MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAANÂ
Â
 Â
          Disusun OlehÂ
Nama             : Siti Musyaropah, S.Pd.
Unit              : SMK NU 7 Wahid Hasyim KendalÂ
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Â
Â
PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM JABATAN ANGKATAN II
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
2023
Â
Â
 Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Lamaran Pekerjaan
      Latar belakang yang menjadi masalah dalam studi kasus ini adalah rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis surat lamaran pekerjaan kelas XII SMK NU 7 Wahid Hasyim Kendal Tahun Pelajaran 2022/2023. Peserta didik dalam menulis surat lamaran pekerjaan belum memperhatikan sistematika, isi, dan kebahasaan. Rendahnya motivasi belajar peserta didik. Kurangnya penguasaan EYD oleh peserta didik. Minimnya kebahasaan peserta didik dalam menulis surat lamaran pekerjaan. Peserta didik kurang berlatih menulis surat lamaran pekerjaa. Selain dari peserta didik, dari guru juga masih kurang tepat dalam memilih model dan metode pembelajaran. Topik ini akan membantu guru meningkatkan kompetensi pedagogik seperti kemampuan menerapkan dan memilih model pembelajaran.
      Dalam studi kasus ini, terkait meningkatkan kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan menggunakan model berbasis proyek (Project Based Learning)  dan pendekatan saintifik menjadi topik yang penting untuk dibahas karena dengan menggunaan model yang inovatif ini, dapat meningkatkan kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan dengan memperhatikan sistematika, isi, dan kebahasaan peserta didik.
Analisis Situasi
      Berdasarkan situasi yang terjadi pada saat perencanaan dan evalusi pembelajaran menulis surat lamaran pekerjaan adalah ditentukan bahwa akar penyebab masalah adalah peserta didik belum mampu menulis surat lamaran pekerjaan. Hal tersebut dikarenakan peserta didik kurang berlatih menulis surat lamaran pekerjaan. Sedangkan dari guru cenderung menggunakan metode ceramah. Berkaitan dengan hal tersebut, dikarenakan guru belum banyak mendapat pelatihan tentang pengunaan metode dan model pembelajaran yang sesuai.
      Peran guru dalam perancangan pembelajaran adalah membuat rencana pembelajaran, mengembangkan materi, mempersiapkan media yang akan digunakan yang dibuat atas dasar pertimbangan kondisi peserta didik. Sedangkan peran guru dalam evaluasi pembelajaran untuk memberikan nilai kepada peserta didik. Untuk menentukan tingkat keberhasilan peserta didik dalam proses pembelajaran. Peran guru dalam evaluasi pembelajaran yaitu dapat dipakai untuk menentukan tingkat keberhasilan peserta didik dalam proses pembelajaran.
      Adapun yang terlibat dalam perancangan dan evaluasi yang dilakukan diantaranya saya sebagai guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, teman sejawat dan kepala sekolah yang memberikan  dukungan, guru pamong dan dosen pembimbing yang memberikann masukkan dan dorongan serta membantu dalam merancang perbaikan pembelajaran, dan peserta didik yang menjadi objek.
      Adapun tantangan dan hambatan yang dihadapi saat perencanaan dan evalusi pembelajaran menulis surat lamaran pekerjaan yaitu:
1. Kemampuan peserta didik yang masih rendah dalam menulis surat lamaran pekerjaan.
2. Guru mengalami kesulitan dalam mencari iklan lowongan pekerjaan dari surat kabar/media cetak untuk dijadikan contoh.
3. Guru kurang berinovasi dalam teknologi, metode, dan model pembelajaran.
      Berdasarkan kajian di atas, maka Penulis merasa tertantang untuk mengubah cara mengajar dan belajar peserta didik menjadi lebih aktif dan kritis.
Alternatif Solusi
      Langkah nyata yang dilakukan dalam mengadapi tantangan merancang pembelajaran dan evaluasi pembelajaran menulis surat lamaran pekerjaan adalah Penulis mengambil solusi dengan menghadirkan iklan lowongan pekerjaan dari internet. Memberi bimbingan kembali kepada peserta didik tentang langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan dengan memperatikan sistematika, isi, dan kebahasaan.               Â
      Penulis memilih model pembelajaran untuk menangani permasalahan belum optimalnya kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan peserta didik kelas XII SMK NU 7 Wahid Hasyim Kendal adalah model pembelajaran berbasis proyek (project based learning/PjBL). Model pembelajaran berbasis proyek (project based learning/PjBL) termasuk suatu model pembelajaran yang bertujuan memberikan kesempatan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan merancang sebuah proyek secara kontektual.
      Penerapan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning/PjBL) memiliki 6 tahap, yaitu:
1: Mengenal Masalah
Guru membantu siswa untuk mengenali permasalahan pembelajaran yaitu pentingnya mempelajari langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan sebagai bekal mereka setelah lulus untuk melamar pekerjaan.
2: Mendesain Perencanaan Projek Literasi
Guru membagikan LKPD kepada peserta didik untuk mendesain projek menulis surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan unsur kebahasaan.
3: Menyusun Jadwal
Guru dan peserta didik membuat jadwal aktivitas yang mengacu pada waktu maksimal dalam menulis surat lamaran pekerjaan.
4: Memonitor Peserta Didik dan Kemajuan Projek.
Guru memonitoring, membimbing, dan mengawasi peserta didik dalam menulis surat lamaran pekerjaan secara mandiri.
5: Menguji Hasil
Peserta didik mempresentasikan kemudia menempel hasil pekerjaannya menulis surat lamaran pekerjaan pada mading kelas untuk diberi penilaian. Â Â Â
6: Mengevaluasi Pengalaman
Peserta didik yang lain dan guru memberi komentar dan masukan.
      Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi yang pertama adalah dari SDM. Kemampuan pendidik dan teman serumpun  dalam  memahami masalah dan solusinya sehingga kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan meningkat. Yang kedua dari sarana dan prasarana. Berupa media berupa salindia (PPT), materi dalam pembelajaran yang diterapkan mampu meningkatkan kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan pada peserta didik kelas XII.
   Â
Evaluasi
       Hasil dan dampak penggunaan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) pada materi menulis surat lamaran pekerjaan bagi guru yaitu: guru menjadi lebih inovatif dalam menerapkan model pembelajaran dan mempelajari berbagai metode pembelajaran yang menarik, efektif, dan efisien.
       Hasil dan dampak penggunaan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) pada materi menulis surat lamaran pekerjaan bagi peserta didik yaitu: pembelajaran berpusat pada peserta didik; peserta didik menjadi lebih paham dalam menerima materi pembelajaran; peserta didik lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran; peserta didik yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata mampu menjadi tutor sebaya dalam kelompok diskusinya; peserta didik lebih antusias dalam memanfaatkan gawai untuk mengakses materi pembelajaran  dari internet dan mengisi LKPD yang sudah dicetak dengan penampilan yang menarik.
                                                  Â
Daftar PustakaÂ
https://www.ruangkerja.id/blog/project-based-learning-adalah
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H