Mohon tunggu...
RITA HETTI
RITA HETTI Mohon Tunggu... Guru - GURU TK AR RAHMAN DHARMASRAYA

Saya seorang guru PAUD dengan hobi seni (editor) saya suka humor dan membuat konten di sosial media dengan tema nyanyian, action humor

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Best Practice

30 November 2023   20:30 Diperbarui: 30 November 2023   21:02 217
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

                                                                                                           Penggunaan Media Loose Part 

                              Untuk Meningkatkan kemampuan anak dalam  mengenal angka dalam pembelajaran berhitung

                                                                                                  di TK AR RAHMAN PULAU PUNJUNG

                                                                                                                      RITA HETTI,S.Pd

                                                                                               Guru TK AR RAHMAN Pulau Punjung

                                                                          

A.PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

Anak usia dini adalah anak yang berada pada rentang usia 0-6 tahun pada  masa ini adalah masa yang sangat penting bagi anak dan periode ini di sebut juga dengan  masa  keemasan  atau the golden age dimana pada masa ini merupakan masa yang sangat efektif untuk dapat mengembangkan berbagai potensi yang di miliki oleh anak. maka dari itu sangat penting  untuk mengarahkan dan membimbing anak dalam membangun karakter positif dan menyeimbangkan  seluruh aspek perkembangan yang ada dalam diri anak agar berkembang secara optimal sesuai dengan tahapan usianya.

  • Hal tersebut sesuai dengan pendapat Suyadi & Ulfah (2015) dalam Mitra Ash-Shibyan (2023 : 24) menegaskan bahwa secara institusional PAUD dapat diartikan sebagai salah satu bentuk penyelengaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan, baik koordinasi motorik, kecerdasan emosional, kecerdasan jamak maupun spiritual. Sehingga, ia dapat mempersiapkan anak untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.

1. Jenis Kegiatan

Kegiatan yang dilaporkan dalam laporan praktik baik ini adalah meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal angka pada pembelajaran berhitung melalui media pembelajaran Loose Part.

Manfaat Kegiatan

  • Praktik pembelajaran ini menurut saya penting untuk dibagikan karena dengan menggunakan media Loose Part  mampu mendorong partisipasi aktif pada peserta didik,mengembangkan kemampuan anak dalam berpikir kritris dan berimajinasi sehingga kemampuan anak dalam mengenal angka pada pembelajaran berhitung dapat meningkat sesuai yang di harapkan. Sehingga praktik baik ini diharapkan selain bisa menjadi motivasi bagi saya sendiri dan juga bisa menjadi  referensi  bagi rekan guru yang lain.

Tujuan yang ingin dicapai

  • Meningkatkan kemampuan anak dalam  mengenal angka dalam pembelajaran berhitung melalui media Loose Part di TK AR RAHMAN PULAU PUNJUNG

B. PEMBAHASAN

1. Situasi

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah 

  • Minat anak dalam pembelajaran berhitung masih rendah
  • Anak kurang bersemangat dalam pembelajaran berhitung
  • Saat  proses pembelajaran berhitung hanya beberapa anak yang berpartisipasi aktif seperti bertanya dan mengajukan pendapat
  • Peserta didik cenderung kurang melakukan interaksi aktif dengan guru maupun dengan teman sejawat
  • Ketika peserta didik diminta saling berdiskusi pada saat pembelajaran peserta didik cenderung pasif

Dari permasalahan diatas maka perlu adanya perbaikan-perbaikan dalam proses pembelajaran baik itu media maupun cara menyajikan materi oleh pendidik agar peserta didik termotivasi dalam pembelajaran berhitung sehingga mendapatkan hasil belajar yang maksimal

Alasan guru memilih media Loose Part  agar dapat mendorong partisipasi aktif pada peserta didik serta mengembangkan kemampuan anak dalam berpikir kritris dan berimajinasi sehingga kemampuan anak dalam mengenal angka pada pembelajaran berhitung dapat meningkat sesuai yang di harapkan

Menurut Daly & Belgolovsky (dalam Jarwani 2022 : 15) loose part adalah material yang dapat dipindahkan, dibawa, digabungkan, dirancang ulang dan disatukan kembali dengan berbagai cara. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan loose part sebagai media bermain dapat memberikan kesempatan bereksplorasi secara luas kepada anak karena loose part bisa digunakan sesuai keinginan dan imajinasi anak.

Bermain loose Part adalah kegiatan bermain yang bervariasi dengan penggabungan berbagai bahan yang sudah di sediakan, kegiatan bermain ini antara lain memasangkan angka sesuai jumlah benda, menghitung gambar lalu mencari angka yang sesuai. Loose apart yang di gunakan sesuai dengan minat anak dan bervariasi sehingga anak tidak bosan.

Mengapa praktik pembelajaran ini penting untuk dibagikan?

Praktik pembelajaran ini menurut saya penting untuk dibagikan karena dapat meningkatkan ke aktifan siswa dalam proses pembelajaran dan dapat merangsang daya imajinasi serta berpikir kritis pada anak sehingga dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal angka pada pembelajaran berhitung selain itu pratik ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagi saya sendiri dan juga bisa menjadi  referensi  bagi rekan guru yang lain.

Dengan menerapkan media loose part pada pembelajaran berhitung peserta didik berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, pada pembelajaran ini guru menyajikan media loose part yang beragam dan bervariasi sehingga dapat memotivasi peserta didik dalam melakukan kegiatan pembelajaran berhitung.

Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini?

Adapun peran saya dalam praktik baik ini adalah saya sebagai guru yang akan berperan aktif dalam proses pembelajaran dan bertangungjawab dalam penyelesaian masalah yang dihadapkan dengan melakukan perbaikan- perbaikan dalam proses pembelajaran,untuk dapat berjalan secara efektif,  serta melakukan inovasi-inovasi dalam proses pembelajaran seperti pemanfaatan pengunaan media,bahan ajar,serta metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan kondisi dan kemampuan peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan harapan.

Sebagaimana dijelaskan Syah (dalam Gesti Indah Sari, Ayi Teiri Nurtiani,dan Mik Salmina 2021 : 2) mengatakan: "Guru sebagai figure sentral dalam dunia pendidikan, khususnya dalam proses belajar mengajar. Sehubungan dengan ini, setiap guru sangat diharapkan memiliki karakteristik (ciri khas) kepribadian yang ideal sesuai dengan persyaratan yang bersifat psikologi, padagidis"

2.Tantangan

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan?

Dari analisis hasil kajian literatus dan wawancara penyebab untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai yaitu : meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal angka dalam pembelajaran berhitung antara lain :

  • Media pembelajaran oleh guru belum bervariasi
  • Metode pembelajaran yang disajikan guru kurang bervariatif

Dari tantangan di atas nantinya akan dicarikan solusi untuk dapat menjawab permasalahan yang akan diajukan, Solusi dari tantangan yang dihadapi oleh guru adalah sebagai berikut :

  • Menyajikan media  pembelajaran yang bervariasi dan menarik untuk anak
  • Pemilihan motode pembelajaran yang bervariatif sehingga peserta didik merasa tertarik dan termotivasi dalam pembelajaran
  • Pemilihan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.
  • Guru harus mampu memberikan motovasi belajar peserta didik melalui proses pembelajaran yang menyenangkan

Siapa saja yang terlibat?

Pihak yang terlibat dalam pelaksanaan praktik baik ini melibatkan guru dari segi kompetensi yang harus dimiliki yaitu pedagigik dan professional dan dapat melibatkan rekan sejawat untuk dapat mencari solusi dan alternatif,dan terkait dengan keberhasilan dalam proses pembelajaran baik tingkat keaktifan dan hasil belajar dalam praktik baik ini harus melibatkan peserta didik itu sendiri.

 

3.AKSI

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut: 

Pemilihan media pembelajaran

  • Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan media pembelajaran dengan cara memahami karakteristik pesertadidik dan disesuaikan dengan media yang akan disajikan, disini guru memilih media Loosepart dalam meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal angka pada pembelajaran berhitung.
  • Pemilihan media yang bervariasi sehingga dapat meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam pembelajaran mengenal angka.
  • Proses pembuatan media ini dimulai dari mengumpulkan bahan-bahan yang akan di jadikan media loosepart dan mempelajari materi yang akan dibuat materinya, terkait dengan kemampuan anak dalam mengenal angka pada pembelajaran berhitung
  • Strategi yang dilakukan guru agar dapat memberikan motivasi belajar kepada peserta didik adalah dengan merancang pembelajaran yang berpusat kepada anak sehingga anak dapat berperan aktif dalam kegiatan belajar. 

Pemilihan Metode Pembelajaran Yang Bervariatif

  • Strategi guru dalam pemilihan metode pembelajaran yang bervariatif adalah dengan memahami karakteristik peserta didik dan karakteristik materi disini guru memberikan metode pembelajaran penugasan tanya jawab dan diskusi
  • Proses pemilihan metode yang sesuai dan tepat untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka pada peserta didik dengan cara melihat karakteristik serta kemampuan dasar peserta didik, serta pengembangan metode berpusat pada peserta didik. Sehingga peserta didik dapat berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran.
  • Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan media ini antara lain pemahaman kompetensi guru akan metode pembelajaran pembelajaran

4.REFLEKSI 

  • Dampak dari aksi dan Langkah-langkah yang dilakukan
  • Penggunaan media pembelajaran menggunakan media loosepart  dapat membangkitkan semangat peserta didik dalam pembelajaran disertai dengan berbagai variasi yang ada pada media loosepart yang di sediakan guru sehingga anak berperan aktif dalam kegiatan belajar
  • Pemilihan metode pembelajaran yang bervariatif sangat efektif untuk meningkatkan keaktifan peserta didik terlihat pada saat peserta didik antusias dan bersemangat saat pembelajaran berlangsung
  • Respon terkait dengan strategi yang dilakukan

Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat senang, bisa dilihat pada kegiatan refleksi akhir pembelajaran peserta didik memberikan tanggapan bahwa kegiatan pembelajaran ini sangat menyenangkan dan media pembelajarannya menarik.

REFLEKSI HASIL DAN DAMPAK

Hasil dan Dampak dari Aksi dan Langkah- langkah yang dilakukan ?

Pembelajaran yang telah dilaksanakan, hasil dan dampak dari penerapan Media Loose Part dalam pembelajaran berhitung,  Berikut hasil belajar peserta didik yang diperoleh  dari penilaian soal evaluasi.

Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh  dari pengamatan kegiatan pembelajaran  kemampuan rata-rata peserta didik sudah mencapai 90% dari  10 orang peserta didik, 9 orang peserta didik dalam rentang nilai sudah muncul dan 1 orang peserta didik dalam rentang nilai belum muncul, Data pada table di bawah ini menunjukan hasil belajar anak sudah mengalami perbaikan dengan menggunakan pembelajaran media Loose part dan media daun pepaya dalam meningkatkan kemampuan anak mengenal angka.

                                                                                                                      ASESMEN CEKLIST

NO

CAPAIAN PEMBELJARAN

TUJUAN PEMBELAJARAN

NAMA ANAK/PENILAIAN/YANG DIAMATI

Alif

Ara

Alexa

Aqila

Atabina

Farel

Febriatul

Hanatul

Syarika

Zio

1

Nilai Agama dan Budi Pekerti

Mempraktekkan kegiatan agama sehari-hari

SM

SM

SM

SM

SM

SM

SM

BM

SM

SM

Mensyukuri, Menyayangidan melestraikan ciptaan Tuhan dengan penuh tanggung jawab

SM

SM

SM

SM

SM

SM

SM

BM

SM

SM

Menghargai diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa sukur kepada Tuhan

SM

SM

SM

SM

SM

SM

SM

BM

SM

SM

2

Jati Diri

Mandiri , berkebinnekaan global

SM

SM

SM

SM

SM

SM

SM

BM

SM

SM

Menunjukkan perilaku gotong royong

SM

SM

SM

SM

SM

SM

SM

BM

SM

SM

                                                                                                                                

            

Menunjukkan emosi yang wajar

SM

SM

SM

SM

SM

SM

SM

BM

SM

SM

Terbiasa menunjukkan sikap kedisiplina, mentaati peraturan dan tanggung jawab

SM

SM

SM

SM

SM

SM

SM

BM

SM

SM

Bangga terhadap hasil karya

SM

SM

SM

SM

SM

SM

SM

BM

SM

SM

3

Dasar-Dasar Literasi Sains,Tehnolo gi, Rekayasa dan Seni

Mampu berkomunikasi dengan baik

SM

SM

SM

SM

SM

SM

SM

BM

SM

SM

Melakukan observasi, eksplorasi dan eksperimen

SM

SM

SM

SM

SM

SM

SM

BM

SM

SM

       NB: BM (Belum Muncul), M( Muncul), SM( Sudah Muncul)

Mengetahui:                                                                                                         Pulau Punjung, 20 November  2023

Kepala TK Ar rahman                                                                                                          Guru Kelompok A

 

 

Susi Susanti,S.Pd                                                                                                            Rita Hetti,S.Pd

DOKUMENTASI KEGIATAN PEMBELAJARAN

Anak berhitung
Anak berhitung

C. KESIMPULAN

Dari uraian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan media loosepart anak dapat termotivasi dan berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga    dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal angka pada  pembelajaran berhitung.

DAFTAR PUSTAKA

Masripah, I., & Subhi, MA (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Loose Part. IZZAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini , 2 (1), 16-22.

https://izzan.stai-sabili.net/index.php/JM/article/view/14 

Jarwani, J. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Variatif dengan Media Loose Part. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak , 1 (1), 12--25.

https://ejournal.uksw.edu/audiensi/article/view/6301

Selviana, N. (2023). Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Angka Anak Usia Dini Nasyithatun Nisa Desa Teluk Kiambang melalui Puzzle Angka. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling , 6 (01), 23-32.

https://ejournal.stai-tbh.ac.id/index.php/mitra-ash-syibyan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
  16. 16
  17. 17
  18. 18
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun