Mohon tunggu...
titis 40c
titis 40c Mohon Tunggu... Penulis - seorang wanita juga

Humoris,tidak kepo dan takin semua hal ada manfaatnya didunia ini

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Digitalisasi dan Kebangkitan Nasional Zaman Now?

8 Juli 2023   09:58 Diperbarui: 8 Juli 2023   10:04 211
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumpah pemuda dankebangkitan nasional menjadikan omentum yang tidak terlupakan bagi indoensia sehubungan dengan tersukseskannya deklarasi dan ploklamasi kemerdekaan republik Indonesia  17 agustus 1945.peran serta pemuda yang mendobrak keterkungkungan rakyat seperti nyala obor yang menerangi kehidupan dan mendorong tercetuskannya ploklamasi dan kemerdekaan serta pencarian kehidupan yang lebih baik di masa depan.kebangkitan di jaman now?

            Ketetindasan bangsa bangsa sebagian besar dikarenakan ketidak mampuan mereka untuk mengadaptasi kemajuan dan pendidikan sehingga  ujung ujung dari ketimpangan atas intelektualitas memberikan kesempatan kepada masyarakat yang unggul untuk melakukan penindasan pada masyarakat monoritas ,penjajahan di masa lampau di idonesia hingga sekian abad memberikan sebuah sentiment dimana keterpurukan bidang pendidikan dan pengetahuan menjadi factor  yang sangat berpengaruh sehingga rakyat banyak di jelali dengan doktrinasi takut /

            Kebangkitan nasional yang di gadang setiap tanggal 20 mei memberikan  wacana tersendiri bagaimana "punya otak"memang beda dengan yang "Otak Tumpul"terutama dalam mengyikapi kehidupan seperti halnya bangsa ini yang sempat merasakan bagaimana penjajahan di lakukan hingga berabad abad lamanya ,analisa tentang gemah limpah loh jinawi menjadi acuhan tersendiri bagi colonial saat itu dalam pengentasan kemiskinan made in dirinya sendiri dalam kapasitas memperkaya dirinya sendiri pada fase perdagangan yang akhrinya pengguasaan menjadikan rakyat bangsa ini semakin terpuruk ditambah dengan doktrinasi ketakutan melengkapi siklus "Tirani"negeri untuk kesekian kalinya atas nama Di jajah.

            Gerakan kebangkitan nasional yang disinyalir untuk membebaskan diri dari tirani menjadi semakin kuat ketika bangsawan bangsawan diera dulu satu diantaranya RA Kartini dengan Folosofi abis gelap terbitlah terangnya mengadaptasi sebagian besar masyarakat tentang pembebasan tirani bagi wanita di era jamannya,ditambah dengan ebberapa pergerakan bangsawan bangsawan dengan ilmu pengetahuan dan tingkat intelektualnya diyakini mampu mampu mendorong terciptanya inspirasi dan keinginan untuk bebas dari tirani.

            Tirani oleh belanda dan kolonialnya yang menjapai sekian abad menjadikan rakyat hamper hamper untuk hidup saja segan namun matipun tidak akan segampang itu dimana doktrinasi dan tindakan colonial memberikan efek "Traumatik"pun hingga saat ini secara jelas amsih belum pernah dinahas tentang implikasi pencitraan yang :Baik"oleh negara negara colonial terhadap bangsa yang di tianikan oleh mereka satu contoh indoensia secara diplomasi keterbukaan  era digitalisasi dan kemudahan dalam pengcapaian dan penggunaan technology mendorong bangsa bangsa melakukan aspek diplomasi public untuk memperdalam citra"Baik"dan tidak akan "nakal atau jahat"lagi seperti disinyalir belanda melalui Perdana menterinta kisaran tahun 2022 "saya atas nama pemerintah belanda menyampaikan permintaan maaf  saya atas kekerasan sistematis  dan ekstrem pada bangsa indoensia pada waktu kolonialisme terjadi!"seperti dikutip salah satu kantor berita AFP setelah terdapatnya penelitian yang berkesinambungan atas efek traumatis pada penjajahan di masa yang lalu//

Penajajahan dan penguasaan tidak hanya psikology dan fisik juga hal  hal yang bersifat dasar diantaranya rempah rempah dan pangan menjadikan rakyat waktu itu sangat miskin sekali sehingga tercetuslah kebangkitan nasional yang di pelopori atas

(1) penderitaan yang berkepanjangan akibat penjajahan;  secara emosional dan secara fisik di dalam pengkajian lebih lanjut di pastikan rakyat indoensia  menderita terutama dalam hal pemenuhankebutuhan pangan  sehinga secara idealism dan psikologis mereka meyakini terdapatnya kebangkitan untuk bebas dari tirani dan merebut kembali kekayaan alam untuk sesuap nasi yang diyakini mereka upayakan dengan keringat dari bumi ertiwi yang terkenal dengan falsafat gemah limpah loh jinawinya /

(2) Pemberontak dan berkeinginan untuk terlepas dari tirani penjajahan secara pisik dan psikology tidak terlepas dari keberadaan kenangan kejayaan masa lalu, seperti pada masa Kerajaan Sriwijaya atau Majapahit; dengan bermodal nenek moyangku adalah pejuang yang tangguh maka memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengupayakan kemerdekaan atas pangan atas harga diri dan ataskehidupan yang selama ini di doktrinasi dengan sedemikian rupa mengingat tentang sriwijaya yang gagah berani dan terkenal dengan jalur ulat sutranya yang memberikan banyak keubntungan di kala itu apalagi dengan majapahir dengan tribuana tungga dewi dan gajah madanya yang diyakini moksa memberikan keyakinan tentang kejantanan rakyat nuntuk terlepas dan bebas dari tirani yang mendera mereka/

Fenomena tentang penjajahan dengan menggunakan kedok awal perdagangan menjadikan indoensia mengenang kejayaan di masa kerajaan sriwijaya dimana sangat terkenal dengan penguasaan jalur jalur sutranya terutama dengan tiongkok Di dunia perdagangan, Sriwijaya menjadi pengendali jalur perdagangan antara India dan Tiongkok, yakni dengan penguasaan atas Selat Malaka dan Selat Sunda. Orang Arab mencatat bahwa Sriwijaya memiliki aneka komoditas seperti kapur barus, kayu gaharu, cengkih, pala, kepulaga, gading, emas, dan timah, yang membuat raja Sriwijaya sekaya raja-raja di India.

