Mohon tunggu...
Ririn Aprelita
Ririn Aprelita Mohon Tunggu... Guru - Guru

saya ingin berbagi ilmu dan pengalaman

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practices

22 November 2023   10:58 Diperbarui: 22 November 2023   11:16 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

BEST PRACTICES

 

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK

DALAM MENULIS TEKS PROSEDUR

DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN 

PROJECT BASED LEARNING DAN APLIKASI CANVA

 

Oleh

Ririn Aprelita, S. Pd

201699726247

PPG DALAM JABATAN KETEGORI 1 ANGKATAN 2

PROGRAM PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA 

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

2023

 

LK 3.1 Menyusun Best Practices


Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SMK PGRI 35 Solokanjeruk

Jalan RHO. Kosasih 90 Cibodas

Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Kejuruan PGRI 35 Solokanjeruk

Kelas 11 TKJ 2

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis teks Prosedur dengan Menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan aplikasi Canva

Penulis

Ririn Aprelita, S. Pd.

Tanggal

10 Oktobet 2023

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar belakang dari praktik pembelajaran ini adalah peserta didik kelas 11 TKJ 2 SMK PGRI 35 Solokanjeruk belum mampu membuat/ menghasilkan teks Prosedur yang inovatif. Berdasarkan kondisi tersebut dapat disimpulkan faktor yang menyebabkan kemampuan membuat teks Prosedur terdiri atas faktor pendidik dan peserta didik itu sendiri,yaitu:

  • pendidik belum percaya diri mengimplementasikan model pembelajaran inovatif termasuk penggunaan media; dan
  • peserta didik yang cenderung pasif pada saat pembelajaran.

Praktik ini penting untuk dibagikan, praktik ini penting dibagikan mudah-mudahan bisa digunakan sebagai referensi/ inspirasi baik untuk rekan pendidik yang mengalami hal yang sama dengan permasalahan yang saya alami, sehingga berdampak pada perbaikan pembelajaran di kelas yang otomatis berdampak pada peserta didik belajar dengan lebih baik.

Peran dan tanggung jawab dalam praktik ini, Saya sebagai pendidik mempunyai peran dan tanggung jawab untuk terus melakukan inovasi dalam merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran baik dari model, metode dan media pembelajaran sehingga tujuan belajar dan hasil belajar peserta didik bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Tatantangan untuk mencapai tujuan:

  • pendidik dituntut untuk membuat perangkat pembelajaran yang relevan sesuai aturan pembelajaran abad 21; dan
  • pendidik dituntut mahir mengoprasikan TIK.

Dalam praktik pembelajaran ini yang terlibat adalah:

  • pendidik;
  • peserta didik; dan
  • teman sejawat

Dalam upaya mencapai tujuan pasti ada tantangannya, baik besar maupun kecil tergantung kepada penanganannya itu sendiri. Untuk menerapkan model pembelajaran yang sempurna maka seorang pendidik harus mempelajari setiap langkah/ sintaks dari suatu model dan tentu saja itu tidak mudah.

Tekadang kita merasa sudah lengkap dalam menjalankannya, ternyata hasilnya kurang sesuai dengan apa yang diharapkan. Setelah ditelusuri ternyata ada tahapan yang tidak dilakukan secara maksimal. Begitupun yang dialami oleh saya ketika pada tahap orientasi masalah saya seharusnya mencari cara bagaimana untuk menarik perhatian peserta didik agar mereka mau terlibat secara aktif selama proses pembelajaran. Pemilihan media harus benar-benar dipikirkan kefektifannya, demikian juga dengan alat evaluasi harus menggunakan instrumen yang efektif dan efisien dalam mengukur kemampuan peserta didik. Selain pemahaman terhadap model dan media, faktor peserta didik juga merupakan tantangan sendiri untuk saya. Saya harus memahami karakteristik peserta didik yang sangat beragam dan saya harus bisa mengkondisikan kelas agar proses pembelajaran berlangsung lancar.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini?

Langkah-langkah yang dilakukan dalam menghadapi tantangan tersebut, antara lain:

  • Berkordinasi dengan pihak sekolah.
  • Berdiskusi dengan rekan sejawat dan mahasiswa PPG lainnya tantang masalah/ tantangan yang dihadapi.
  • Melakukan pengkajian literatur dan menentukan solusi yang terpilih adalah sebagai berikut:
  • Menggunakan model pembelajaran Project Based Learning.
  • Menggunakan media Canva untuk memudahkan peserta didik menghasilkan karya inovatif.

Strategi yang digunakan pada praktik ini adalah:

  • Meningkatkan rasa percaya diri peserta didik
  • Strategi yang dilakukan pendidik dalam meningkatkan rasa percaya diri pada peserta didik dengan merancang pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Disini pendidik merancang RPP yang berpusat pada peserta didik.
  • Pemilihan media pembelajaran
  • Pendidik menggunakan media dengan menampilkan video mengenai materi yang disajikan dan memakai aplikasi pendukung  Canva yang dapat memudahkan peserta didik dalam membuat teks Prosedur yang lebih menarik serta inovatif.
  • Pemilihan model pembelajaran
  • Pendidik memilih model pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik materi pembelajaran dan peserta didik. Dalam hal ini mengimplementasikan model pembelajaran Project Based Learning dengan sintaks yaitu:

  • Tahap 1 Pertanyaan Mendasar
  • Tahap 2 Mendesain Perencanaan Produk
  • Tahap 3 Menyusun Jadwal Pembuatan
  • Tahap 4 Memonitor Keaktifan dan Perkembangan Proyek
  • Tahap 5 Menguji Hasil
  • Tahap 6 Evaluasi Pengembangan Pembelajaran

Sumber daya materi yang diperlukan untuk melaksanakan melaksanakan strategi ini:

  • Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI SMK.
  • Contoh video teks Prosedur.
  • Laptop, infokus dan speaker.
  • Gawai
  • Perangkat pembelajaran modul ajar yang menggunakan model pembelajaran inovatif.
  • LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)
  • Lembar refleksi dan evaluasi.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dan dapat dilihat dari:

  • Desain pembelajaran yang berpusat pada peserta didik sangat meningkatkan keaktifan peserta didik saat proses pembelajaran sehingga peserta didik aktif dan termotivasi untuk belajar dan lebih percaya diri dalam menyelesaikan kegiatan belajar.
  • Pemilihan media pembelajaran berupa Video dan Canva yang merupakan salah satu pemanfaatan TPACK dapat merangsang peserta didik aktif belajar. Tebukti dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis/ menghasilkan teks Prosedur yang menarik dan inovatif.
  • Pemilihan model pembelajaran Project Based Learning dapat menumbuhkan peserta didik berpikir kritis terlihat dari respon yang diberikan peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran ini yang antusias karena pembelajaran memberikan pengalaman yang berbeda bagi peserta didik.

Penerapan model Project Based Learning menunjukan hasil yang efektif, karena peserta didik menunjukan hasil yang maksimal dan pada saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik terlihat aktif. Hal tersebut terlihat pada hasil belajar peserta didik yang telah diamati dan dinilai selama proses pembelajaran sebagai berikut.

  • Tercapainya tujuan pembelajaran.
  • Penilaian hasil belajar peserta didik sudah mencapai KKM.

Respon orang lain terkait strategi yang dilakukan, adalah sebagai berikut.

  • Respon dari Dosen dan Guru Pamong
  • Secara keseluruhan respon dari Dosen dan Guru Pamong pada praktik pembelajaran sudah baik, namun ada beberapa catatan dari Dosen dan Guru Pamong, antara lain:
  • Memperkaya bahan ajar untuk menambah wawasan pendidik agar tidak terpaku pada satu sumber.
  • Mematangkan proses kegiatan belajar mengajar.
  • Respon dari Wakasek Sarana dan Prasarana yang terinspirasi dari hasil praktik pembelajaran ternyata peserta didik lebih antusias terhadap pembelajaran yang menggunakan media inovatif, untuk itu sekolah berencana untuk menambah infokus agar pendidik yang lain dapat menggunakan demi menunjang pembelajarannya.

Faktor keberhasilan, pembelajaran ini sangat ditentukan dari kemampuan pendidik mengelola pembelajaran berdasarkan penguasaan terhadap model, metode, dan media pembelajaran yang sudah dirancang.

Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah dilakukan adalah, penggunaan media, model, dan inovasi pembelajaran sebagai upaya perwujudan pembelajaran bermakna bagi pendidik dan peserta didik yang telah mampu mengembangkan kreativitas sehingga proses belajar mengajar sesuai dengan apa yang diharapkan.

Praktik pembelajaran seperti ini tidak hanya dilakukan untuk memenuhi penugasan perkuliahan PPG saja melainkan bisa berkelanjutan dan terus dilakukan untuk perubahan ke arah yang lebih baik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun