Mohon tunggu...
Romi Padli
Romi Padli Mohon Tunggu... Teacher -

Romi Padli Mahasiswa Pascasarjana Ekonomi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Money

Marketing Syariah sebagai Solusi Cerdas dalam Berbisnis

17 Desember 2017   11:36 Diperbarui: 17 Desember 2017   11:40 408
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Oleh : Romi Padli

Mahasiswa Pascasarjana

Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia

Islam adalah agama yang rahmatan lilalamin. Dalam arti yang luas Islam adalah jalan keselamatan bagi manusia. 

Banyak teori yang pernah di kemukakan oleh ahli-ahli bisnis dan ekonomi tentang marketing. Hal ini tentu membuat kita sebagai seorang muslim yang sadar akan kehadiran ilmu-ilmu tersebut tidak menjadikan kita menyerah dalam menggali potensi keilmuan yang ada.

Sebagai seorang muslim, kita dapat menjelajahi lebih jauh ajaran, petunjuk dan sumber daya yang sangat perlu dan mendasar dalam Islam.

Sebab banyak sekali ilmu-ilmu yang telah kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari tanpa kita sadari bahwa ilmu tersebut merupakan konsep yang telah diajarkan baginda nabi kita Muhammad Salalallahu 'alaihiwasalam.

Dalam perkembangannya ilmu-ilmu yang ada pada saat ini merupakan perluasan dan perkembangan dari ilmu-ilmu yang ada sebelumnya.

Ilmu marketing misalnya, dalam ilmu marketing kita mengenal banyak variabel-variabel yang digunakan untuk  mengkonsep ulang aktivitas menjual dan membeli suatu barang dengan cara tradisioanl dan modern.

Dalam dunia marketing ada teori yang mengungkapkan tentng persaingan bisnis dalam dunia usaha. Oleh sebab itulah persaingan bisnis pada dunia usaha menuntut manusia untuk berpikir cerdas dalam mengembangkan usahanya.

Padahal kalau kita berpirkir cerdas persaingan bisnis adalah konsep prilaku manusia yang terus berkembang pada dunia modern yang dijadikan dasar dalam pemilihan usaha yang tertentu.

Dalam bisnis setiap perusahaan akan mengeluarkan produk yang mempunyai keunggulan masing-masing dalam bidangnya.

Kita ambil contoh misalnya produk elektronik dan teknologi, banyak keunggulan yang dapat kita nikmati untuk memudahkan hidup kita dalam menjalani aktivitasnya sebagai perkembagan ilmu teknologi.

Dalam islam, sejarah mencatat bahwa dulu orang-orang kafir atau orang tidak percaya dengan kenabian Muhammad sebagai utusan Allah, mereka meng klaim dan tidak percaya bagaimana Rasulullah dapat melakukan perjalanannya isra' dan miraj dalam satu malam.

Namun hari ini keraguan orang-orang kafir terdahulu menjadi sebuah kebenaran dengan hadirnya kecanggihan teknologi.

Bahkan dengan kecanggihan teknologi, maka semakin banyak banyak orang-orang yang cerdas mendapatkan ilham dan hidayah berupa ilmu pengetahuan di luar batas akal pikirannya.

Begitupun juga dengan berbisnis. Bisnis yang sehat memerlukan konsep marketing yang sehat pula. Sehat dalam artian yang mendasar adalah sehat dalam memilih marketing yang bertujuan efektif dan efisien sesuai dengan orientasi bisnis.

Salah satunya kosnsep yang dapat gunakan adalah konsep marketing syariah. secara umum marketing  syariah sering diartikan sebagai bentuk pemasaran yang dilakukan oleh sebuah perushaan sesuai dengan norma-norma Islam.

Pada saat ini marketing syariah didefinisikann sebagai sebuah strategi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Banyak konsep ilmu ekonomi yang mengatakan bahwa, dalam sebuah bisnis marketing merupakan salah satu ujung tombak dalam keberhasilan bisnis.

Hal ini tidak tidak jauh berbeda dengan konsep ilmu marketing syariah, dimana ilmu marketing syariah akan menyaring dan menggunakan ilmu-ilmu yang ada dan di gunakan sebagai senjata dalam keberhasian sebuah usaha.

Dan tentunya konsep marketing  ini tidak akan keluar dari koridor-koridor yang telah ditetapkan dalam agama Islam.

Oleh sebab itulah marketing syariah merupakan strategi bisnis yang berusaha mencari karunia Allah dengan cara yang sehat dan dapat menghasilkan keuntungan yang sehat.

Ilmu marketing syariah merupakan perluasan dari ilmu-ilmu marketing yang ada, dan tentunya ilmu ini sangat berguna bagi para pelaku bisnis dalam menjalankan aktivitas usaha.

Islam sangat menganjurkan membuat strategi untuk bisnis dari usaha yang berkah. Karena hal ini akan berkaitan lansung dalam harta yang dimiliki.

Karna keberkahan harta akan berpengaruh positif kepada kegunaan harta tersebut sehingga harta itu akan membawa kebaikan dan menghidarkan dari kerugian.

Untuk mengembangkan usaha dengan konsep marketing syariah,  Islam sangat mengajarkan kepada kita untuk melihat sejarah kesuksesan yang pernah dilakukan oleh baginda Rasulullah melalui hadis-hadis yang diriwayatkan oleh para sahabat.

Banyak riwayat yang mencatat tentang kesuksesan Rasulullah dalam berdagang. Dalam sebuah riwayat dinyatakan bahwa ketika rasul belum genap berumur dua lima tahun, beliau telah dipecaya membawa barang dagangan orang-orang kaya pada waktu itu untuk di jual ke luar negeri.

Hal ini menunjukan bahwa kesuksesan yang dimiliki Rasulullah merupakan kunci dari konsep marketing syariah. Di mana salah satu konsep marketing syariah adalah menjual produk yang kita miliki sesuia dengan barang yang ada atau dengan kata lain adalah sikap kejujuran yang kita miliki akan mempengaruhi kelarisan dan keuntungan dalam perdagangan kita.

Kesuksesan dalam berbisnis yang dilakukan oleh Rasulullah pada dasarnya adalah kesuksesan yang dimulai dari kepribadian yang beliau miliki.

Banyak ilmuan muslim menjelaskan tentang kepribadian beliau dengan empat karakter. Karakter tersebut adalah sidiq atau jujur, amanah atau tidak menyimpang dari yang dilakukan, fatonah atau cerdas dalam memutuskan sebuah perkara, serta tablig atau menyampaikan yang sesunggunhya tanpa adanya unsur-unsur penipuan.

Sebelum diangkat menjadi Nabi, banyak sekali para kaum Qurais pada saat itu, telah mempercayakan kepada Rasulullah untuk menitipkan dagangan dan hartanya kepada baginda Nabi.

Hal ini disebabkan oleh karena kepribadianya yang luhur dan tulus dalam membantu orang lain, serta tidak ada unsur untuk melakukan penipuan. Bahkan pada saat itu banyak yang mengenal nabi karena beliau adalah orang yang terpercaya atau bergelar al-Amin.

Jika kita sandingkan di zaman ini, sebuah kepribadian akan mengantarkan orang lain kepada kesuksesan.

Banyak bisnis dalam bidang kepercayaan pada saat ini telah sukses menginspirasi banyak orang. Sebut saja bisnis rumah makan yang berkonsep pada kejujuran dan kehalalan produk usahanya, sang penjual akan selalu memprioritaskan kejujuran dan menjamin kehalalan produk makanannya.

Orang yang sudah yakin dan terbukti dengan kehalalan sebuah produk maka akan menjadikan produk itu sebagai pilihan untuk memenuhi kebutuhannya.

Ini adalah konsep marketing syariah yang dijadikan senjata untu mendapatkan hasil yang maksimal.

Kehalalan produk makanan ini akan dijamin oleh lembaga yang terpercaya dalam sebuah pemerintahan. Mulai dari pilihan bahan-bahanya, proses pembuatanya dan hasil yang keluarkannya semua terjamin oleh dewan pengawas makanan.

Seorang pembisnis yang handal dan profesional sudah tentu akan memahami barang  dan produk yang disukai oleh konsumennya. Sebagai konsekuensi dari target penjualan yang dilakukannya.

Oleh sebab itu, Iapun akan menyiapkan produk-produk tersebut dengan sebik-baiknya guna mendapatkan target pasar yang Ia inginkan.

Selanjutnya adalah memberikan harga yang adil dalam menentukan kaualitas dan kuantitas produkyang kita jual. Dalam bidang propeprti misalnya, kualitas dan kuantitas barang yang kita jual sudah teruji, dengan memberikan garansi terhadap kualitas dan kuantitasnya.

Jika barang yang kita jual tidak sesuai dengan kualitas dan kuantitasnya maka barang tesebut dapat diganti yang baru, atau dikembalikan uangnya.

Oleh sebab itulah jangan ragu menggunakan strategi marketing syariah dalam usaha dan bisnis kita, sebabai solusi cerdas dalam berbisnis.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun