Menempatkan pemilu sebagai pesta rakyat lima tahunan, tentu saja seolah berbanding terbalik dengan ketatnya persaingan politik yang hampir-hampir memiliki kesan seolah "perang".Â
Barangkali terdapat pertanyaan yang seringkali terlontar diantara banyak pihak: apakah suasana politik yang sedemikian tidak ramah diakibatkan oleh kenyataan hanya diikuti dua kandidat yang berkontestasi?Â
Mungkin saja ada benarnya dan akan sangat berbeda suasananya ketika tiga atau empat kandidat politik yang terjun berkontestasi dalam pemilu besok ini. Penggambaran pesta rakyat dalam setiap pemilu sepertinya kabur, berubah seolah "perang puputan" yang harus rela mengorbankan diri bahkan bila perlu nyawa menjadi taruhannya.
Barangkali hampir kita tak pernah merasakan suasana pesta rakyat yang tidak gembira seperti pemilu kali ini. Pemilu tentu saja "menggembirakan" bagi sebagian pihak, sebab order jutaan spanduk, poster, percetakan, jasa pemasangan, iklan, memberikan kegembiraan tersendiri bagi para pebisnis musiman.Â
Tidak hanya itu, trilyunan rupiah bertebaran dalam bentuk amplop atau bantuan-bantuan sosial, belum lagi "salam tempel" yang diterima oleh sebagian orang yang dipandang sebagai tokoh masyarakat.Â
Pesta ini seharusnya sangat menggembirakan, sebab selama lima tahun banyak orang yang menunggu kebanjiran order dan menerima "bingkisan politik" yang tanpa diduga-duga.
Disisi lain, suasana pemilu kali ini mungkin menjadi suatu ajang pertaruhan kekuasaan yang dilakukan dengan cara jungkir balik. Para kandidat secara ketat bersaing mempertontonkan kekuatan massa pendukung (people power) yang masing-masing "disombongkan" melalui ajang kampanye terakhir di Gelora Bung Karno, Jakarta.Â
Dinding-dinding medsos penuh dengan kesombongan yang memilukan, mempertontonkan "unjuk rasa" masing-masing pendukung yang tentu saja bukan merupakan gambaran utuh hasil perolehan suara. Mereka rata-rata sekadar menunjukkan simpatisannya kepada salah satu kandidat dengan yel-yel, atribut, gestur, dan realitas simbolik dalam suasana kegembiraan sekaligus "kesombongan".
Pesta rakyat yang semestinya mampu membuat gembira banyak pihak, ternyata menyimpan bahaya "laten" kecurigaan ideologi, agama, bahkan konflik dan perpecahan. Tak ayal, para tokoh agama---dalam hal ini ulama---ikut memoles para kandidat supaya lebih agamis, tidak saja berupa dukungan verbal  dari para ulama selebritis, namun juga beredar penggalan-penggalan visual yang mempertontonkan drama-drama mistik-spiritual, sampai-sampai gambaran salah satu kandidat yang masuk kedalam Ka'bah di Mekah, seperti ikut menjadi "pembenar" dalam rangkaian pesta rakyat. Seolah muncul pertanyaan, ini pemilu atau tarekat?
Pertaruhan politik ternyata tak harus rasional, sebab Indonesia masyarakatnya masih sangat-sangat tradisional, sehingga polesan-polesan keagamaan berbau mistik dapat sedikit banyak menjadi ajang pembenaran tradisi politik.Â
Lihat saja, poster-poster yang bertebaran di medsos, masing-masing kandidat diapit oleh tokoh-tokoh spiritual dimana seolah-olah mereka didukung oleh para "wali" yang siap mati-matian berebut kekuasaan politik.Â
Tak hanya itu, aroma surga dan neraka justru kental yang sesekali disampaikan secara verbal oleh para "ulama" dimana seolah-olah kandidat yang didukungnya adalah pemegang kunci surga dan berhak menutup pintu neraka.
Ajang pesta rakyat yang gembira, tentu saja tak sesuai yang kita duga. Bagaimana tidak, banyak yang jungkir balik mati-matian mengubah pesta rakyat menjadi ajang "perang puputan" seperti peristiwa di abad kedelapan belas. Para raja Bali pada akhirnya ada yang meminta dukungan penjajah untuk saling serang dengan sesamanya, hanya karena haus kekuasaan.Â
Para "kafir londo" yang tergiur menduduki Bali, berkolaborasi dengan beberapa penguasa lokal---tentu saja dengan beragam iming-iming privilage---sekalipun pada akhirnya kesepakatan itu banyak yang diingkari Belanda. Dewa Agung, raja terakhir Bali pada akhirnya menyerah dan membiarkan Belanda menduduki wilayah kekuasaannya.
Peristiwa Perang Puputan, tentu saja peristiwa heroik dimana rakyat Bali rela mengorbankan nyawa mereka---bahkan dalam gambaran M.C Ricklefs orang yang masih terluka terpaksa dibunuh demi harga diri---dalam upaya mempertahankan kekuasaan politik dari penjajah.Â
Ratusan ribu korban bergelimpangan ditembus peluru-peluru yang berasal dari senapan Belanda dan mereka wafat demi mempertahankan harga dirinya. Gambaran Perang Puputan ini dengan semangat menggelora dan siap mati mempertahankan kekuasaan sampai titik darah penghabisan, seolah memiliki semangat yang kurang lebih sama dalam rangkaian pemilu kali ini.
Memang, bukan nyawa dalam realitas nyata ketika terjun ke medan perang yang dipertaruhkan, namun semangat mengorbankan nyawa jika ada kecurangan, kekalahan, atau hal apapun yang kemudian membuat kandidat dukungannya kalah dalam kontestasi, mungkin saja terjadi.Â
Istilah-istilah "perang" juga sempat dilontarkan oleh salah seorang elit pendukung salah satu kandidat, bahkan tak segan-segan ia sendiri yang akan "menggeruduk" lembaga berwenang pemilu jika diketahui ada indikasi-indikasi kecurangan politik yang dilakukan pesaingnya. Lalu, muncul lagi pertanyaan, ini pesta rakyat atau perang?
Namun paling tidak, inilah gambaran fanatisme politik jelang pencoblosan yang barangkali hampir tak pernah ditemukan dalam realitas pemilu-pemilu sebelumnya di Indonesia.Â
Sekalipun Herbert Feith pernah mengungkap ada kekuatan semangat politik yang berbenturan dengan ideologi agama yang begitu kuat di Pemilu pertama 1955, namun sepertinya tak sekental dan sekeras pemilu sekarang ini kondisinya.Â
Indonesia, tentu saja tidak sedang berada pada masa euforia politik seperti yang terjadi selepas terjungkalnya rezim Orde Baru, pun tidak dalam kondisi tekanan politik atau agama seperti yang kemudian melahirkan "Westernisasi" di Turki pada pertengahan abad ke sembilan belas. Kita tentu banyak yang bertanya-tanya, kekuatan apa gerangan yang sedang "membelah" realitas sosial-politik di negeri ini?
Sebagai bagian dari rakyat Indonesia, yang sadar hukum dan melek politik, tentu kita bangga dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak---terutama KPU---yang dengan jerih payahnya menyuguhkan alur demokratisasi yang sedemikian sulit ditengah tantangan dan suuzon politik yang kadang kelewatan.Â
Sejauh ini kita hanya kebanyakan berkomentar, mengkritik, nyinyir, atau bahkan menuduh, sekalipun ketika kita diserahkan untuk mengurusi hal tetek-bengek pesta rakyat belum tentu kuat.Â
Kita yang hanya diarahkan untuk nyoblos saja, seolah-olah itu hal yang berat, sehingga berbagai nada peyoratif mendahului bahkan jauh sebelum kemudahan nyoblos berlangsung.
Mari jadikan pesta rakyat ini ajang kegembiraan dalam berdemokrasi, bukan sekadar tuduhan-tuduhan tak berdasar, apalagi menimbulkan suasana kesedihan yang dibuat-buat, dimana seolah-olah ketika salah satu kandidat yang terpilih negeri ini hancur lebur atau dikuasai antek-antek asing atau orang-orang yang tidak seiman dengan kita.Â
Politik itu rangkaian diin, dunya, daulah (agama atau ideologi, keduniaan, dan pergantian kekuasaan). Jadi biarkan politik menjadi "alami" yang merujuk pada perputaran kekuasaan, siapa yang berhak berkuasa atas dasar pilihan rakyatnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H