Mohon tunggu...
Syafa Meldi_43122010173
Syafa Meldi_43122010173 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Fakultas Ekonomi dan Bisnis (S1 Manajemen) Dosen: Apollo, Prof.Dr, M.Si.Ak Mercubuana_NIM : 43122010173

43122010173 (Prodi Manajemen) Universitas Mercu Buana Nama Dosen : Apollo, Prof.Dr, M.Si.Ak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mampu Mengerti dan Menjelaskan Tentang Bisnis dan Etika

13 April 2023   15:04 Diperbarui: 13 April 2023   15:07 388
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Edited by Syafa from Canvas

Nama : Syafa Meldi Camila Putri

NIM : 43122010173

Nama Dosen : Apollo, Prof.Dr, M.Si.Ak


ETIKA Adalah ekstensi manusia yang bukan hanya terletak pada kecerdasannya (otak) melainkan pada sikap atau tindakan ,sikap etis yang sesuai dengan etika atau sesuai dengan asas perilaku yang disepakati secara umum BISNIS Adalah organisasi yang menyediakan barang atau jasa untuk memperoleh laba

Masuk ke pembahasan etika , sebenernya apa yang dimaksud perilaku etis itu?. Nilai-nilai dan moral diri sendiri serta konteks sosial menetukan apakah suatu perilaku dapat dianggap menjadi perilaku etis atau tidak. Dengan kata lain perilaku etis merupakan perilaku yang mencermikan keyakinan personal dan norma-norma sosial yang diterima secara umum terkait dengan tindak bener dan baik.

Etika Bisnis adalah suatu istilah yang biasanya berkaitan dengan perilaku etis atau tidak etis yang dilakukan manajer atau karyawan dalam konteks pekerjaan dari mereka. Perilaku etis dan tidak etis pasti dimulai dari individu dan sebagian ditentukan oleh budaya . Sebagai contoh jika seseorang tidak sengaja meninggalkan Handphonenya di meja ,sebagai perilaku etis pasti anda akan bertindak segera mengejar seseorang tersebut dan mengembalikannya .Tetapi bagaimana jika anda tidak mengetahui siapa yang meninggalkan benda itu? Apakah sebaiknya melapor? Atau karena pemilik tidak menyadarinya ,bolehkah disimpan oleh anda?. Kode etik individu dibentuk oleh beberapa factor .Saat masih anak kita sudah mulai membentuk standar etis sebagai tanggapan dari perilaku orsng tua maupun orang dewasa lainnya. Kemudian disaat sudah menginjak sekolah ,dimana akan dipengaruhi oleh teman teman sebaya sampai saat nanti anda tumbuh dewasa .Nilai moral pun juga ikut berkontribusi pada standar etis. Jika kita mengutamakan finansial pasti akan mengembangkan kode etik yang digunakan untuk pengejaran kenyamanan materi dan jika mengutamakan keluarga pasti akan menganut standar etik yang berbeda.

Masuk ke pembahasan Etika Bisnis yang merupakan standar perilaku yang memandu anda dalam bekerja. Etika yang dianut dapat memengaruhi pekerjaan dalam beberapa hal misalnya adalah sebuah perilaku yang bermacam macam yaitu seperti

Perilaku anda terhadap karyawan ,seorang leader atau atasan harus mampu me-respek/ rasa hormat kepada bawahannya dan juga bisa diliat dari upah yang diberikan atasannya melebihi dari selayaknya karena karyawannya sudah bekerja dengan penuh maksimal merupakan hal etis yang dimiliki seorang leader di perusahaan , begitupun bawahan yang respek kepada atasan dan tidak mengeluh dengan apapun tugas yang mereka kasih.

