Apa sih pentingnya pemasaran?
Pemasaran bukan hanya sekedar berakhir dengan kegiatan penjualan. Kegiatan-kegiatan dalam pemasaran saling berhubungan satu sama lain. Kegiatan pemasaran dimulai jauh sebelum kegiatan produksi dan tidak hanya berakhir oleh penjualan. Apabila pemasar menginginkan produknya laku dipasaran dan bertahan bahkan berkembang, maka pemasar harus memikirkan produk apa yang ingin mereka buat agar sesuai dengan kebutuhan konsumen. Menurut Kotler Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial dengan mana seseorang atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk yang bernilai dengan yang lain. eleven
Pemasaran adalah suatu aktivitas yang bertujuan mencapai sasaran perusahaan, dilakukan dengan cara mengantisipasi kebutuhan pelanggan atau klien serta mengarahkan aliran barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan pelanggan atau klien dari perusahaan. 12 Sedangkan menurut Daryanto pemasaran adalah suatu proses sosial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan
Apa saja ruang lingkup pemasaranÂ
1. Strategi Pemasaran
Untuk pengembangan usaha yang kita miliki, yang
menjadi hal yang sangat penting yang perlu dipikirkan
dan direncanakan dengan baik yaitu strategi apa yang
akan diterapkan dalam memasarkan produk yang
dimiliki.
2. Mengidentifikasi Segmen Pasar dan Memilih Pasar
Sasaran
Segmentasi pasar atau (market segmentation) adalah
salah satu strategi advertising atau pemasaran yang
dilakukan perusahaan untuk mengidentifikasi target
pelanggan yang ingin dicapai dengan membagi
kelompok konsumen berdasarkan karakteristik,
kebutuhan, perilaku, demografi, prioritas ataupun minat
pelanggan
three. Menciptakan Loyalitas dan Hubungan Jangka Panjang
Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, Survei Kepuasan
Pelanggan, Teknik Pengukuran Kepuasan Pelanggan,
Kualitas Produk dan Jasa, Memaksimalkan Nilai Hidup
Pelanggan, Profitabilitas Pelanggan, Mengukur Nilai
four. Identifikasi Pemasaran
Kriteria Segmentasi yang Efektif, Evaluasi dan Seleksi
Segmen Pasar, Identifikasi Kelompok Pembeli,
Mempisikan Penawaran Pasar Sepanjang Daur Hidup
Produk, Produk Baru dan Daur Hidup Produk, Strategi
Bersting di Pasar.
five. Pengembangan dan Siklus Hidup Produk
Siklus Hidup Produk (Product life Cycle), Strategi
Pemasaran Tahap Pengenalan, Strategi Pemasaran Tahap
Pertumbuhan, Strategi Pemasaran Tahap Penurunan, sixty five
Pengembangan Produk, Tahap Pengembangan Produk,
Tujuan Pengembangan Produk, Faktor-faktor Pendorong
Usaha Pengembangan Produk, Karakteristik
Pengembangan Produk.
6. Desain Produk
Atribut produk, siklus hidup produk, klasifikasi produk,
strategi pengenalan produk baru, kemasan dan
pengemasan, pembuatan label.
.7. Penetapan Harga Produk
Pengertian Harga, Sembilan Strategi Harga Mutu (9
rate/excellent strategies), Strategi Penetapan Harga,
Strategi Penetapan Harga Produk Baru.
8. Saluran Distribusi
Pengertian Saluran Distribusi, Macam Saluran
Distribusi, Perantara Pedagang, Faktor-Faktor yang
Menjadi Pertimbangan Saluran Distribusi
nine. Komunikasi Pemasaran
Defenisi dan Unsur-unsur Komunikasi Pemasaran,
Tujuan dan Fungsi Komunikasi Pemasaran, Konsep
Dasar Komunikasi Pemasaran, Proses Komunikasi
Pemasaran, Strategis Komunikasi Pemasaran, version
Makro Proses Kommunikasi.
10. Kepuasan Pelanggan
Pengertian Kepuasan Konsumen dan Kepuasan, Analisis
Nilai Pelanggan. Mengukur Kepuasan Pelangan, Faktor
Faldar yang Memengaruhi Kepuasan Pelanggan, Cara
Meningkatkan kepuasan
Pelanggan, Kepuasan
Pelanggan Sepenuhnya (total Camer Satifactions).
11. Pengukuran, Estimasi Permintaan, dan Riset Pasar
Istilah dalam Pengukuran Permintaan Pasar, Estimasi
Permintaan Mendatang, Riset Pasar, Forecase
Permintaan dan Kepuasan Pelanggan, Sistem Riset
Pasar, Proses Riset Pasar, Mengukur Produktivitas
Kegiatan Pemasaran.
12. Dinamika Persaingan dan Siklus Hidup Produk
Menganalisis Persaingan, Strategi Kompetisi Pemimpin
Pasar, Strategi Kompetisi Penantang Pasar, Strategi
Kompetisi, Pengikut Pasar, Strategi Kompetisi Penceruk
Pasar.
13. Pemasaran Elektronik
Pengertian E-marketing, Evolusi E-advertising and marketing, Fungsi
E-advertising, Keunggulan E-advertising and marketing, Perbedaan EBusiness, E-commerce, E-advertising and marketing, Manfaat dan
Keterbatasan E-marketing, Siklus E-advertising,
Perencanaan E-advertising.
Apa saja konsep konsep dasar pemasaranÂ
Perusahaan menjalani proses manajemen dalam mengembangkan perencanaan pemasaran. Perusahaan perlu memahami posisinya di tengah percaturan persaingan yang semakin keras. Perencanaan pemasaran adalah hal yang penting untuk setiap operasi yang bertujuan untuk mengefisienkan dan mengefektifkan pemasaran suatu produk atau layanan. Tujuan dari penulisan ini adalah 1) untuk mengetahui konsep perencanaan pemasaran. 2) untuk mengetahui arti penting perencanaan pemasaran. 3) untuk mengetahui proses perencaan pemasaran. 4) untuk mengetahui hubungan antara perencanaan pemasaran dengan perencanaan perusahaan. Perencanaan pemasaran diperlukan untuk mengatasi meningkatnya tekanan kompetisi, kompleksitas lingkungan, dan cepatnya perubahan teknologi. Terdapat dua pembagian umum perencanaan pemasaran yaitu perencanaan pemasaran untuk produk baru dan perencanaan pemasaran tahunan. Perencanaan pemasaran memberi gambaran pembagian tanggung jawab, tugas, dan pengaturan jadwal kegiatan. Strategi dalam perencanaan pemasaran harus diimplementasikan. Penjadwalan dan pembagian tanggung jawab sangat penting. Perencanaan pemasaran memberi struktur/outline yang jelas mengenai pembagian tanggung jawab agar strategi berdampak maksimal terhadap keseluruhan perencanaan.
Duplicate ArticleProcessingParaphrasing SuggestionsUnique Article
Bagaimana bisa manajemen pemasaran berubahÂ
Dari sudut pandang manajerial, pemasaran adalah fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, dan menghantarkan nilai kepada pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemegang kepentingannya. Manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu memilih pasar sasaran serta meraih, mempertahankan, dan menumbuhkan pelanggan melalui penciptaan, penghantaran, dan pengomunikasikan nilai pelanggan yang unggul. Pemasar terampil dalam mengelola permintaan: mereka berusaha mempengaruhi tingkat, waktu, dan komposisi permintaan. Pemasar terlibat dalam memasarkan berbagai jenis entitas: barang, jasa, acara, pengalaman, orang, tempat, hak kepemilikian/property, organisasi, informasi, dan ide. Mereka juga beroperasi di empat pasar yang berbeda: konsumen, bisnis, international, dan nirlaba.
Apa saja tugas yang diperlukan untuk manajemen pemasaranÂ
Pemasaran pada dasarnya adalah tentang komunikasi. Sejak produk dirancang dan dikemas, hingga penyebaran informasi produk kepada masyarakat luas, tidak terlepas dari komunikasi. Dari sekian banyak peranan komunikasi, menggeser "kebutuhan" menjadi "keinginan" adalah peran krusial komunikasi dalam pemasaran. Ketika muncul ide bisnis baru, timbul pertanyaan apakah produk yang hendak dipasarkan masih dibutuhkan masyarakat? Seandainya masyarakat tidak terlalu membutuhkan atau kurang membutuhkan, apakah lantas ide tersebut berhenti begitu saja? Jawabannya: Tidak selalu, sebab peluang pasar tidaklah selalu berhubungan dengan kebutuhan (need). Begawan pemasaran dunia, Philip Kotler, menyatakan dewasa ini orang mengonsumsi sesuatu bukan karena kebutuhan, melainkan karena imajinasi bahwa dirinya merasa membutuhkan. Lantas bagaimana menciptakan imajinasi "kebutuhan" tersebut? Salah satunya melalui terpaan informasi kepada masyarakat. Transformasi informasi dengan kecepatan dan kelipatan yang meningkat puluhan bahkan ratusan kali menyebabkan individu mengalami gegar informasi. Hingga akhirnya masyarakat tidak menyadari bahwa sikap, pikiran, selera, preferensi terhadap sesuatu telah dikendalikan, dan menciptakan pola konsumsi yang tidak lagi berdasarkan kebutuhan, melainkan berdasarkan keinginan (desires).