Mohon tunggu...
Syahiduz Zaman
Syahiduz Zaman Mohon Tunggu... Dosen - UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Penyuka permainan bahasa, logika dan berpikir lateral, seorang dosen dan peneliti, pemerhati masalah-masalah pendidikan, juga pengamat politik.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Mengatasi Keterbatasan Pertanyaan "Bagaimana" dalam Pembelajaran TI

3 Januari 2024   05:00 Diperbarui: 3 Januari 2024   05:10 278
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
How, What, Where, When, Who, Why/ (Sumber gambar: Freepik/rawpixel.com)

Pentingnya Diversifikasi Kalimat Tanya dalam Pendidikan Teknologi Informasi

Dalam ranah akademik, terutama dalam domain Teknologi Informasi (TI), seringkali terdapat kecenderungan untuk memusatkan perhatian pada aspek 'bagaimana'---yaitu, prosedur, teknik, dan metodologi. Namun, ketergantungan yang berlebihan pada pertanyaan "HOW" telah menimbulkan masalah fundamental dalam pendekatan mahasiswa TI terhadap penelitian dan pembelajaran. Dengan membatasi diri pada 'bagaimana' sesuatu dilakukan, para mahasiswa TI mungkin mengabaikan sudut pandang yang lebih luas dan penting tentang 'apa,' 'mengapa,' 'kapan,' 'di mana,' dan 'siapa' yang terkait dengan teknologi yang mereka telaah dan kembangkan.

Pertanyaan "WHAT" mendorong para mahasiswa untuk menyelidiki dan memahami konsep dan prinsip-prinsip dasar yang mendasari teknologi. Ini memperluas wawasan mereka dari sekadar pengetahuan terapan menjadi pemahaman teoritis yang lebih mendalam. Pertanyaan "WHY" berkontribusi dalam membangun kerangka konseptual yang kuat, merangsang pemikiran kritis tentang alasan dan tujuan di balik teknologi. "WHERE" dan "WHEN" membawa dimensi kontekstual dan temporal, mengarahkan para mahasiswa untuk mempertimbangkan aplikasi dan relevansi teknologi dalam berbagai konteks dan pada waktu yang tepat. Terakhir, "WHO" membuka jendela untuk memahami berbagai pemangku kepentingan dan pengaruh mereka dalam ekosistem TI.

Masalah ini semakin diperparah oleh pandangan sebagian pengajar (dosen) TI yang melihat TI sebagai disiplin yang terutama berkaitan dengan 'HOW,' mengabaikan pentingnya pertanyaan lain. Pandangan seperti ini dapat membatasi kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan pemahaman holistik tentang bidang TI, yang tidak hanya terbatas pada aspek teknis saja, tetapi juga melibatkan pertimbangan sosial, etika, dan bahkan filosofis. Pentingnya pendekatan multidisiplin dalam TI tidak bisa diabaikan. Penelitian di bidang TI, seperti di bidang lain, memerlukan keterampilan untuk merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang beragam dan mendalam, yang tidak hanya terbatas pada 'HOW' sesuatu dilakukan, tetapi juga 'WHY' itu penting, 'WHAT' dampaknya, 'WHERE' dan 'WHEN' itu relevan, dan 'WHO' yang terpengaruh atau berkontribusi. Pendekatan ini akan memperkaya proses pembelajaran dan penelitian para mahasiswa TI, memberikan mereka alat untuk tidak hanya menjadi teknisi yang terampil tetapi juga pemikir yang kritis dan inovatif.

Peran Dosen dan Pendidikan Multidisiplin dalam Mengubah Paradigma

Peran dosen dalam mengubah paradigma ini sangat penting. Dosen tidak hanya sebagai penyampai pengetahuan teknis, tetapi juga sebagai pembimbing yang mendorong para mahasiswa untuk berpikir lebih luas dan mendalam. Dosen Bahasa dan Metodologi Penelitian memiliki tanggung jawab khusus dalam hal ini. Mereka dapat membantu mahasiswa TI dalam mengembangkan keterampilan merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang beragam dan mendalam. Ini akan memperkaya penelitian mereka dan membantu dalam membangun kerangka konseptual yang lebih kuat serta desain penelitian yang lebih efektif.

Pendidikan TI yang multidisiplin, yang mengintegrasikan konsep dari ilmu sosial, humaniora, dan bidang lain, menjadi sangat penting. Dalam konteks yang semakin terhubung secara global, pemahaman tentang dampak teknologi terhadap masyarakat dan sebaliknya menjadi sangat penting. Mahasiswa harus diajarkan untuk melihat teknologi tidak hanya sebagai alat, tetapi juga sebagai fenomena sosial dan budaya yang memiliki konsekuensi yang luas.

Pentingnya pendekatan multidisiplin ini tidak hanya berhenti pada pemahaman teoritis, tetapi juga memiliki implikasi praktis. Misalnya, dalam pengembangan perangkat lunak, pertanyaan "WHO" dan "WHY" membantu dalam memahami kebutuhan pengguna dan alasan di balik fitur-fitur tertentu. Pertanyaan "WHERE" dan "WHEN" mungkin relevan dalam menentukan penyebaran teknologi atau memahami tren pasar. Dengan demikian, mahasiswa TI dapat mengembangkan solusi yang lebih holistik dan responsif terhadap kebutuhan dunia nyata.

Integrasi pendekatan multidisiplin ini memerlukan perubahan dalam kurikulum dan metode pengajaran. Dosen TI perlu lebih terbuka untuk menggabungkan perspektif dari berbagai disiplin ilmu, mendorong diskusi, dan mengembangkan aktivitas yang mendorong mahasiswa untuk berpikir di luar kotak. Hal ini tidak hanya mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi profesional TI yang lebih kompeten, tetapi juga bagian dari masyarakat yang bertanggung jawab yang sadar akan dampak teknologi mereka. Pendekatan holistik ini merupakan kunci dalam mempersiapkan generasi penerus yang tidak hanya ahli dalam teknologi, tetapi juga dalam memahami dan mengatasi kompleksitas dan tantangan dunia nyata.

Membudayakan Pemikiran Kritis dan Inovatif di Kalangan Mahasiswa TI

Langkah berikutnya dalam pendidikan TI adalah mengembangkan budaya akademik yang mendorong inovasi dan pemikiran kritis. Hal ini memerlukan pendidikan yang tidak hanya berfokus pada aspek teknis, tetapi juga pada kemampuan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan yang lebih luas dan mendalam. Dengan melibatkan pertanyaan "WHAT," "WHY," "WHO," "WHERE," dan "WHEN," mahasiswa TI menjadi tidak hanya ahli teknis tetapi juga pemikir yang mampu menghadapi kompleksitas yang terus berkembang di era digital ini.

Pertanyaan "WHAT" dan "WHY" membantu mahasiswa tidak hanya memahami apa yang mereka buat atau pelajari, tetapi juga mengapa itu penting. Ini menciptakan lulusan yang lebih peka terhadap implikasi sosial dan etika dari teknologi yang mereka kembangkan. Pertanyaan "WHERE" dan "WHEN" mempersiapkan mereka untuk menyesuaikan solusi teknologi dengan konteks yang tepat, memastikan bahwa inovasi mereka relevan dan tepat waktu. Sementara itu, pertanyaan "WHO" menanamkan pemahaman tentang kebutuhan pengguna dan pemangku kepentingan, aspek penting dalam desain dan pengembangan produk teknologi yang sukses.

Universitas dan lembaga pendidikan harus, untuk mencapai ini, merevitalisasi kurikulum mereka, dengan mengintegrasikan metode pengajaran yang mendukung pemikiran multidisipliner dan analitis. Proyek kolaboratif yang melibatkan mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu dapat meningkatkan kemampuan mereka untuk melihat masalah dari berbagai perspektif. Seminar, lokakarya, dan diskusi panel dengan para ahli dari berbagai bidang juga dapat memberikan wawasan baru dan merangsang pemikiran inovatif.

Akhirnya, penting untuk diakui bahwa kemampuan untuk bertanya sama pentingnya dengan kemampuan untuk menjawab. Dalam dunia yang terus berubah, di mana teknologi berkembang dengan cepat, lulusan TI yang sukses adalah mereka yang dapat beradaptasi, berinovasi, dan terus bertanya. Dengan mendekati pendidikan TI dengan cara yang lebih holistik dan bertanya, kita tidak hanya menghasilkan teknisi yang handal tetapi juga pemimpin masa depan yang dapat memahami dan membentuk dunia di sekitar mereka. Pendekatan ini tidak hanya penting untuk pertumbuhan individu, tetapi juga untuk kemajuan masyarakat dan industri secara keseluruhan.

Transformasi Pertanyaan Interogatif dari "HOW" ke "WHAT," "WHERE," "WHEN," "WHO," dan "WHY" - Studi Kasus

Mari kita bahas contoh pertanyaan "HOW" yang muncul dari bidang TI dan mengubahnya menjadi pertanyaan-pertanyaan "WHAT," "WHERE," "WHEN," "WHO," dan "WHY" untuk menjelaskan bagaimana pendekatan interogatif yang lebih luas dapat memperkaya pemahaman dan penelitian dalam TI.

Contoh Asli (HOW): "Bagaimana teknologi blockchain memastikan keamanan data?"

Transformasi ke WHAT: "Mekanisme apa dalam teknologi blockchain yang berkontribusi pada keamanan data?"

Analisis "WHAT" ini mengarahkan mahasiswa untuk menyelidiki dan memahami mekanisme spesifik dalam teknologi blockchain yang bertanggung jawab atas keamanan data, seperti enkripsi, desentralisasi, dan konsensus. Ini membantu membangun pemahaman yang lebih mendalam tentang elemen-elemen teknis yang terlibat.

Transformasi ke WHERE: "Di mana aplikasi teknologi blockchain paling efektif dalam meningkatkan keamanan data?"

Pertanyaan "WHERE" ini mengeksplorasi konteks dan domain khusus di mana blockchain sangat efektif dalam meningkatkan keamanan data, seperti dalam sistem perbankan, rantai pasokan, atau pemilihan digital. Ini membantu mahasiswa memahami aplikasi praktis dan relevansi teknologi.

Transformasi ke WHEN: "Kapan implementasi teknologi blockchain penting untuk keamanan data?"

Pertanyaan "WHEN" ini berfokus pada timing penting implementasi blockchain untuk keamanan data, seperti dalam situasi yang memerlukan transparansi tinggi atau ketika menghadapi ancaman keamanan siber yang meningkat. Ini membantu mahasiswa mempertimbangkan pentingnya timing dalam implementasi teknologi.

Transformasi ke WHO: "Siapa yang paling mendapatkan manfaat dari peningkatan keamanan data yang diberikan oleh teknologi blockchain?"

Pertanyaan "WHO" mengarahkan mahasiswa untuk mempertimbangkan berbagai pihak yang mendapatkan manfaat dari peningkatan keamanan data melalui blockchain, seperti konsumen, bisnis, atau lembaga pemerintah. Ini membantu mereka memahami pemangku kepentingan dan dampak sosial dari teknologi.

Transformasi ke WHY: "Mengapa teknologi blockchain dianggap lebih aman dibandingkan dengan sistem manajemen data tradisional?"

Pertanyaan "WHY" mendorong mahasiswa untuk menganalisis alasan di balik keamanan superior blockchain dibandingkan sistem manajemen data tradisional, menyelidiki aspek seperti ketidakbisaan mengubah data dan transparansi sistem. Ini memulai diskusi tentang kelebihan dan kekurangan teknologi dan implikasinya.

Dengan mengubah pendekatan dari "HOW" ke pertanyaan-pertanyaan interogatif lainnya, kita tidak hanya memperluas cakupan penelitian tetapi juga memperkaya proses pembelajaran. Mahasiswa menjadi lebih terampil dalam memahami, menilai, dan berkontribusi pada kemajuan teknologi dalam cara yang lebih komprehensif dan analitis. Pendekatan semacam ini penting dalam pendidikan TI untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya terampil secara teknis tetapi juga pemikir yang inovatif yang dapat mengatasi tuntutan yang semakin berkembang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun