imenghasilkan ikepuasan ipelanggan ilebih idari iyang imereka iharapkan. iMemberikan ilayanan iprima iharus imenjadi ikebiasaan iyang idilaksanakan iterus-menerus. iJenis ilayanan iyang idiberikan itenaga iadministrasi isekolah ikepada ipara ipihak iyang imembutuhkan iadalah ilayanan iadministrasi ipendidikan. iMengacu ikepada iJoko iPrayogo i(2010: i1) iyang imenyatakan ibahwa i"Tenaga iadministrasi isekolah iharus imampu imemberikan ilayanan iadministratif isecara iprima iserta imelaksanakan ilayanan i7 iK iyaitu iKebersihan, iKesehatan, iKeamanan, iKetertiban, iKeindahan, iKekeluargaan, idan iKerindangan."
Tenaga iadministrasi isekolah imelayani ipelanggan isecara iprima idan imembantu ipelanggan imemenuhi ikebutuhannya imelalui icara iyang iterbaik, isehingga ipelanggan imerasa isangat ipuas i(Kemdiknas, i2010: i6). iMengacu
kepada iPermendiknas iNo. i24 iTahun i2008 iTentang iStandar iTenaga iAdministrasi iSekolah/Madrasah, iterdapat ikompetensi iyang iharus idipenuhi ioleh itenaga iadministrasi isekolah, iyaitu ikompetensi ikepribadian, ikompetensi isosial, ikompetensi iteknis, idan ikompetensi imanajeri i(khusus ikepala itenaga iadministrasi isekolah).
kegiatan isekelompok imanusia imelalui itahapan- itahapan iyang iteratur idan idipimpin isecara iefektif.
Ketepatan iwaktu idalam ilayanan
Berkaitan idengan iwaktu itunggu idan iproses. iTenaga iadministrasi isekolah idapat imemberikan icontoh iterbaik idengan itidak imenunda-nunda ipekerjaan iyang idapat idilakukan idengan isegera. iSegala isesuatu iyang idibutuhkan, iharus idihasilkan idengan iproses iyang icepat idan itepat.
Akurasi ilayanan
Berkaitan idengan ikeandalan ilayanan idan ibebas idari ikesalahan. iKetepatan ilayanan idapat idijadikan iteladan ibagi isiapa isaja iyang imendapatkan ilayanan idari itenaga iadministrasi isekolah. iAkurasi ilayanan idapat idiwujudkan iberupa iketaatan iterhadap iprosedur idan inorma. iAgar idata iyang itersedia imenjadi ilebih iakurat imaka isangat idiperlukan ikeseragaman ibentuk idan iformat idata, ipenggunaan iprogram-program iaplikasi iyang ifamilier i(user ifirendly) idan imudah, iserta ike-up ito idate-an idata iterus iterjaga.
. i iKesopanan i idan i i ikeramahan idalam imemberikan ilayanan
Khususnya iketika iberinteraksi ilangsung idengan ipengguna ilayanan. iSikap isopan idan iramah iditunjukkan iketika itenaga iadministrasi isekolah imemberikan ilayanan iterhadap isiswa, iguru, ikepala isekolah, iorang itua idan imasyarakat iumum iserta imenjadi iprogram ipembiasaan iyang ilama-kelamaan idapat idiikuti ioleh ipengguna. iMereka idapat imengerti ibahwa iuntuk iberinteraksi idengan iorang ilain iharuslah isopan idan iramah.
Tanggung ijawab
Berkaitan idengan ipenerimaan ipesanan idan ipenanggulangan ikeluhan ipengguna ilayanan. iSikap itanggungjawab iadalah imemenuhi iapa iyang imenjadi ikewajiban itenaga iadministrasi isekolah. iSikap iini idapat idisampaikan isetiap imelaksanakan ilayanan iterhadap ipengguna.
Kelengkapan
Berkaitan idengan ilingkup ilayanan idan iketersediaan isarana ipendukung. iTidak imengurangi idari iapa iyang isemestinya iadalah isikap iterpuji idari itenaga iadministrasi isekolah. iSikap iini idapat idiajarkan ipula ipada isaat imereka imelayani isiswa. iMemberikan isesuatu isesuai idengan ijumlah iyang isemestinya iadalah ipendidikan iantikorupsi ipada itingkat idasar.
Kemudahan imendapatkan ilayanan iBerkaitan idengan ibanyaknya ioutlet, ipetugas iyang imelayani, idan ifasilitas ipendukung ilainnya. iMemberikan ikemudahan ibagi imereka iyang imembutuhkan ipertolongan iadalah isikap imulia. iSikap iini idapat iditunjukkan itenaga iadministrasi isekolah ibagi isiapa isaja iyang imembutuhkan ipertolongan.
Variasi imodel ilayanan
Berkaitan idengan iinovasi ipenanganan ipola ibaru idalam ilayanan. iSikap ikreatif imenjadi ihal iyang i imendorong ipenemuan ibaru iyang ilebih iefisien idan iefektif idi idalam imemecahkan imasalah.
Layanan ipribadi
Berkaitan idengan ifleksibilitas ipenanganan ipermintaan ikhusus. iTenaga iadministrasi isekolah imenghadapi iberagam ikarakteristik ipengguna. iTidak imenutup ikemungkinan imereka imenghadapi isesorang iberkebutuhan ikhusus. iSikap iempati idan iresponsif imenjadi ihal iutama idi idalam imemberikan ilayanan ibagi ianak iberkebutuhan ikhusus imisalnya. iTerlebih idalam iera ipendidikan iinklusif isekarang iini.
Kenyamanan idalam imemperoleh ilayanan iBerkaitan idengan ilokasi, iruang, idan itempat ilayanan iyang inyaman idan imudah idijangkau. iMemberikan ilayanan ibagi ipengguna iadalah isikap iyang iterpuji. iKarakter ibangsa ikita iyang imenghormati itamu isenantiasa iditunjukkan ipula ioleh itenaga iadministrasi isekolah ikepada ipengguna ilayanan.
Atribut ipendukung ilayanan
Berkaitan idengan ikebersihan ilingkungan, iruang itunggu, idan isebagainya. iSegala isesuatu iyang ibersih idan inyaman iadalah ipendukung ikesehatan. iTenaga iadministrasi isekolah idapat imenjaga ikebersihan ilingkungan.
Menurut iAli iImron i(2009: i50) itenaga iadministrasi i isekolah i idapat i i imemuaskan i ip iengguna ilayanan idengan imenginternalisasikan idan imenunjukkan iperilaku ilayanan iyang imenyangkut iwaktu, ikecermatan, ihelpful idan ifriendly, iresponsif, iproaktif, iprofesionalitas, ikapabel idan icakap. iSiswa, ipeserta ididik, ipelajar iadalah ipengguna iutama ilayanan ipendidikan idi isekolah.
Tenaga iadministrasi isekolah iharus iberpikir isegala isesuatu iyang imereka ilakukan iadalah iuntuk ikebaikan isiswa. iEdward iSallis i(2006:218) imenetapkannya isebagai inilai ipertama idan iutama idalam iorganisasi isekolah. iNilai-nilai itersebut iharus imenancapkan ihubungan ikuat ibaik idengan ipengguna ilayanan imaupun idengan ipara istaf. iSekolah iharus imenentukan inilai-nilai isendiri, i inamun i isetidaknya i imencakup ib ie ib ie ir ia ip ia in ii il ia ii ib ie ir ii ik iu it i: i1 i) ik ii it ia imengutamakan ipara ipelajar ikita i(customer ioriented), i2) ikita ibekerja idengan istandar iintegritas iprofesional itertinggi i(integrity i& iprofessional), i3) ikita ibekerja isebagai itim i(teamwork), i4) ikita imemiliki ikomitmen iterhadap ipeningkatan iyang ikontinyu i(continuous iimprovement), i5) ikita imemberi ikesempatan iyang isama ipada isemua i(equality), idan i6) ikita iakan imemberikan ilayanan ikualitas itertinggi i(excellent iservice).
Jelas isekali ibahwa isiswa imerupakan ipelanggan iutama idari ikeseluruhan iproses iadministrasi isekolah. iSegala itindak itanduk itenaga iadministrasi isekolah isesungguhnya imenjadi iperhatian imereka. iPendidikan ikarakter ilebih imengena iapabila ilangsung idiberi iteladan, icontoh iyang ibaik idari ipara iwarga isekolah iyang idewasa. iPembiasaan isetiap isaat ilama-kelamaan iakan imembudaya ipada ibenak isiswa ikhususnya, idan iwarga isekolah iumumnya.
Peran idan iKinerja iTenaga iTata iAdministrasi iSekolah
Peran idan ikinerja itenaga itata iadministrasi isekolah imempunyai inilai iberharga idalam imenunjang itugas itugas idi isebuah iinstansi. iSayangnya, isekarang iini ikualitas idan ikinerja itenaga itata iadministrasi isekolah imasih irendah, ifenomena iini ihanyalah ididasarkan ipada ipengamatan ipenulis i idari iberbagai ikasus isederhana iyang iterdapat idi isekitar ilingkungan ipenulis.
Selain iitu ibanyaknya itenaga itata iadministrasi iyang imerangkap imelakukan itugas iselain itugas itata iadministrasi iitu isendiri imenambah ipersoalan iketenaga iadministrasian imakin iluas. iHal itersebut iyang imenyebabkan isuatu itatanan iadministrasi idi idalam isebuah iinstansi itidak ibisa iberjalan isecara imaksimal. iDi itambah ilagi isebagian ibesar iinstansi idi itingkat idasar iatau isekolah idasar itidak imemiliki itenaga itata iadministrasi iyang icakap idan imampu idi ibidangnya. iBoleh idikatakan imasih iamburadul idan itidak itertib.
Padahal ikita ijuga imenyadari ibahwa iperan idari itenaga itata iadministrasi isangat idibutuhkan idalam isebuah iinstansi, iapalagi imenjemput iera iinformasi idan itekhnologi iseperti isekarang iini. iSetiap isumberdaya imanusia iyang ibergerak idi iberbagai iinstansi isaat iini idituntut iuntuk isiap imenyongsong ikehadiran iinformasi idan itekhnologi iyang ibergulir isecara icepat isaat iini.
Sumberdaya imanusia imerupakan iindividu iyang ipenting, iterutama idalam isebuah iinstansi ipendidikan. iAkan itetapi idi idalam imendukung isemua itugas iyang iberjalan idi idalam iinstansi idibutuhkan itenaga itata iadminsitrasi iyang imempunyai idisiplin, iloyalitas, idan itanggung ijawab iterhadap itugas itugas imereka.
Untuk iitu, idi idalam imewujudkan idan imemperlancar itugas itugas idi idalam iinstansi ipendidikan idiharapkan iantara ikomponen isatu idengan iyang ilain iharus ibersinergi, ibekerjasama idan ijuga ibertanggungjawab. iKeberadaan itenaga itata iadministrasi idi idalam isebuah iinstansi ipendidikan ike idepannya iharus ibenar ibenar idipertimbangkan, ibaik idalam ihal ikualitas, ikualitas, ikemampuan, ikecakapan, ikeahlian, idan itanggungjawab idi idalam imengemban itugas itugas ikedinasan. iDan, ihal iitu isemua iselayaknya idiimbangi idengan ipendapatan iyang idiperoleh ioleh itenaga itata iadministrasi iitu isendiri idi idalam imeningkatkan ietos ikerja imereka. iJanganlah ihanya imenjadi islogan ibelaka, iironis ijadinya.
D ie in ig ia in ie ik is ii is in iy ia it ie in ia ig ia it ia it ia iadministrasi iyang idiharapkan iberperan isecara iprofessional, idiharapkan ijuga isetiap ikomponen iyang iterdapat idi iinstansi ipendidikan imampu imengoptimalkan ikinerja imereka imasing imasing. iPeran iganda idan irangkap iseharusnya idiakhiri, iuntuk imencapai ihasil iyang imaksimal. iKarena idengan iadanya ijob idescription iyang ijelas, imaka iprofesionalitas idapat itercapai idi iinstansi ipendidikan itersebut, iselain iitu ijuga idapat imeningkatkan ikualitas imanajemen isekolah iitu isendiri.Oleh ikarena iitu, iselain imemiliki ikemampuan, ikecakapan, ikeahlian iyang imemadai, idiharapkan itenaga itata iadministrasi ijuga iharus imempunayi ivisi idan ikomitmen idi idalam imemajukan isebuah iinstansi ipendidikan ikhususnya, idunia ipendidikan ipada iu im iu im in iy ia i i
Administrasi iNon iAkademik/Layanan iKhusus
Administrasi inon iakademik/layanan ikhusus iadalah imemberi ilayanan isecara ikhusus iatau isuatu iusaha iyang itidak isecara ilangsung iberkenaan idengan iproses ibelajar imengajar idi ikelas. iTetapi isecara ikhusus idiberikan ioleh isekolah ikepada ipara isiswamnya iagar imereka ilebih ioptimal idalam imelaksanakan iproses ibelajar.Ada iberbagai ijenis ilayanan ikhusus idiantaranya iadalah iperpustakaan isekolah, ikoperasi isekolah, iusaha ikesehatan isekolah idan ikafetaria isekolah.
Administrasi ilayanan ikhusus idi isekolah iditetapkan idan idiorganisasikan iuntuk imemudahkan iatau imemperlancar ipembelajaran, iserta idapat imemenuhi ikebutuhan ikhusus isiswa idi isekolah. iDiantaranya imeliputi: imanajemen ilayanan ibimbingan ikonseling, ilayanan iperpustakaan isekolah, ilayanan ikesehatan, ilayanan iasrama, idan imanajemen ilayanan ikafetaria/kantin isekolah. iLayanan-layanan itersebut iharus idi ikelola isecara ibaik idan ibenar isehingga idapat imembantu imemperlancar ipencapaian itujuan ipendidikan idi isekolah.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H