Mohon tunggu...
SRI RAHAYU SANGRA DEMPO
SRI RAHAYU SANGRA DEMPO Mohon Tunggu... Guru - MAHASISWA

MAHASISWA

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Manajemen Kinerja

11 Desember 2021   23:17 Diperbarui: 14 Desember 2021   09:37 204
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam pengelolaan perusahaan atau organisasi diperlukan tata kelola baik. pengetahuan manajemen yang sangat dasar perlu dipahami dan diterapkan oleh manager atau pemimpin sehingga sangat membantu dalam melaksanakan tugas-tugasnya dalam mencapai tujuan organisasi.

manajemen-kinerja-61b80355df66a76a5d2ae1a5.jpg
manajemen-kinerja-61b80355df66a76a5d2ae1a5.jpg
Manajemen yang baik adalah kesejahteraan masyarakat yang terdiri dari berbagai organisasi, peran pentingnya para pihak yang akan yang akan menunjang pencapaian tujuan perusahaan.

dalam persaingan yang sangat ketat di era sekarang ini, banyak perusahaan yang kalah saing, menderita, bahkan rugi yang disebabkan rendahnya produktivitas sumber daya manusia dalam organisasi tersebut.

penyebab umum dari masalah tersebut adalah, karena organisasi bisnis masih menerapkan manajemen kinerja (performance management) trdisional.

dalam sistem ekonomi global yang merupakan sistem tanpa batas negara yang secara bertahap menjadi kenyataan, lingkungan bisnis cepat sekali berubah terutama dengan didukung oleh perkembangan teknologi informasi dan transportasi yang modern

Pengertian Umum Kinerja:

Kinerja adalah output yang dihasilkan oleh indikator-indikator dari pekerjaan dalam kurun waktu tertentu dalam Manajemen Kinerja berorientasi pada tujuan usaha, kegiatan atau program yang diprakarsai dan dilaksanakan oleh pimpinan perusahaan/organisasi untuk "Merencanakan, Mengarahkan dan Mengendalikan prestasi karyawan"

Tujuan utama performance management:

  1. Membentuk tujuan kinerja sesuai dengan tujuan perusahaan
  2. Menetapkan ekspektasi kinerja antara karyawan dan atasan
  3. Memperlancar komunikasi tim
  4. Menentukan standar kinerja
  5. Mengembangkan program pelatihan SDM

Tujuan umum manajemen kinerja:

  1. Tujuan strategic
  2. Tujuan administrative
  3. Tujuan pengembangan

Tahapan manajemen kinerja:

Pahami tujuan perusahaan

Rancang strategi manajemen kinerj

  • Implementasi,
  • Pengawasan dan monitorin
  • Evaluasi

  • Bagaimana system manajemen kinerja digunakan?
  • Pengembangan karyawan
  • Peningkatan  motivasi
  • Pendukungan perencanaan SDM
  • Pengkondisian kepatuhan regulasi
  • Penentuan reward & kompensasi

Siapa representasi yang memberikan penilaian?

  • Manager
  • Supervisor
  • Customer
  • Bawahan
  • Diri sendi

  • Apa yang dievaluasi?
  • sifat individu
  • perilaku individu
  • hasil pencapaian
  • kerjasama tim

  • bagaimana ukuran untuk mengevaluasi?
  • Nilai absolut
  • Nilai relative
  • Alat-alat ukur untuk evaluasi?
  • Grafik rating
  • Scale
  • Weighted
  • Kritikal incident
  • Lain-lain

Implementasi manajemen kinerja

1. Keadilan Distibutif 

Artinya Nilai yang diberikan pada Karyawan diketahui Impact nya terhadap Kesejahteraan dan juga yang lainnya

2. Keadilan Prosedural

Artinya Nilai yang diberikan pada Karyawan diperoleh memalui mekanisme dan prosedur yang sudah benar dan diketahui Impact nya terhadap Kesejahteraan dan juga konsekuensi

3. Keadilan Interpersonal

Artinya Nilai nilai tatanan norma etika, tatakrama, psikologis dilakukan oleh manajemen dalam mengelola sumberdaya manusia

4. Keadilan Informational

Artinya dalam komunikasi lisan maupun tulisan dilakukan dengan jelas, lugas, tidak multi tafsir, sehingga mudah dipahami oleh sumberdaya manusia yang ada didalamnya.

Perkembangan manajemen kinerja

Manajemen Kinerja Konvensional:

Eksploitasi kinerja jangka pendek

Kecenderungan melaporkan kinerja masa lalu

Fokus pada maksimalisasi laba dan minimalisasi biaya tidak lagi cukup untuk persaingan di dunia modern

Kurang fleksibel

Tidak memicu proses perbaikan

Manajemen Kinerja abad 21:

Fokus pada semua stakeholder perusahaan

Fokus pada perubahan lingkungan persaingan usaha

Kesimpulan

Performance Management harus memiliki pandangan, arah, dan tujuan yang jelas,  karena sangat erat kaitannya dengan strategi perusahaan untuk peningkatan sikap, perilaku, kompetensi, reward, punishment, dan nilai-nilai yang sesuai dengan budaya positif perusahaan yang menunjang Target dan Tujuan Perusahaan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun