Website toko fashion biasanya berfokus menunjukkan item-item fashion yang ditawarkan. Disusun berdasarkan jenis outfit (misalnya baju, celana, gaun, sepatu, tas), dan urutan perilisan sesuai dengan musim mode (autumn-winter atau spring-summer).Â
Namun, jika brand fashion tersebut adalah nama seorang selebriti terkenal dunia yang sudah malang melintang di dunia fashion dan entertainment, maka anda akan mendapatkan experience unik saat browsing di website toko fashionnya. Yup, dia adalah Victoria Beckham.
Setahun belakangan ini, Victoria merombak websitenya menjadi customer-experience based. Dulunya, website VictoriaBeckham.com hanya fokus menjual item fashion, seperti halnya website-website lain. Namun, kini customer akan melihat fashion melalui visi seorang Victoria Beckham, sang fashion icon, di websitenya.
Fitur baru yang dimunculkan di website untuk mendukung customer experience Victoria Beckham adalah As Worn by Victoria. Victoria menjual dirinya sebagai brand bagi item fashionnya.Â
Sehingga siapa lagi yang lebih cocok untuk mempromosikan item-item fashionnya selain dirinya sendiri. Victoria adalah seorang fashion icon.Â
Semua orang ingin menjadi dirinya, atau terlihat seperti dirinya. Maka melalui fitur ini, customer dapat memilih item-item fashion yang dapat membuat diri mereka menjadi fashionable sebagaimana diri Victoria.
Fitur terbaru lainnya adalah As Seen on VB muses.Â
VB adalah Victoria Beckham (branding yang ia pakai sejak awal tahun 2000an saat mulai solo karir di bidang nyanyi) dan muses adalah model. Victoria kerap menggunakan supermodel untuk memeragakan fashionnya di runway. Misalnya, Gigi Hadid pada koleksi fashion Spring-Summer 2025.
Victoria sadar, customernya juga suka pada icon-icon fashion lain, selain dirinya sendiri. Siapa yang bisa mengacuhkan pesona seorang Gigi Hadid? Wanita ingin terlihat seperti Gigi Hadid.Â
Maka, website Victoria Beckham memberikan fitur kepada customer agar dapat gampang menemukan item-iten fashion yang digunakan oleh supermodel yang memeragakan fashion Victoria Beckham. Yup, fitur tersebut adalah As Seen on VB muses, seperti terlihat dibawah ini.
Fitur terbaru lainnya untuk mendukung customer exprience adalah The Iconics Capsule. Fashion is timeless, dan Victoria Beckham mencoba untuk memotret peluang dari pepatah tersebut.Â
Apalagi, koleksi fashion Victoria Beckham memang terlihat timeless dan  banyak yg suka. Foto-foto figur publik yang memakai koleksi fashion Victoria dari (misalnya) 10 tahun yang lalu, masih bertebaran di media sosial dan internet, dan masih banyak yg suka.Â
Sehingga demand terhadap koleksi-koleksi tersebut masih banyak.Â
Sehingga, Victoria membuat fitur terbaru di websitenya untuk mewadahi permintaan terhadap back-catalogue yang diperbaharui namun tetap membawa siluet iconic Victoria Beckham.
Fitur terbaru lainnya di website Victoria Beckham adalah Exclusive to VB. Item-item Victoria Beckham banyak dijual di retailer lain, seperti Selfridges, Nordstrom, dan Jade.Â
Namun, untuk memanjakan customer setianya, Victoria memberikan satu fitur baru khusus bagi pelanggan di website Victoria Beckham. Tujuannya adalah eksklusivitas item yang dijual dalam website ini.
Victoria memulai bisnis fashionnya dengan mengeluarkan koleksi Jeans atau denim di tahun 2006.Â
Untuk melestarikan sejarah ini, Victoria membuat satu fitur khusus di websitenya yang menceritakan mengenai perjalanan desain jeans milik Victoria. Fitur tersebut bernama Discover Jeans.
Fitur paling akhir yang dibuat khusus di website Victoria Beckham adalah Discover Occasionwear. Victoria masuk ke dunia high fashion dan bersaing dengan brand-brand lain yang lebih senior seperti Versace dan Channel, adalah melalui desain gaun-gaun frock yang digunakan untuk acara-acara khusus.Â
Thus, Occasionwear. Sehingga, mirip dengan fitur Discover Jeans, fitur Discover Occasionwear bertujuan untuk melestarikan legacy Victoria di fashion line gaun frock dan gaun-gaun untuk acara khusus yang bersifat high fashion dan elegan.
Kesimpulan yang dapat diambil dari kejelian Victoria Beckham dalam memanfaatkan self-branding adalah, buatlah customer merasakan pengalaman berbelanja seolah-olah dirinya sendiri adalah Victoria Beckham, sang fashion icon.Â
Fitur dalam website toko fashion juga dapat digunakan untuk menceritakan legacy dan kisah perjalanan kesuksesan diri sang pemilik brand.
Referensi:
Instagram (https://www.instagram.com/gigixupdates/p/DAb0rj_IFhv/?img_index=1)
Popbela.com
VictoriaBeckham.com
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H