Mohon tunggu...
Titi Wulandari
Titi Wulandari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Peserta Didik dan Selaras dengan Hidup Setiap Individu

5 Juli 2024   10:41 Diperbarui: 5 Juli 2024   10:46 269
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Peserta Didik dan Selaras Dalam Hidup Setiap Individu

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan peserta didik yang perlu kita ketahui agar kita dapat memahami peserta didik sehingga kita bisa menentukan metode atau proses belajar yang baik sesuai dengan tumbuh kembang peserta didiknya. Ada dua faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan peserta didik, yaitu faktor internal dan faktor eksternal . Ada pun penjelasannya sebagai berikut:

Faktor Internal

Faktor internal, yaitu faktor yang ada di dalam diri peserta didik tersebut, yang lebih umum dikatakan adalah faktor yang muncul atau ada sejak lahir yang diturunkan dari orang tuanya, sehingga itu adalah faktor alami. Beberapa faktor internal sebagai berikut:

1. Faktor Genetika/Hereditas

Faktor-faktor yang diturunkan oleh orang tua peserta didik terhadap peserta didik, itu dapat berupa segala potensi baik bentuk fisik peseta didik ataupun sikap yang dimilikinya sejak masa konsepsi itu semua melalu gen-gen dari kedua orang tuanya.

2. Faktor Fisiologis

Segala faktor yang berhubungan dengan kondisi fisik peserta didik, ada dua faktor yang dapat kita ketahui dari faktor fisiologis ini, yaitu keadaan tonus jasmani (perbedaan porsi tubuh). Faktor ini sangat berpengaruh terhadap fisiologis dari diri peserta didik, apalagi untuk peserta didik yang memiliki kekurangan anggota badannya (cacat). Dan faktor yang kedua, yaitu keadaan fungsi jasmani  hal ini berkaitan dengan kesehatan diri peserta didik. Karena peserta didik yang sehat dangan yang sedang sakit, kondisi dari fisiknya akan sangat berbeda.

3. Faktor Psikologis

Faktor ini berhubungan dengan kejiwaan, kapasitas mental, emosi, dan kecerdasan dari peserta didik karena setiap siswa/individu mempunyai kecerdasan yang berdeda-beda .Oleh karena itu, kemampuan kecerdasan tinggi, kemampuan berbahasa baik, dan pengendalian emosional secara seimbang hal itu menentukan keberhasilan dan kecerdasan dalam perkembangan sosial individu.

Faktor Eksternal

Faktor eksternal, yaitu segala sesuatu yang mempengaruhi perkembangan peserta didik dari luar diri peserta didik itu, sehingga hal ini merupakan sesuatu hal yang muncul dimana peserta didik itu hidup atau bertumbuh. Beberapa faktor eksternal yang mempengaruhi perkembangan peserta didik, yaitu:

1. Faktor Biologis

Biasanya faktor ini berhubungan dengan kebutuhan dari diri peserta didik tersebut dangan adanya dorongan dari lingkungan terdekatnya, misalnya keluarganya.

2. Faktor Physis

Faktor yang muncul dari keadaan atau perubahan lingkungan dimana peserta didik tersebut hidup ataupun tinggal karena itu dapat mempengaruhi perkembangan dari peserta didik tersebut.

3. Faktor Ekonomi/Status sosial

Faktor ini cukup erat kaitannya dengan kondisi keuangan yang dimiliki dari seorang individu untuk menjalankan kehidapannya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya atau kebutuhan sosial lainnya dari individu tersebut.

4. Faktor Cultural/Kebudayaan

Hal ini, berkaitan dengan kebudayaan atau adat istiadat yang ada dalam lingkungan peserta didik itu tinggal, hal itu merupakan kebiasan atau ciri khas dari lingkungan tempat ia tinggal itu dapat mempengaruhi perkembangan peserta didik.

5. Faktor Edukatif/Belajar

Faktor yang berhubungan dengan pendidikan dari peserta didik tersebut, karena itu dapat menjadikan hidup seorang individu terarah dengan pendidikan yang didapatkannya di sekolah maupun di lingkungan sosialnya.

6. Faktor Religius

Faktor yang berhubungan dengan proses perilaku seorang individu dengan agamanya sebagai faktor yang sangat penting sebagai media untuk mengontrol perkembangan peserta didik sehingga masih dalam perkembangan yang semestinya atau tidak menyimpang dari norma yang ada.

Seorang psikologi Jerman bernama Erikson mengembangkan teori psikososial sebagai pengembangan teori psikoanalisis dari Freud. Di dalam teori psikososial disebutkan bahwa tahap perkembangan individu selama siklus hidupnya dibentuk oleh pengaruh sosial dan bagaimana individu tersebut berinteraksi sehingga menjadikan individu itu matang secara fisik dan psikologis.

Hal itu sangat selaras dengan kehidupan sehari-hari kita, hal itu dapat dilihat bagaimana kita menjalani kehidupan dari masa kecil dahulu sampai sekarang ini. Tentu memiliki perubahan yang sangat besar untuk diri kita, terutama lingkungan sekitar kita, hal itu sangat berpengaruh diproses perkembangan kita, oleh karena itu kita perlu memahami faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan peserta didik, sehingga kita sebagai peserta didik ataupun pendidik dapat mengontrol perkembangan agar tetap sesuai dengan norma yang ada sehingga pengaruh-pengaruh negatif yang mungkin  akan timbul dari faktor-faktor tersebut dapat kita cegah. Sehingga hal itu dapat membuat kekuatan mental dari seorang individu dapat terbentuk dengan sendirinya dalam menghadapi semua permasalahan yang ada dalam hidupnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun