Sunoto, S.Pd.
Guru SD Muhammadiyah Harjowinangun
Mahasiswa PPG Kategori 1 Angkatan 2 Universitas Tanjungpura
A. PENDAHULUAN
Â
Latar Belakang Masalah
Sebagai guru kita tentu berharap hasil belajar peserta didik yang kita ampu mendapatkan hasil yang memuaskan. Setidaknya standar KKM/KKTP, atau bahkan lebih dari itu. Tetapi tidak jarang kita dapati hasilnya tidak seperti yang kita harapkan. Salah satu pelajaran yang hasil belajar peserta didiknya cenderung kurang optimal adalah matematika. Untuk itu penulis mencoba melakukan identifikasi penyebab dari itu semua. Pada kesempatan ini penulis membahas materi luas bangun gabungan. Berdasarkan identifikasi masalah yang terjadi pada pelajaran matematika kelas 6 SD Muhammadiyah Harjowinangun materi luas bangun gabungan yaitu:
1. Kurang optimalnya motivasi belajar peserta didik
2. Rendahnya kemampuan peserta didik untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas bangun gabungan
3. Kurang optimalnya pembelajaran berbasis HOTS
4. Kurang optimalnya kemampuan peserta didik menyelesaikan soal cerita