Mohon tunggu...
tommy tindo
tommy tindo Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

mahasiswa psikologi dengan minat membaca buku dan berjalan kaki.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Victoria Beckham Website Experience

10 Oktober 2024   19:28 Diperbarui: 10 Oktober 2024   19:52 200
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Website toko fashion biasanya berfokus menunjukkan item-item fashion yang ditawarkan. Disusun berdasarkan jenis outfit (misalnya baju, celana, gaun, sepatu, tas), dan urutan perilisan sesuai dengan musim mode (autumn-winter atau spring-summer). 

Namun, jika brand fashion tersebut adalah nama seorang selebriti terkenal dunia yang sudah malang melintang di dunia fashion dan entertainment, maka anda akan mendapatkan experience unik saat browsing di website toko fashionnya. Yup, dia adalah Victoria Beckham.

Setahun belakangan ini, Victoria merombak websitenya menjadi customer-experience based. Dulunya, website VictoriaBeckham.com hanya fokus menjual item fashion, seperti halnya website-website lain. Namun, kini customer akan melihat fashion melalui visi seorang Victoria Beckham, sang fashion icon, di websitenya.

Sumber: VictoriaBeckham.com
Sumber: VictoriaBeckham.com

Fitur baru yang dimunculkan di website untuk mendukung customer experience Victoria Beckham adalah As Worn by Victoria. Victoria menjual dirinya sebagai brand bagi item fashionnya. 

Sehingga siapa lagi yang lebih cocok untuk mempromosikan item-item fashionnya selain dirinya sendiri. Victoria adalah seorang fashion icon. 

Semua orang ingin menjadi dirinya, atau terlihat seperti dirinya. Maka melalui fitur ini, customer dapat memilih item-item fashion yang dapat membuat diri mereka menjadi fashionable sebagaimana diri Victoria.

Sumber: VictoriaBeckham.com
Sumber: VictoriaBeckham.com

Fitur terbaru lainnya adalah As Seen on VB muses. 

VB adalah Victoria Beckham (branding yang ia pakai sejak awal tahun 2000an saat mulai solo karir di bidang nyanyi) dan muses adalah model. Victoria kerap menggunakan supermodel untuk memeragakan fashionnya di runway. Misalnya, Gigi Hadid pada koleksi fashion Spring-Summer 2025.

Sumber: Instagram gigixupdates
Sumber: Instagram gigixupdates

Victoria sadar, customernya juga suka pada icon-icon fashion lain, selain dirinya sendiri. Siapa yang bisa mengacuhkan pesona seorang Gigi Hadid? Wanita ingin terlihat seperti Gigi Hadid. 

Maka, website Victoria Beckham memberikan fitur kepada customer agar dapat gampang menemukan item-iten fashion yang digunakan oleh supermodel yang memeragakan fashion Victoria Beckham. Yup, fitur tersebut adalah As Seen on VB muses, seperti terlihat dibawah ini.

Sumber: VictoriaBeckham.com
Sumber: VictoriaBeckham.com

Fitur terbaru lainnya untuk mendukung customer exprience adalah The Iconics Capsule. Fashion is timeless, dan Victoria Beckham mencoba untuk memotret peluang dari pepatah tersebut. 

Apalagi, koleksi fashion Victoria Beckham memang terlihat timeless dan  banyak yg suka. Foto-foto figur publik yang memakai koleksi fashion Victoria dari (misalnya) 10 tahun yang lalu, masih bertebaran di media sosial dan internet, dan masih banyak yg suka. 

Sehingga demand terhadap koleksi-koleksi tersebut masih banyak. 

Sehingga, Victoria membuat fitur terbaru di websitenya untuk mewadahi permintaan terhadap back-catalogue yang diperbaharui namun tetap membawa siluet iconic Victoria Beckham.

Sumber: VictoriaBeckham.com
Sumber: VictoriaBeckham.com

Fitur terbaru lainnya di website Victoria Beckham adalah Exclusive to VB. Item-item Victoria Beckham banyak dijual di retailer lain, seperti Selfridges, Nordstrom, dan Jade. 

Namun, untuk memanjakan customer setianya, Victoria memberikan satu fitur baru khusus bagi pelanggan di website Victoria Beckham. Tujuannya adalah eksklusivitas item yang dijual dalam website ini.

Sumber: VictoriaBeckham.com
Sumber: VictoriaBeckham.com

Victoria memulai bisnis fashionnya dengan mengeluarkan koleksi Jeans atau denim di tahun 2006. 

Untuk melestarikan sejarah ini, Victoria membuat satu fitur khusus di websitenya yang menceritakan mengenai perjalanan desain jeans milik Victoria. Fitur tersebut bernama Discover Jeans.

Sumber: VictoriaBeckham.com
Sumber: VictoriaBeckham.com

Fitur paling akhir yang dibuat khusus di website Victoria Beckham adalah Discover Occasionwear. Victoria masuk ke dunia high fashion dan bersaing dengan brand-brand lain yang lebih senior seperti Versace dan Channel, adalah melalui desain gaun-gaun frock yang digunakan untuk acara-acara khusus. 

Thus, Occasionwear. Sehingga, mirip dengan fitur Discover Jeans, fitur Discover Occasionwear bertujuan untuk melestarikan legacy Victoria di fashion line gaun frock dan gaun-gaun untuk acara khusus yang bersifat high fashion dan elegan.

Sumber: VictoriaBeckham.com
Sumber: VictoriaBeckham.com

Kesimpulan yang dapat diambil dari kejelian Victoria Beckham dalam memanfaatkan self-branding adalah, buatlah customer merasakan pengalaman berbelanja seolah-olah dirinya sendiri adalah Victoria Beckham, sang fashion icon. 

Fitur dalam website toko fashion juga dapat digunakan untuk menceritakan legacy dan kisah perjalanan kesuksesan diri sang pemilik brand.

Referensi:

Instagram (https://www.instagram.com/gigixupdates/p/DAb0rj_IFhv/?img_index=1)

Popbela.com

VictoriaBeckham.com

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun