Â
Bogor (11/08) -- Kasus positif Virus COVID-19 di Indonesia dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Hal ini berdampak terhadap perubahan perilaku masyarakat, yang  beralih menggunakan media digital untuk berinteraksi. Terlebih, hal ini diperkuat karena adanya batasan keluar rumah dan karantina.
Melihat algoritma tersebut, hal ini juga mendorong komunitas-komunitas masyarakat untuk mulai mengalihkan kegiatannya secara daring. Seperti yang saat ini yang sedang di fokuskan oleh Komunitas Pelita Grika.
Pelita Grika sendiri merupakan komunitas yang memperhatikan pengelolahan sampah baik organik dan anorganik di kawasan perumahan Griya Katulampa, Bogor. Komunitas ini, memberikan wadah pelatihan bagi warga Griya Katulampa untuk mengelola sampah bernilai ekonomis, seperti pembuatan Ecobrick, anyaman koran, anyaman pembungkus kopi, rak buku, dan lainnya. Menurut Co-Founder Pelita Grika, Monika Sessita, sudah banyak orang yang tertarik untuk membeli kerajinan olahan sampah dari Pelita Grika. Namun, untuk saat ini, Pelita Grika sedang tidak berfokus untuk melakukan bisnis kerajinan olahan sampah yang mereka hasilkan. Fokus utama komunitas ini, ialah untuk mengkampanyekan seruan untuk berpartisipasi dalam pengelolahan sampah bagi warga RW 10 Griya Katulampa.
Kegiatan kampanye yang biasa dijalankan secara langsung ke warga, harus terhenti karena adanya pandemi COVID-19. Sehingga penggunaan media sosial, menjadi jalan alternatif untuk tetap melakukan kampanye secara digital. Media sosial yang paling memungkinkan untuk digunakan dalam berkampanye, ialah Instagram. Fitur-fitur yang tersedia di platform ini terbilang cukup lengkap untuk melaksanakan kampanye digital marketing.
                                                      Â
Kampanye yang diangkat Pelita Grika saat ini ialah kampanye #pilahsampahpedulisesama, dimana harapannya kampanye ini bisa menumbuhkan kesadaran banyak orang, tidak hanya bagi warga Griya Katulampa saja, namun semua orang dapat ikut serta memilah dan mengelolah sampah rumah tangga menjadi sesuatu kreasi yang unik serta bernilai, demi menjaga keseimbangan lingkungan, dan mendukung terciptanya lingkungan sehat bagi sosial.
Selaya Anastasya, mahasiswa Ilmu Komunikasi yang sedang melaksanakan kegiatan KKN UNDIP di Griya Katulampa, ikut serta membantu dan mengedukasi Komunitas Pelita Grika mengenai strategi-strategi yang efektif dilakukan jika ingin melakukan kampanye digital marketing melalui instagram. Selain itu, Selaya juga memberikan penyuluhan singkat kepada Bu Monik, bagaimana mengaplikasikan seluruh fitur yang ada di instagram untuk menunjang kegiatan kampanye digital.
Harapannya, melalui penyuluhan tersebut, Komunitas Pelita Grika, dapat terus memaksimalkan penggunaan media instagram untuk melakukan kampanye digital, dengan strategi-strategi digital marketing yang telah disampaikan.
Penulis: Selaya Anastasya
Pembimbing KKN: Ariska Nurfajar Rini, S.E., M.Sc.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H