Mohon tunggu...
SISKA SUSILOWATI
SISKA SUSILOWATI Mohon Tunggu... Guru - SMA NEGERI 1 TOJO

SALAM SEHAT DAN BAHAGIA SELAMANYA

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tugas 3.3.A.6 Demonstrasi Kontekstual Modul 3.3

15 Maret 2023   13:06 Diperbarui: 15 Maret 2023   13:15 2849
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

3.3.a.6. DEMONSTRASI KONTEKSTUAL - MODUL 3.3

OLEH : SISKA SUSILOWATI (SMAN 1 TOJO)

(CGP ANGKATAN 6 KAB. TOJO UNA-UNA)

 

TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS: CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA.

DASAR PEMIKIRAN KHD

Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat).

DESKRIPSI SINGKAT

Kegiatan ini merupakan kegiatan Ko-Kurikuler, yang dilaksanakan pada hari hari tertentu yang telah disepakati bersama, setiap ssiswa mengumpulkan kemasan gelas bekas yang banyak terdapat di tempat sampah lingkungan sekolah dan akan dibuat menjadi sebuah karya yang dikerjakan secara berkelompok.

TUJUAN PROGRAM /KEGIATAN

Kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa empati terhadap lingkungan sekitar dan memupuk jiwa social dalm mewujudkan profil pelajar pancasila

ALASAN PEMILIHAN PROGRAM 

Pada hari hari sekolah sebagian besar dari jumlah siswa di SMAN 1 Tojo sering membeli minuman gelas, sehingga banyak kemasan gelas bekas yang ada di lingkungan sekolah. Selain untuk dimanfaatkan dalam pembuatan karya tentunya dengan memanfaatkan hal tersebut akan tercipta lingkungan yang bersih dan murid mampu mengubah sampah menjadi suatu hal yang berguna dan memiliki harga jual (aset).

POIN/KOMPONEN PROFIL PELAJAR PANCASILA YANG DIBANGUN

  • Berkebinekaan Global (Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid agar murid memiliki pemikiran dan wawasan yang luas dan terbuka)
  •  Begotong Royong (Mendorong kepemimpinan murid untuk telibat dan berinteraksi dengan orang lain)
  • Kreatif (Menumbuhkankembangkan kepemimpinan murid untuk terekpos pada pengalaman belajar otentik yang menuntut mereka untuk mengembangkan ide atau gagasan dari apa yang ingin dicapai)

KARAKTERISTIK LINGKUNGAN PENDUKUNG TUMBUHNYA KEPEMIMPINAN MURID YANG AKAN DIKEMBANGKAN

  • Lingkungan yang mengembangkan keterampilan berinteraksi social secara positif, arif dan bijaksana, dimana murid akan menjunjung tinggi nilai nilai social positif berbasis nilai nilai kebajikan yang dibangun sekolah.
  • Lingkungan yang melatih keterampilan yang dibutuhkan murid dalam proses pencapaian tujuan akademik maupun non-akademiknya.

PRAKARSA PERUBAHAN

Menguatkan interaksi sosial antara siswa dan lingkungannya secara positif , arif dan bijaksana melalui program  "KARYA MIE GELAS" (berkarya memanfaatkan kemasan minuman gelas bekas)

TAHAPAN BAJGA

BUAT PERTANYAAN 

PERTANYAAN:

  • Mengapa kita perlu mewujudkan interaksi antara murid dan lingkungan alam secara positif, arif dan bijaksana?
  • Bagaimana kita bisa memanfaatkan potensi sekaligus menguatkan interaksi antara murid dan lingkungan sekitar secara positif arif dan bijaksana

TIDAKANA YANG DIPERLUKN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN:

  • Berdiskusi dengan kepala sekolah dan teman sejawat tentang pentingnya mewujudkan interaksi positif antara murid dan lingkungan sekitar
  • Berdiskusi dengan murid tentang hal hal menarik apa yang bias dilakukan untuk menumbuhkan inetraksi positif antara murid dan lingkungan sekitar

RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID:

Berdiskusi dengan murid tentang tindakan apa yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan interaksi positif antara murid dan lingkungan sekolah yang membutuhkan perhatian kita dan menampung aspirasi atau ide mereka

ASET/KEKUATAN / SUMBER DAYA

Modal Manusia (Guru dan Murid )

WAKTU YANG DIPERLUKAN :1 minggu

PENANGGUNG JAWAB :CGP 

AMBIL PELAJARAN 

PERTANYAAN:

  • Apa pengalaman menyenangkan dan berhasil yang pernah dialami guru dalam meningkatkan interaksi antar murid dan lingkungan sekolah?
  • Aktivitas apa saja yang menarik murid untuk dapat berinteraksi dengan lingkungan alam sekitar sekolah.

TINDAKAN YANG DIPERLUKN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN:

  • Mencari tahu siapa yang pernah membuat karya dari bekas kemasan minuman gelas
  • Melibatkan murid untuk menginventaris kekuatan dan potensi lingkungan sekolah

RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID:

  • Mendiskusikan dengan murid potensi yang dapat dimanfaatkan yang terdapat di lingkungan sekolah
  • Mendiskusikan dengan  murid tentang kegiatan berkarya memanfaatkan kemasan minuman gelas bekas)

ASET/KEKUATAN / SUMBER DAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI

Modal Manusia (Guru dan Murid )

Lingkungan sekolah( terdapat banyak kemasan bekas minuman yang terdapat tempat sampah pada di lingkungan sekolah )

WAKTU YANG DIPERLUKAN :1 minggu

PENANGGUNG JAWAB :CGP dan Guru Prakarya

GALI MIMPI

PERTANYAAN:

  • Apakah kebiasaan kebiasaan baru yang akan terjadi ketika tercapai interaksi yang positif arif dan bijaksana antara murid dan lingkungan sekolah?
  • Bagaimana perasaan murid setelah mampu membuat karya memanfaatkan kemasan minuman gelas bekas

  • TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN:
  • Mendesain karya berkarya memanfaatkan kemasan minuman gelas bekas
  • Menggunakan kemasan bekas tersebut untuk membuat tas keranjang taupun tempat tissue
  • Menanyakan perasaan murid tentang perasaannya setelah bisa membuat berkarya memanfaatkan kemasan minuman gelas bekas

RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID:

  • Menanyakan pendapat setiap murid tentang pendapat dan harapan mereka akan kegiatan pembuatan karya memanfaatkan kemasan minuman gelas bekas

ASET/KEKUATAN / SUMBER DAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI

Modal Manusia (Guru dan Murid )

WAKTU YANG DIPERLUKAN :1 minggu

PENANGGUNG JAWAB :CGP 

 

JABARKAN RENCANA

PERTANYAAN:

  • Apa langkah yang bisa dilakukan agar program karya memanfaatkan kemasan minuman gelas bekas)
  • Berapa lama target untuk membuat karya memanfaatkan kemasan minuman gelas bekas

  • TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN:
  • Mengumpulkan bahan yang diperlukan (kemasan gelas bekas minuman) dan alat alat yang diperlukan
  • Mengkoordinasikan jadwal kegiatan dengan kepala sekolah dan guru
  • Menggunakan kemasan bekas tersebut untuk membuat tas keranjang taupun tempat tissue
  • Menanyakan perasaan murid tentang perasaannya setelah bisa membuat berkarya memanfaatkan kemasan minuman gelas bekas

RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID:

  • Memberikan pilihan kepada murid karya apa yang akan dibuat dengan memanfaatkan kemasan minuman gelas bekas
  • Mendiskusikan dengan murid waktu pelaksanaan kegiatan

ASET/KEKUATAN / SUMBER DAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI

Modal Manusia (Guru dan Murid )

Modal lingkungan sekolah (terdapat banyak kemasan gelas bekas )

Modal finansial (anggaran sekolah dan swadaya murid dalam pengadaan peralatan pendukung)

WAKTU YANG DIPERLUKAN :1 minggu

PENANGGUNG JAWAB :CGP dan Guru Prakarya

ATUR EKSEKUSI 

PERTANYAAN:

  • Siapa saja yang saya libatkan dalam mewujudkan rencana membuat karya memanfaatkan kemasan minuman gelas bekas
  • Apa saja peran  yang dibutuhkan dan siapa yang mengisi peran tersebut

TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN:

  • Menyusun kepanitiaan kegiataan
  • Menyusun waktunpelaksanaan kegiatan
  • Menyusun tahapan kegiatan

RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID:

  • Mengkoordinasikan dengan murid tentang pembagian tugas, waktu dan tahapan kegiatan
  • Mempersilahkan murid untuk melakukan aksi nyata dalam pembuatan karya.

ASET/KEKUATAN / SUMBER DAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI

Modal Manusia (Guru dan Murid )

Modal lingkungan sekolah (terdapat banyak kemasan gelas bekas )

Modal finansial (anggaran sekolah dan swadaya murid dalam pengadaan peralatan pendukung)

WAKTU YANG DIPERLUKAN :4  minggu.

PENANGGUNG JAWAB :CGP dan Guru Prakarya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun