Mohon tunggu...
Shinta DwiRizkika
Shinta DwiRizkika Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Semester 4

TERUS BELAJAR MENCARI INOVASI

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pokok-pokok Hadits Pendidikan

11 Juli 2020   09:09 Diperbarui: 11 Juli 2020   09:10 1564
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hadits yaitu apa yang diriwayatkan dari Nabi, baik berupa perkataan, perbuatan, dan ketetapannya. Seluruh umat Islam telah memahami bahwa Hadist Rasulullah SAW adalah pedoman hidup yang utama setelah Al-Quran. Atau dengan kata lain hadist nabi merupakan sumber ajaran Islam, di samping Al-Quran. "Hadis" atau al-hadits menurut bahasa berarti al-jadid (sesuatu yang baru). Kata hadis juga berarti al-khabar (berita), yaitu sesuatu yang dipercakapkan dan dipindahkan dari seseorang kepada orang lain.

Kata pendidikan secara berasal dari kata "didik" dengan mendapatkan imbuhan "pe" dan akhiran "an", yang berarti cara, proses atau perbuatan mendidik. Kata pendidikan secara bahasa berasal dari kata "pedagogi" yakni "paid" yang berarti anak dan "agogos" yang berarti membimbing, jadi pedagogi adalah ilmu dalam membimbing anak. Menurut wikipedia Pendidikan adalah suatu pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian

Hadis Pendidikan ialah hadis yang membahas tentang pendidikan. Adapun runag lingkup dari hadis pendidikan yaitu Perbuatan Mendidik, Anak Didik, Dasar dan Tujuan Pendidikan, Pendidik, Materi Pendidikan, Metode Pendidikan, Alat Pendidikan, Evaluasi Pendidikan dan Lingkungan Pendidikan.

Pentingnya menguasai ilmu pengetahuan

"Barangsiapa yang hendak menginginkan dunia, maka hendaklah ia menguasai ilmu. Barangsiapa menginginkan akhirat, hendaklah ia menguasai ilmu. Dan barang siapa yang menginginkan keduanya (dunia dan akhirat), hendaklah ia menguasai ilmu." (HR. Ahmad).

Kewajiban mendidik anak

"Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah (suci). Kemudian kedua orang tuanyalah yang akan menjadikan anak itu menjadi Yahudi, Nasrani, atau Majusi sebagaimana binatang ternak yang melahirkan binatang ternak dengan sempurna. Apakah kalian melihat ada cacat padanya?" (HR. Bukhari)

Menjadi pendidik yang baik

"Jadilah pendidik yang penyantun, ahli fikih, dan ulama. Disebut pendidik apabila seseorang mendidik manudia dengan memberikan ilmu sedikit-sedikit yang lama-lama menjadi banyak." (HR. Bukhari)

Kewajiban mendidik anak

"Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah (suci). Kemudian kedua orang tunyalah yang akan menjadikan anak itu menjadi Yahudi, Nasrani, atau Majusi sebagaimana binatang ternak yang melahirkan binatang ternak dengan sempurna. Apakah kalian melihat ada cacat padanya?" (HR. Bukhari)

Kewajiban menuntut ilmu

"Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim." (HR. Ibnu Majah)                                             

Jaminan bagi para penuntut ilmu

"Jadilah pendidik yang penyantun, ahli fikih, dan ulama. Disebut pendidik apabila seseorang mendidik manudia dengan memberikan ilmu sedikit-sedikit yang lama-lama menjadi banyak." (HR. Bukhari)

Ilmu lebih berharga ketimbang uang

"Sesungguhnya para Nabi tidak mewariskan dinar dan dirham, sesungguhnya mereka hanyalah mewariskan ilmu, maka barangsiapa yang telah mengambilnya, maka ia telah mengambil bagian yang banyak." (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

Hadits sebagaimana tinjauan Abdul Baqa' adalah isim dari tahdith yang berarti pembicaraan. Kemudian didefinisikan sebagai ucapan, perbuatan atau penetapan yang disandarkan kepada Nabi SAW. Segala tingkah laku manusia yang tidak ditegaskan ketentuan hukumnya, cara mengamalkannya, tidak dirinci dengan ayat Al-Quran secara mutlak dan jelas, dicari penyelesaian dalam macam-macam hadits.

Menurut Jurnal Ilmu Hadits UIN Sunan Gunung Djati Bandung, periwayatan hadist dan penulisan hadist jauh berbeda dengan periwayatan dan penulisan Al-Quran. Untuk Al-Quran, semua periwayatan ayat-ayatnya berlangsung secara mutawattir (berita yang diriwayatkan oleh orang banyak). Sedangkan periwayatan hadist, sebagian dilakukan secara mutawattir dan sebagian lagi berlangsung secara ahad (disampaikan oleh orang orang yang tidak
mencapai tingkat mutawattir).

macam-macam hadist terbagi menjadi 3 yaitu:

Hadist shahih didefinisikan oleh Ibnu Ash Shalah sebagai berikut: "Hadist yang disandarkan kepada Nabi saw yang sanadnya bersambung, diriwayatkan oleh (perawi) yang adil dan dhabit hingga sampai akhir sanad, tidak ada kejanggalan dan tidak ber'illat."

dapat dipahami bahwa hadist shahih merupakan hadist yang disandarkan kepada Nabi Muhammad SAW. Sanadnya bersambung, perawinya yang adil, kuat ingatannya atau kecerdasannya, tidak ada cacat atau rusak.

Syarat-syarat hadits shahih:

Sanadnya bersambung,

Periwayatan bersifat adil,

Periwayatan bersifat dhabit

, Tidak janggal atau Syadz,

Terhindar dari 'illat (cacat).

Terdapat macam-macam hadist shahih. Para ulama dan ahli hadist membaginya menjadi dua macam yaitu: Hadist Shahih Li-Dzatih, Hadist Shahih Li-Ghairih.

Hadits Hasan, Imam Tirmidzi mengartikan hadist hasan sebagai berikut : "Tiap-tiap hadist yang pada sanadnya tidak terdapat perawi yang tertuduh dusta (pada matan-nya) tidak ada kejanggalan (syadz) dan (hadist tersebut) diriwayatkan pula melalui jalan lain".

dapat dipahami bahwa hadist hasan tidak memperlihatkan kelemahan dalam sanadnya. Disamping itu, hadist hasan hampir sama dengan hadist shahih. Perbedaannya hanya mengenai hafalan, di mana hadist hasan rawinya tidak kuat hafalannya.

Syarat-Syarat Hadist Hasan

Para perawinya yang adil

Ke-Dhabith-an perawinya dibawah perawi Hadist shahih

Sanad-sanadnya bersambung

Tidak terdapat kejanggalan atau syadz

Tidak mengandung 'illat

macam-macam hadist hasan. Para ulama dan ahli hadist membaginya menjadi dua macam yaitu: Hadist Hasan Li-Dzatih, Hadist Hasan Li-Ghairih.

Hadits Dhoif

Kata Dhaif menurut bahasa berarti lemah, sebagai lawan dari Qawiy yang kuat. Sebagai lawan dari kata shahih, kata dhaif secara bahasa berarti hadist yang lemah, yang sakit atau yang tidak kuat.Secara terminologis, para ulama mendefinisikannya secara berbeda-beda. Akan tetapi pada dasarnya mengandung maksud yang sama. Pendapat An-Nawawi mengenai hadist dhaif adalah sebagai berikut: "Hadist yang didalamnya tidak terdapat syarat-syarat Hadist Shahih dan syarat-syarat Hadist Hasan."

Pembagian Hadist Dhaif

Dhaif dari sudut sandaran matannya.

Dhaif dari sudut matannya.

Dhaif dari salah satu sudutnya, baik sanad ataupun matan secara bergantian.

Dhaif dari sudut matan dan sanadnya secara bersama-sama.

Dhaif dari segi persambungan sanadnya.

Berhujjah dengan Hadits Dhaif.

hadist dhaif.

Semoga Bermanfaat

Terima Kasih

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun