Pada era digital yang semakin maju, mahasiswa teknologi pendidikan perlu mencari topik skripsi yang tidak hanya inovatif, tetapi juga relevan dengan perkembangan zaman. Di tahun 2024, kemajuan teknologi seperti AI, VR, dan blockchain membuka peluang penelitian baru yang menarik. Selain itu, teknologi seperti Internet of Things (IoT), big data, cloud computing, hingga pembelajaran berbasis game memberikan ruang eksplorasi yang luas bagi penelitian. Berikut adalah 20 topik skripsi yang dapat dijadikan inspirasi untuk mahasiswa teknologi pendidikan di tahun 2024:Â
1. Penggunaan AI untuk Personalisasi Pembelajaran di Kelas Virtual
Meneliti bagaimana kecerdasan buatan (AI) dapat disesuaikan untuk kebutuhan belajar siswa dalam lingkungan kelas virtual, serta dampaknya terhadap motivasi dan hasil belajar.
2. Efektivitas Penggunaan Augmented Reality (AR) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains
Melakukan studi tentang penggunaan AR untuk memvisualisasikan konsep-konsep abstrak dalam mata pelajaran sains di sekolah menengah.
3. Penerapan Blockchain untuk Pengelolaan Sertifikat Digital di Pendidikan Tinggi
Meneliti potensi blockchain dalam mengamankan data akademik, termasuk sertifikat digital, transkrip, dan kredensial, serta dampaknya pada integritas akademik.
4. Pengaruh Gamifikasi dalam Pembelajaran Daring terhadap Keterlibatan Siswa
Mengkaji sejauh mana penerapan gamifikasi dalam pembelajaran daring dapat meningkatkan keterlibatan dan partisipasi aktif siswa di lingkungan digital.
5. Desain Pembelajaran Berbasis Microlearning untuk Pembelajaran Adaptif
Menganalisis efektivitas pembelajaran modular (microlearning) dalam menciptakan pengalaman belajar yang adaptif bagi siswa dengan berbagai gaya belajar.
6. Peran Big Data dalam Analisis Hasil Belajar: Studi Kasus Penggunaan Learning Analytics
Mengeksplorasi bagaimana big data digunakan dalam mengevaluasi hasil belajar siswa serta memberikan rekomendasi untuk peningkatan metode pengajaran.
7. Virtual Reality sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Praktik Siswa
Meneliti dampak penggunaan teknologi VR dalam meningkatkan keterampilan praktik pada pembelajaran kejuruan, seperti simulasi laboratorium.
8. Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Mobile untuk Meningkatkan Literasi Digital di Sekolah Dasar
Studi tentang pengembangan aplikasi mobile yang dirancang untuk meningkatkan literasi digital siswa SD di era digital yang semakin berkembang.
9. Efektivitas Penerapan Flipped Classroom Berbasis Teknologi di Pendidikan Menengah
Melakukan penelitian mengenai metode flipped classroom berbasis teknologi dan dampaknya terhadap keterlibatan dan prestasi akademik siswa.
10. Penerapan Internet of Things (IoT) untuk Smart Classroom di Sekolah Menengah
Mengeksplorasi penggunaan perangkat IoT seperti smart boards dan perangkat wearable untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan efektif.
11. Pengaruh Penggunaan AI dalam Pengelolaan Assessment Otomatis terhadap Akurasi Penilaian
Meneliti bagaimana penerapan AI dalam proses penilaian otomatis dapat meningkatkan akurasi dan efisiensi dalam evaluasi hasil belajar.
12. Studi Efektivitas Metode Hybrid Learning dalam Pengajaran Matematika di Pendidikan Dasar
Mengkaji keberhasilan model pembelajaran hybrid dalam mengatasi tantangan belajar matematika di tingkat pendidikan dasar.
13. Pengembangan Konten Pembelajaran STEM Berbasis Game untuk Siswa SMA
Menganalisis dampak konten pembelajaran berbasis game dalam meningkatkan pemahaman konsep STEM di kalangan siswa SMA.
14. Penggunaan Teknologi AR dan VR untuk Pembelajaran Inklusif bagi Siswa Berkebutuhan Khusus
Meneliti peran AR dan VR dalam meningkatkan aksesibilitas pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus, terutama dalam konsep visual dan kinestetik.
15. Analisis Efektivitas Learning Management System (LMS) dalam Meningkatkan Kolaborasi Siswa
Studi tentang bagaimana LMS modern seperti Google Classroom atau Moodle dapat meningkatkan kolaborasi siswa dan produktivitas belajar.
16. Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) dengan Bantuan Teknologi Digital
Meneliti dampak penggunaan teknologi digital dalam mendukung pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan problem-solving siswa.
17. Keamanan Data dalam Sistem Pendidikan Daring: Studi Kasus Implementasi di Indonesia
Menganalisis tantangan dan solusi terkait keamanan data siswa dan privasi dalam sistem pendidikan daring di Indonesia.
18. Pengaruh Penggunaan Chatbot AI sebagai Tutor Virtual pada Pembelajaran Bahasa Inggris
Meneliti efektivitas chatbot berbasis AI dalam membantu siswa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris melalui interaksi berbasis percakapan.
19. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa
Melakukan studi pengembangan media pembelajaran berbasis video, audio, dan animasi untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.
20. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Cloud Computing untuk Pendidikan Jarak Jauh
Mengeksplorasi potensi cloud computing dalam mendukung pembelajaran jarak jauh serta efektivitasnya dalam mengatasi keterbatasan akses di daerah terpencil.
Topik-topik di atas tidak hanya relevan dengan perkembangan teknologi terkini, tetapi juga memberikan kontribusi yang signifikan bagi dunia pendidikan di era digital. Bagi mahasiswa teknologi pendidikan, memilih topik yang tepat adalah langkah awal untuk menghasilkan skripsi yang bermanfaat dan aplikatif.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H