Modul 3. 2 Mulai Dari Diri
Romi Inung Vanianto
CGP Angkatan 7
Sukoharjo
1. Mengingat ekosistem, bayangkan sekolah atau salah satu sekolah tempat Bapak dan Ibu bertugas. Apa bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuah ekosistem?
Jawab :
Ekosistem adalah hubungan timbal balik makhluk hidup dan alam sekitarnya, meliputi lingkungan biotik dan abiotik , dalam hal ini lingkungan sekolah yang terdiri dari segala sesuatu yang hidup seperti sumber daya manusia, kepala sekolah, guru, murid, tenaga kependidikan, komite sekolah, pengawas , masyarakat sekitar sebagai bagian lingkungan biotik dan lingkungan abiotik berkaitan misalnya visi misi sekolah, program kurikulum, pembiayaaan, sarpras sekolah, humas, data kepegawaian, letak sekolah yang saling berkaitan untuk menciptakan lingkungan belajar budaya positif dan berpihak pada murid
2. Apa saja yang bisa Anda sebut sebagai sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah? Perhatikan untuk tidak terpaku pada hal-hal yang kelihatan.
Jawab :
Aspek kekuatan Sumber Daya Sekolah menjadi sumber kekuatan dalam proses pembelajaran untuk mewujudkan belajar yang berpihak pada murid yang didukung sumber daya manusia, kepala sekolah, guru, murid, tenaga kependidikan sebagai bagian lingkungan biotik dan lingkungan abiotik berkaitan , misalnya visi misi sekolah, kurikulum, data kepegawaian, letak sekolah yang saling berkaitan untuk menciptakan lingkungan belajar budaya positif dan berpihak pada murid
3. Refleksikan sosok pemimpin atau kepala sekolah yang memimpin sekolah tersebut.
Apa hal-hal yang paling diingat dari sosok pemimpin tersebut, terkait dengan perannya di ekosistem sekolah serta pelibatan/pemanfaatan sumber daya yang ada?
Jawab :
Pemimpin yang bijaksana dalam mengemban tugas sekolah secara tanggung jawab. Penyelesaian permasalahan dengan budaya positif dalam ekosistem sekolah dan sesuai alur mengutamakan diskusi kolaborasi bersama. Pemanfaatan sumber daya yang ada sudah diaplikasikan secara maksimal guna menunjang keberlangsungan interaksi antar lingkungan abiotik dan biaotik. Kepala sekolah yang mampu menyesuaikan diri dari berbagai elemen baik di dalam ataupun luar sekolah serta saling berkaitan satu dengan lainnya guna menciptakan lingkungan belajar berbudaya positif dan berpihak pada murid
4. Jadi, seperti apa peran pemimpin yang ideal itu, khususnya dalam hal memanfaatkan semua bagian dari ekosistem dan mengelola sumberdaya yang ada di dalam dan sekitar sekolah?
Jawab :
Pemimpin / kepala sekolah yang tanggung jawab dalam tugas sekolah dan memiliki visi misi serta tujuan sekolah yang jelas untuk secara bertahap mampu mewujudkannya. Pemimpin yang  memanfaatkan sumber daya baik aset positif ataupun aset kekurangan untuk saling mengisi sehingga dapat meminimalisasi permasalahan dalam sekolah. Sedangkan untuk aset kekurangan bisa di imbangi dengan aset keunggulan yang dimiliki sekolah, mengedepankan kolaborasi baik dalam proses pembelajaran ataupun etos kerja guru dan tenaga kependidikan. Pemimpin / Kepala Sekolah membawa penumpang ( warga sekolah ) dan menjadi penanggungjawab sekolah serta mampu menyesuaikan diri dari berbagai elemen baik di dalam ataupun luar sekolah serta saling berkaitan satu dengan lainnya guna menciptakan lingkungan belajar berbudaya positif dan berpihak pada murid
5. Silakan refleksikan, posisi diri Bapak dan Ibu dalam ekosistem sekolah.
Sejauh mana Bapak Ibu sebagai guru atau peran lainnya telah memanfaatkan sumber daya sekolah?
Jawab :
Guru sudah melakukan kolaborasi serta melibat-aktifkan dalam menciptakan hubungan harmonis dan selaras dengan kepala sekolah, pengawas, teman sejawat, murid, dan tenaga kependidikan. Kekuatan yang saya miliki berpikir ke depan untuk mampu mengelola dan memaksimalkan aset sumber daya sekolah dang lingkungan sekolah untuk kemajuan belajar. Senantiasa mewujudkan pendidikan yang berpihak kepada murid dengan memanfaatkan segala lingkungan biotik dan abiotik yang terdapat pada ekosistem sekolah.
Contohnya di sekolah terdapat taman dan halaman yang luas dapat digunakan untuk outing class. Lokasi sekolah sangat strategis di pinggir Desa Duwet, dekat jalan sehingga akses mudah . Ketiga lokasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk sumber belajar dalam pembelajaran murid
6. Apa saja harapan pada diri Bapak dan Ibu sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?
Harapan bagi :
Diri sendiri :
mampu mengelola sumber daya yang terdapat di sekolah, mampu membuat strategi pengelolaan sumber daya, mampu memetakan sumber daya yang terdapat di sekolah, dan mampu menganalisis sejauh mana potensi kekuatan yang dimiliki sekolah serta tidak menganggap kekurangan yang dimiliki sebagai kelemahan
Murid :
Secara bertahap dapat meningkatkan kompetensi murid dalam pembelajaran dengan harapan hasil yang didapatkan sesuai dengan bakat, minat murid dan dapat dirasakan manfaatnya oleh semua murid  murid sekolah .
Sekolah :
Sekolah mampu mengelola sumber daya secara maksimal dengan melakukan pemetaan asset sekolah baik biotik maupun abiotic untuk menunjang program sekolah serta evaluasi dan membuat rancangan tindak lanjut sekolah
7. Apa saja kegiatan, materi, manfaat, yang Bapak dan Ibu harapkan ada dalam modul ini?
Jawab :
Pengelolaan sumber daya sebagai asset kekuatan yang berada di sekolah secara efektif, strategi pengelolaan sumber daya, cara membuat pemetaan sumber daya, dan cara menganalisis potensi kekuatan sumber daya yang ada di sekolah. Manfaat yang diharapkan pada modul ini yakni saya mampu melakukan pengelolaan sumber daya yang dimiliki sekolah. Sumber daya berupa aset kelemahan tidak menjadikan lingkungan sekolah menurun, akan tetapi menjadi pemetaan untuk dijadikan referensi dalam pelaksanaan program sekolah serta keunggulan yang dimiliki sekolah menjadi sumber kekuatan sekolah.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H