Mohon tunggu...
SULIAWATI
SULIAWATI Mohon Tunggu... Guru - Guru di SDS HARAPAN 2 KEBUN NILO

"Seni tertinggi guru adalah membangkitkan kegembiraan dalam ekspresi kreatif dan pengetahuan"-Albert Einstein

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Motivasi Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning

28 November 2023   19:34 Diperbarui: 28 November 2023   19:47 198
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

                                                                                                                                   KATA PENGANTAR

Puji syukur saya haturkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas pengerjaan Laporan Best Practices. Laporan ini merupakan sebagai laporan tugas akhir menyelesaikan kegiatan PPG dan telah menyelesaikan kegiatan PPL siklus 1 hingga 2.

Untuk itu saya sebagai guru  yang mengikuti PPG membuat laporan best practice guna memenuhi tugas PPG di LPTK Universitas Tanjung Pura. Didalam modul ajar ini tercantum uraian situasi, tantangan, aksi dan refleksi kegiatan PPG. Dengan terselesaikannya Laporan Best Practices ini saya sampaikan terimakasih kepada :

1.  Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang sudah memberikan kesempatan saya mengikuti PPG DALJAB sehingga dapat membuat Laporan Best Practices.

2.  Dosen Pembimbing PPG, yang telah memberikan arahan serta bimbingan dalam membuat Laporan Best Practices.

3.  Guru Pamong PPG, yang telah memberikan saran terbaik dalam membuat Laporan

Best Practices.

4.  Kepala SDS Harapan 2 Kebun Nilo, yang telah memberi kesempatan dalam  membuat laporan Best Practices.

5.  Rekan Guru  yang memberikan saran terbaiknya.

6.  Orangtua serta keluarga yang memberikan dukungan moril dan materi kepada saya dalam Membuat Laporan Best Practices.

7.  Peserta didik kelas VI  yang telah mendukung saya selama kegiatan PPG.

Laporan Best Practices ini masih jauh dari kesempurnaan saya harap pembaca khususnya rekan guru sejawat dapat mengkritisi lebih lanjut apa yang menjadi kurang dalam Laporan Best Practices  demi kesempurnaan dalam melaksanakan kegiatan PPG. Penyusun juga tidak membatasi untuk dapat menggunakan Laporan Best Practices sebagai referensi.

                                                                                                                                                                                                                  Pelalawan , 23 November 2023

                                                                                                                                                                                                                  Hormat saya,

                                                                                                                                                                                                                  Suliawati, S.Pd.

                                                                                                                             PENDAHULUAN

Pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar belajar dengan baik.Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja peserta didik sendiri,dalam hal inilah keaktifan peserta didik sangat diperlukan.Peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran.Hal ini dikarenakan beberapa hal seperti : (a) Guru kurang tepat menggunakan media dan model pembelajaran yang sesuai dengan materi dan karakteristik peserta didi,(b) Guru kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran,(c) Pembelajaran yang kurang menarik dan monoton membuat siswa tidak termotivasi saat belajar,(d) Guru belum memanfaatkan media dan teknologi yang dapat memotivasi siswa,(e) Semangat belajar siswa yang masih kurang.

Praktik pembelajaran ini penting untuk dibagikan karena banyak peserta didik dan guru yang mengalami masalah tersebut. Hal ini sangat penting agar  pembelajaran yang dilakukan oleh guru di dalam kelas dapat meningkatkan minat peserta didik dalam pembelajaran,serta menjadi upaya dalam memberikan pembelajaran yang bermakna kepada peserta didik. Selain itu, hal ini menjadi penting karena untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan model pembelajaran inovatif pada pembelajarannya di kelas, juga diharapkan bisa menjadi referensi dan inspirasi bagi rekan-rekan guru lainnya

Peran dan tanggung jawab praktik ini sebagai guru adalah melakukan proses pembelajaran ini secara efektif dengan membuat perangkat pembelajaran seperti RPP, bahan ajar, media pembelajaran, lembar kerja peserta didik (LKPD), dan aspek penilaian dalam proses pembelajaran. Kemudian, penggunaan metode dan model pembelajaran yang tepat dan menarik sangat penting untuk meningkatkan kemampuan  peserta didik sesuai dengan yang diharapkan.

 

 

 

 

 

 

BEST PRACTICE ( PRAKTIK BAIK)

Oleh  SULIAWATI, S.Pd.

1. Situasi 

                motivasi belajar peserta didik masih rendah. Secara umum hal ini disebabkan oleh   guru yang masih menerapkan pembelajaran konvensional, sehingga peserta didik tidak terlibat secara aktif dan kreatif dalam pembelajaran. Oleh karena itu anak menjadi cepat bosan dan kurang bersemangat. Hal ini bisa terlihat dari sikap peserta didik yaitu:

a. Suka bermain saat proses pembelajaran berlangsung

b. Tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran

c. Tidak tertarik terhadap materi yang disampaikan guru

d. Tidak tekun mengerjakan tugas

e. Peserta didik kurang percaya diri

f. Tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran

           Kondisi tersebut semakin kompleks dengan rendahnya implementasi guru dalam menggunakan media pembelajaran dan model pembelajaran inovatif dikelas, guru juga tidak memberikan reward dan ice breaking dalam pembelajaran. Peran penulis adalah berusaha mengatasi masalah yang terjadi dengan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dalam pembelajaran di kelas, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) dan penggunaan media pembelajaran berbasis penggunaan TPACK dalam proses pembelajaran, serta memberikan bimbingan kepada peserta didik untuk meningkatkan motivasi belajar mereka.

         Alasan bahwa praktik baik ini penting untuk dibagikan karena sebagian besar guru termasuk rekan sejawat saya menghadapi permasalahan yang sama seperti saya.Besar harapan saya praktik ini dapat diterapkan pada pembelajaran agar dapat menjadi solusi terhadap permasalahan yang sedang dihadapi dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Selain itu, juga dapat menjadi referensi guru lain untuk menggunakan media pembelajaran dan model pembelajaran Project Based Learning ( PjBL). Karena dengan  menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam  proses pembelajaran dapat mengembangkan keterampilan dasar berpikir, keterampilan membuat keputusan, kemampuan berkreativitas, kemampuan memecahkan masalah, dan sekaligus dipandang efektif untuk mengembangkan rasa percaya diri peserta didik. Selain itu,  peserta didik terlibat secara langsung dalam pembelajaran seperti melakukan percobaan, menemukan sesuatu yang ditugaskan dalam lingkungan sekolah, dan mengerjakan proyek secara individu ataupun berkelompok. Dengan begitu peserta didik bukan hanya mendapatkan pengetahuan melainkan juga akan mendapatkan keterampilan sehingga hasil belajar dapat meningkat. Selain model pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran yang variatif dan juga ditambah penggunaan media  pembelajaran yang berbasis TPACK  yakni media  ppt dan video pembelajaran  serta media objek nyata dapat membuat situasi pembelajaran lebih baik.

Peran dan tanggung jawab dalam praktik ini adalah Saya berperan sebagai guru kelas VI yang bertanggung jawab dalam hal:

1. Memberi motivasi kepada peserta didik

2. Membimbing peserta didik dalam proses pembelajaran

3. Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar

4.Memfasilitasi peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik     dan menyediakan media pembelajaran yang menarik sesuai dengan karakteristik peserta didik.

2. TANTANGAN

Tantangan untuk mencapai tujuan meningkatkan motivasi belajar melalui model pembelajaran Project Based Learning adalah  perlu waktu dan tenaga lebih untuk harus mengeksplorasi cara membuat modul ajar yang menerapkan sintak - sintak model pembelajaran Project Based Learning dari berbagai sumber.

Tantangan terbesar yang saya hadapi saat pelaksanaan praktik adalah:

Tantangan dari peserta didik

1. Peserta didik yang masih belum terbiasa untuk melakukan presentasi dihadapan teman- temannya.

2.  Peserta didik belum terbiasa memberikan tanggapan pada kelompok penyaji.

3. Peserta didik yang belum terbiasa dengan pengerjaan LKPD yang menuntut peserta didik untuk berpikir kritis dan kreatif.

Tantangan dari guru

1. Mengintegrasikan pembelajaran inovatif pada pembelajaran tematik

2. Membuat media pembelajaran yang menarik yang sesuai dengan karakteristik peserta didik

3. Mengintegrasikan TPACK pada pembelajaran tematik

  Dalam menghadapi tantangan ini guru melibatkan beberapa peran, yaitu :

1. Dosen pembimbing dan guru pamong PPG Dalam Jabatan Kategori 1 Universitas Tanjung Pura yang telah memberikan arahan serta        bimbingan

 2.  Kepala Sekolah yang Memberikan izin untuk pelaksanaan praktik pembelajaran serta memberikan izin untuk menggunakan fasilitas sekolah yang dibutuhkan saat pelaksanaan praktik

2.  Rekan sejawat (Guru) Membantu mengatur kelas agar nyaman untuk proses pembelajaran dan menyiapkan perangkat yang       digunakan untuk proses pembelajaran seperti LCD Proyektor, Speaker, dan laptop

4.   Peserta didik Kelas VI yang berjumlah 19 peserta didik karena 1 peserta didik  tidak hadir.

3.  AKSI YANG DILAKUKAN

               Langkah -langkah apa yang dilakukan  untuk mengatasi tantangan diatas adalah  mendapatkan dukungan dari Kepala Sekolah dan rekan sejawat, Mempersiapkan perangkat pembelajaran (Modul Ajar, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, Panduan asesmen dan lembar asesmen untuk kelompok dan mandiri), menggunakan strategi pembelajaran ( TPACK, model pembelajaran PjBL, metode pembelajaran yang variatif). Hal yang terkait TPACK, guru membuat Presentasi Power Poin (PPT) juga memutar video pembelajaran yang berhubungan dengan materi pembelajaran.

             Berkaitan dengan model pembelajaran, yaitu model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) guru juga harus hapal dengan sintak pembelajaran yang diterapkan dari mulai tahap satu sampai akhir dituangkan dalam kegiatan pembuka, inti dan penutup, menilai hasil evaluasi dari keseluruhan ranah, yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotor juga menilai peningkatan motivasi belajar siswa.  Selain itu untuk meningkatkan interaksi guru menggunakan pendekatan yang dapat meningkatkan komunikasi peserta didik dan guru serta dapat menumbuhkan kepercayaan diri peserta didik dalam pembelajaran. Dalam hal ini guru menggunakan pendekatan saintifik.

Sumber daya yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini yaitu :

1. Sumber daya bahan ajar dan media pembelajaran meliputi buku guru, buku siswa, RPP, dan perangkat pembelajaran lainnya.

2. Sumber daya teknologi meliputi laptop, jaringan internet, LCD, dan speaker

3. Sarana dan prasarana meliputi ruang kelas beserta kelengkapannya.

   Adapaun Materi pembelajaran yang diajarkan pada kelas VI ini terdapat

pada Tema 4: Globalisasi, Subtema 3: Globalisasi dan Cinta Tanah Air, Pembelajaran ke-2 yang meliputi 2 muatan pembelajaran yaitu Muatan Pelajaran PPKn materi Keberagaman Ekonomi dan muatan SBdP materi Membuat Reklame.

4.  REFLEKSI DAN DAMPAK

             Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan yaitu Setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan saintifik yang dikolaborasikan dengan penggunaan media pembelajaran PowerPoint dan juga menggunakan video efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.Hal ini ditunjukkan dengan perubahan sikap peserta didik yang sebelumnya suka bermain saat proses pembelajaran berlangsung, tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran, tidak tertarik terhadap materi yang disampaikan guru, tidak tekun mengerjakan tugas, peserta didik kurang percaya diri, tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran menjadi lebih bersemangat dan antusias dalam pembelajaran, peserta didik juga lebih aktif bekerjasama dan berdiskusi dengan teman sekelompoknya, bisa melatih peserta didik berpikir kritis serta bisa menghasilkan suatu karya (Membuat poster) yang dapat bekerja sama dengan baik sebagai hasil dari pembelajaran.Pada saat kegiatan diskusi dalam kelompok,terlihat sebagian besar peserta didik terlibat dalam mengerjakan LKPD. Hal ini menunjukkan adanya kerjasama dan komunikasi yang baik dalam pembagian tugas masing-masing anggota kelompok. Meskipun masih ada beberapa peserta didik yang terlihat cenderung pasif dalam diskusi kelompok

Dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model PjBL tersebut respon dari lingkungan sekitar yaitu dari peserta didik dan teman sejawat memberikan respon positif diantaranya sebagai berikut:

1. Dari peserta didik:

Peserta didik merasa senang dengan proses pembelajaran karena mereka dapat terlibat langsung dalam pembelajaran dan diberikan reward. Pembelajaran tidak membosankan karena ada kegiatan ice breaking di akhir pembelajaran. Penyajian materi menarik karena menggunakan media yang variatif.

2. Dari teman sejawat

 Guru secara keseluruhan sudah dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik. Hal tersebut terlihat dari peserta didik dapat terlibat aktif ketika kerja kelompok. Kegiatan pada saat pembelajaran menarik karena menggunakan media pembelajaran yang variatif, model pembelajaran yang inovatif, memberikan ice breaking dan reward.

Faktor yang mempengaruhi keberhasilan peserta didik dalam menentukan sikap-sikap positif dalm keberagaman ekonomi adalah sebagian besar peserta didik dapat membaca dengan lancar dan dapat memahami isi bacaan.

Faktor yang mempengaruhi keberhasilan peserta didik dalam membuat Poster adalah keterampilan peserta didik yang sangat baik, kerjasama yang baik dalam kelompok dan peserta didik memahami langkah-langkah membuat poster dengan melihat ciri-ciri poster yang baik yang terdapat pada LKPD dan PPT yang ditampilkan.

Hal baik yang didapatkan dari pembelajaran ini adalah peserta didik mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna, peserta didik terlibat aktif dan kreatif dalam diskusi, peserta didik aktif menjawab pertanyaan dari guru. Guru dapat meningkatkan kemampuan pedagogik sehingga termotivasi untuk menggunakan model pembelajaran inovatif, menjadikan guru lebih kreatif dalam mengelola pembelajaran sehingga motivasi peserta didik meningkat dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun