PENYUSUNAN TEKS BERITA: LANGKAH-LANGKAH PRAKTIS DALAM FLIPBOOK BERITA INTERAKTIF (FBI)
Nama : Rosadina Nur Fadhilah
Prodi: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Universitas: Universitas Sultan Agung Semarang, Indonesia
Mata Kuliah: Telaah Kurikulum  Bahasa dan Buku Teks Bahasa IndonesiaÂ
Dosen Pengampu: Dr. Aida Azizah, S.Pd., M.Pd.
Email: rosa.dina5765@gmail.com
Â
Â
AbstrakÂ
Â
Penggunaan flipbook berita interaktif (FBI) dalam pendidikan memperkaya pengalaman membaca dengan visual dinamis dan fitur interaktif, meningkatkan keterlibatan siswa, dan membantu guru menyampaikan materi lebih efektif. Penelitian kualitatif ini menunjukkan bahwa FBI dapat meningkatkan keaktifan siswa meskipun ada kekurangan dalam integrasi teori dan praktik. Disarankan agar konten flipbook diperbarui dengan elemen interaktif tambahan, guru diberikan pelatihan, serta dilakukan evaluasi berkala dan umpan balik untuk perbaikan. Sekolah juga perlu menyediakan fasilitas pendukung seperti smartphone, laptop, dan proyektor untuk memastikan penggunaan flipbook berjalan efektif.
 Keywords : teks berita, flipbook
PENDAHULUAN
Â
Dalam era digital, cara mengakses dan mengonsumsi berita telah berubah drastis dengan penggunaan flipbook untuk menyajikan konten secara interaktif. Flipbook tidak hanya memperkaya pengalaman membaca dengan visual dinamis dan menarik, tetapi juga mengintegrasikan elemen seperti animasi, galeri foto, dan tautan langsung ke sumber informasi tambahan. Ini membuka peluang baru dalam penyampaian berita yang lebih menarik dan relevan di era digital yang terhubung.
Penggunaan flipbook bukan hanya alat penyajian informasi, tetapi juga strategi untuk meningkatkan keterlibatan pembaca. Dengan fitur-fitur interaktifnya, flipbook memungkinkan pembaca untuk berinteraksi lebih dalam dengan konten, menjelajahi topik lebih lanjut, dan memahami informasi secara menyeluruh. Teknologi ini juga memungkinkan penulis berita untuk menggabungkan kreativitas bahasa dan visual dalam penyajian berita yang memikat.
Untuk mencapai keberhasilan dalam menggunakan flipbook berita interaktif (FBI), kami sebagai pendidik dituntut untuk berkarya dalam berbagai media ajar guna menunjang kurikulum merdeka. Melalui flipbook ini, kami menghadirkan buku digital yang menarik minat baca siswa. Flipbook ini tidak hanya menyajikan materi pembelajaran, tetapi juga rencana pembelajaran yang bermanfaat bagi pendidik.
TUJUANÂ
Â
Dalam pembuatan bahan ajar ini, kami berfokus pada pengembangan sebuah buku teks dalam bentuk digital yang kami sebut FBI (Flipbook Berita Interaktif). Tujuannya adalah untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi yang menarik sehingga peserta didik tertarik untuk membaca dan mempelajari materi tersebut. Pada era digital ini, sebagai guru, kita dituntut untuk berinovasi dalam membuat bahan ajar. Oleh karena itu, kami memanfaatkan teknologi ini untuk menciptakan FBI.
Â
METODE PENELITIAN
Â
Metodologi penelitian yang digunakan bertujuan untuk memperoleh informasi yang benar-benar dipahami, memastikan bahwa hasilnya sesuai dengan yang diharapkan, serta menghasilkan paper yang berkualitas. Oleh karena itu, penyusun menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Metode kualitatif adalah metode pengumpulan data melalui wawancara yang beragam dalam berbagai situasi dan konteks. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif, yaitu analisis data dengan cara menginterpretasikan data dalam bentuk kata-kata. Analisis data dilakukan setelah pengumpulan data selesai. Data yang dianalisis adalah data yang diperoleh melalui wawancara dengan sumber yang relevan.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Â
FBI atau kepanjangan dari  (Flipbook Berita Interaktif) merupakan suatu media bahan ajar yang menggunakan teknologi digital yang orang awam tau adalah handout ini suatu trobosan terbaru untuk menambah kekeatifan pengajar untuk membuat bahan ajar mudah diakses dan parktis. Selain itu, penelitian Dessi Susanti dkk. (2022) menambahkan perspektif baru dengan mengeksplorasi penggunaan Ebook menggunakan Flipbook Maker untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa ,dengan hasil yang melebihi target yang ditetapkan.
Dalam mengeksplorasi bahan ajar ini, diperlukan fasilitas seperti smartphone, laptop, atau proyektor agar dapat digunakan saat pembelajaran dimulai. Dengan banyaknya teknologi dan media di era digital ini, kami menggunakan bahan ajar yang lebih praktis. Meskipun terdapat beberapa kekurangan, kelebihan dari bahan ajar ini mampu meningkatkan keaktifan siswa di kelas. Untuk materi yang digunakan saat melakukan studi lapangan di MAN 2 Kota Semarang, kami menggunakan teks berita yang ditujukan untuk kelas 11. Adapun berbagai kelebihan dan kekurangan dalam penulisan teks berita yang kami tuliskan diflipbook ini.
Kelebihannya terletak pada eksplorasi yang komprehensif terhadap berbagai kesulitan yang dihadapi siswa dalam menulis berita, sebagaimana disoroti oleh Sabaria (2018). Teks dengan jelas mengidentifikasi tantangan dalam struktur, tata tulis, dan penyusunan berita, serta menggarisbawahi kekurangan praktik seperti ketiadaan judul dan sumber berita, serta kesalahan dalam tata tulis seperti penggunaan huruf kapital dan tanda baca. Referensi terhadap Liana Diastiti dkk. (2012) memberikan nilai tambah dengan menunjukkan bahwa pemahaman yang baik terhadap proses penulisan berita dapat meningkatkan kualitas tulisan siswa, terutama dengan menerapkan prinsip 5W+1H.
Â
Di sisi lain, kelemahan teks ini terletak pada kurangnya integrasi yang mendalam antara berbagai teori atau penelitian yang disajikan. Meskipun berbagai referensi memberikan gambaran luas tentang berbagai aspek penulisan berita dan pengembangan kemampuan berpikir kritis, teks tidak menguraikan secara khusus bagaimana penerapan teori-teori ini di lapangan atau dalam konteks pendidikan yang spesifik. Dalam materi teks berita ini banyak hal yang dapat dipelajari melalui flipbook yang sudah kami buat adapun cara penggunan flipbook untuk pengguna baru.
Â
Langkah-langkah praktis dalam menggunakan Flipbook Berita Interaktif (FBI) adalah sebagai berikut. Pertama, akses flipbook berita interaktif yang tersedia secara online. Kenali navigasi halaman untuk memudahkan berpindah antarhalaman dan memperbesar konten yang relevan. Ketahui struktur berita yang disajikan, seperti judul, lead, tubuh berita, dan penutup, serta manfaatkan fitur interaktif yang mungkin ada, seperti gambar yang dapat diperbesar atau video yang dapat diputar. Terakhir, terapkan pemahaman yang diperoleh dari flipbook dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam konteks pekerjaan, studi, atau kehidupan sosial untuk mengoptimalkan penerapan dari informasi yang didapatkan. Hal ini dapat secara efektif meningkatkan pemahaman dan keterampilan analitis terhadap berbagai isu yang disajikan dalam berita.
KESIMPULANÂ
Â
 Penggunaan flipbook berita interaktif (FBI) dalam pembelajaran memberikan banyak manfaat signifikan di era digital ini. Flipbook ini tidak hanya memperkaya pengalaman membaca dengan visual yang dinamis dan menarik, tetapi juga meningkatkan keterlibatan dan minat siswa terhadap materi pembelajaran. Melalui pendekatan penelitian kualitatif, kami menemukan bahwa FBI dapat meningkatkan keaktifan siswa di kelas dan membantu guru menyampaikan materi dengan lebih efektif. Meskipun ada beberapa kekurangan, seperti kurangnya integrasi mendalam antara teori dan praktik, kelebihan FBI dalam memfasilitasi pemahaman yang lebih menyeluruh terhadap topik yang dipelajari jauh lebih menonjol.
SARANÂ
Â
Pengembangan lebih lanjut diperlukan agar penulis dan pendidik terus memperbaharui konten flipbook, menjadikannya relevan dan menarik dengan tambahan elemen interaktif seperti kuis dan diskusi. Pelatihan bagi guru mengenai penggunaan fitur-fitur flipbook akan memastikan mereka dapat mengoptimalkan alat ini dalam pembelajaran. Evaluasi berkala dan umpan balik dari siswa serta guru diperlukan untuk terus memperbaiki bahan ajar ini. Penulis dan peneliti harus mengintegrasikan teori dan praktik dalam flipbook dengan contoh konkret dan studi kasus yang relevan. Sekolah dan institusi pendidikan juga perlu menyediakan fasilitas pendukung seperti smartphone, laptop, dan proyektor untuk memastikan penggunaan flipbook berjalan lancar dan efektif.
DAFTAR PUSTAKAÂ
Â
Sabaria. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Berita Berdasarkan Kurikulum 2013 Kelas XII AP SMKN 3. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Susanti, Dessi. (2022). E-Book dengan Memanfaatkan Flipbook Maker sebagai Multimedia pada Pembelajaran Berbasis E-Newspaper Literacy dalam Mengoptimalkan Critical Thinking Skills di Perguruan Tinggi. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, 12(2), hal 158-166.
Diastiti, Liana. Atmazaki & Nursaid . (2012). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA BERBANTUAN PETA KONSEP SISWA KELAS VIII.1 SMP NEGERI 20 PADANG. Universitas Negeri Padang
Effendy, O. U. (1990). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H