Mohon tunggu...
Sri Sulastri
Sri Sulastri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa saat ini sudah berada di semester 2

Hobi saya baca komik, saya suka nonton konten creator yang menceritakan kisah horor seseorang di dunia nyata

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dasar-dasar Pemasaran

22 Maret 2024   10:43 Diperbarui: 22 Maret 2024   10:57 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apa sih pentingnya pemasaran?

Pemasaran bukan hanya sekedar berakhir dengan kegiatan penjualan. Kegiatan-kegiatan dalam pemasaran saling berhubungan satu sama lain. Kegiatan pemasaran dimulai jauh sebelum kegiatan produksi dan tidak hanya berakhir oleh penjualan. Apabila pemasar menginginkan produknya laku dipasaran dan bertahan bahkan berkembang, maka pemasar harus memikirkan produk apa yang ingin mereka buat agar sesuai dengan kebutuhan konsumen. Menurut Kotler Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial dengan mana seseorang atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk yang bernilai dengan yang lain. eleven

Pemasaran adalah suatu aktivitas yang bertujuan mencapai sasaran perusahaan, dilakukan dengan cara mengantisipasi kebutuhan pelanggan atau klien serta mengarahkan aliran barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan pelanggan atau klien dari perusahaan. 12 Sedangkan menurut Daryanto pemasaran adalah suatu proses sosial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan

Apa saja ruang lingkup pemasaran 

1. Strategi Pemasaran

Untuk pengembangan usaha yang kita miliki, yang

menjadi hal yang sangat penting yang perlu dipikirkan

dan direncanakan dengan baik yaitu strategi apa yang

akan diterapkan dalam memasarkan produk yang

dimiliki.

2. Mengidentifikasi Segmen Pasar dan Memilih Pasar

Sasaran

Segmentasi pasar atau (market segmentation) adalah

salah satu strategi advertising atau pemasaran yang

dilakukan perusahaan untuk mengidentifikasi target

pelanggan yang ingin dicapai dengan membagi

kelompok konsumen berdasarkan karakteristik,

kebutuhan, perilaku, demografi, prioritas ataupun minat

pelanggan

three. Menciptakan Loyalitas dan Hubungan Jangka Panjang

Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, Survei Kepuasan

Pelanggan, Teknik Pengukuran Kepuasan Pelanggan,

Kualitas Produk dan Jasa, Memaksimalkan Nilai Hidup

Pelanggan, Profitabilitas Pelanggan, Mengukur Nilai

four. Identifikasi Pemasaran

Kriteria Segmentasi yang Efektif, Evaluasi dan Seleksi

Segmen Pasar, Identifikasi Kelompok Pembeli,

Mempisikan Penawaran Pasar Sepanjang Daur Hidup

Produk, Produk Baru dan Daur Hidup Produk, Strategi

Bersting di Pasar.

five. Pengembangan dan Siklus Hidup Produk

Siklus Hidup Produk (Product life Cycle), Strategi

Pemasaran Tahap Pengenalan, Strategi Pemasaran Tahap

Pertumbuhan, Strategi Pemasaran Tahap Penurunan, sixty five

Pengembangan Produk, Tahap Pengembangan Produk,

Tujuan Pengembangan Produk, Faktor-faktor Pendorong

Usaha Pengembangan Produk, Karakteristik

Pengembangan Produk.

6. Desain Produk

Atribut produk, siklus hidup produk, klasifikasi produk,

strategi pengenalan produk baru, kemasan dan

pengemasan, pembuatan label.

.7. Penetapan Harga Produk

Pengertian Harga, Sembilan Strategi Harga Mutu (9

rate/excellent strategies), Strategi Penetapan Harga,

Strategi Penetapan Harga Produk Baru.

8. Saluran Distribusi

Pengertian Saluran Distribusi, Macam Saluran

Distribusi, Perantara Pedagang, Faktor-Faktor yang

Menjadi Pertimbangan Saluran Distribusi

nine. Komunikasi Pemasaran

Defenisi dan Unsur-unsur Komunikasi Pemasaran,

Tujuan dan Fungsi Komunikasi Pemasaran, Konsep

Dasar Komunikasi Pemasaran, Proses Komunikasi

Pemasaran, Strategis Komunikasi Pemasaran, version

Makro Proses Kommunikasi.

10. Kepuasan Pelanggan

Pengertian Kepuasan Konsumen dan Kepuasan, Analisis

Nilai Pelanggan. Mengukur Kepuasan Pelangan, Faktor

Faldar yang Memengaruhi Kepuasan Pelanggan, Cara

Meningkatkan kepuasan

Pelanggan, Kepuasan

Pelanggan Sepenuhnya (total Camer Satifactions).

11. Pengukuran, Estimasi Permintaan, dan Riset Pasar

Istilah dalam Pengukuran Permintaan Pasar, Estimasi

Permintaan Mendatang, Riset Pasar, Forecase

Permintaan dan Kepuasan Pelanggan, Sistem Riset

Pasar, Proses Riset Pasar, Mengukur Produktivitas

Kegiatan Pemasaran.

12. Dinamika Persaingan dan Siklus Hidup Produk

Menganalisis Persaingan, Strategi Kompetisi Pemimpin

Pasar, Strategi Kompetisi Penantang Pasar, Strategi

Kompetisi, Pengikut Pasar, Strategi Kompetisi Penceruk

Pasar.

13. Pemasaran Elektronik

Pengertian E-marketing, Evolusi E-advertising and marketing, Fungsi

E-advertising, Keunggulan E-advertising and marketing, Perbedaan EBusiness, E-commerce, E-advertising and marketing, Manfaat dan

Keterbatasan E-marketing, Siklus E-advertising,

Perencanaan E-advertising.

Apa saja konsep konsep dasar pemasaran 

Perusahaan menjalani proses manajemen dalam mengembangkan perencanaan pemasaran. Perusahaan perlu memahami posisinya di tengah percaturan persaingan yang semakin keras. Perencanaan pemasaran adalah hal yang penting untuk setiap operasi yang bertujuan untuk mengefisienkan dan mengefektifkan pemasaran suatu produk atau layanan. Tujuan dari penulisan ini adalah 1) untuk mengetahui konsep perencanaan pemasaran. 2) untuk mengetahui arti penting perencanaan pemasaran. 3) untuk mengetahui proses perencaan pemasaran. 4) untuk mengetahui hubungan antara perencanaan pemasaran dengan perencanaan perusahaan. Perencanaan pemasaran diperlukan untuk mengatasi meningkatnya tekanan kompetisi, kompleksitas lingkungan, dan cepatnya perubahan teknologi. Terdapat dua pembagian umum perencanaan pemasaran yaitu perencanaan pemasaran untuk produk baru dan perencanaan pemasaran tahunan. Perencanaan pemasaran memberi gambaran pembagian tanggung jawab, tugas, dan pengaturan jadwal kegiatan. Strategi dalam perencanaan pemasaran harus diimplementasikan. Penjadwalan dan pembagian tanggung jawab sangat penting. Perencanaan pemasaran memberi struktur/outline yang jelas mengenai pembagian tanggung jawab agar strategi berdampak maksimal terhadap keseluruhan perencanaan.

Duplicate ArticleProcessingParaphrasing SuggestionsUnique Article

Bagaimana bisa manajemen pemasaran berubah 

Dari sudut pandang manajerial, pemasaran adalah fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, dan menghantarkan nilai kepada pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemegang kepentingannya. Manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu memilih pasar sasaran serta meraih, mempertahankan, dan menumbuhkan pelanggan melalui penciptaan, penghantaran, dan pengomunikasikan nilai pelanggan yang unggul. Pemasar terampil dalam mengelola permintaan: mereka berusaha mempengaruhi tingkat, waktu, dan komposisi permintaan. Pemasar terlibat dalam memasarkan berbagai jenis entitas: barang, jasa, acara, pengalaman, orang, tempat, hak kepemilikian/property, organisasi, informasi, dan ide. Mereka juga beroperasi di empat pasar yang berbeda: konsumen, bisnis, international, dan nirlaba.

Apa saja tugas yang diperlukan untuk manajemen pemasaran 

Pemasaran pada dasarnya adalah tentang komunikasi. Sejak produk dirancang dan dikemas, hingga penyebaran informasi produk kepada masyarakat luas, tidak terlepas dari komunikasi. Dari sekian banyak peranan komunikasi, menggeser "kebutuhan" menjadi "keinginan" adalah peran krusial komunikasi dalam pemasaran. Ketika muncul ide bisnis baru, timbul pertanyaan apakah produk yang hendak dipasarkan masih dibutuhkan masyarakat? Seandainya masyarakat tidak terlalu membutuhkan atau kurang membutuhkan, apakah lantas ide tersebut berhenti begitu saja? Jawabannya: Tidak selalu, sebab peluang pasar tidaklah selalu berhubungan dengan kebutuhan (need). Begawan pemasaran dunia, Philip Kotler, menyatakan dewasa ini orang mengonsumsi sesuatu bukan karena kebutuhan, melainkan karena imajinasi bahwa dirinya merasa membutuhkan. Lantas bagaimana menciptakan imajinasi "kebutuhan" tersebut? Salah satunya melalui terpaan informasi kepada masyarakat. Transformasi informasi dengan kecepatan dan kelipatan yang meningkat puluhan bahkan ratusan kali menyebabkan individu mengalami gegar informasi. Hingga akhirnya masyarakat tidak menyadari bahwa sikap, pikiran, selera, preferensi terhadap sesuatu telah dikendalikan, dan menciptakan pola konsumsi yang tidak lagi berdasarkan kebutuhan, melainkan berdasarkan keinginan (desires).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun