Mohon tunggu...
Supartono JW
Supartono JW Mohon Tunggu... Konsultan - Pengamat dan Praktisi
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Mengalirdiakunketiga05092020

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

PT KAI Naikan Harga Tiket Tanpa Rambu-Rambu, Rakyat Dikorbankan, DPR, YLKI?

8 Januari 2023   18:48 Diperbarui: 8 Januari 2023   18:58 418
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik


Beberapa pekan ini, perkara tiket kereta mahal terus menjadi perbincangan publik di media sosial. Keluhan-keluhan banyak disampaikan warganet melalui Twitter dan banyak dilansir menjadi bahan pemberitaan media massa.Hingga Minggu (8/1/2023) warganet juga masih mencuit, bahkan membandingkan harga tiket kereta dan bus, hingga sampai pesan nanti ditinggal pelanggan.

Meski, KAI buka suara mengenai harga tiket yang dikeluhkan masyarakat karena harganya dianggap terlalu mahal. Lalu, VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan tarif KA komersial bersifat fluktuatif---menyesuaikan permintaan pelanggan, yang pernyataannya dilansir oleh beberapa media hingga Minggu (8/1/2023) dengan pernyataan pembelaanenyoal Tarif Batas Bawah (TBB) dan Tarif Batas Atas (TBA), masyarakat tetap saja tidak menjawab persoalan harga tiket KAI yang melonjak naik.

Bahkan dalam kolom komenter pun, warganet sampai menyindir, Joni ini bicara apa? Yang dikeluhkan apa, tetapi jawaban tidak nyambung, malah tidak menjawab keluhan.

YLKI dan DPR, Pak Presiden, di mana?

Maaf, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), masyarakat mengeluhkan harga tiket Kereta Api (KAI), kalian mengapa belum bersuara? Pak Presiden, di mana? Ini kok PT KAI seperti tidak dikontrol?

Saya juga pengguna aktif moda transportasi rakyat ini, merasakan hal yang sama dengan masyarakat yang lain menyoal harga tiket KAI yang mahal. Tetapi sepertinya KAI tidak ada yang mengontrol.

KAI seperti ada di negara tersendiri, bukan di Indonesia yang ada Presiden -Parlemen, DPR, dan ada YLKI yang memihak rakyat. Begitu bebas menaikkan harga tiket, yang tingkat kenaikannya lebih tajam dibandingkan harga BBM, BPJS, GAS, dll.

KAI juga menjual makanan ada resotrasi, tetapi harga makanan di dalam kereta juga tidak merakyat meski rakyat naik gerbong ekonomi. Sudah tiket ekonomi mahal, eksekutif juga, harga makanan juga mahal. Ini angkutan rakyat apa angkutan konglomerat?

Ada harga tiket kereta ekonomi yang harganya masih enam puluh ribuan rupiah, tapi harga makanan sama dengan kelas eksekutif.

Tidak ada proses pengumuman dan sosialisasi

Apa pun alasan PT KAI yang nampaknya seenak perutnya sendiri menaikkan harga tiket kereta, bukanlah hal yang dapat dibenarkan. Pasalnya, kereta api adalah angkutan masal yang harus mengikuti regulasi angkutan umum.

Yang menjadi perbincangan warganet dan masyarakat, harga tiket naik seenaknya KAI, tidak pernah ada pengumuman, tidak pernah ada sosialisasi.

Lihat, saat Menhub mengapungkan wacana akan ada tarif berbeda untuk penumpang KRL orang kaya dan miskin. Apa yang dilakukan Menhub benar, melakukan tes ombak dulu. Dan hasilnya, banyak respon yang tidak memihak kepada wacana yang ditebar Menhub. Padahal harga tiketnya hanya kisaran ribuan, bukan ratusan ribu.

Wahai PT KAI, Anda menaikkan tiket kereta eksekutif dan ekonomi, tidak pakai tes ombak, tidak pakai wacana, tidak ada pengumuman, tidak ada sosialisasi. Tetapi harga tiket tahu-tahu dinaikkan tanpa ada persetujuan dari stakeholder terkait.Dan, Anda menjadikan masyarakat seperti korban "pemerkosaan".

Masyarakat yang butuh moda kereta api karena terdesak dan kebutuhuhan serta alasan lain, tahu-tahu dipaksa membeli tiket yang dinaikkan seenaknya oleh KAI.

PT KAI, lihat kasus wacana tiket KRL orang kaya dan miskin. Ingat bagaimana masalah BPJS, BBM, listrik, dan lainnya yang menyangkut hajat hidup rakyat. PT KAI untuk hajat hidup rakyat!!!

Tolong PT KAI, menaikkan tiket kereta pakai proses, prosedur yang merakyat, yang bijak dan pakai kebijakan yang logis. Anda di Indonesia dan BUMN itu dari, oleh, dan untuk siapa?

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun