anak sedang belajar membaca? Punya murid kesulitan membaca?Â
Anda guru TK atau SD kelas rendah? Atau orangtua yang memilikiSetiap anak belajar memerlukan kondisi terbaik mereka untuk cepat memahami apa yang dipelajari. Dalam artian, kondisi psikologis anak dalam keadaan senang dan bahagia. Begitu juga dengan guru atau pembimbing, juga dalam keadaan prima dan bahagia.Â
Metode ini sebenarnya tidak harus menggunakan kalender bekas, kertas lain juga bisa dimanfaatkan. Mengapa menggunakan kalender bekas?
-
Kalender bekas masih dapat dimanfaatkan sebelum dibuang
Bagian belakang kalender ada rauang kosong yang cukup luas
Gambar yang ada di kalender dapat menjadi sumber belajar yang sangat bagus.
Sebelum mulai belajar, guru, orangtua, atau pembimbing dapat menggunakan kalender untuk merangsang kognitif anak melalui warna dan gambar. Gambar itu juga dapat dimanfaatkan untuk bercerita kepada anak. Misalnya, kalender gambar kucing atau hewan lain, merupakan alat peraga yang baik untuk memulai cerita. Melakukan numerasi, seperti jumlah mata, jumlah telinga, jumlah kaki. Misalkan ada 2 kucing dalam gambar, maka akan ada 2+2 mata, 2+2 telinga, 4+4 kaki dan seterusnya.Â
Demikian juga gambar pemandangan, gambar pohon, gambar manusia dapat dikembangkan menjadi sebuah cerita sesuai kreativitas pembimbing. Anak dapat diminta menyebutkan kembali atau menceritakan kembali cerita yang didengarnya dengan menunjuk gambar. Gambar di kalender menjadi sarana yang luar biasa sebelum mulai belajar membaca? Â Artinya, cerita pembimbing yang dikembangkan dari gambar di kalender dapat menumbuhkan semangat anak untuk mulai belajar membaca.Â
Pemanfaatan belakang kertas kalender sebagai ganti papan tulis untuk menuliskan huruf dan suku kata. Lembaran kosong kalender cukup untuk digunakan untuk pengulangan sampai anak bisa membaca tingkat dasar. Kalender kedua untuk keperluan belajar membaca tingkat lanjut.
Kalender dapat digantungkan di dinding setelah selesai sesi belajar untuk digunakan lagi sewaktu-waktu sesuai kebutuhan.
Apa itu metode membaca tanpa mengeja?
Apakah anak bisa belajar membaca tanpa mengenal huruf terlebih dulu? Jawabannya dapat.Â
Membaca tanpa mengeja adalah metode belajar membaca dengan memperkenalkan suku kata secara bertahap tanpa mengejanya menurut huruf pembentuk suku kata.Â
Membaca tanpa mengeja, terbukti efektif mempercepat keterampilan anak dalam membaca. Menghafal huruf demi huruf, memiliki kesulitan tersendiri. Mengingat ada 26 huruf kecil dan 26 huruf kapital. Meskipun huruf membentuk suku kata dan menjadi kata, tetapi menghafalkan huruf cukup menyita bangak energi dan waktu. Dengan metode belajar membaca tanpa mengeja,secara normal dapat dicapai anak dalam kurun waktu 7 hari pertama untuk lancar membaca tingkat dasar.Â
Bagaimana menerapkan membaca tanpa mengeja?
Pastikan anak dan pembimbing  dalam keadaan siap.
Mulai dengan huruf a, dengan menuliskannya dengan spidol sehingga keterbacaan yang baik.
Lanjutkan dengan suku kata ba, ca dan selingi dengan a secara berulang.
Setiap kali menuliskan suku kata, pembimbing mengucapkannya dengan lantang dan diikuti oleh anak.
Apresiasi anak setiap kali dapat menyebutkannya tanpa bantuan.
Waktu terbaik anak dalam belajar membaca adalah 10 - 15 menit persesi belajar. Kegiatan belajar membaca akan memberi hasil maksimal  ketika dilakukan pengulanga sampai 3  kali dalam sehari. Misalnya, di rumah dapat dilakukan sebelum tidur siang, sore setelah mandi, dan malam sebelum tidur. Sedangkan jika di sekolah dapat dimulai pagi, setelah istirahat dan sebelum jam pulang.
Kalender dapat digantung terbalik sehingga anak berkesempatan melihat dan latihan mandiri jika berminat di luar jadwal.
Berikut suku kata yang dapat dilatihkan setiap harinya selama 7 hari pertama
Hari pertama: a-ba-ca
a  a  a  a  a  a  a  a  a  a  a  a  a  a
ba  ba  ba  baba  ba  a  aba  ba  aba  baba  baba  Â
ca  a  ca  ca  caca   ba  a  ca  aca  caca   caba  baca
keberhasilan yang patut dirayakan dengan cara tos adalah ketika berhasil membaca tanpa panduan.
Hari kedua : a-ba-ca-da-fa-ga
a  ba  a  ca  ba  ca  caca  baba  da  da  da  da   ada   dada
fa  fa  fa  fa  afa  cafa   fafa   ba   fa  fafa   fafa   dafa   faba   caca
ga  ga   ga   gaga   gada   cada   gafa   dafa   daga   caga   aga   gaca   gaga
Hari ketiga: a-ba-ca-da-fa-ga-ha-ja-ka-la
a   ba   ca  dafa   baba   ba  baca   dada   cafaÂ
ha  ha   ha   haha   daha   aha   aba  haca  hada  baca  haha Â
 ja  ja   ja  ja   ja   jaha   haba    haga   caca   daha   Â
ka   ka   kaka    kaca   baca   ga   ga   gaca   cada   cafa   daga  Â
kaka   baca    dada   Â
caca   baca   haha    gaga    dada    caca    jaja   Â
ada kaka dafa ada caca
Hari keempat: ka- la- ma- na -pa -ra- sa- ta- va -wa -ya- za
ka   ka   ka   kaka   baka   la   la   la   ka   laka   cala   ka   Â
ma   ma   mama   mama  caca   na   na   na   ana   nana   dana   kana   nala   nanaÂ
manakala  nana  baca  nama mama        pa    pa     papa   bapa    dapa     pada   capa   papa   Â
mama papa baca baca nama lala     ra   ra    ra   rara   dara   gara  mara  bara  cara  baca  rafa  ara  Â
sa   sa  sasa  sara  sama  masa   basa  cara  dasa  Â
asa ada  rasa ada asa       ta   ta   tata  ata   data   tama   tara   mata tata adaÂ
ada papa mama sama sara   Â
va   va   va   vava   tava   vata   dava   vana   vara   a   ara   vata   apa   cara  Â
mama ada  sara ada ravata
 wa   wa   wawa   ta   ara   wa   ja   wa  da   a   wa   ja   a   Â
ya   ya   ya  ya  yaya  saya   maya   baya   raya   kaya   jaya   daya   saya   sama   Â
papa  jaga mama saya
za   za   za   zaza   saza   saza   daza   ada   Â
zaza sama  rara jaga sayaÂ
mana  raja sama papa         Â
raja sama kaka saya
Hari kelima : i-e-o-u-bi-yu
 i   i   ibi   bibi   bila   bi   lila   kali   ci   ci   laci    mi    mi    ki   laki    mari    jika   Â
e   e   e   e   ba  be   de  ce   re   ce   da   beca    kece    ne  ne    kena   lenaÂ
ade selena ada mata
o   o   o   bo   bobo   dodo    do    i   coko   ma   lola    Â
ice coba tari pocopoco
u   u   u    bu   ibu   ubi   cucu   bolu   musa   kamu   aku    satu   dua   madu   kura kura   lalu  Â
nanacoba maju ke situ  Â
u  i   o   e   cu   buku    danu    bulu    malu    jamu   pula   gua   aha    peta   lalu   gula  Â
aku  suka rasa gula sama madu
 u   i   o   e   a   jala   mita   seduri    saromi    milana    rokari    alora   Â
mama suka sekali pake baju baruÂ
i   a   o   e   u    toyo    wa    zi    Â
gatori sama yoyo pake baju biru
 mila beli yoyo baru dari  kota
pa guru suka pada pacu kuda
lorita bicara bahasa jawaÂ
maria bisa bahasa torajaÂ
rita suka sekali tari bali
gereja itu ada di desa sukamari
mama beli neraca baru dari kota
papa pake palu di sopo jumaÂ
ada paku di lemari baju
Hari keenam: baju baru
ibu beli baju baruÂ
baju itu biru muda pake pita
aku selalu jaga baju baju baruku
mama beli jadi kado
aku suka baju baru itu
pita baju itu ada di muka
rima juga suka baju baru ituÂ
guruku juga suka baju baruku itu
kata mama baju baru dicuci
lusa aku bisa pake lagi
mama cuci baju itu karena lusa dipake ke kota
semua suka baju baru itu
itu ceritaku hari iniÂ
hari selasa aku cerita lagi ya
mari selalu jaga baju kitaÂ
hari rabu juga ada cerita baru lagi
terimakasi
Hari ketujuh : rusa betina
rusa betina
ada rusa betina
dia ibu rusa
rusa itu jaga tiga rusa muda
mereka  suka pada sapi juga pada kuda
sapi suka pada mereka juga
aku suka pada rusa rusa itu
ibu rusa itu kasi susu pada tiga rusa muda
ada sapi jaga satu satu sapi mudaÂ
ada ibu kuda cari tiga kuda muda
mereka ada di rawa biru
ayo kita cari kuda muda kata rusa betina pada sapi
ayo kita cari tiga kuda muda kata rusa betina pada ibu kuda
kuda sapi juga rusa betina sama sama cari kuda muda
kuda muda ketemu
kuda muda ada di sisi kali
itu ceritaku
terimakasi
Ketika anak sudah membaca tingkat dasar, bisa dilanjutkan dengan suku kata yang terdiri 2 huruf yang diawali huruf vokal seperti in yang dirangkai dengan main,kain, dan seterusnya. Suku kata lainnya ar dirangkai menjadi biar, siar, dan sebagainya.Â
Kemudian dilanjutkan suku kata dengan  3 huruf seperti dan, kan, pun, bun dan seterusnya. Setiap suku kata dapat disambung dengan suku kata yang sudah dikenal anak sebelumnya, misalnya makan, kebun, namun dan sebagainya.Â
Setelah tiga suku kata sederhana, sudah bisa dilanjutkan suku kata konsonan berurutan, seperti tra, digandengkan menjadi sutra, matra, dan sebagainya. Contoh lainnya dra, dirangkai menjadi drama, drakula, sandra, dan sebagainya.Â
Demikian cara belajar membaca tanpa mengeja dengan menggunakan kalender bekas. Syarat agar teknik ini berhasil adalah tidak memaksakan anak belajar membaca, tetapi pembimbing berupaya agar anak betul-betul siap. Hari pertama adalah kunci, memuji anak ketika berhasil membaca satu suku kata , apresiasi harus diberikan dengan ucapan "Kamu hebat dan sangat hebat" atau diikuti dengan tos atau tepuk. Pembimbing juga dapat mengkombinasikan dengan nyanyian.
Selamat mencoba
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI