Lanjutan esay guru penggerak
Pertimbangan-pertimbangan atau alternatif apa saja yang Anda hadirkan dalam membuat keputusan? Informasi apa lagi yang Anda gunakan untuk memperkuat keputusan Anda (minimal 1.500 karakter)
Dalam membuat suatu keputusan memang harus melalui pertimbangan-pertimbangan yang tepat. Hal pertama yang harus dilakukan dalam mengambil suatu keputusan adalah dengan dilaksanakannya muswarah dengan pihak-pihak yang berkepentingan. Akan tetapi tidak jarang dalam pengambilan suatu keputusan yang telah dimusyawarahkan bersama masih terdapat hasil yang kurang maksimal dalam pelaksanaannya sehingga harus ada alternatif-alternatif yang perlu dilakukan dalam melaksanakan keputusa tersebut. Dalam suatu lembaga sekolah, ada kepala sekolah selaku pimpinan, teman sejawat, staff dan tenaga kependidikan yang harus saling mengisi dalam pelaksanaan suatu keputusan. Alternatif-alternatif dapat diperoleh dari semua unsur yang terlibat, dimana pada akhirnya alternatif-alternatif tersebut diputuskan oleh kepala sekolah. Apabila belum ada kata sepakat pada musyawarah yang pertama, perlu dilaksanakan musyawarah lanjutan. Dalam hal ini, keputusan yang telah diputuskan oleh kepala sekolah harus memiliki kebijaksanaan yang seadil-adilnya agar tidak terjadi kesalah pahaman yang berlarut-larut sehingga tujuan akan dapat dilaksanakan bersama-sama tanpa menimbulkan dampak negatif.
Menurut pendapat saya, sangat dibutuhkan perhatian dan kebijaksanaan seorang pemimpin secara berkelanjutan terhadap kepentingan-kepentingan yang belum terakomodir. Seorang pemimpin tidak boleh mengabaikan kepentingan minoritas anggota. Saran dan pendapat yang disampaikan harus diterima, dianalisis, dan direspon dengan bijaksana dan seadil-adilnya sehingga keputusan tersebut dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya dan memperoleh tujuan sesuai harapan semua pihak yang berkepentingan.
Tindakan apa yang kemudian Anda ambil dan bagaimana hasilnya? (minimal 500 karakter)
Tindakan yang saya ambil dalam keputusan tersebut adalah menerima dengan penuh keikhlasan dan penuh tanggungjawab demi kebaikan bersama, tentunya dengan kerjasama dengan semua pihak. Tindakan yang saya lakukan adalah melaksanakan tugas sebagai operator sekolah yang telah ditugaskan, saya laksanakan dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggungjawab.
Hasilnya adalah semua tugas pengelolaan adminstrasi sekolah dapat terselesaikan tepat waktu sesuai dengan harapan. Contoh pengelolaan administrasi tersebut adalah pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Data Pokok Pendidikan (Dapodik), dan administrasi sekolah lainnya.
4. Perkembangan menuntut kita untuk terus belajar hal-hal baru. Ceritakan pengalaman Anda saat mendapatkan masukan atau umpan balik terkait kemampuan Anda.Â
Kapan waktu kejadiannya? Masukan atau umpan balik apa yang secara spesifik Anda dapatkan? Apa yang Anda rasakan saat menerima masukan atau umpan balik tersebut (minimal 1.000 karakter)
Pengalaman saya adalah waktu ada informasi dari kepala sekolah terkait adanya Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Asesmen Kompetensi Minimum, dimana pada waktu itu adalah awal tahun pelajaran baru bagi kelas 5 untuk melaksanakan Asesmen kompetensi minimal dan merupakan salah satu tes yang menjadi bagian dari Asesmen Nasional yang merupakan pengganti Ujian Nasional (UN) serta baru pertama kalinya akan dilaksanakan pada tahun pelajaran 2021/2022.
Saya merespon informasi tersebut dengan cara mencari informasi terkait program tersebut. Setelah informasinya jelas, maka saya mengikuti Bimtek Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Asesmen Kompetensi Minimum yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tanggal 6-10 Juli 2021. Setelah selesainya saya mengikuti BImtek tersebut, ada umpan balik dari kepala sekolah bahwa saya ditunjuk untuk menjadi proktor pada AKM dengan berbagai ketentuan-ketentuannya. Saya merasakan bahwa umpan balik dari kepala sekolah tersebut adalah sebuah reward atau penghargaan bagi saya serta saya sangat bangga dapat menjadi salah satu personil dalam meksukseskan program pemerintah tersebut.
Bagaimana cara Anda menyikapi masukan dan umpan balik tersebut untuk pengembangan diri Anda? (minimal 1.000 karakter)
Cara saya menyikapi masukan dan umpan balik tersebut adalah dengan cara menerima masukan dan umpan balik yang telah disampaikan tersebut dengan senang hati dan bangga mendapatkan masukan dan umpan balik dari orang lain apalagi masukan dan umpan balik tersebut dari kepala sekolah, serta saya menerima dengan lapang dada sebab pribadi yang baik adalah pribadi yang jujur dan terbuka dengan kritik, saran dan masukan dari orang lain. Apalagi masukan dan umpan balik dari kepala sekolah tersebut dapat meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan sebagai seorang pendidik sebagai bentuk pengembangan diri.
Dengan adanya saya mengikuti Bimtek Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Asesmen Kompetensi Minimum yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tanggal 6-10 Juli 2021 kemudian ditindaklanjuti sebagai proktor dalam AKM serta telah menjadi salah satu personil yang mengawal suksesnya pelaksanaan AKM Â maka saya menyakini bahwa masukan dan umpan balik tersebut telah membawa dampak positif serta nilai tambah bagi pengembangan diri saya dan siap menerima masukan dan umpan balik dalam bentuk lain sepanjang dalam koridor pengembangan diri.
Selain memanfaatkan masukan dan umpan balik dalam proses pengembangan diri Anda, Hal berbeda apa yang Anda lakukan untuk mendukung proses pengembangan diri Anda? Adakah cara-cara di luar kebiasaan yang Anda lakukan dimana hal tersebut membuat Anda kurang nyaman namun mendukung proses pembelajaran Anda? (minimal 1.000 karakter)
Hal berbeda yang saya lakukan setelah memperoleh masukan dan umpan balik dalam proses pengembangan diri saya adalah dengan belajar mengoperasikan aplikasi edit video dimana kepentingan edit video adalah merapikan potongan gambar dan cuplikan video dan menyampaikan pesan melalui audio visual. Sebab, dengan saya menguasai aplikasi edit video ini, maka hal tersebut merupakan pengembangan diri yang mungkin tidak dapat dimiliki oleh orang lain serta akan memberikan nilai tambah pada pengembangan diri saya sebagai seorang pendidik terutama pada TI.
Selain itu, tujuan dan manfaat edit video adalah menyampaikan pesan melalui audio visual, lebih peka terhadap hal detail, dan sebagai media promosi. Di sisi lain, hasil dari edit video ini sangat bermanfaat dalam menampilkan materi pembelajaran dan dapat mempermudah guru dan siswa pada proses pembelajaran di kelas. Dimana pada pembelajaran sebelumnya, saya belum pernah menampilkan atau menayangkan video hasil edit.
Cara-cara di luar kebiasaan yang saya lakukan seperti edit video ini membuat saya nyaman sebab sangat mendukung proses pembelajaran di kelas.
Bagaimana aplikasi hasil proses pembelajaran yang Anda sebutkan di dalam pekerjaan Anda? (minimal 1.000 karakter)
Pengaplikasian hasil proses pembelajaran yang telah saya kerjakan adalah penguasaan sebagaimana yang telah diuraikan sebelumnya bahwa pemanfaatan masukan dan umpan balik dan hal-lain lain di luar kebiasaan dapat mendukung proses pengembangan diri dan mendukung proses pembelajaran terbukti mampu memberikan kontribusi positif terhadap hasil perolehan nilai siswa terlebih lagi terhadap pengembangan diri saya sebagai pendidik. Menurut saya, sebagai seorang pendidik haruslah mampu mengembangkan diri terutama pada kemampuan penguasaan metode pembelajaran maupun penguasaan media pembelajarannya yang sesuai dengan situasi dan kondisi pada lingkungan tempat kita bekerja. Apalagi, sarana dan prasarana yang saya butuhkan dalam pengembangan diri tersebut telah tersedia.
Kesimpulannya adalah hasil proses pembelajaran sangat mempengaruhi kualitas pekerjaan yang saya lakukan. Sebab, dengan kita menguasai dan memiliki kemampuan mengelola pembelajaran menggunakan media yang relevan dengan hasil yang maksimal dapat menciptakan citra pekerjaan yang semakin baik bagi masyarakat maupun bagi diri sendiri. Hasil proses pembelajaran yang baik juga mampu meningkatkan hasil belajar dan prestasi peserta didik.
5. Ceritakan pengalaman Anda melakukan pengembangan terhadap orang lain (contohnya dengan guru, rekan sejawat lainnya, komunitas, tokoh masyarakat, maupun lainnya), misalnya dalam kegiatan perlombaan, riset ilmiah, mempersiapkan orang lain pada tugas dan tanggung jawab baru, atau lainnya.
Kapan waktu kejadiannya? Siapa yang Anda kembangkan? Apa yang memotivasi Anda melakukan pengembangan tersebut? (minimal 500 karakter)
Upaya pengembangan terhadap orang lain yang telah saya lakukan antara lain:
- Tahun 2021 pada waktu melaksanakan perkuliahan di Universitas Terbuka Jember. Pihak yang terlibat adalah rekan mahasiswa pada waktu mengerjakan tugas mata kuliah prespektif pendidikan. Motivasinya yaitu hasil bimtek Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Asesmen Kompetensi Minimum yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tanggal 6-10 Juli 2021 perlu ditindaklanjuti dengan berbagi pengetahuan bersama rekan mahasiswa. Motivasi ini saya lakukan murni karena ingin berbagi pengalaman dengan orang lain.
- Tahun 2021. Pihak yang terlibat adalah siswa kelas 5 dengan kegiatan memberikan pelatihan komputer kepada siswa kelas 5 dalam rangka menghadapi ujian AKM. Kemampuan TI yang saya kuasai dapat berkembang dengan cara diajarkan kepada siswa.
Hal apa yang menjadi fokus pengembangan? Ceritakan pula cara Anda membangun kesepakatan guna mencapai hasil pengembangan yang diharapkan. (minimal 1.000 karakter)
Fokus pengembangan saya adalah mengembangkan keterampilan/ skill dari diri sendiri, rekan mahasiswa, dan siswa kelas 5.
Cara saya dalam membangun kesepakatan guna mencapai hasil pengembangan yang diharapkan antara lain:
- Kepada rekan mahasiswa dengan cara membuat sebuah komitmen di awal pertemuan. Setelah kesepakatan dicapai, Â maka yang tidak kalah pentingnya adalah konsistensi dalam melaksanakan pengembangan tersebut. Ketekunan, kesabaran dan keuletan dalam melakukan kegiatan harus dimaksimalkan untuk mencapai hasil yang diharapkan.
- Kepada siswa-siswi kelas 5 dengan cara memberikan penjelasan terkait kegiatan yang akan dilaksanakan pada awal pertemuan kemudian dilanjutkan dengan pembuatan komitmen kesepakatan dengan siswa dan orangtua siswa. Setelah kesepakatan dicapai, Â maka yang perlu dilaksanakan adalah konsistensi dalam melaksanakan pengembangan tersebut. Ketekunan, kesabaran dan keuletan dalam melakukan kegiatan harus dimaksimalkan untuk mencapai hasil yang diharapkan.
Kemauan untuk belajar dan berkembang menjadi sesuatu yang seyogyannya dilakukan. Tidak jarang, Â kita memiliki kemampuan tapi tidak ada kemauan untuk berkembang maka akan sangat sulit untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Akan tetapi sebaliknya, meski kita memiliki kemampuan yang kurang namun memiliki kemauan dan semangat belajar yang tingga maka akan memperoleh hasil yang maksimal.
Dukungan apa saja yang Anda berikan bagi orang tersebut? Hambatan apa yang Anda temui dan bagaimana cara Anda mengatasinya? Upaya-upaya apa saja yang Anda lakukan untuk mempertahankan motivasi orang tersebut? (minimal 1.500 karakter)
Pada proses pengembangan terhadap orang lain dibutuhkan dukungan moril maupun materiil, seperti halnya yang saya lakukan. Pengelolaan, pembinaan, dan pembimbingan sebuah kelompok bukan hal yang mudah. Setiap orang memiliki karakteristik dan pribadi yang beragam dari anggota dibutuhkan usaha maksimal dalam upaya pengembangan. Selain itu dukungan yang tinggi sangat dibutuhkan, baik dukungan materiil maupun non-materiil. Secara psikologis, peserta pengembangan sangat membutuhkan dukungan semangat atau motivasi dari orang lain untuk berkembang. Mental yang kuat juga menjadi bagian yang penting untuk dikembangakan.
Disamping itu, dalam berbagai kegiatan yang dilakukan dapat dipastikan selalu membutuhkan dukungan materiil berupa pendanaan atau financial. Dukungan pendanaan atau financial sangat dibutuhkan untuk memenuhi biaya-biaya pada kegiatan tersebut. Suatu contoh, pada kegiatan pengembangan dalam bentuk lomba tentu sangat membutuhkan biaya kegiatan. Dukungan financial sering kali menjadi hambatan dalam melakukan kegiatan di luar sekolah. Hanya saja selama ini dapat diakomodir dengan komunikasi yang baik dan intensif bersama para pemangku kebijakan. Melalui komunikasi yang baik tersebut akan selalu ada jalan keluar penyelesaian masalah yang dihadapi, sehingga hal tersebut tidak menjadi penghambat dalam suatu kegiatan.
Upaya yang menjadi point utama adalah motivasi untuk berkembang, haruslah berangkat dari diri kita pribadi bahwa kegiatan tersebut adalah kegiatan yang akan memberikan perubahan menuju sesuatu yang lebih baik bagi orang lain. Motivasi tersebut dapat kita dapatkan dengan cara berpikir bahwa kegiatan pengembangan yang akan kita lakukan merupakan suatu kegiatan yang akan memberikan kontribusi kepada orang lain agar orang lain juga akan menerima manfaat dari pengembangan yang kita lakukan.
Bagaimana hasilnya? (minimal 500 karakter)
Hasil dari upaya-upaya pengembangan yang dikukan dengan langkah-langkah strategis serta telah direncanakan dengan matang kemudian memperoleh dukungan moril maupun materiil dan ada motivasi yang tinggi dari dalam diri kita ternyata memperoleh hasil yang maksimal yaitu hasil pada:
- Rekan mahasiswa mampu memahami Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dari pengertian, tujuan serta manfaatnya untuk mendukung pemahaman pada mata kuliah prespektif pendidikan.
- Siswa-siswi kelas 5 dapat mengikuti pelaksanaan ujian Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dengan baik dan memperoleh nilai sesuai harapan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H