Apa sih yang membedakan perilaku etis dengan perilaku tidak etis, terkadang bersifat subjektif dan bergantung pada berbagai macam opini yang berbeda-beda. lalu bagaimana seseorang dapat memutuskan apakah suatu tindakan atau keputusan tertentu adalah etis? . Jadi dalam mengetahui tindakan yang etis harus, mengumpulkan informasi yang faktual dan relevan, menganalisis fakta, dan menilai etis berdasarkan kebenaran atau kesalahan

Bagaimana jika faktanya tidak jelas? Bagaimana jika tidak ada moral yang disepakati bersama? .Para ahli mengemukakan bahwa penilaian dan keputusan yang dibuat berdasarkan nilai moral dan etis memberikan kepercayaan yang lebih besar bagi semua pihak yang terlibat. Kita membutuhkan perspektif yang lebih kompleks

Banyak perusahaan seperti UT membuat kode etik tertulis yang secara formal menyatakan keinginan mereka untuk melakukan bisnis dengan perilaku yang etis. Banyak perusahaan demikian meningkat pesat selama 3 periode terakhir, dan banyak korporasi besar telah memiliki kode etik tertulis

Program etika yang diberlakukan banyak contoh bahwa perusahaan dapat mempelajari respon etis melalui pengalaman. Memiliki program etika yang besar manajer harus mengambil pelatihan etika secara periodik untuk mengingatkan mereka akan pentingnya pengambilan keputusan yang etis dan memperbarui kesadaran mereka akan peraturan dan undang-undang yang saat ini diberlakukan yang mungkin saat relevan dengan persoalan yang dihadapi perusahaan.

Dalam melakukan periklanan dalam bisnis perlu adanya etika dalam periklanan. Karena dapat membuat informasi produk semakin meningkat. Sebagai contoh dalam sebuah perfilman perlu adanya periklanan dan sering menggunakan komentar- komentar pujian dari kritikus. Dalam sebuah iklan pasti terjadi adanya yang tidak bisa diterima oleh konsumen karena tidak bisa diterima secara moral seperti alcohol . Oleh karena itu dibutuhkan etika dalam mengiklankan suatu produk dengan menggunakan akal sehat

Ketaatan Etika menilai sejauh mana seseorang mengikuti standar perilaku etis . Kita sudah tau bahwa sebuah perusahaan meningkatkan upaya mereka dengan cara ,memberikan pelatihan dalam bidang etika . Karena kegiatan tersebut berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan etika.

Etis memiliki beberapa norma yaitu ,kegunaan apakah suatu tindakan mengoptimalkan manfaat bagi mereka yang dipengaruhi oleh tindakan. Hak, apakah tindakan tersebut menghargai hak?. Keadilan, apakah tindakan tersebut sejalan dengan apa yang kita anggap adil?. Kepedulian, apakah tindakan tersebut sejalan dengan tanggung jawab setiap pihak kepada pihak lain?

Apa yang anda bayangkan jika mendengar kata bisnis? Apakah terpikir kesan tentang perusahaan besar dan sukses seperti Apple dan Google? Ataukah perusahaan yang dulunya gemilang tapi sekarang terseok-seok seperti Yahoo? Apakah Anda teringat pada perusahaan yang lebih kecil seperti swalayan atau restoran favorit?

Semua organisasi tersebut disebut bisnis, organisasi yang menyediakan barang atau jasa untuk dijual dengan dimaksud memperelakan. Memang , prospek mendapatkan laba atau profit, selisih antara pendapatan dan biaya bisnis, merupakan pendorong orang-orang untuk memulai dan mengembangkan bisnis. lagipula, laba merupakan imbalan yang didapatkan pemilik bisnis dari resiko mengorbankan uang dan waktu mereka. Membedakan bisnis dari organisasi-organisasi lain seperti universitas, rumah sakit dan badan pemerintah yang beroperasi dengan cara yang serupa tetapi tidak mengejar laba.

Dalam membuat bisnis pasti diperlukan dari permintaan konsumen karena bisnis didirikan untuk mengejar laba. Seseorang pemilik bisnis bebas mendirikan bisnis baru, mengembangkannya, menjualnya, atau bahkan menutupnya. Tetapi konsumen pun memiliki kebebasan untuk memilih jadi dalam mengejar label bisnis harus memperhitungkan apa yang diinginkan atau dibutuhkan oleh konsumen. Seefisien apapun sebuah bisnis tidak akan bertahan jika tidak adanya permintaan barang atau jasa yang dihasilkan misalnya seperti , menjual jas hujan di pantai memiliki peluang yang bisa dibilang 0% dalam penjualan barang tersebut.

Lalu bisnis juga dibangun karena adanya peluang dan wirausaha yang dikembangkan secara gemilang untuk mendapat kapitalisasikan peluang tersebut contohnya misalnya ada perusahaan yang tutup usahanya lalu perusahaan lain mengambil perusahaan tersebut dengan cara menangani likuidasi persediaan, dari bekas perusahaan tersebut lalu peluang ini melibatkan barang dan jasa yang dilanjutkan secara efisien dan sempurna.

Jadi apa sih manfaat dari bisnis? Jadi bisnis memproduksi sebagian besar barang dan jasa yang kita konsumsi, dan mempekerjakan sebagian besar tenaga kerja. mereka menciptakan banyak inovasi dan peluang untuk bisnis baru. Iklim bisnis yang sehat juga dapat berkontribusi langsung pada kualitas kehidupan dan standar hidup masyarakat. Dan pajak atas bisnis membantu pendapatan pemerintah di segala tingkatan. Banyak bisnis yang menyokong kegiatan amal dan mengeluarkan jiwa kepemimpinan dalam masyarakat akan tetapi, ada sebagian pelaku bisnis yang menyebabkan kerusakan lingkungan dan para pembuatan keputusan seringkali membuat praktik-taktik yang tidak etis demi keuntungan pribadi.

Seluruh bisnis, baik dari segi ukuran, lokasi, atau misi, beroperasi dalam lingkungan eksternal yang lebih luas. Lingkungan eksternal memainkan peranan penting dalam menentukan keberhasilan atau kegagalan organisasi apapun. Oleh karena itu, manajer harus memiliki pemahaman menyeluruh dan tepat mengenai lingkungan mereka dan kemudian berupaya untuk beroperasi dan bersaing di dalamnya. bisnis juga dapat mempengaruhi lingkungannya loh.

Lingkungan Bisnis Domestik merupakan lingkungan dimana perusahaan beroperasi dan memperoleh pendapatannya. Secara umum bisnis berupaya untuk menjadi sedekat mungkin dengan pelanggannya, membangun hubungan yang erat dengan massa, dan membedakan dirinya dari para pesaing

Lingkungan Bisnis Global merupakan kekuatan-kekuatan internasional yang mempengaruhi suatu bisnis faktor-faktor yang mempengaruhi lingkungan global ini secara umum meliputi kesepakatan perdagangan nasional kondisi ekonomi dunia dan ketidakstabilan politik dan lain-lainnya.

Lingkungan Teknologi umumnya mencakup semua Cara yang ditempuh perusahaan untuk menciptakan nilai bagi konstituen mereka. Teknologi mencakup pengetahuan manusia, metode kerja, peralatan fisik, elektronik, dan telekomunikasi, serta berbagai sistem pengolahan yang dilakukan untuk melaksanakan kegiatan bisnis. Mengandalkan sistem informasi canggih yang dapat melacak tingkat penjualan dan persediaan guna menjadi lebih responsif terhadap pelanggan biasanya perusahaan juga merokok sukses melalui situs website e-commerce miliknya.

Lingkungan Hukum Politik bagaimana hukum politik mencerminkan hubungan antara bisnis dan pemerintah biasanya dalam bentuk peraturan pemerintah terhadap bisnis. Hubungan ini penting atas beberapa alasannya itu sistem hukum menetapkan hal-hal yang dapat dan tidak dapat dilakukan oleh organisasi.

Lingkungan Sosial Budaya mencakup kebiasaan adat istiadat nilai dan karakteristik demografis masyarakat di tempat organisasi tertentu beroperasi. Proses sosial budaya menentukan barang dan jasa yang dihasilkan beserta standar perilaku yang kemungkinan dinilai dan diterima masyarakat.

Lingkungan Ekonomi dengan ekonomi merujuk pada kondisi relevan yang terjadi dalam sistem ekonomi pada wilayah dimana suatu organisasi beroperasi. Misalnya jika suatu perekonomian berjalan baik sehingga sebagian besar penduduknya memiliki pekerjaan, maka perusahaan yang berkembang perlu membayar upah yang lebih tinggi dan memberikan tunjangan tambahan untuk menarik minat tenaga kerja dari perusahaan lain.

Dalam sebuah bisnis diperlukan nya

Tenaga Kerja (Labor)

Image Cimahi (pilar.id) – Starbucks membuka gerai pertamanya di Kota Cimahi, Jawa Barat, Sabtu (25/6/2022). 
Image Cimahi (pilar.id) – Starbucks membuka gerai pertamanya di Kota Cimahi, Jawa Barat, Sabtu (25/6/2022). 

Orang-orang yang bekerja untuk membangun bisnis menyediakan tenaga kerja Tenaga kerja, terkadang disebut sebagai sumber daya manusia. mencangkup kontribusi yang diberikan orang-orang baik secara fisik maupun intelektual, yang saat berlangsungnya proses produksimisalnya starbuks, mempekerjakan ratusan ribu karyawan

Modal (Capital)

Modal untuk memperoleh dan menggunakan tenaga kerja dan sumber daya lain membutuhkan modal, yaitu sumber daya keuangan yang diperlukan untuk menjalankan bisnis. Kita memerlukan modal untuk memulai suatu bisnis dan kemudian untuk menjalankan dan mengembangkannya. Sebagai contoh pemilik Starbucks yaitu howards schlutz memutuskan untuk membeli Starbuck yang baru tumbuh pada tahun 1987, ia menggunakan tabungan pribadi dan pinjaman untuk membiayai akuisisinya. pada akhirnya, perusahaan menjual saham ke investor lain untuk menghasilkan lebih banyak dana lagi.

Wirausahawan (Enterpreneur)

Wirausahawan adalah individu yang melihat peluang dan mau menanggung resiko yang timbul dari penciptaan dan pengoperasian suatu bisnis baru, seperti Schlutz (Pemilik Starbucks) bersedia menanggung resiko yang erat kaitannya dengan pertumbuhan bisnis enceran atau ritel dan, setelah membeli perusahaan tersebut ia mengkapitalisasikan peluang pasar guna menghasilkan pertumbuhan pesat. jika saja usaha awalnya gagal, schlutz mungkin sudah kehilangan sebagian besar tabungannya.

Sumber Daya Fisik (Pysical Resourches)

Sumber daya fisik merupakan hal-hal berwujud yang digunakan organisasi dalam melaksanakan bisnis mereka. Sumber daya fisik meliputi sumber daya alam dan bahan baku, perkantoran, fasilitas produksi dan penyimpanan, onderdil dan perlengkapan, komputer dan peralatan pendukungnya, serta sejumlah peralatan lainnya. Sebagai contoh Starbucks mengadakan biji kopi dan produk makanan lain peralatan yang digunakan untuk menghidupi, produk kertas untuk kemasan, dan alat-alat kantor serta tempat penyimpanan untuk menjalankan usahanya pada tataran korporat

Sumber Daya Informasi (Information Resources)

Sumber daya informasi produksi barang-barang berwujud pernah mendominasi besar sistem ekonomi, sekarang sumber daya informasi data dan informasi lain yang digunakan oleh dunia bisnis, memainkan peranan penting. Sumber daya informasi yang digunakan dunia bisnis antara lain peramalan pasar, orang-orang dengan keahlian dan pengetahuan khusus, serta data ekonomi. pencipta informasi baru atau pengemasan ulang informasi yang ada untuk pengguna baru misalnya Starbucks menggunakan berbagai data statistik ekonomi untuk memutuskan pembukaan gerai baru. dan uji selera pelanggan membantu perusahaan dalam memutuskan kapan saatnya memperkenalkan produk baru.

Edited by Syafa from Canvas
Edited by Syafa from Canvas

Leadership atau kepemimpinan juga dibutuhkan untuk membangun bisnis. Kepemimpinan dapat di definisikan sebagai proses atau perilaku yang digunakan seseoran, misalnya manajer, untuk menginspirasi dan mempengaruhi perilaku orang lain. Suatu pemimpin dalam bisnis merupakan sebagai pemegang kendali karena kekuasaan yang dia kendalikan. Suatu perusahaan membutuhkan kepemimpinan karena jika ingin berjalan secara efektif harus berjalan terencana dan tertata rapih.

Suatu Kepemimpinan etis mengasumsikan bahwa pemimpin adalah orang orang yang beretika. Para pemimpin dituntut untuk mempertahankan standar etika yang tinggi dalam berperilaku, tidak lalai dalam menjalankan perilaku etika, dan menjaga orang lain dalam suatu perusahaan untuk menerapkan standar etis.

Perilaku pemimpin akan di pantau ketat dan mereka akan bertanggung jawab dalam merekrut bawahannya yang harus memiliki etika seperti yang diterapkan pada perusahaan yang memiliki kepemimpinan etis. Dan tekanan akan semakin menjadi besar demi tata kelola perusahaan yang lebih baik juga makin meningkatkan kewajiban untuk memilih individu dengan standar etika yang tinggi untuk berkesinambungan dalam posisi pemimpin bisnis dan menciptakan mereka menjadi lebih bertanggung jawab atas tindakan dan resiko tindakan yang akan mereka alami.

Dalam bisnis kecil terdapat mekanisme pasar yaitu mekanisme pertukaran barang dan jasa tertentu antara pembeli dan penjual. Contohnya seorang pedagang menjual apel seharga Rp 15.000 per kg dan pedagang lain memberi harga Rp 20.000 per kg titik kedua pedagang buah ini bebas menetapkan berapa harga yang mereka tawarkan, dan anda bebas membeli apa yang anda pilih , jika kualitas apel kedua pedagang tersebut sama maka pelanggan akan membeli yang lebih murah, tetapi jika apel seharga Rp 20.000 lebih segar Maka Anda pasti akan membelinya.

Apa sifat yang harus dimiliki oleh pembisnis? Siapa saja yang bisa jadi pembisnis? Kenapa seorang ingin jadi pembisnis? Dan bagaimana dalam mengatasi persaingan bisnis? Jika disimak dari pertanyaan pertanyaan tersebut . Dalam pembahasan yang di bahas oleh Bapak Dr. Singmin Johanes Lo, MSOD pernah berkata di saat beliau mengajar yaitu “seorang pembisnis harus memiliki mental baja ,mental yang kuat menanggung resiko dan tidak pernah takut dalam menghadapi resiko tersebut” Karena tidak ada bisnis yang dimulai langsung jaya kecuali bisnis tersebut mendapatkan bantuan sebesar besarnya dari orang dalam .Jangan takut dalam menghadapi kegagalan yang dimulai dari sebuah bisnis kecil, karena kegagalan bukanlah akhir dari pembuatan bisnis ,tetapi kegagalan adalah contoh yang diperbaiki dan dikembangkan agar meraih keberhasilan dari pembangunan sebuah bisnis. Dan memberi perhatian lebih kepada bisnis yang akan dibuat supaya bisnis tersebut berjalan dengan lancar. Bukan hanya berusaha meluncurkan bisnis di kala waktu senggang karena dalam berbisnis memerlukan sebuah komitmen

Lalu semua orang bisa membuat atau membangun bisnis kalau mereka yakin bahwa bisnis yang sudah ingin di bangun akan harus di lanjutkan dan dikembangkan, apapun dapat terjadi jika memiliki rasa yakin yang mendalam dan etika yang diterapkan dalam membangun sebuah bisnis. Seseorang ingin menjadi pembisnis karena contoh pembisnis UMKM yang viral dan banyak dinikmati orang orang pasti menarik minat seseorang untuk membangun bisnis serupa tetapi tidak sama . Tetapi terjadi maraknya persaingan bisnis , misalnya antara Toko A dan Toko B yang mengalami persaingan lingkungan dikarenakan menjual barang yang sama ,jadi untuk menghindari hal tersebut butuh melakukan survey dalam pembangunan toko . Apa yang dinikmati oleh warga sekitar , produk apa yang belum terlalu banyak di daerah sana , dan menarik pelanggan dengan pemasaran yang efektif dan efisien. Karena misalnya tidak mungkin menjual Baju renang di daerah salju.

Edited by Syafa from Canvas
Edited by Syafa from Canvas

Istilah bisnis kecil atau UMKM bukanlah suatu definisi yang udah diuraikan titik restoran penatu, salon ,dll yang memiliki dan dijalankan secara lokal merupakan bentuk bisnis kecil. Yang merupakan sebagai bisnis yang independen dengan kata lain bukan bagian dari bisnis yang lebih besar dan tidak memiliki pengaruh besar bagi pasar.

Terciptanya lapangan kerja bisnis kecil terutama di beberapa industri tertentu menjadi sumber lapangan kerja baru yang penting dan seringkali dengan gaji menggiurkan. Meskipun perusahaan-perusahaan kecil seringkali melakukan perekrutan pada tempo yang lebih cepat, mereka juga cenderung memangkas lapangan kerja lebih cepat lagi.

Bisnis kecil memiliki inovasi yang cenderung lebih besar ketimbang bisnis besar. Sebagian besar produk yang dihasilkan oleh bisnis besar dijual kepada konsumen melalui bisnis kecil. Kompetensi rencana bisnis, dan keputusan awal yang diambil oleh bisnis kecil serta mengenali sumber-sumber panduan keuangan yang tersedia bagi jenis perusahaan.

Dalam membangun bisnis kecil harus membuat rencana bisnis yang menggambarkan strategi bisnis seorang wirausahawan atas bisnis lainnya dapat memperlihatkan bagaimana rencana tersebut dijalankan. Manfaat dari rencana bisnis adalah selama tahap persiapan tersebut calon wirausahawan mau tidak mau harus mengembangkan gagasan bisnis secara tertulis dan menegaskan pemikirannya mengenai cara menghancurkan bisnis tersebut sebelum menginvestasikan uang dan waktu.

Dalam rencana bisnis kita harus menetapkan tujuan dan sasaran. dalam menetapkan sasaran juga harus memperhatikan kecocokan produk dan lingkungan. Rencana bisnis ini juga menggambarkan strategi produksi dan pemasaran, unsur-unsur hukum dan organisasi, akuntansi dan keuangan.

Lalu dalam menjalankan bisnis harus meramalkan penjualannya karena rencana ini harus didasarkan pada kemungkinan keberhasilan bisnis yang mengacu pada data dan riset yang kuat. Dan merencanakan keuangan yaitu rencana wirausahawan untuk mengubah seluruh kegiatan bisnis menjadi uang.

Pepatah Cina pernah mengatakan bahwa perjuangan ibu hamil dimulai dengan selangkah. Hal tersebut pun berlaku bagi bisnis baru, langkah-langkah pertama adalah komitmen seorang untuk menjadi pemilik bisnis dengan mempersiapkan rencana bisnis.

Memulai bisnis dari nol kendati beresiko, sebagian orang mencari kepuasan dari penciptaan gagasan bisnis dan membuatnya menjadi lebih besar. Ada juga alasan praktis untuk memulai dari nol. Dalam memulai bisnis dari nol anda dapat merasakan sensasi usaha ,kerja keras ,dorongan dan dedikasi karena jika mencapai keberhasilan akan mendapatkan kepuasan sendiri, dan bangga terhadap dirinya sendiri atau kelompok.

Jika terjadi kegagalan dalam memulai bisnis dari nol mungkin dikarenakan seorang wirausahawan tersebut lebih mengandalkan logika ,terlalu yakin dengan kemampuan tetapi tidak mengetahui cara membuat keputusan dasar bisnis. Dan bisa juga terjadi karena kurangnya modal dikarenakan terlalu optimis akan seberapa cepat mereka memperoleh laba.

Tren dalam bisnis kecil seperti yang sudah diulas oleh ribuan bisnis baru yang dimulai di Indonesia setiap tahunnya. Beberapa faktor berkontribusi atas terjadinya tren ini seperti kehadirannya e-commerce trend kini yang paling signifikan adalah pesatnya perkembangan E- Commerce . Karena internet memberikan cara baru untuk berbisnis, wirausahawan yang cerdik telah menciptakan dan mengembangkan bisnis baru jauh lebih cepat dan mudah dibandingkan dahulu. Bisa memasarkan bisnis di aplikasi seperti Instagram, Tiktok dan sebagainya.

Apapun yang viral di social media “social media do the magic” terjadi trend yang viral membuat banyak bisnis bisnis online yang sekarang membuka usahanya dimana mana. Bisnis online sekarang sudah merajalela Indonesia , bahkan toko toko yang sudah lama berdiri pun mau tidak mau harus mengikuti perkembangan zaman dan menambahkan toko online untuk mempermudah konsumen dan target pasar.

Banyak sari berbagai perusahaan besar saat ini dulunya mereka merupakan bisnis kecil.Rahasia dibalik kesuksesan banyak perusahaaan kecil adalah penerapan cermat konsep pemasaran dan pemahaman. Sebagian produk dan perusahaan baru menemui kegagalan sedari awal karena hanya ada segelintir pelanggan yang menginginkan atau membutuhkan produk mereka. Banyak yang gagal mengestimasi potensi pasar yang relistis, dan sebagian menawarkan produk baru sebelum benar benar memahami segmen target pasar mereka.

Penetapan harga yang semberono dapat menenggelamkan perusahaan yang melahirkan produk baik. Kesalahan penetapan harga untuk bisnis kecil berawal dari kegagalan memperkirakan pengeluaran oprasional secara akurat. Ketika bisnis kecil menetapkan harga melalui evaluasi biaya dan memahami persaingan yang dihadapi, banyak dari mereka yang memperoleh laba yang memuaskan

Bisnis kecil yang sukses merencanakan biaya promosi sebagai bagian dari biaya awal pendirian usaha. Bisnis kecil lainnya mengasosiakan diri dan produk mereka dengan kelompok, organisasi atau perusahaan, dan peristiwa terkait. Pemasaran bertanggung jawab atas penciptaan, pengomunikasian, penghantaran nilai serta kepuasan pada pelanggan. Dengan sumber daya keuangan yang terbatas, pelanggan membeli produk yang menawarkan nilai yang terbaik, yang diukur melalui hubungan antara manfaat dan biaya. Pemasar harus memahami keinginan dan kebutuhan konsumen karena kedua hal ini menentukan fitur produk beserta penetapan waktu, tempat,dan ketentuan penjualan yang memberikan kegunaan dan menambah nilai bagi pelanggan.

Jadi sebagai Pembisnis harus memperhatikan etika dalam berbisnis dan pula perkembangan zaman ,agar dapat selalu mengiuti pasar global . Jika tidak mengikuti akan dapat terjadi kehilangan pelanggan dan mengalami kebangkrutan.

Source: Business Essential twelve edition (Ronald J. Ebert & Ricky W. Griffin)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun