Mohon tunggu...
SENIWATI
SENIWATI Mohon Tunggu... Guru - Guru

Jangan takut gagal,takutlah tidak pernah mencoba,Berani bermimpi,gigihlah meraihnya Jadilah seseorang yang selalu bermanfaat untuk orang lain,bangun kolaborasi ,kreatifitas dan inovasi,kesuksesan menunggumu dimasa depan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Benang Merah Modul 1.2 dan 1.3 Guru Penggerak Angkatan 10

26 Mei 2024   11:07 Diperbarui: 26 Mei 2024   11:13 347
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

BENANG MERAH DARI MODUL 1 .2

MULAI DARI DIRI

Sebagai seorang calon guru penggerak, Saya bersama teman CGP lain mempelajari tentang nilai dan peran guru penggerak .Rangkaian kegiatan menggunakan alur merdeka mulai dari diri kami diminta untuk menggambar trapesium usia dan menjelaskan peran kami sebagai seorang guru dalam sekolah masing-masing

 EKSPLORASI KONSEP

Pada kegiatan eksplorasi konsep, materi yang disajikan dapat dipelajari secara mandiri . tahap ini menjadi salah satu bagian terpenting karena tahap ini menjadi tahap para peserta dalam memahami materi secara keseluruhan. dan pada modul 1.2 ini.Di sini kami saling memberikan Umpan balik atau feedback positif mengenai pengalaman diri kita yang berkaitan dengan nilai dan peran guru penggerak ,dengan tujuan agar :

CGP mengetahui hubungan antara emosi, cara kerja otak, kebutuhan dasar manusia, daya untuk memilih, motivasi intrinsik, dan struktur sistemik lingkungan dalam pembentukan nilai-nilai dalam diri seseorang

CGP menjelaskan makna Profil Pelajar Pancasila dalam transformasi pendidikan.

CGP menjelaskan makna nilai-nilai yang perlu dikembangkan guru penggerak.

CGP menjelaskan makna peran guru penggerak dalam transformasi pendidikan.

CGP mengetahui bahwa keteladanan dan sistem pembiasaan yang konsisten di suatu lingkungan mempengaruhi penumbuhan nilai-nilai dalam diri seseorang.

CGP mengelaborasi makna pemimpin pembelajaran di sekolahnya masing-masing.

RUANG KOLABORASI SESI  1

Pada tahap ini saya dan peserta lain bertemu secara Maya bersama fasilitator di ruang virtual gmeet, Dan benang merah pada kegiatan ini selain fasilitator mengecek pemahaman awal kami terkait materi pada modul 1.2 ini saya dan peserta lain diberi ruang untuk berdiskusi pada kelompok kecil terkait tugas yang akan dibahas bersama kelompok dan hasil diskusi pada saat itu dibuat laporannya kemudian akan dipresentasikan pada ruang kolaborasi sesi 2 selanjutnya. tahap ini cukup menarik dan berkesan karena pada tahap ini saya dapat belajar dalam bekerja sama menyamakan persepsi materi dan tugas, serta saling menghargai pendapat antara satu sama lain

RUANG KOLABORASI SESI 2

Kegiatan pada tahap ini merupakan kelanjutan dari ruang kolaborasi sesi 1 di mana dalam prosesnya setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya masing-masing. dan benang merah dari kegiatan ini adalah setiap peserta dituntut untuk dapat berkolaborasi bersama peserta lain dalam sebuah kelompok kecil kemudian selain itu juga Kegiatan ini dapat terlihat sejauh mana pemahaman para peserta dalam menguasai materi yang sebelumnya Sudah dipelajari secara mandiri pada tahap eksplorasi konsep. tahap ini juga cukup menarik dan menantang . karena selain kita mempresentasikan hasil tugas yang sudah kita buat bersama rekan kelompok kita juga harus mampu menanggapi memberi umpan balik dan bertanya terkait hasil kerja kelompok lain sehingga kegiatan diskusi menjadi hidup.

DEMONSTRASI KONTEKSTUAL

Pada kegiatan ini dapat ditarik benang merah bahwa CGP  dapat menciptakan gambaran dirinya di masa depan, setelah mengikuti rangkaian program pendidikan Guru Penggerak dengan menerapkan 5 nilai guru penggerak yaitu berpihak pada murid,mandiri,reflektif ,kolaboratif dan inovatif.

ELABORASI PEMAHAMAN

Tahap ini dilakukan dengan kelompok besar . di mana kelompok besar ini  dipertemukan dengan instruktur lewat vicon aplikasi Gmeet.Benang merah yang bisa diambil dari kegiatan ini adalah tentang persamaan persepsi terkait hal-hal yang belum dan sudah dipahami oleh masing-masing pesertatentang modul 1.2, karena bisa jadi pemahaman setiap peserta dalam mempelajari materi pada modul ini berbeda-beda , maka salah satu tugas instruktur adalah menyamakan perbedaan pemahaman . agar semua peserta lebih mendalam lagi dalam memahami isi modul 1.2.Kegiatan elaborasi pemahaman cukup menarik karena dengan diberikan pemahaman secara terperinci oleh instruktur maka kebingungan kebingungan yang dialami oleh saya dan rekan yang lain saat mempelajari materi pada setiap modul akhirnya terselesaikan

KONEKSI ANTAR MATERI

Benang merah yang dapat diambil pada tahap ini bahwa setiap peserta harus  mampu menghasilkan kesimpulan berdasarkan materi modul 1.2. Nilai & Peran Guru Penggerak serta kaitannya dengan modul 1.1. Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dengan menggunakan Refleksi 4P,maka dengan merefleksikan dan mengaitkan antara modul yang sudah dipelajari sebelumnya hingga saat ini Saya menjadi lebih memahami materi modul 1.2 ini .Tahap koneksi antar materi sangat berkesan dan menarik karena selain kita memahami materi yang dipelajari saat itu kita pun harus mengaitkan dengan modul-modul yang sebelumnya kita pelajari yang relevan dengan materi yang saat ini kita pelajari

AKSI NYATA

Benang merah yang dapat diambil dari kegiatan ini adalah bahwa setiap peserta harus mampu mengaplikasikan semua pemahaman yang sudah dipelajari dari modul berupa aksi nyata di sekolahnya masing-masing. dari aksi nyata yang dibuat inilah dapat memberi gambaran sudah sejauh mana pemahaman setiap peserta dalam memahami materi modul 1.2 secara mendalam. pada kegiatan ini sangatlah berkesan menginspirasi dan sangat menantang ,Karena rencana yang telah dituliskan pada refleksi 4P  pada koneksi antar materi,dilanjutkan menjadi pengembangan diri yang sederhana konkrit dan rutin serta dapat dilakukan sendiri dari sekarang, kita diminta untuk menyampaikan bagaimana perasaan kita saat menjalankan pengembangan diri, ide atau gagasan yang timbul serta pembelajaran apa saja yang dapat diambil dan dampak atau perubahan positif yang paling dirasakan saat pembelajaran .

 

BENANG MERAH MODUL 1 .3

MULAI DARI DIRI

Sebagai seorang calon guru penggerak, menentukan visi untuk seorang guru sangatlah penting . Visi akan membuat kita mempunyai arah dan tujuan yang jelas dalam setiap kegiatan di sekolah. imajinasi saya tentang murid masa depan adalah Murid yang beriman dan berakhlak mulia, Murid senang dan bahagia dalam belajar,murid  yang aktif dalam pembelajaran, Murid bernalar kritis terhadap informasi yang diperoleh, Murid mandiri terampil ,dan dapat berkolaborasi dengan orang lain Dalam keberagaman yang ada

 EKSPLORASI KONSEP

Pada kegiatan eksplorasi konsep, materi yang disajikan dapat dipelajari secara mandiri . tahap ini menjadi salah satu bagian terpenting karena tahap ini menjadi tahap para peserta dalam memahami materi secara keseluruhan. dan pada modul 1.3 ini materi yang tersaji mulai dari memahami tentang berpikir strategis dalam perubahan positif. kemudian memahami apa saja terkait inquiry apresiatif yang merupakan sebuah paradigma atau pendekatan dalam mencapai suatu visi. pada langkah-langkah dalam menjalankan IA  ini ternyata dengan menggunakan kanvas BAGJA .Namun pada aplikasinya proses BAGJA digunakan ketika kita sudah menentukan prakarsa-prakarsa perubahan guna mencapai sebuah visi. dengan menentukan sebuah prakarsa maka dengan mudah prakarsa tersebut kita rumuskan menggunakan langkah-langkah BAGJA. Tahap ini sangat menginspirasi sekali selain tertantang dalam menentukan prakarsa-prakarsa perubahan saya dan rekan lain pun berlatih menggunakan pendekatan inquiry apresiatif dengan kanvas BAGJA

RUANG KOLABORASI SESI  1

Pada tahap ini saya dan peserta lain bertemu secara Maya bersama fasilitator di ruang virtual gmeet, Dan benang merah pada kegiatan ini selain fasilitator mengecek pemahaman awal kami terkait materi pada modul 1.3 ini saya dan peserta lain diberi ruang untuk berdiskusi pada kelompok kecil terkait tugas yang akan dibahas bersama kelompok dan hasil diskusi pada saat itu dibuat laporannya kemudian akan dipresentasikan pada ruang kolaborasi sesi 2 selanjutnya. tahap ini cukup menarik dan berkesan karena pada tahap ini saya dapat belajar dalam bekerja sama menyamakan persepsi materi dan tugas, serta saling menghargai pendapat antara satu sama lain

RUANG KOLABORASI SESI 2

Kegiatan pada tahap ini merupakan kelanjutan dari ruang kolaborasi sesi 1 di mana dalam prosesnya setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya masing-masing. dan benang merah dari kegiatan ini adalah setiap peserta dituntut untuk dapat berkolaborasi bersama peserta lain dalam sebuah kelompok kecil kemudian selain itu juga Kegiatan ini dapat terlihat sejauh mana pemahaman para peserta dalam menguasai materi yang sebelumnya Sudah dipelajari secara mandiri pada tahap eksplorasi konsep. tahap ini juga cukup menarik dan menantang . karena selain kita mempresentasikan hasil tugas yang sudah kita buat bersama rekan kelompok kita juga harus mampu menanggapi memberi umpan balik dan bertanya terkait hasil kerja kelompok lain sehingga kegiatan diskusi menjadi hidup.

DEMONSTRASI KONTEKSTUAL

Pada kegiatan ini dapat ditarik benang merah bahwa setiap peserta dilatih untuk menerapkan paradigma inkuiri apresiatif untuk mengidentifikasi potensi diri dan membuat prakarsa perubahannya. selain itu juga setiap peserta berlatih untuk menyusun kanvas BAGJA dengan kalimat kalimat prakarsa perubahan diri yang sudah dibuat untuk kemudian dijalankannya tahapan ini memiliki kesan tersendiri khususnya lebih pada kesan yang menantang. karena saya harus mampu membuat sebuah misi pribadi kemudian visi yang sudah saya buat dijabarkan dalam sebuah prakarsa perubahan yang selanjutnya prakarsa yang sudah kita buat tersebut dimasukkan dalam sebuah Kanvas BAGJA yang isinya beberapa pertanyaan dan jawaban untuk memberi gambaran arah ke depan mau dijalankan seperti apa.

ELABORASI PEMAHAMAN

 Tahap ini dilakukan dengan kelompok besar . di mana kelompok besar ini  dipertemukan dengan instruktur lewat vicon aplikasi Gmeet.Benang merah yang bisa diambil dari kegiatan ini adalah tentang persamaan persepsi terkait hal-hal yang belum dan sudah dipahami oleh masing-masing peserta karena bisa jadi pemahaman setiap peserta dalam mempelajari materi pada modul ini berbeda-beda , maka salah satu tugas instruktur adalah menyamakan perbedaan pemahaman . agar semua peserta lebih mendalam lagi dalam memahami isi modul 1.3.Kegiatan elaborasi pemahaman cukup menarik karena dengan diberikan pemahaman secara terperinci oleh instruktur maka kebingungan kebingungan yang dialami oleh saya dan rekan yang lain saat mempelajari materi pada setiap modul akhirnya terselesaikan

KONEKSI ANTAR MATERI

Benang merah yang dapat diambil pada tahap ini bahwa setiap peserta harus dapat mengaitkan materi-materi yang sudah dipelajari dan materi lain yang relevan ke dalam rencana manajemen perubahan yang menerapkan paradigma dan model inquiry apresiatif. maka dengan merefleksikan dan mengaitkan antara modul yang sudah dipelajari sebelumnya hingga saat ini Saya menjadi lebih memahami materi modul 1.3 ini .Tahap koneksi antar materi sangat berkesan dan menarik karena selain kita memahami materi yang dipelajari saat itu kita pun harus mengaitkan dengan modul-modul yang sebelumnya kita pelajari yang relevan dengan materi yang saat ini kita pelajari

AKSI NYATA

Benang merah yang dapat diambil dari kegiatan ini adalah bahwa setiap peserta harus mampu mengaplikasikan semua pemahaman yang sudah dipelajari dari modul berupa aksi nyata di sekolahnya masing-masing. dari aksi nyata yang dibuat inilah dapat memberi gambaran sudah sejauh mana pemahaman setiap peserta dalam memahami materi modul 1.3 secara mendalam. pada kegiatan ini sangatlah berkesan menginspirasi dan sangat menantang , karena saya dan peserta lain betul-betul harus membuat aksi nyata yang dapat memperlihatkan pemahaman saya terkait modul yang sudah dipelajari. menginspirasi karena tahap ini betul-betul tahap di mana saya harus mengaplikasikan betul-betul pada lingkungan di mana saya mengabdi, dan saat mengaplikasikan tersebut penuh dengan tantangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun