faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penjual ayam ternak "broiler kotok"
- Latar Belakang
Â
Bisnis adalah bukan hal baru lagi dalam dunia ekonomi, banyak orang yang mulai giat
mengadakan kegiatan bisnis tersebut tdengan semakin banyaknya pelaku bisnis maka banyak
pula yang harus di ulas oleh para pelaku bisnis dalam menjalankan bisnisnya. Di era globalisasi
teknologi ini persaingan semakin ketat, setiap bisnis UMKM semakin di hadapkan pada
kelangkaan dalam pengadaan, penguasaan maupun bahan baku itu sendiri.
Studi Kelayakan Bisnis merupakan hal yang dapat mengetahui atau meneliti tentang
dapat atau tidak nya suatu bisnis itu dan layak dilakukan atau dengan adanya studi kelayakan
bisnis akan di peroleh hasil yang mengetahui sejauh mana kegiatan bisnis dapat meningkatkan
perekonomian masyarakat.
industri peternakan ayam merupakan salah satu sektor strategis dalam perekonomian
Indonesia. Kontribusinya terhadap PDB (Produk Domestik Bruto) dan penyerapan tenaga kerja
sangat signifikan. Pada tahun 2022, industri ini menyumbang sekitar 2,5% dari total PDB
Indonesia dan menyerap lebih dari 3 juta tenaga kerja (kementrian pertanian, 2022).
Meningkatnya konsumsi daging ayam dan telur serta kemajuan teknologi telah memicu
pertumbuhan industri ini. Namun, keberhasilan penjualan ayam ternak tidak hanya ditentukan
oleh faktor produksi, tetapi juga dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan eksternal seperti
kualitas produk, manajemen ternak, harga jual, pemasaran, dan lingkungan bisnis.
Sedangkan menurut statistik peternakan (2022) dari kementrian pertanian republik
Indonesia mencakup berbagai informasi seperti populasi ternak, produksi daging sapi dan
kerbau, konsumsi daging sapi dan kerbau, supply dan demand (daging sapi, daging kerbau,
daging ay` am, dan telur), ekspor-impor komoditas peternakan, harga komoditas
peternakan, dan data penjualan lainnya. Berikut poin penting dari statistik tersebut : populasi
ternak jumlah ayam (3.563.419.669) ekor, Produksi daging ayam (2.533.417) ton komsumsi
daging ayam (2.476.010) ton harga komoditas harga daging ayam (Rp 40.000 - Rp 50.000) per
kg.
Dan menurut Asosiasi peternak ayam indonesia (APAI) yaitu prganisasi yang
mempromosikan pengembangan industri peternakan ayam di indonesia. Faktor-faktor diantar
nya adalah faktor internal yang mencakup kedalam kualitas ayam dan manajemen ternak yang
baik, penggunaan teknologi tepat guna, kemampuan manajemen peternak dalam mengelola
risiko, dan kualitas kontrol pengawasan kesehatan hewan. Dan untuk faktor ekternal nya
mencakup dalam permintaan pasar dan persaingan, ketersediaan pakan dan faktor lingkungan,
peraturan pemerintah dan perubahan iklim, ekonomi dan stabilitas politik. Lalu untuk strategi
pengembangan ada beberapa hal yang harus di perhatikan salah satunya adalah, meningkatkan
kualitas dan kuantitas produksi, mengembangkan strategi pemasaran yang efektif,
meningkatkan kerjasama dengan peternak lain atau perusahaan, dan mengikuti perkembangan
teknologi dan inovasi.
- Â Gamabar umum dari UMKM Broiler Kotok
UMKM Broiler Kotok terletak di Desa Mekarwangi RT 14/RW 07 Kecamatan Cikadu
Kabupaten Cianjur. Usaha ini dibina oleh dinas peternakan. Berbisnis ayam ternak broiler
menjadi pilihan Ibu Siyfa sejak tahun 2019, bisnis ini di dirikan oleh Ibu Siyfa dan Suaminya
, usaha bisnis ayam ternak broiler ini banyak dikenal orang masyarakat sekitar.
Selama ibu siyfa memulai usahanya untuk mengurus peternakan ayam bersama suami
nya yang awal mulanya dengan modal awal ibu siyfa Rp 4.000.000, yang digunakan untuk
membeli ayam dan membangun kandang, dan juga membeli beberapa peralatan lain nya. Dari
yang awal hanya membeli beberapa kilo sekarang ibu siyfa sudah bisa melayani konsumen
yang menginginkan puluhan kilo.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas saya merumuskan rumusan masalah yang terdiri
sebagai berikut :
1. Apakah kualitas ayam berpengaruh terhadap keberhasilan penjualan ayam ternak?
2. Apa strategi pemasaran yang efektif untuk penjualan ayam ternak?
3. Apakah harga jual berpengaruh terhadap banyak minat dan permintaan konsumen?
4. Bagaimana cara nya untuk menanggapi permintaan konsumen yang meminta harga
murah?
5. Hal apa yang di lakukan untuk menjaga kepercayaan konsumen?
1.3 Tujuan
Sejalan dengan rumusan masalah di atas laporan ini di susun dengan tujuan untuk mengetahui
beberapa hal berikut :
1. Kualitas ayam yang baik
2. Cara penjualan
3. Harga jual yang memungkinkan untuk konsumen
4. Cara memenuhui permintaan konsumen mengenai harga
5. Menjaga kepercayaan konsumen
HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Â Aspek Teknis
1. Â Penentuan Lokasi Usaha
Pemilhan lokasi pada dasar nya adalah menentukan suatu tempat atau lokasi yang tepat
untuk suatu perusahaan, perkantoran atau lokasi untuk tujuan tertentu, dengan
memperhitungkan kelebihan dan kekurangan lokasi tersebut. UMKM broiler kotok memiliki
beberapa faktor dalam penentuan lokasi usaha diantaranya yaitu :
1. Lingkungan Masyarakat
Pada saat diberdirikannya usaha ternak ayam ini, masyarakat sekitar menerima nya
atau memerikan respon yang baik hingga saat ini. Hal ini dikarenakan dapat
memudahkan masyarakat yang ingin membeli ayam broiler.
2. Kedekatan Dengan Bahan Baku Dan Supplier
Persediaan ayam dan juga pakan ayam yang lumayan jauh dengan tempat usaha,
yang tadinya menjadi pertimbangan bagi ibu Siyfa emulai usaha peternakan ayam namun
setelah dirundingkan ternya beliau dan suami nya memilih untuk berjualan ayam broiler.
3. Fasilitas Dan Biaya Transportasi
Biaya transportasi yang digunakan lebih berkurangan karena supplier
mmberikan gratis pengiriman, hal itu dikarenakan Ibu Siyfa selalu membeli dalam
jumlah banyak dan beliau sudah bekerja sama dalam waktu yang cukup lama
2. Aspek Kualitas Produk
1. Â pengaruh kualitas ayam
Berdasarkan hasil dari data yang di peroleh, menurut Ibu Siyfa kualitas ayam memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap sebuah keberhasilan penjualan. Dengan itu ayam harus
memiliki kualitas yang baik dengan daging yang segar, ukuran yang propesional, dan bebas
dari penyakit, oleh karena itu Ibu Siyfa mejaga kualitas ayam melalui perawatan yang baik dan
memerikan pakan yang berkualitas. Ibu Siyfa menjual ayam broiler tidak pernah menyimpan
lama dalam frizer karena hal itu menurutnya sangat kurang memuaskan bagi pembeli, jadi
beliau lebih memilih membersihkan ayam ketika ada yang membeli nya.
3. Â Aspek Pemasaran
1. Â Strategi Pemasaran Yang Efektif
Strategi pemasaran yang efektif melibatkan penggunaan berbagai saluran promosi,
seperti media sosial, memberikan diskon pada pembelian dalam jumlah banyak. Penerapan
strategi ini terbukti meningkatkan penjualan,
4. Aspek Harga
1. Â Pengaruh Harga Jual Terhadap Minat Dan Permintaan Konsumen
Harga jual yang kompetitif memiliki dampak besar terhadap minat dan permintaan
konsumen. Penyesuaian harga yang wajar, disertai penjelasan mengenai kualitas ayam, dapat
membantu menyeimbangkan antara minat konsumen dan keuntungan penjual. Penentuan harga
pasar pun menjadi salah satu hal yang akan menjadi minat pembeli, karena jika harga jual yang
di berikan melebihi harga pasar maka pembeli tidak akan mau membelinya.
5. Aspek Permintaan Konsumen
1. Cara Memenuhi Permintaan Konsumen Mengenai Harga
Untuk memenuhi permintaan konsumen yang menginginkan harga murah, Ibu Siyfa
bisanya menjelaskan terlebih dahulu tentang pakan dan cara penanganan nya terhadap
peternakan nya. Dan biasanya Ibu Siyfa menawarkan paket promosi dengan pembelian dalam
jumlah besar, atau mengurangi biaya operasional tanpa mengerbankan kualitas ayam.
6. Aspek Kepercayaan
1. Menjaga Kepercayaan Konsumen
Menjaga kepercayaan konsumen sangat penting demi keberlangsungan nya usaha,Ibu
Siyfa selaalu memeberikan informasi terkait naik dan turun nya harga dan peroses
pemeliharaan serta pakan yang di berikan untuk ayam. Selalu memastikan bahwa setiap ayam
yang dijual telah bersih dan berkualitas
 Kesimpulan dan saran
 A. kesimpulan
Penelitian ini secara sistematis membandingkan kinerja simple linear regression
(SLR) dan juga multiple linear regression (MLR) dalam mempresiksi nilai target. Hasil
penelitian menunjukan bahwa MLR memiliki kemampuan predikai yang lebih baik dan lebih
akurat dibandingkan SLR, sehingga dapat menjadi pilihan yang lebih baik untuk analisis
regresi linear.
B. Saran
Sebagai seorang peternak harus memprioritaskan kulitas ayam ternak yang baik,
mengembangkan strategi pemasaran yang efektif melalui media sosial. Dan menentukan
harga jual yang kompetitif, serta meningkatkan kualitas dan pelayanan untuk menjaga
kepercayaan konsumen.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI