Mohon tunggu...
Rhyko IrawanWisnuwijaya
Rhyko IrawanWisnuwijaya Mohon Tunggu... Penulis - Hai

Hai, Selamat datang di profilku dan selamat membaca :)

Selanjutnya

Tutup

Money

5 Hal Penting ini Wajib Dilakukan Seorang Penjual Online!

31 Juli 2021   04:37 Diperbarui: 31 Juli 2021   04:41 120
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kalau kamu seorang penjual online, jangan sampai kamu gak paham cara yang baik dalam memperlakukan pelanggan yaa. Karena jualan itu gak melulu mencari orang untuk dijadikan tambang emas kita doang, tapi kamu juga wajib menjalin hubungan baik dengan pelanggan. 

Ada 5 Hal Penting dalam Jualan Online yang Kamu Wajib Tahu 

Bukan tanpa alasan, tapi 5 hal ini nantinya yang bakal bikin pelanggan gak mudah lari dari toko onlinemu.

1. Jujur 

Dalam berjualan, kita wajib jujur kepada pelanggan tentang produk. Kita gak boleh sama sekali melebih-lebihkan manfaat dari produk atau mengurangi manfaatnya. 

Ucapkanlah apa adanya, namun dikemas dalam bahasa yang menarik untuk menarik pelanggan. Jika pelanggan ragu, kita bisa menunjukkan testimoni ASLI tentang produk kita.

Kita boleh membuat kata-kata yang menghipnotis dalam berjualan, seperti ada bonus, promo, diskon, gratis ongkir, namun tetaplah jaga kejujuran dalam berjualan ya.

2. Ramah 

Pelanggan bukan sekedar tambang emas, namun teman yang masalahnya bisa kita bantu atasi dengan produk kita. Jadi sebisa mungkin ramahlah kepada pelanggan. Bantu dia mengatasi masalahnya, bukan hanya sekedar menjual produk saja.

Menurut pengalaman seorang teman, pelanggan yang merasa asyik atau dekat denganmu akan mau membeli produk kita dengan mudahnya. Maka dari itu tanamkan mindset untuk membantu memecahkan masalah mereka. 

Setelah itu, perlahan kita bisa menjalin kedekatan dan dengan mudah menjual produk.

Jika pun suatu ketika ada pelanggan yang komplain soal produk, tetaplah ramah dalam menghadapinya. Dan usahakan mencari jalan keluar terbaik bersama-sama. Jika memang kita salah, jangan ragu untuk minta maaf yaa.

3. Amanah 

Bisa dipercaya, dalam hal ini lebih ke mengamankan seluruh data dari pelanggan. Entah itu nomer hp atau alamat rumahnya dan lain sebagainya, kita harus selalu bisa menjaga data ini dengan baik. Jangan disalah gunakan juga untuk kepentingan lainnya.

Selain itu, kita juga tidak berhak menyebarkan data pribadi pelanggan yaa. Jika kita melakukan hal ini, bukan cuman pelanggan yang rugi, namun kita juga bisa rugi kedepannya nanti. Seperti bisa saja kehilangan kepercayaan pelanggan, berurusan dengan hukum dan lain sebagainya

4. Packing Rapi dan Aman 

Ini nih yang wajib dilakukan agar pelanggan bisa mendapatkan produk pesanannya dengan baik dan aman tanpa kerusakan. Bayangkan jika packing buruk dan tak aman, bukannya berterima kasih, justru pelanggan bisa marah-marah dan komplain ke kita. 

Selain itu, mereka juga bisa memberikan rating buruk pada kita dan akan mempengaruhi penjualan kita berikutnya, karena turunnya kepercayaan pelanggan.

Bayangkan juga betapa senangnya pelanggan jika packing kita rapi dan aman dan produk pesanan mereka sampai dengan selamat. Bukan cuman rating baik saja, tapi kemungkinan Repeat Order bisa terjadi.

Kalau perlu, kita harus memberikan packing dengan melapisi bubble wrap atau dengan kardus juga bisa. Tapi ingat, kemas yang rapi yaa.

5. Bertanggung Jawab 

Bertanggung jawab ini berlaku dari awal transaksi hingga akhir transaksi atau pelanggan mendapatkan produknya. Jika belum, jangan pernah "menghilang" begitu saja yaa. Pastikan dulu pelanggan mendapatkan barang pesanannya. Bagaimana kondisi barang yang diterima dan pelayanan dari kurir juga.

Selain itu, kamu juga bisa bertanya gimana kepuasan pelanggan dengan produk itu dan mendapat keuntungan berupa testimoni langsung dari pelanggan. 

Dengan melihat seorang penjual yang bertanggung jawab, pelanggan akan percaya dan bisa saja memesan produk lagi dari kita. Ditambah lagi jika pelanggan merekomendasikan toko kita ke orang lain, ini bakal makin menguntungkan kita lho.

Jadi itu lah 5 hal yang wajib kita jaga sebagai seorang Penjual online. 

Semoga bermanfaat yaa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun