3.3.a.6. DEMONSTRASI KONTEKSTUAL - MODUL 3.3
OLEH : SISKA SUSILOWATI (SMAN 1 TOJO)
(CGP ANGKATAN 6 KAB. TOJO UNA-UNA)
Â
TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS: CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA.
DASAR PEMIKIRAN KHD
Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat).
DESKRIPSI SINGKAT
Kegiatan ini merupakan kegiatan Ko-Kurikuler, yang dilaksanakan pada hari hari tertentu yang telah disepakati bersama, setiap ssiswa mengumpulkan kemasan gelas bekas yang banyak terdapat di tempat sampah lingkungan sekolah dan akan dibuat menjadi sebuah karya yang dikerjakan secara berkelompok.
TUJUAN PROGRAM /KEGIATAN
Kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa empati terhadap lingkungan sekitar dan memupuk jiwa social dalm mewujudkan profil pelajar pancasila
ALASAN PEMILIHAN PROGRAMÂ
Pada hari hari sekolah sebagian besar dari jumlah siswa di SMAN 1 Tojo sering membeli minuman gelas, sehingga banyak kemasan gelas bekas yang ada di lingkungan sekolah. Selain untuk dimanfaatkan dalam pembuatan karya tentunya dengan memanfaatkan hal tersebut akan tercipta lingkungan yang bersih dan murid mampu mengubah sampah menjadi suatu hal yang berguna dan memiliki harga jual (aset).
POIN/KOMPONEN PROFIL PELAJAR PANCASILA YANG DIBANGUN
- Berkebinekaan Global (Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid agar murid memiliki pemikiran dan wawasan yang luas dan terbuka)
- Â Begotong Royong (Mendorong kepemimpinan murid untuk telibat dan berinteraksi dengan orang lain)
- Kreatif (Menumbuhkankembangkan kepemimpinan murid untuk terekpos pada pengalaman belajar otentik yang menuntut mereka untuk mengembangkan ide atau gagasan dari apa yang ingin dicapai)
KARAKTERISTIK LINGKUNGAN PENDUKUNG TUMBUHNYA KEPEMIMPINAN MURID YANG AKAN DIKEMBANGKAN
- Lingkungan yang mengembangkan keterampilan berinteraksi social secara positif, arif dan bijaksana, dimana murid akan menjunjung tinggi nilai nilai social positif berbasis nilai nilai kebajikan yang dibangun sekolah.
- Lingkungan yang melatih keterampilan yang dibutuhkan murid dalam proses pencapaian tujuan akademik maupun non-akademiknya.
PRAKARSA PERUBAHAN
Menguatkan interaksi sosial antara siswa dan lingkungannya secara positif , arif dan bijaksana melalui program  "KARYA MIE GELAS" (berkarya memanfaatkan kemasan minuman gelas bekas)
TAHAPAN BAJGA
BUAT PERTANYAANÂ
PERTANYAAN:
- Mengapa kita perlu mewujudkan interaksi antara murid dan lingkungan alam secara positif, arif dan bijaksana?
- Bagaimana kita bisa memanfaatkan potensi sekaligus menguatkan interaksi antara murid dan lingkungan sekitar secara positif arif dan bijaksana
TIDAKANA YANG DIPERLUKN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN:
- Berdiskusi dengan kepala sekolah dan teman sejawat tentang pentingnya mewujudkan interaksi positif antara murid dan lingkungan sekitar
- Berdiskusi dengan murid tentang hal hal menarik apa yang bias dilakukan untuk menumbuhkan inetraksi positif antara murid dan lingkungan sekitar
RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID:
Berdiskusi dengan murid tentang tindakan apa yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan interaksi positif antara murid dan lingkungan sekolah yang membutuhkan perhatian kita dan menampung aspirasi atau ide mereka
ASET/KEKUATAN / SUMBER DAYA
Modal Manusia (Guru dan Murid )
WAKTU YANG DIPERLUKAN :1 minggu
PENANGGUNG JAWAB :CGPÂ
AMBIL PELAJARANÂ
PERTANYAAN:
- Apa pengalaman menyenangkan dan berhasil yang pernah dialami guru dalam meningkatkan interaksi antar murid dan lingkungan sekolah?
- Aktivitas apa saja yang menarik murid untuk dapat berinteraksi dengan lingkungan alam sekitar sekolah.
TINDAKAN YANG DIPERLUKN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN:
- Mencari tahu siapa yang pernah membuat karya dari bekas kemasan minuman gelas
- Melibatkan murid untuk menginventaris kekuatan dan potensi lingkungan sekolah
RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID:
- Mendiskusikan dengan murid potensi yang dapat dimanfaatkan yang terdapat di lingkungan sekolah
- Mendiskusikan dengan  murid tentang kegiatan berkarya memanfaatkan kemasan minuman gelas bekas)
ASET/KEKUATAN / SUMBER DAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI
Modal Manusia (Guru dan Murid )
Lingkungan sekolah( terdapat banyak kemasan bekas minuman yang terdapat tempat sampah pada di lingkungan sekolah )
WAKTU YANG DIPERLUKAN :1 minggu
PENANGGUNG JAWAB :CGP dan Guru Prakarya
GALI MIMPI
PERTANYAAN:
- Apakah kebiasaan kebiasaan baru yang akan terjadi ketika tercapai interaksi yang positif arif dan bijaksana antara murid dan lingkungan sekolah?
- Bagaimana perasaan murid setelah mampu membuat karya memanfaatkan kemasan minuman gelas bekas
- TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN:
- Mendesain karya berkarya memanfaatkan kemasan minuman gelas bekas
- Menggunakan kemasan bekas tersebut untuk membuat tas keranjang taupun tempat tissue
- Menanyakan perasaan murid tentang perasaannya setelah bisa membuat berkarya memanfaatkan kemasan minuman gelas bekas
RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID:
- Menanyakan pendapat setiap murid tentang pendapat dan harapan mereka akan kegiatan pembuatan karya memanfaatkan kemasan minuman gelas bekas
ASET/KEKUATAN / SUMBER DAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI
Modal Manusia (Guru dan Murid )
WAKTU YANG DIPERLUKAN :1 minggu
PENANGGUNG JAWAB :CGPÂ
Â
JABARKAN RENCANA
PERTANYAAN:
- Apa langkah yang bisa dilakukan agar program karya memanfaatkan kemasan minuman gelas bekas)
- Berapa lama target untuk membuat karya memanfaatkan kemasan minuman gelas bekas
- TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN:
- Mengumpulkan bahan yang diperlukan (kemasan gelas bekas minuman) dan alat alat yang diperlukan
- Mengkoordinasikan jadwal kegiatan dengan kepala sekolah dan guru
- Menggunakan kemasan bekas tersebut untuk membuat tas keranjang taupun tempat tissue
- Menanyakan perasaan murid tentang perasaannya setelah bisa membuat berkarya memanfaatkan kemasan minuman gelas bekas
RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID:
- Memberikan pilihan kepada murid karya apa yang akan dibuat dengan memanfaatkan kemasan minuman gelas bekas
- Mendiskusikan dengan murid waktu pelaksanaan kegiatan
ASET/KEKUATAN / SUMBER DAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI
Modal Manusia (Guru dan Murid )
Modal lingkungan sekolah (terdapat banyak kemasan gelas bekas )
Modal finansial (anggaran sekolah dan swadaya murid dalam pengadaan peralatan pendukung)
WAKTU YANG DIPERLUKAN :1 minggu
PENANGGUNG JAWAB :CGP dan Guru Prakarya
ATUR EKSEKUSIÂ
PERTANYAAN:
- Siapa saja yang saya libatkan dalam mewujudkan rencana membuat karya memanfaatkan kemasan minuman gelas bekas
- Apa saja peran  yang dibutuhkan dan siapa yang mengisi peran tersebut
TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN:
- Menyusun kepanitiaan kegiataan
- Menyusun waktunpelaksanaan kegiatan
- Menyusun tahapan kegiatan
RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID:
- Mengkoordinasikan dengan murid tentang pembagian tugas, waktu dan tahapan kegiatan
- Mempersilahkan murid untuk melakukan aksi nyata dalam pembuatan karya.
ASET/KEKUATAN / SUMBER DAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI
Modal Manusia (Guru dan Murid )
Modal lingkungan sekolah (terdapat banyak kemasan gelas bekas )
Modal finansial (anggaran sekolah dan swadaya murid dalam pengadaan peralatan pendukung)
WAKTU YANG DIPERLUKAN :4 Â minggu.
PENANGGUNG JAWAB :CGP dan Guru Prakarya
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H