Kekayaan yang melimpah ini telah memungkinkan Sriwijaya membeli kesetiaan dari vassal-vassal-nya di seluruh Asia Tenggara. Dengan berperan sebagai entreport atau pelabuhan utama di Asia Tenggara, dengan mendapatkan restu, persetujuan, dan perlindungan dari Kaisar Tiongkok untuk dapat berdagang dengan Tiongkok, Sriwijaya senantiasa mengelola jejaring perdagangan bahari dan menguasi urat nadi pelayaran antara Tiongkok dan India.

Karena alasan itulah Sriwijaya harus terus menjaga dominasi perdagangannya dengan selalu mengawasi --- dan jika perlu --- memerangi pelabuhan pesaing di negara jirannya. Keperluan untuk menjaga monopoli perdagangan inilah yang mendorong Sriwijaya menggelar ekspedisi militer untuk menaklukkan bandar pelabuhan pesaing di kawasan sekitarnya dan menyerap mereka ke dalam mandala Sriwijaya. Bandar Malayu di Jambi, Kota Kapur di pulau Bangka, Tarumanagara dan pelabuhan Sunda di Jawa Barat, Kalingga di Jawa Tengah, dan bandar Kedah dan Chaiya di semenanjung Melaya adalah beberapa bandar pelabuhan yang ditaklukan dan diserap kedalam lingkup pengaruh Sriwijaya. Disebutkan dalam catatan sejarah Champa adanya serangkaian serbuan angkatan laut yang berasal dari Jawa terhadap beberapa pelabuhan di Champa dan Kamboja. Mungkin angkatan laut penyerbu yang dimaksud adalah armada Sriwijaya, karena saat itu wangsa Sailendra di Jawa adalah bagian dari mandala Sriwijaya. Hal ini merupakan upaya Sriwijaya untuk menjamin monopoli perdagangan laut di Asia Tenggara dengan menggempur bandar pelabuhan pesaingnya. Sriwijaya juga pernah berjaya dalam hal perdagangan sedari tahun 670 hingga 1025 M.

Selain menjalin hubungan dagang dengan India dan Tiongkok, Sriwijaya juga menjalin perdagangan dengan tanah Arab. Kemungkinan utusan Maharaja Sri Indrawarman yang mengantarkan surat kepada khalifah Umar bin Abdul-Aziz dari Bani Umayyah tahun 718, kembali ke Sriwijaya dengan membawa hadiah Zanji (budak wanita berkulit hitam), dan kemudian dari kronik Tiongkok disebutkan Shih-li-fo-shih dengan rajanya Shih-li-t-'o-pa-mo (Sri Indrawarman) pada tahun 724 mengirimkan hadiah untuk kaisar Tiongkok, berupa ts'engchi (bermaksud sama dengan Zanji dalam bahasa Arab).

Pada paruh pertama abad ke-10, di antara kejatuhan dinasti Tang dan naiknya dinasti Song, perdagangan dengan luar negeri cukup marak, terutama Fujian, kerajaan Min dan kerajaan Nan Han dengan negeri kayanya Guangdong. Tak diragukan lagi Sriwijaya mendapatkan keuntungan dari perdagangan ini.Pada masa inilah diperkirakan rakyat Sriwijaya mulai mengenal buah semangka (Citrullus lanatus (Thunb.) Matsum. & Nakai), yang masuk melalui perdagangan mereka.

Majapahit mengandalkan ekonomi maritim dan agraris. Komoditas utama kerajaan ini adalah beras, yang merupakan sumber pendapatan yang cukup besar karena adanya pajak yang dikenakan pada petani. Beras diperdagangkan dalam perdagangan antarwilayah, dan dapat ditukarkan dengan rempah-rempah di wilayah maluku.hal inilah yang memebrikan sinyalemen positip terhadap keyakinan kekayaan alam nusantara dalam bentuk rempah rempat dan beras sebagai kebutuhan pangan utama saat itu selain ikan dari hasil nelayan sebagai pengembangan agriculture saat itu yang dikenal dengan palawija/

Keberadaan kerajaan Majapahit ditopang oleh sektor pertanian dan perdagangan. Dengan demikian berarti kerajaan Majapahit adalah kerajaan agraris dan maritim. Di sektor pertanian padi dan hasil pertanian lainnya merupakan tulang punggung perekonomian kerajaan.dimana tidakhanya di peruntukkan oleh masyarakat yang kebanyakan disinyalir terdapat di jawa melainkan hingga ke kawasan Maluku menjadikan majapahir saat itu sebagai kerajaan yang bias dikategorikan gagah dengan pangannya dan jantan dengan kekuatannya dalam mengendalian distribusi masal ke beberapa tempat.

Kerajaan Majapahit menjadi pusat kerajaan maritim Nusantara yang berperan melindungi jalur perdagangan laut sebagai jalur utama perdagangan dan menghilangkan ancaman jalur laut di sepanjang wilayah laut Nusantara hingga kawasan di sekitarnyaKerajaan Majapahit mencapai masa kejayaan ketika masa kepemimpinan Hayam Wuruk (1350-1389 M). Masa kejayaan Majapahit tidak terlepas dari peran Gajah Mada yang berhasil menumpas pemberontakan serta mampu menyatukan Nusantara.

(3) munculnya kaum intelektual yang menjadi pemimpin gerakan Salah satu tokoh bangsawan yang diyakini tidak akan lekang oleh sejarah dalam kapasitasnya untuk melakuan pembelaan atas rakyat dari keterkungukungan tirani penajjah adalah sutomo dieknal sebagai orang yang sangat afresif dan berperan aktif dalambidang kedokteran dimasa tersebut dibuktikan dengan etika profesinya dalam penanganan masalah kesehatan,sehingga pada tingkat kelanmjutannya dokter sutomo mendapatkan eksempatan sebagai Priyayi untuk melanjutkan  pendidikan dokternya di belanda namun mengingat keterbatasan dana organisasinya hingga ruang lingkup organisasinya yang semula di akwasan jawa bergerak dan indah ken Batavia yang saat ini dikenal dengan Jakarta

           Ki Hajar Dewantara  Layang yang dikenal dengan surat mnjadikan ki hajar dewantara bias dikategorikan sebagai Bapak pemberantas tirani dengan mengupayakan semaksimal mungkin kabar kabar tentang kesadaran untuk merdeka lewat media cetak  hingga pada eranya profesionalisme wartawan dan eporter menjadikan sosok ki hajar dewantoro menjadi orang yang professional dan aktif dalam upaya pergerakan penyadaran sisi pdikologis dan pisik pendorong kemerdekaan dalam mengeluarkan pendapat dan terbebas dari kungkunganatau nama lainnya RM.Soewardi Soerjaningrat, seorang aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia.
Ia pun berperan sebagai politisi kebudayaan, pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia, sekaligus pendiri Taman Siswa di Yogyakarta.
Sebelumnya Soewardi pernah bekerja sebagai penulis dan wartawan surat kabar. Lalu pindah tugas ke Bandung bersama Douwes Dekker di De Express untuk posisi editor.
Sejak berdiri Budi Oetomo, Soewardi aktif menyosialisasikan membangun kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya persatuan, kesatuan bangsa dan bernegara sehingga pada kesempatan lainnya ia tidak hanya emnjadi kaum inteklektual dari ningrat yang mengupayakan penyadaran untuk tidakterdoktrinasi tirani dan ketakutan melainkan berupaya semaksimal mungkin memebrikan kesempatan kepada rakyat melalui kavar dan tulisan yang di buatnya mendorong terciptanya era abngkit dan memperjuangkan kehidupan yang elebih baik di masa depanbih baik di masa depan/

           yang diangap sebagai kaum priyayi dan ningra ebrikutnya sebagai OBOR yang membakar dan menyalakan pekik ekbangkitan untuk terbebas dari tirani di masa itu  adalahHOS Tjokroaminoto adalah sosok pejuang tangguh dan berani, bahkan tidak takut melawan serangan penjajah.Tjokroaminoto selalu lantang menyampaikan pidato yang memacu semangat patriotisme bangsa Indonesia dengan orasi orsi yang selalu di sampaikannya secaa lugas tegas dan lantang sempat memberikan soktrinasi tentang rasa nyeri di jiwa penjajah colonial namun sang hos tetap menyuarakan apa yang diyakininya menjadi hak bangsa dan negara yang waktu tersebut belum menjadi bhineka tunggal ika yang dikenal dengan nyong ambonese nyonga Javanese nyong dan serentetap sebutan untuk memastikan keberadaan kesukuan mereka .lantanganya eksatuan dan keteguhan untuk bangkit dari tirani memacu hos untuk emninggikan terjadinya pergerakan dan griliya buruh buruh diwaktu itu ..Namanya sempat dianggap sebagai ancaman oleh pihak Belanda. Ia pun pelopor gerakan serikat buruh yang secara nyata mampu memberikan sinyelemen yang kuat atas pergerakan pergerakan yang bersifat patriotism dan mendukung terdapatnya keteguhan tekat untuk merdeka dan bangkit dari ketiranian yang ditimbulakn oleh abngs akolonial .Ketika bergabung bersama organisasi Budi Oetomo, ia berperan mengisi posisi komisaris lalu menduduki jabatan ketua organisasi.

            Jiwa nasionalisme meski  terlahir dari bangsa asing Danudirja Setiabudi atau Douwes Dekker adalah pejuang kemerdekaan keturunan asing yang lahir hingga wafat di Indonesia. Kecintaannya kepadapembentukan kemerdekaan dan penentuan hak hidup di latar beakangi dunia keilmuan politik mebe rikankesempatan dan keyakinan bahwa sang keturunan asing ini mampu membakar jiwa nasionalisme dan keterbebasan serta keinginan merdeka rakyat saat itu dengan tulisan tulisan yang di kembangkannya  secagai wacana untuk pemersatu pergerakan dan pelaksanaan pelayanan masyarakat.Ia terkenal sebagai pionir dasar nasionalisme Indonesia sejak abad ke-20 dan termasuk kelompok 'Tiga Serangkai' bersama Tjipto Mangoenkoesoemo dan Ki Hajar Dewantara.
Douwes Dekker pernah sekolah di Eropa mengambil konsentrasi politik modern. Setelah kembali ke Indonesia ia banyak mengajar ilmu ke banyak golongan.
Tidak hanya masuk jajaran tokoh Harkitnas, ia mendirikan Indische Partij (IP) dan mengajarkan tentang partai politik, jurnalistik antipemerintah, serta banyak lagi

Faktor eksternal yang diyakini memicu terdapatnya kebangkitan di masa  itu Sedangkan faktor eksternalnya yakni

timbulnya paham-paham baru di Eropa dan Amerika seperti

nasionalisme ,

                  Ideologi yang menganggap bahwa negara dan bangsa harus sama atau setidaknya memiliki kesamaan antara satu dengan yang lainnya. Nasionalisme adalah konsep tentang karakteristik yang unik pada suatu bangsa atau kelompok yang membentuk negara.dimana saat itu dalam masa colonial beberapa kepulauan di indoensia gampang sekali terprookasi dengan ketidak adaan eksatuan visi sehingga membuat penjajah dan colonial merajalela hingga menguasai hajat hidup rakyat diantaranya pangan dan pada akhrinya akan membuat rakyat menmdrita hingga sang ploklamator Dijadikan sebagai dasar utama untuk menggabungkan berbagai perbedaan, seperti perbedaan etnis, agama, budaya, dan pandangan hidup, dengan fokus pada konsep keberbangsaan dan kenegaraan.dimana  dengan apresisi yang tinggi budi oetomo emmbangkitkan jiwa dan visi kesatuan yang di wujudkan dalam pergerakan pemuda dengan title sumpah pemuda.dimana di tujukan untuk menumbuhkan bebrapa prinsip dasar diantaranya:semangat kebangsaan yaitu satu bangsa indoensia.diamna terdapatnya doktrinasi terbnbebas dari keterkungukungan tirani dalamkapasitasnya menjadi sebuah negara yang memiliki pertahanan dan ekmaanan serta memiliki kedaulatan yang penuh dalam mengakomodir kepentingan bangsa dan negaranya di era masa yang akan dating,serta emmiliki kesamaan dan kebebasan diantaranya dalam pelaksanaan kebebasan menjadlankan Ibadan agama dan hokum serta memperjuangkan  hak hak yang dianggap hak dasar yang paling asasi sertamampu melakukan kewajiban kewajibannya di mata dunia dalam bentuk pemenuhan legitimasi absolute.  identitas bangsa, yang meliputi harga diri, rasa bangga, dan rasa sayang terhadap kepribadian dan identitas bangsa yang tumbuh sesuai dengan sejarah dan kebudayaan.dengan bhineka tunggal ika yang di gadang saat itu sebagai pengejewatahan presepsi dan visi serta misi kesatuan yang tidak terpecahkan terdapat warganegaranya maka terdapat prinsip demokrasi setiap warga negara memiliki kedudukan, hak, dan kewajiban yang sama. Karena pada hakikatnya, kebangsaan adalah tekad untuk hidup bersama mengutamakan kepentingan bangsa dan negara yang tumbuh dan berkembang dari bawah untuk bersedia hidup sebagai bangsa yang bebas, merdeka, berdaulat, adil, dan makmur.dalamkapasitasnya sebagai warga negara dan tidak terdoktrinasi oleh takut atas tirani yang mengungkungnya,

liberalisme,

Setiap individu memiliki hak dan kebebasan yang sama dalam kehidupan bermasyarakat. Munculnya persaingan positif karena semua pihak ingin menghasilkan produk berkualitas. Kebebasan pers dalam memberikan kritikan tajam kepada pemerintah tanpa melanggar kode etik.sehingga memumnculkan apa yang dinamakan s emangat untuk berkebebasan  .

  1. Munculnya keinginan serta inisiatif masyarakat untuk berkembang.dan mendedikasikan dirinya pada kapasitasnya yang lebih mandiri dengan penyadaran keegoan yang dilandasi oleh nalar yang sehat dan ekmampuan untukpencapaian tujuan .
  2. Setiap individu memiliki hak dan kebebasan yang sama dalam kehidupan bermasyarakat.hal ini yang mendorong rakyat sat itu yang tertidas dengan tidak terdapatnya pengetahuan dan produk  informasi yang diyakini akanmampu memberikan sinyalemen yang positif terhadap perkembangan dalam bidang apapun di dunia termauk dengan kemampuan untuk mengidenipiksi diri dan mengindependensi diri
  3. Munculnya persaingan positif karena semua pihak ingin menghasilkan produk berkualitas. Dan sebagai rakyat beras serta rempah enjadi komuditi yang sangat mahal dan bernilai saat itu sehingga diakumulasikan sebagai asset yang sangat langka
  4. Kebebasan pers dalam memberikan kritikan tajam kepada pemerintah tanpa melanggar kode etik.ketertindasan dan kebodohan serta terbatasnya jumlah kaum intelektualitas memberikan sinyalemen tersendiri sering dan lamanya indoktrinasi tirani serta perbudakan yang dilakukan oleh colonial pada waktu itu hingga dengan tiga serangkainya maka kebebasan dan ketergantungan akan informasi bisa emmudahkan memudahkan masyarakat  menyaari harga dirinya dalam bentuk kemerdekaan,surat kabar menjadi jawaban atas keterkungkungan informasi yang terdapat saat itu
  5. Adanya kebebasan untuk memilih partai politik tanpa pengaruh pihak lain.
  6. Aktivitas ekonomi lebih berkembang karena masyarakat memiliki motif untuk mencari keuntungan.dengan jalur perdagangan yang akan semakin terbuka dan modern

Kekurangan Liberalisme

  1. Munculnya kesenjangan sosial dan ekonomi karena pihak yang memiliki sumber daya akan cenderung mengeksploitasi pekerja.
  2. Bisa memunculkan monopoli terhadap masyarakat miskin.yang akan disinyalir memberikan dampak enindasan di jaman yang akan dating
  3. Kebebasan pers bisa dimanfaatkan pihak tertentu untuk mencapai tujuannya.makanya terdapatnya keterbukaan dalam emngantisipasi kondisi yang akan dating sehingga diminimlisir keterdapatan penyalahguaan kekuasaan yang berkebebasan tanpa batas
  4. Munculnya persaingan bebas yang menyebabkan tidak meratanya pendapatan.
  5. Bisa memunculkan sekelompok masyarakat yang merasa derajatnya lebih tinggi.

sosialisme;

ideologi yang berasal dari reaksi pada Revolusi Industri di abad ke-18. Di masa ini, paham sosialisme amat kental dengan kondisi di sektor industrialisasi yang juga menghadirkan praktik kapitalisme di tangan individu sebagai pemilik modal serta menyampingkan keberadaan buruh. deologi sosialisme sendiri bertujuan untuk mewujudkan masyarakat dengan hak milik bersama pada setiap faktor produksi agar produksi tidak lagi dikuasai oleh orang-orang atau suatu lembaga swasta tertentu

hal inilah yang mendorong bangsa dan rakyat waktu itu untuk bangkit dari tirani dan menentukan harkat hdiup lebih baik dengan melakukan pergerakan lewat budi utomo dalam kapasitasnya sebagai hari kebangkitan nasional melawan tirani yang ada oleh kolonial

(2) munculnya gerakan kebangkitan nasional di Asia seperti Turki Muda, Kongres Nasional India, dan Gandhisme;

(3) kemenangan Jepang atas Rusia pada perang Jepang-Rusia yang menyadarkan negara-negara di Asia untuk melawan negara barat.

Penindasan dan penjajahan dimanapun akan menimbulkan tirani yang menyensarakan rakyat dan seiring dengan perkembangan diplomasi antara negara negara yang mengatas namakan dirinya anggota dewan keamanan PBB maka pemerintah idnoensia setidaknya tengah menangapi secara positip tentang permohonan maaf dari masa ke masa kolonialisme yang etrdapat dan terjadi pada waktu itu diantaranya::

Wali Kota Amsterdam Femke Halsema menyampaikan permintaan maaf kepada sejumlah negara, termasuk Indonesia, terkait dengan praktik perbudakan di masa kolonial Belanda. "Saya menyampaikan permohonan maaf atas peran aktif Dewan Kota Amsterdam dalam sistem perbudakan masa kolonial dan perdagangan budak di dunia pada masa lalu," kata Halsema. Pada abad ke-16 sampai ke-19, Belanda adalah salah satu negara yang melakukan perdagangan budak. Saat itu Belanda mempunya wilayah jajahan di berbagai tempat yang saat ini bernama Indonesia, Afrika Selatan, Curacao, dan Nugini. Belanda menjadi salah satu negara kaya dengan mengambil dan mengekspor hasil bumi dan budak-budak dari wilayah jajahan. Sumber kekayaan Belanda dihasilkan dari kegiatan perdagangan Kongsi Dagang Hindia Timur (VOC), yang salah satunya adalah perdagangan budak. VOC mengambil budak-budak dari barat Afrika dan kemudian dikirim ke Eropa melalui kapal melewati Samudera Atlantik. Sejumlah anggota Dewan Kota Amsterdam pada masa itu juga terlibat dalam perdagangan budak.

sejarah tidak akan mumngknkan kita untuk memalingkan mua dan artikel tentang

Pemerintah Belanda secara resmi meminta maaf kepada keluarga korban pembunuhan massal yang dilakukan Kapten Raymond Pierre Paul Westerling dalam kurun waktu 1945-1949. Permintaan maaf tersebut disampaikan Duta Besar Belanda untuk Indonesia Tjeerd de Zwaan di Jakarta. "Atas nama Pemerintah Belanda, saya ingin menyampaikan permintaan maaf atas kejadian itu. Saya juga meminta maaf kepada para janda dari Bulukumba, Pinrang, Polewali Mandar, dan Parepare," kata De Zwaan. Permintaan maaf itu terungkap di depan sejumlah kalangan, terutama para janda korban dan sejumlah keluarga mereka yang mendampingi. Menurut De Zwaan, waktu itu, tentara Belanda telah melakukan kekerasan di Sulawesi Selatan. Kekerasan tersebut menyebabkan banyak korban yang tidak berdosa dan penderitaan.
            Pemerintah Belanda telah menyetujui memberikan kompensasi kepada 10 janda korban Westerling. Kompensasi yang diberikan kepada mereka sebesar 20.000 euro atau Rp 296,727

Pemerintah Belanda melalui Duta Besar Jonkheer Tjeerd de Swan menyampaikan permohonan maaf kepada 9 janda dan 1 orang keluarga korban selamat dalam peristiwa pembantaian di Rawagede pada 1947. Permintaan maaf itu disampaikan pada 9 Desember 2011 di kompleks pemakaman Desa Balongsari, Kecamatan Rawamerta, Kabupaten KarawanSelain meminta maaf, pemerintah Belanda saat itu membayarkan uang ganti rugi kepada 10 pihak itu masing-masing sebesar Rp 220 juta. Permintaan maaf itu dilakukan setelah hakim ketua pada pengadilan Den Haag, DA Schreuder, memutuskan Pemerintah Belanda bersalah dalam kejadian itu dan wajib membayarkan kompensasi kepada para janda korban pembantaian di Rawagede. Jumlah korban jiwa dalam pembantaian di Rawagede oleh dilaporkan mencapai 431 orang.

Raja Belanda Willem Alexander menyampaikan permintaan maaf dan penyesalan Pemerintah Belanda kepada Indonesia. Permintaan maaf itu disampaikan Raja Willem di depan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan kunjungan ke Indonesia. "Di tahun-tahun setelah diumumkannya Proklamasi, terjadi sebuah perpisahan yang menyakitkan dan mengakibatkan banyak korban jiwa. Selaras dengan pernyataan pemerintahan saya sebelumnya, saya ingin menyampaikan penyesalan saya dan permohonan maaf untuk kekerasan yang berlebihan dari pihak Belanda di tahun-tahun tersebut," ujar Raja Willem di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. "Saya melakukan ini dengan kesadaran penuh bahwa rasa sakit dan kesedihan bagi keluarga-keluarga yang terdampak masih dirasakan sampai saat ini," lanjut Raja Willem.

Sejarah memberikan pembuktian bahwa apa yang dilakukan oleh bangsa dan rakyat pada waktu itu merupakan keinginan yang terdalam sebagai pengejewatahan keberadaan mansuia dengan hal asasi yang melekat di dalamnya /

Digitalisasi  kebangkitan era jaman now menjadi wacana pertanyaan sekaligus jawaban yang harus di pahami dan dilaksanakan untuk kepentingan rakyat dimasa yang akan dating setidaknya hal tersebut menjadikan kebangkitan nasional yang digaungkan di masa lampau untuk terbnebas dari keterkungkungan dan tirani rakyat menjadi semangat bahkan nyala onor yang tak padam demi kemaslahatan rakyat indoensia dimasa yang akan datang.

Hari ini kita telah memasuki era digital diana mana secara riil banyak mamsyarakat yang telah emnggunakan kecangihan technology ditandai dengan telepon genggam yang nyaris saat itu tidak pernah terpikirkan bagaimana berkomuniaksi dengan sangat cepat dan biaya yang sangat murah apalagi dengan keberadaan piranti piranti  yang nemudahkan mansuia melaksanakan kegiatannya yang berhubuangn dengan aktifitasnya baik daam bidang Faimile ataupun bidang computer database blainnya. yang ditandai oleh pergeseran besar (big shifting) dari teknologi mekanik dan analog kepada teknologi digital, yang sejatinya sudah dimulai sejak tahun 1980an. Don Tapscott (1996) menyebutkan karakter perubahan ke arah digitalisasi, dimana ekonomi dunia telah bergeser dari masyarakat industri yang berbasis pada baja, kendaraan, dan jalan raya, ke arah masyarakat ekonomi baru yang dibentuk oleh silicon, komputer, dan jaringan (networking).hal iniah yang saat ini dianggap sebagia sesuatu yang sangat penting dan emnajdi sebuah momok tersendiri dalam kapasitasnya pada era industry diaan jika tidak bisa emngantisipasinya akan menimbulkan kesenjangan yang lebih lajut ditandai dengan bayaknya pengagguran dan ketidakmampuan untukmelakukan sinergi dengan technology technology yang di gunakan di masa yang akan datang.

Fenomena digitalisasi ini sejatinya terjadi di hampir semua sektor kehidupan manusia, dari mulai sektor bisnis, urusan publik dan pemerintahan, pendidikan, kesehatan, sosial-politik, hingga dalam kehidupan domestik (keluarga). Meskipun demikian, digitalisasi yang terjadi di dunia bisnis telah menjadi enabler dan driver yang mempengaruhi perkembangan digitalisasi di sektor-sektor lainnya. Hal ini wajar, mengingat digitalisasi "setali tiga uang" dengan komersialisme. Digitalisasi berperan memberikan nilai tambah (added value) bagi organisasi-organisasi bisnis untuk menghasilkan kinerja yang lebih efektif, efisien, cepat dan lincah (agile).tidak hanya dalam bidang kinerja yang be rhubungan dengan bisnis sejalan etrdapatnya era digitalisasi pada kebangkitanansnional di Jaman now maka pergeseran dan perubahan apapun termasuk politik dan pergerakan yang ada di masyarakat dalam belahan dunia amnapun akan memberikan dampak yang sangat cepat pada pembentukan budaya dan karakteristik kesinambungan dimamsa sekarang

Digitalisasi yang saat ini ditandai dengan penggunaan alat alat cangih pada era Kebangkitannasional memicu terdapatnya eprubahan perubahan yang signifikan terhadap kemajuan mnegara satu diantaranya dituangkan pada pemilu yang mungkin berangsung di idnoensia kisaran 2024 dengan terdpatnya QuickCount dengan berbasis pada numerik yang lebih handal dan cangih

Dalam pemahaman praktis, digitalisasi merupakan penggunaan teknologi digital dan data untuk menciptakan pendapatan, meningkatkan bisnis, mengganti/mengubah proses bisnis (tidak hanya mendigitalkannya) dan menciptakan ekosistem apapun bentuknya termasuk terhadap keterlangsungan kehidupan bangsa dan politik dimasa yang akan datang hsuus untuk kebangkitan nasional menumbuhkan jiwa bhineka tunggal ika yang mau tidak mau dilandasi ketersediaan Pancasila sebagai falsafah bangsa dan ideology satu satunya yang mengalahkan faham faham lainnya akan memebrikan hal kuat dan positif sekaligus akan negative jika keyakinan dan pendalaman tentang keberadaan ekbangkitan ansional tentang wawasan ekbangsaan yang dikena dengan  ideology bangsa dan negara tidak bisa di eksploitasi dengan berdasarkan keyakinan ketuhanan yang maha esa kemanusiaan yang adil dan beradap persatuan indoensia kerakyatan yang dipimpin oleh hikmad dalam permusyawaratan perwakilan dan keadilan social bagi seluruh rakyat indoensia yang sudah di perjuangakan sejak dahulu kala dalamberbagi bentuk eprgerakan yang di lakukan oleh organisasi organisasipemuda indonsia termasuk oleh dowes deker yang ketrunan asing dengan melalui emdia cetak sebagai bahan acuhan pergerakan untuk kemerdekaan dan pencapapian kehidupan yang lebih baik dimas ayang akan datang

istilah "digital" sesungguhnya dapat dipecah menjadi tiga fungsi utama bagi dunia bisnis dan seacra ekplisit pada kebangkitanansional jaman now , yakni:

Menciptakan nilai tambah bagi dunia bisnis  yang akan berdampak pada sinyalemen perbaikan di bidang kebangkitan annsional baik dalam social dan ekonomi seta politik dalam kapasitasnya dalam bidang politik ditandai dengan terdapatnya semakin cepatnya demokratisasi terselenggara di ujung belahan indoensia manapun di wujudkan dengan terdapatnya system online pada pemilu sehingga baik penduduk Indonesia dimanapun akan mempu melaksanakan hal pilihnya apapun itu dan dimanapun itu bentuknya.

Mengoptimalkan proses bisnis  dan perkebangan ekonomi social dan politik yang secara langsung berpengaruh terhadap pengalaman keterkembangan dan keterberlangsungan masyarakt dimasa yang akan datang khsusunya menyambut jamannow dengan cepatnya rasio piker dan perubahan politik dimanapun yang akan memberikan kewaspadaan tersendiri terhadap berlangsungnyaekhdioupan bangsa dan negara/

Membangun kemampuan dasar yang mendukung inisiasi bisnis.yang mencakup pertumbuhan social dan politik serta cara hidup amsyarakat di jaman now dengan memanfaatkan technology yang ada/

Selanjutnya McKinsey (2015) menjelaskan bahwa digitalisasi berhubungan dengan proses teknologi dan organisasi yang memungkinkannegara  menjadi lebih gesit dan cepat.  Dalam emnykapi eprbahan dalam bentuk apapun dengan technology digita; yang di kuasainnya etrmasuk dalam kapasitasnya dengan technology militer sebagai factor pertahanan dan kebangkitan nasional bukanhanya lagi di picu laar dan haus yang harus di eprjuangkan Pondasi tersebut terdiri dari dua elemen:

Pola Pikir.

Digitalisasi sesungguhnya adalah tentang bagaimana organisasi menggunakan data untuk membuat keputusan yang lebih baik dan lebih cepat, menyerahkan pengambilan keputusan kepada tim yang lebih kecil, dan mengembangkan cara yang lebih cepat dalam melakukan pekerjaan. Untuk bisa bekerja dengan lebih cepat, dibutukan sebuah "pola pikir digital" yang mendukung kolaborasi lintas fungsi, meratakan hierarki, dan membangun ekosistem untuk mendorong tumbuhkembangnya ide-ide baru. Dan inovasi terhadap eprkebangan kondisi geo politik dan masyarakat dimasa ynga akan datangs ebagai contoh tentng frakmatis berkelanjutan periode pada proses presiden orde baru yang bisa di reformasi dengan hanya menggunakan 2 periode saja untuk kegeranan dan tidak etrdapatnay tirani entuk baru oleh negara sendiri dan oleh orang sendiri yang lebih dominan memperjuangkan kepentingan perutnya sendiri

Arsitektur Sistem dan Data.

Digitalisasi adalah penerapan teknologi informasi yang difokuskan untuk mendukung fungsi sistem dan data dalam konteks pelayanan organisasi kepada masyarakat pada entuk bentuk layanan public yang mereka butuhkan baik dalam kapasitasnya eklahirankematian bahkan jaminankesehatan dan jaminan kerja yang bisa dilakuakn secara online dibuktikan juga dengan terdapatnya system penangganan Covit yang berkelanjutan secara konperhensif dan cepat hingga membutuhkan hanya beberapa tahun sebelum WHO bisa menyatakan seluruh masyarakat bumi bisa hidup normal kembali ebberapa minggi kisaran mei 2023, dimana ia berguna untuk membangun jaringan yang menghubungkan perangkat, objek, dan orang.

Revolusi Industri 4.0

Sebelum kita membahas transformasi digital, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang background yang mendasari kemunculan digitalisasi. Sejatinya, digitalisasi merupakan pencapaian yang dihasilkan dari proses industrialisasi yang berkembang tahap demi tahap, dari mulai revolusi industri pertama, kedua, ketiga hingga keempat. Pada revolusi industri keempat inilah, teknologi digital berkembang dengan pesat.terutama setelah terbebasnya idnoensia dari kungkungan tirani dengan semangat kebangkitan  nasional yang menyertai tentunya tidak mudah apalagi masih etrdapatnay banyak hal yang perlu di perjuangkan

Menurut Deguchi et al (2020), revolusi industri pertama dimulai di Inggris pada abad ke-18 yang didorong oleh mekanisasi peralatan manufaktur. Mesin bertenaga air dan uap memungkinkan lompatan produktivitas di industri tekstil dan industri lainnya.dan hal hal lainnya yang bersifat teknis menyangkut hajat hidup orang banyak s ehingga pada waktu itu masyarakat Indonesia masih terbelengu pada tirani mencoba untuk mentranformasikan kenyataan kemajuan technology termasuk pada mesin mesin yang akan membantu kehipan rakyat dimasa yang akan datang tersebut tentu saja dengan pembaharuan pembaharuan yang dilakukan dipersesuaikan dengan kondisi geografis indoensia

Revolusi industri kedua dimulai sekitar pergantian abad ke-20, dimana ini melibatkan produksi massal berdasarkan pembagian kerja. Produsen beralih ke tenaga listrik yang dihasilkan bahan bakar fosil, dan pabrik menjadi jauh lebih besar. Revolusi industri kedua ini dicontohkan oleh produksi mobil Ford Motor Company.dan ebberapa perusahaan mobil serta mesin lainnyayang secara konsumtif diimppor oleh bangsa ini dimana hal tersebut bukan tidak mungkin akan berpengaruh buruk dimana ketergantunagn kita pada technology mesin dan negara asing akan semakin ebsar namun dengan era digitalisasi dan keyakinan untuk bangkit lebih cepat mungkin akan bisa dilakukan dengan terdapatnya alih technology oleh putra dan putri bangsa  yag ersekolah di luar negeri.

Revolusi industri ketiga, yang dimulai pada 1970-an, melibatkan teknologi elektronik. Di tahap ini, produsen menggunakan teknologi robot untuk mengotomatisasi beberapa proses manufaktur, dan akibatnya mencapai lompatan yang signifikan dalam produktivitas. Selama waktu inilah manufaktur Jepang menjadi terkenal di seluruh dunia.sehingga lebih lanjut keberadaan digitalisasi dan era indostri akan semakinemmupuk keergantungan kita pada sector riil yang disediakan oleh jepang baik dalam bidang perkembangan technology komunikasi atau transpportasi

Secara garis besar inovasiyang dilakukan di era kebangkitan nasional dengan system digitalisasi jalan now banyak sekali manfaatnya:

Memberikan informasi lebih cepat

Memberikan transformasi dalam bentuk apapun termasuk mesin  yagebrguna untuk ekbutuhan hidup masyarakat di masa yang akan datang lebih cepat dan akurat

Memduahkan pelaksanaan ekbangkitan nasional di era politik dan budaya dengan terdaparnya input input tentang keberadaan budaya lain yang tentu saja akan memberikan wacana bagi kebudayaan dan kehidupan politik indoensia dimasa yang akan datang.

Menggunkan system kecanggihan era digitalisasi untuk dilakuaknnya upaya upaya yang berkelanjutan demi pembaruan tatanan kehiupan politik

Menggunakan system digital untuk pengupayaan bidang bisnis dan ekonomi di masa yang akann datang dalam perkembangan lebih lanjut system online dan technology smart centre

Ketergantuangan bisa dikatakan demikian tentang terdapatnya kemajuan eknology terutama gadget menjadikan kita malas untuk melakukan rekntruksi missal sat ditambah satu hasilnya sekian,dengan kurung waktu tersebut kebangkitan nasional di era generasi mileniume manjadi momentum untuk selalu semangat dan terapresiasi kekehidupan yang lebih mandiri.

Sedangkan Generasi Milenial memiliki ketergantungan dengan internet sekitar 88,4 persen dan dalam kehidupannya masih berjuang untuk meniti karier. Demikian diungkapnya saat menjadi pembicara dalam diskusi daring bertema "Politik Digital, Pendidikan Politik, dan Partisipasi Politik Bagi Generasi Muda" memang tidak semudah membalikkan telapak tangan sehubungan dengan keberadaan masyarakat pada keberpihakan ekonomi dan politik jaman now memacu mereka untuk semakin agresif menyikapi perkembangan dan ekuntungan yang mungkin ada pada pola hidup sebagai individu maupun golongan/

Dalam dunia politik, , anak-anak muda tadi merupakan aset berharga dan menjadi incaran partai-partai politik. Ini lantaran Generasi Z dan Generasi Milenial merupakan kekuatan tersendiri yang harus direbut suaranya di dalam kontestasi pemilihan, baik pemilihan pemimpin negara, kepala daerah, atau saat memilih wakil rakyat.dan selanjutknya ayang dipersesuaikan dengan keberadaan ground nrm UUD 45 an tap mpr yang berlaku sesuai dengan adanya 2 kali masa periode.

Pengaruh Media Sosial

Penetrasi internet di Indonesia saat ini telah menjangkau 196,7 juta penduduk berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Kondisi ini membuat partai-partai politik berlomba-lomba menceburkan diri membangun kekuatan baru di ranah digital. Mereka kemudian masuk ke berbagai platform media sosial yang ada demi mendapatkan simpati anak-anak muda melek teknologi.

Pemanfaatan platform media sosial untuk kepentingan politik telah dirasakan manfaatnya oleh. Anggota DPR RI ini memakai berbagai platform media sosial sebagai wadah berkampanye dalam Pemilihan Legislatif 2019. Selain lebih murah, kehadiran media sosial, mampu menjangkau jauh lebih banyak pemilih muda.punhingga tulisan tentang inovasi jaman now dengan emnggunakan digitalisasi diturnkan maka ketersediaan emdia social akan sangat berpengaruh di era depan

emi seperti sekarang keberadaan media sosial pun sangat diperlukan untuk berinteraksi dengan banyak orang, bahkan dalam sekali waktu. Teknologi digital juga telah memudahkan partai politik dalam menjangkau para kader-kadernya di seluruh negeri. "Di partai kami, nyaris semua urusan kepartaian bisa dilakukan dengan teknologi digital, termasuk mengurus dan mencetak kartu anggota partai secara online. Sehingga orang-orang tidak perlu mendatangi kantor partai setiap saat hanya untuk mengurusnya," katanya dalam forum yang sama.

kehadiran media sosial untuk meraih suara anak-anak muda untuk ikut berpartisipasi di dunia politik merupakan hal yang wajar di era teknologi digital. Doktor bidang komunikasi massa ini menyebutkan, ada yang harus diperhatikan oleh anak-anak muda saat ingin menyampaikan aspirasi politiknya di media sosial.

Belajar dari kasus bertebarannya informasi berupa berita bohong (hoaks) dalam Pemilihan Umum 2019, Yuliandre menyebut, sangat diperlukan kehati-hatian dan langkah bijak dari Generasi Z dan Milenial. "Banyak bertebaran informasi tak benar ketika Pemilu 2019, mulai dari berita bohong, hasutan, ujaran kebencian, dan lainnya. Diperlukan kesantunan di dalam berpolitik di media sosial terutama bagi anak-anak muda. Saring dulu sebelum sharing dan lakukan tabbayun, mengecek terlebih dulu kebenaran suatu informasi,"

Maka inovasi yang dilakukan dengan menggunakan era digitalisasi di jaman now sesuai dengan kehidupan politik adalah:

  1. Bijak emnggunakan media social
  2. Bijak menggunakan hak dan ekwajibansebagai warga masyarakat dan negara
  3. Bijak emngaspirasikan ekbangkitan nasional dalam sebaga bidang berdasarkan perkembangan jaman dan kebutuhan yang ada

Era digitalisasi dengan system transformasi dan kemudahan memberikan kebaikan juga efek yang tidak sedikit namun kebangkitan ansional era digitalisasi jamannow harus terus diupayakan semangat dan selamat kebangkitan nasional emnuju bangsa yang berbudaya dan mandiri.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun