Raditya Dika juga menggunakan banyak dialog dalam novel ini, yang membuat cerita terasa lebih hidup dan dinamis. Dialog-dialog tersebut menghadirkan karakter-karakter yang kuat dan menghibur, serta menggambarkan interaksi antara mereka dengan sangat baik. Pembaca akan merasa seolah-olah mereka sedang mengikuti percakapan yang nyata.
Tidak hanya itu, novel Ubur Ubur Lembur juga dilengkapi dengan ilustrasi-ilustrasi menarik yang menggambarkan situasi dan karakter dengan baik. Ilustrasi ini memberikan sentuhan visual pada cerita dan membuat pembaca semakin terlibat dalam alur cerita.
Kelebihan Novel Ubur Ubur Lembur
Buku ini ditulis dengan bahasa yang ringan sehingga kita dapat mengerti maksud yang ingin disampaikan. Dan karena buku ini diangkat dari kisah nyata, sudah tentu kita semua sebagai Manusia dapat belajar dan mengambil nilai positif didalamnya, bahwa hidup adalah sesuatu yang berharga untuk dijalani dan dinikmati juga disyukuri, namun alangkah lebih bahagia apabila kita dapat menjalani hidup sesuai dengan passion yang kita miliki, agar kita merasa nyaman dan tidak terbebani sehinga tertawa pun selalu dapat menghiasi setiap detik yang berharga dalam hidup yang dijalani.
Kekurangan Novel Ubur Ubur Lembur
Dalam buku ini, tentu saja karena sang penulis adalah seorang Stand-Up Comedian, jadi banyak diselipkan banyolan-banyolan yang sebenarnya agak sulit untuk dimengerti, karena hanya menggunakan bahasa-bahasa singkat yang tidak baku tanpa memperhatikan Ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan dalam buku ini juga terdapat istilah kasar yang sebenarnya bisa diganti dengan kata-kata yang lebih halus, agar anak-anak pun dapat membacanya dengan aman dan nyaman.
Kesimpulan
Novel Ubur Ubur Lembur adalah karya yang menghibur dan menghadirkan cerita yang segar dengan sentuhan humor. Gaya penulisan Raditya Dika yang unik membuat novel ini berbeda dan menarik untuk dibaca. Dalam cerita ini, kita akan tersenyum, tertawa, dan juga merenung. Jika Anda mencari bacaan yang ringan namun bermakna, novel Ubur Ubur Lembur adalah pilihan yang tepat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H