Faizaturahma kalirey, Adi Prasetya Pangestu, Cahwati dwi Ma'rifa, Muhammad Ramdani Al Ahjami, Salsabila Azzahra.
Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran media massa terkhusus Tempo.co dan Detik.com sebagai sarana penyebarluasan informasi yang paling sering diakses di Indonesia. Hasil penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan pengamatan terhadap media massa tempo dan detik. Data yang diperoleh melalui studi pustaka dan pencarian data di internet. Hasil penelitian diperoleh bahwa detik memiliki jumlah pengunjung lebih banyak dibandingkan tempo. Hal dikarenakan beberapa hal seperti detik yang lebih simpel atau umum dibandingkan tempo yang lebih mendalam. Pengunjung terbanyak kedua media masa ini sendiri adalah usia dewasa 25-34 tahun. Detil dan tempo merupakan dua media masa yang memiliki karakteristik masing-masing detik dengan tampilan variatif serta tempo dengan kelugasan informasinya.Â
Kata-kata Kunci: Media massa, informasi, detik.com, tempo.co
Media Analysis of Tempo and Detik as Frequently Visited Online Media Information Sources
ABSTRACT
This research was conducted to determine the role of mass media, especially Tempo.co and Detik.com as the most frequently accessed means of disseminating information in Indonesia. The results of this study use qualitative research methods by observing the tempo and detik mass media. Data obtained through literature studies and data searches on the internet. The results showed that detik has more visitors than tempo. This is due to several things such as seconds that are more simple or general than tempo which is more in-depth. The most visitors of these two mass media themselves are adults aged 25-34 years. Detail and tempo are two mass media that have their own characteristics of seconds with a varied display and tempo with its information straightforwardness.Â
Keywords: Mass media, Internet, information, detik.com, Tempo.co
PENDAHULUAN
Seacara teknis, media online adalah media berbasis telekomunikasi dan multimedia (computer dan internet). Di antara media online adalah portal,website (situs web termasuk blog dan media sosial seperti twitter dan facebook), TV online, radio online, dan email. Media oline juga disebut dengan istilah Cyber media karena pola kerja dan pengaksesan informasi mode ini selalu menggunakan media internet (computer). Degan media internet khalayak bisa langsung menikmati produk yang dihasilkan, tanpa terikat oleh ruang dan waktu ataupun prosedur baku lembaga penyiaran manapun, bahkan pada saat peristiwa berlangsung, informasi tersebut dapat diakses. Dalam perspektif studi media atau komunikasi massa, media online termasuk dalam objek kajian teori "media baru" (new media). Pengertian dari media baru yaitu istilah yang mengacu pada jalur untuk meng akses ke konten (isi/formasi) kapansaja, dimana saja, pada setiap perangkat digital serta umpan balik pengguna interaktif, partisipatif kreatif dan pembentukan komunitas sekitar konten media, juga aspek generasi "real time". Menurut Chun, dalam bukunya yang berjudul New media, old media mengatakan new media Merupakan penyederhanaan istilah (simplifikasi)terhadap bentuk media diluar lima media massa konvensional yaitu televisi, radio, majalah, Koran dan film.