NAMA DAN BENTUK PERUSAHAAN
Bentuk Perusahaan : Produksi Makanan dan Minuman
VISI PERUSAHAAN : Mendirikan restaurant yang tidak hanya menyediakan makanan dalam namun juga luar negri, tidak hanya untuk orang dewasa namun juga untuk anak-anak dan untuk balita yang berkualitas tinggi, menyehatkan  dan terbaik.
MISI PERUSAHAAN
Membuat restaurant yang bermutu dan berbeda dari restaurant lain. Membuat makanan dan minuman yang tepat bagi konsumen sehingga menjadi produk premier bagi para konsumen.
TUJUAN PERUSAHAAN
- Menyediakan makanan dan minuman dengan lebih 500 restaurant di seluruh Indonesia.
- Menciptakan Brand dan Francise
- Restaurant dimana setiap pengunjung merasa puas
- Makanan yang paling baik di kelasnya, menu makanan yang sehat namun lezat
- Brand yang sukses dan memberikan konstribusi pada pemilik, pemasok dan masyarakat sekitar
POTENSI PASAR
Yuzels Resto memiliki potensi pasar yang bagus, karena di lingkungan sekitar dan pasaran saat ini bisa dibilang belum ada restaurant yang menjual makanan  dari luar makanan dari dalam dan luar negri serta makanan balita dan anak-anak yang mengandung gizi yang cukup dalam satu tempat yang sama, sehingga memungkinkan untuk menguasai pasar dalam menjual menu makanan untuk tersebut.
PELUANG PASAR
- Memudahkan bagi para wisatawan untuk menemukan makanan yang sesuai dengan lidah mereka.
- Trend saat ini yang lebih ke arah makanan sehat.
- Menciptakan dan mengembangkan menu atau produk baru jenis makanan.
- Pengembangan secara terus menerus ke pangsa pasar orang tua selain balita dan anak-anak.
- Pertumbuhan iklan di internet karena penggunaan internet telah meningkat.
- Kerjasama dengan berbagai pihak
RENCANA PENJUALAN
Untuk awal pembukaan Yuzels Resto kami menargetkan penjualan untuk setiap outlet nya sebesar 200 porsi per harinya, namun setelah Yuzels Resto dibuka selama 3 bulan kami menargetkan kenaikan penjualan per outlet nya yaitu minimal 600 porsi per hari nya, dan untuk jangka panjang nya kami menargetkan pembukaan outlet di beberapa kota besar di Indonesia, sehingga penjualan akan semakin meningkat.
RENCANA STRATEGI PEMASARAN
Product
Yuzels Resto adalah restoran yang menyediakan makanan dan minuman dari luar maupun luar negri, untuk dewasa, balita dan anak-anak.
Price
Penentuan harga didapat dari metode markup pricing, yang presentase labanya di tentukan dengan mempertimbangkan market place sesuai dengan daya beli konsumen.
Place
Lokasi pendirian restoran untuk pendistribusian kepada pelanggan tersebut berada di lokasi strategis dan mudah akses bagi target pasar.
Promotion
Secara umum, program promosi dari market wide adalah program advertising melalui above the line, yaitu iklan radio. Strategi promosi yang dilakukan meliputi :
- Advertising, yaitu melalui above the line : kerjasama dengan stasion radio lokal untuk mengiklankan produk dan menginformasikan event-event yang diadakan oleh Yuzels Resto. Sedangkan melalui below the line : spanduk, poster, brosur, standing banner, hanging mobile.
- E-commerce, atau melalui jaringan internet dan jejaring sosial, contohnya facebook, twitter, web atau html, blog, dan lain sebagainya.
- Show case, yaitu berupa merchandise Yuzels Resto.
- Event yang dilaksanakan di Yuzels Resto maupun di luar restoran yang dapat dijadikan sarana promosi yang merupakan kerjasama dengan perusahaan lain maupun sekolah-sekolah dan instansi lain.
Saluran DistribusiÂ
Yuzels Resto menggunakan chanel distribusi langsung yaitu dari produsen ke konsumen, sehingga memudahkan dalam melayani para pelanggan. Selain itu kami juga menyediakan jasa delivery order 24 jam, cukup dengan menghubungi costumer service kami, dengan pembelian minimal Rp. 25.000,-
RENCANA PROSES PRODUKSI
Proses produksi akan dilakukan di tiap outlet atau restoran sendiri untuk memudahkan proses produksi. Karena kami mengusung tema makanan sehat dan fresh, maka saat ada pemesanan, order atau pembelian barulah produk akan di buat ( dimasak ), dan karena kami ingin menjaga kualitas dan kesegaran bahan-bahan makanan, kami akan menggunakan metode just in time, kami tidak akan melakukan sistem persedian. Jadi kami akan membeli bahan yang akan digunakan untuk jangka waktu satu hari produksi atau maksimal dua hari produksi saja.
PERALATAN DAN PERLENGKAPAN YANG DIGUNAKAN
Kompor gas
Ricecooker
Oven
Mixer
Blender / juicer
Perkakas dapur ( sendok, baskom, irus)
Lemari pendingin
Lemari es
Wajan
Panci
Peralatan lain
Meja dan kursi 100 set, terdiri dari bermacam-macam jenis dan model dan ukuran
Perlengkapan kasir 1 unit
Mangkok dan piring 800 buah
Sendok, garpu 1000 pasang
AC 5 unit
LAYOUT
Kami akan menggunakan layout yang nyaman bagi keluarga yang datang dengan ruangan indoor dan outdoor, interior seperti rumah. Memiliki taman-taman yang nyaman, gambar-gambar dan ukiran-ukiran menarik di setiap dinding nya, juga meja dan kursi yang yang sangat mencerminkan Indonesia, penerangan yang baik, dan ventilasi serta sirkulasi udara yang langsung ke arah taman, sehingga udara lebih segar, dan yang terpenting kesemuanya tetap nyaman dan aman bagi pengunjung.Â
RENCANA JUMLAH PRODUKSI
Untuk rencana jumlah produksi, kami akan memproduksi menu tiap item dengan jumlah yang berbeda, sesuai dengan produk /menu mana yang paling diminati konsumen. Berikut adalah rencana produksi kami.
PENJADWALAN
Untuk pelayanan toko, Yuzels Resto akan buka pukul 06.00 pagi hingga 08.00 malam. Tetapi untuk layanan delivery order, Yuzels Resto melayani pemesanan 24 jam.
PENGENDALIAN KUALITAS
Kualitas produk
Untuk kualitas produk dapat dikatakan baik, karena kami hanya menggunakan bahan-bahan yang bermutu baik dan masih segar, dan ditanam oleh petani sayur dan buah dari kota setempat.
Diferensiasi produk
Kami akan membuat produk yang berbeda dari restaurant dan aneka makanan yang sudah beredar maupun tidak beredar di pasaran, kami memadukan sayur, buah , susu atau menu empat sehat lima sempurna yang sehat dengan paduan rasa lezat dan bentuk yang menarik bagi konsumen serta aman di konsumsi.
Diferensiasi pelayanan
Pelayanan yang ramah dan menyenangkan, diutamakan kelembutan dan kesopanan tutur kata dan perilaku dalam melayanai konsumen. Dengan para pelayan yang menggunakan kostum tokoh kartun yang berbeda-beda.
Pelanggan atau konsumen
Dengan mempertahankan cita rasa dan pelayanan yang baik dan dengan membuat inovasi-inovasi yang kreatif baik di dalam produksi, harga, maupun pelayanan serta sangat memperhatikan kesehatan dan keamanan produk untuk dikonsumsi maka kami yakin bahwa Yuzels Resto akan terus mendapat kepercayaan dari konsumen. Kami menargetkan pelanggan kami adalah dari semua kalangan baik kalangan menengah ke atas ataupun menengah ke bawah, karena kami menciptakan sebuah makanan mewah dengan harga yang terjangkau.
KAJIAN ASPEK MANAJEMEN DAN ORGANISASI
PERENCANAAN (PLANNING)
PENGORGANISASIAN (ORGANIZING)
PENGARAHAN (ACTUATING)
PENGENDALIAN (CONTROLING)
STRUKTUR ORGANISASI
Yuzels Resto mengatur usaha agar sejalan dengan tujuan usaha, kemampuan sumber daya yang dimiliki, dan kondisi lingkungan usaha baik internal maupun eksternal. Yuzels Resto di pimpin oleh Direktur, dengan tipe organisasi ini, maka perintah dalam perusahaan ini mengalir dari direktur ke manajer ahli gizi dan pengembangan produk yang mempunyai lima orang staf, manajer strategi dan pemasaran yang mempunyai sepuluh orang staf, manajer SDM yang mempunyai bawahan penanggungjawab masing-masing cabang, dan manajer keuangan yang mempunyai dua orang staf. Setiap oulet atau restoran cabang di pimpin oleh penanggungjawab cabang, disetiap cabang terdiri dari lima orang staf produksi / masak, delapan orang pelayan dan 1 orang kasir.
JUMLAH TENAGA KERJA DAN JOB DESKRIPSI
1 orang penanggungjawab cabang
- Bertugas mengurus bahan, alat dan yang bersangkutan dengan proses produksi
- Mencatat keuangan retoran cabang
- Mengatur dan mengarahkan karyawan
- Melaporkan seluruh kegiatan operasi restoran kepada pemilik atau direktur
- Mengawasi kinerja karyawan serta memberikan motivasi jika diperlukan
1 orang kepala koki sekaligus penanggung jawab dapur
Mengepalai semua kegiatan dan urusan di dapur
15 orang divisi produksi / memasak
35 orang pelayan
- Melayani konsumen, mulai dari penyambutan hingga mencatat pesananÂ
- Membersihkan restoran
10 orang pengantar pesananÂ
Mengantarkan pesanan hingga sampai pada tempat pelanggan dengan selamat
4 orang kasir
- Melayani transaksi pembelian baik di restoran maupun struk delivery order.
- Merapikan dan menyerahkan sruk atau nota pembelian maupun penjualan yang nantinya akan digunakan sebagai bukti penjualan dan pembelian pada jurnal umum kepada penanggungjawab cabang di restorant.
KAJIAN ASPEK PERSAINGAN
Jumlah Competitor
Jumlah pesaing secara keseluruhan tidak terlalu banyak, namun pesaing terberat kami adalah restauran-restauran cepat saji seperti KFC, Texas, dan restaurant lain disekitar yang digemari oleh seluruh kalangan dengan harga yang terjangkau. Namun di sisi lain Yuzels Resto ini mempunyai kelebihan, yaitu suatu menawarkan makanan yang beraneka ragam yang sesuai dengan tingkatan umur dan lidah konsumen.
STRATEGI PERUSAHAAN
Untuk dapat bersaing dengan para pesaing Yuzels Resto akan melakukan pemasaran dan promosi yang baik. Selain dari pada pemasaran kami juga akan membuat produk yang paling inovatif dan aktraktif. Kami akan membangun kekuatan merek untuk bersaing dengan pesaing, yang ditunjang dengan promosi yang kontinuitas, ekspansi pasar, dan inovasi produk yang terukur. Berikut ringkasan strategi yang akan dijalankan oleh Yuzels Resto.
Pengembangan produk baru yang sejenis, agar tidak jenuh, kami akan terus mengembangkan produk-produk lainnya untuk memenuhi tujuan jangka panjang kami
Menciptakan brand / merek yang kuat di pasaran
Meningkatkan kualitas produk yang berorientasi manfaaat atau kesehatan, kami mempercayai jika produk kami bermanfaat maka loyalitas konsumen akan kami dapatkan dan tujuan jangka panjang pun akan tercapai.
ASPEK LINGKUNGAN INDUSTRI
Ancaman masuk pendatang baru
Dengan hadirnya Yuzels Resto di khawatirkan akan muncul pendatang baru juga, terlebih lagi inovasi yang kami lakukan akan menarik banyak pendatang baru yang tertarik pada keunikan dan ekspetasi usaha ini.
Skala ekonomi
Dalam faktor ini, biasanya pendatang baru kalah dengan pesaing-pesaing lainnya yang lebih dikenal oleh konsumen dan mempunyai tempat yang lebih besar dari pendatang baru. Oleh karena itu, "Yuzels Resto " berusaha untuk memperbesar skala produksi dan meningkatkan mutu kualitas.
Diferensiasi produk
Dalam diferensiasi produk, pengusaha harus mencari banyak cara untuk menarik pelanggan atau konsumen. Salah satu cara yang diterapkan oleh Yuzels Resto adalah dengan strategi kualitas dan mutu serta inovasi yang unggul. Selain itu Yuzels Resto juga berorientasi pada kepuassan pelanggan.
Kecukupan modal
Yuzels Resto berusaha untuk mencukupi kebutuhan modalnya untuk jangka panjang.
Akses ke saluran distribusi
Yuzels Resto mempunyai metode untuk saluran distribusi yaitu berupa hotel-hotel selain memasarkan produknya secara langsung ke pihak konsumen.
Ketidakunggulan biaya independen
Keunggulan biaya Yuzels Resto timbul dari teknologi dan inovasi produk yang telah dipatenkan pemilik usaha Yuzels Resto, konsesi bahan baku, atau bahkan memungkinkan subsidi dari pemerintah.
ASPEK LINGKUNGAN HIDUP (AMDAL)
Rencana Kelola Lingkungan (RKL)
Rencana Kelola Lingkungan (RKL) yang dibuat oleh Yuzels Resto merupakan dokumen yang memuat upaya-upaya untuk mencegah, mengendalikan, dan menanggulangi dampak penting lingkungan yang bersifat negatif dan meningkatkan dampak positif sebagai akibat dari suatu rencana usaha / kegiatan yang dilakukan oleh Yuzels Resto. Dalam dokumen ini, Yuzels Resto memberikan pokok-pokok arahan, prinsip-prinsip, atau persyaratan untuk pencegahan / pengendalian dampak lingkungan yang mungkin terjadi.
Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL)
RPL ini dibuat untuk diajukan kepada instansi yang berwenang. Jadi Yuzels Resto melakukan suatu pemantauan terhadap lingkungan di sekitar daerah usaha Yuzels Resto. Selanjutnya, akan diteliti lebih jauh mengenai dampak apa saja yang mungkin bisa terjadi dan mempengaruhi lingkungan di sekitar daerah usaha Yuzels Resto. Hasil dari kegiatan / aktivitas ini akan dilaporkan dalam RPL dan kemudian akan dilampirkan dalam pengajuan surat izin usaha ke Dinas Perizinan di daerah setempat.
Usaha-usaha yang dilakukan antara lain adalah dengan menjaga kebersihan, kerapian dan keindahan sekitar. Selain itu, Yuzels Resto juga mengumpulkan sisa-sisa bahan baku yang tidak digunakan, kemudian dikemas serapi dan serapat mungkin dan dibuang secepatnya ke Tempat Pembuangan Sampah (TPA) yang terdekat dengan lokasi usaha Yuzels Resto.
Hal ini dilakukan secara rutin (continue) 1 hari sekali untuk menghindari terjadinya penumpukan sampah di lokasi usaha Yuzels Resto. Jika sampai terjadi penumpukan, maka akan mempengaruhi minat para pelanggan untuk datang dan memberikan order ke tempat Yuzels Resto. Hal ini dikarenakan adanya pemandangan yang kurang menyenangkan dan bau tidak sedap yang ditimbulkan dari tumpukan-tumpukan sampah tersebut. Sedangkan untuk usaha pencegahan yang lain masih terus dilakukan oleh Yuzels Resto agar usaha ini benar-benar tidak memiliki dampak negatif terhadap lingkungan sekitar dan tidak merugikan masyarakat sekitar usaha ini.
SANUSI (201011201479)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H